5 Hal yang Perlu Kamu Tau dari Jambu Kristal




jambu-kristal

Sebagai penyuka jambu kristal ternyata masih ada banyak hal yang belum saya ketahui terkait teknis budidaya serta beberapa kandungan manfaat dari jambu kristal. Apalagi saya memegang wilayah binaan yang sebagian kelompoknya mengusahakan komoditi jambu ini. Jadi mengetahui lebih lanjut tentang jambu kristal itu penting sekali. Apa saja sih lima hal yang perlu kita ketahui tentang jambu kristal? berikut adalah ulasannya:

1. Tanaman Jambu Kristal lebih senang tumbuh di dataran rendah dengan ketinggian kurang dari 1000 mdpl, dengan sinar matahari yang cukup, tersedia air dan kaya akan bahan organik.

Apabila ditanam di lingkungan dengan suhu di bawah 15 derajat celcius, maka pertumbuhan menjadi lambat, daun dapat terluka dan menjadi berwarna merah gelap. Kebetulan di wilayah binaan saya lahan yang digunakan dulunya merupakan lahan sawah. Namun karena sudah tidak terjangkau irigasi teknis untuk persawahan maka lahan dialih fungsikan menjadi lahan penanaman palawija dan hortikultura termasuk jambu kristal.

jambu-kristal

Kebun jambu kristal di PT NTF, Sister Company PT Sewu Segar Nusantara

2. Ada tiga tahapan budidaya (selain beberapa tahapan lainnya) yang sangat perlu diperhatikan dan dilakukan untuk mempertahankan serta meningkatkan produksi jambu kristal, yaitu:

Pemangkasan: merupakan rangkaian kegiatan memangkas cabang atau ranting tanaman dalam rangka pembentukan kanopi. Tujuannya adalah untuk membentuk kerangka dasar tanaman agar mendukung tanaman mempunyai produktivitas tinggi. Dengan pemangkasan ini maka tanaman jambu kristal tidak tumbuh meninggi, melainkan melebar sehingga memudahkan pemeliharaan termasuk ketika melakukan panen.

jambu-kristal

Sumber: Buku SOP Dirjen Hortikultura, Kementan

Penjarangan Buah: adalah kegiatan mengurangi jumlah buah per malai, dengan membuang buah yang dianggap tidak baik untuk dipelihara. Tujuannya adalah untuk meningkatkan produksi, produktivitas dan kualitas. Jadi kalau buahnya banyak dalam satu cabang itu sebenarnya tidak bagus, sebaiknya dalam satu cabang hanya terdapat 1-2 buah. Pelihara maksimal 2 buah per cabang pada cabang tunas (berasal dari cabang primer) dan 1 buah pada cabang ranting atau tersier.

jambu-kristal

Sumber: Buku SOP Dirjen Hortikultura, Kementan

Pembungkusan Buah: pembungkusan buah jambu kristal dilakukan secara satu per satu. Setiap buah dilakukan pembungkusan untuk meningkatkan kualitas penampilan buah, melindungi dari serangan organisme pengganggu tanaman (OPT), serta melindungi dari kerusakan pada saat panen. Sejauh ini belum ada mesin yang dapat melakukan pembungkusan buah jambu kristal. Proses pembungkusan masih dilakukan secara manual oleh manusia dan membutuhkan kesabaran karena harus dilakukan secara satu per satu.

3. SOP penanaman jambu kristal untuk menjaga kualitas berdasarkan lokasi penanaman.

Di Kabupaten Bogor sudah diterbitkan buku Standard Operating Procedure (SOP) Jambu Kristal. Buku SOP ini khusus untuk budidaya jambu kristal di Kabupaten Bogor dan diterbitkan oleh Direktorat Budidaya dan Pascapanen Buah, Direktorat Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian.

jambu-kristal

SOP tersebut memuat instruksi kerja cara berbudidaya dan penanganan pasca panen jambu kristal dalam bentuk buah segar (fresh). Penyusunan buku SOP tersebut dilaksanakan berdasarkan kondisi real di lapangan dengan penyempurnaan budidaya jambu kristal di Kabupaten Bogor. Namun, buku SOP ini dapat berubah sesuai dengan perkembangan teknologi perkembangan pasar dan implementasinya sesuai dengan rekomendasi setempat.

Belum semua petani di wilayah binaan saya menerapkan SOP tersebut, hanya beberapa saja yang sudah menerapkan secara bertahap. Memang dibutuhkan konsistensi, kemauan dan disiplin agar SOP tersebut dapat dijalankan sehingga dapat menghasilkan mutu hasil buah jambu kristal yang baik.

Sunpride adalah merk dari PT Sewu Segar Nusantara (PT SSN) yang memproduksi beraneka ragam buah-buahan termasuk jambu kristal. PT SSN bersama sister companynya dalam budidaya tanaman, sudah menerapkan SOP pada praktek budidayanya mulai dari pembibitan, penanaman, pemeliharaan, panen, hinga pasca panen. Tanaman jambu kristal yang diusahakan di lahan seluas 154 ha tersebut sudah menerapkan prinsip GAP (Good Agricultural Practices) yang mensinergikan antara praktek budidaya tanaman dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan.

jambu-kristal

Proses grading jambu kristal di PT SSN

jambu-kristal

Packaging buah jambu kristal di PT SSN

Buah jambu kristal yang dihasilkan oleh PT SSN dalam merk dagang Sunpride selalu dilakukan pengecekan di laboratorium untuk memastikan bahwa buah yang dihasilkan bebas dari residu pestisida, logam berat dan juga bahan pengawet. Adanya sertifikasi ini membuat konsumen yakin bahwa produk jambu kristal Sunpride aman untuk dikonsumsi dalam keadaan segar.

4. Manfaat jambu kristal itu banyak, salah satunya adalah mencegah penyakit kanker.

Selain kaya akan sumber vitamin C (jambu kristal mengandung 165 mg vitamin C setiap buahnya, 5 kali lebih banyak dari buah Jeruk), jambu kristal juga mengandung beberapa unsur gizi lainnya yang dapat mencegah penyakit kangker, diantaranya adalah (sumber: Sunpride.co.id):

  • Mengandung antioksidan poly-phenolic dan flavonoid, kedua senyawa tersebut sangat berperan dalam pencegahan penyakit kanker.
  • Jambu krsital kaya akan serat larut yang baik bagi kesehatan usus. Serat ini mampu melindungi usus dengan mengurangi paparan racun dan mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.
  • Buah jambu merupakan sumber dari vitamin A dan flavanoid seperti beta-karoten, likopen, luetin, dan cryptoxanthin yang dikenal memiliki sifat antioksidan.
  • 100 gram buah jambu kristal menyediakan sekitar 5.204 mg lycopene yang membantu mencegah kerusakan kulit karena paparan sinar UV dan menawarkan perlindungan dari kanker prostat.

jambu-kristal

5. Buah jambu kristal tidak hanya dapat dikonsumsi secara segar, tetapi juga dapat dikreasikan menjadi beberapa produk turunan seperti minuman sari buah, kerupuk dan selai buah jambu kristal.

Produk tersebut sudah diusahakan oleh sebagian kelompok tani serta kelompok pemberdayaan masyarakat lainnya dengan memanfaatkan beberapa buah jambu kristal yang bentuk atau ukurannya tidak masuk ke dalam kategori grade untuk di pasarkan ke pasar modern. Cara ini membantu dalam meningkatkan nilai tambah buah jambu kristal yang mutunya belum sesuai dengan SOP atau permintaan pasar.

jambu-kristal

Selain jambu kristal, produksi Posdaya Mandiri Terpadu

Oke, itu adalah lima hal yang perlu kita tau tentang jambu biji dengan sedikit biji ini. Ternyata untuk menghasilkan buah jambu kristal yang enak, renyah dan menyegarkan perlu melalui berbagai rangkaian proses budidaya sesuai dengan SOP dan juga praktik budidaya tanaman yang baik. Tidak hanya memperhatikan produksi dan produktivitas, namun juga tetap mengedepankan kualitas. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Sumber informasi:

Sunpride. 2013. Fakta Nutrisi Crystal Guava. http://www.sunpride.co.id/2013/04/06/fakta-nutrisi-crystal-guava/ [diakses tanggal 25 April 2017].

Kementerian Pertanian. 2015. Standart Operating Procedure (SOP). irektorat Budidaya dan Pascapanen Buah, Direktorat Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian.

 



34 Comments

  1. Dhanang Sukmana Adi

    Reply

    kesegaran buah sunpride memang tiada duanya, aku sering beli di superindo heheh

  2. Reply

    Aku tanam ini di Bandung, kurang cocok ya Kak? mungkin terlalu dingin kali ya. Soalnya malas-malasan buahnya. Tapi aku juga jarang sih kasih pupuk, hihihi. Mungkin dia kurang supply juga 😀

  3. Reply

    aku juga suka banget mbak sama jambu kristal
    rasanya lembut krenyes-krenyes
    beda kayak jambu biji biasanya…
    kalo sudah makan jambu ini bisa berulang-ulang hehe

  4. Zia

    Reply

    Aku suka banget jambu kristal. Enak, manis, nyakrek, dan seger. Punya tukang buah langganan yang memang sengaja anter buah-buahan ke rumah. Duh jadi pengen tapi jambu kristal ini jarang banget si mang buah bawa. Mau pesen ahhh… hehehe

  5. Reply

    Jambu kristal memang buah kaya manfaat lagi enak. Tapi, baru tau klo ada selai dan keripiknya. mungkin bisa delivery ya yang selainya?

  6. Reply

    Pengen banget bisa nanem jambu ini. Keluarga saya paling suka ngoleksi semua jenis buah. Tapi sayangnya kami di dataran rendah. Apa tetap bisa berbuah lebat yaa..

  7. Gambar Hello Kitty

    Reply

    Baru dengan ada buah namanya jambu kristal 😀 Kalo gak baca di sini mana tau saya 🙂 Thank’s informasi nya 😉

  8. Reply

    Maksih mbak infonya, jika berkenan bagi2 info petani jambu kristal ya mbak terutama yg lokal, kebetulan ada saudara yang jualan itu.. makasih

  9. wahyu

    Reply

    Apakah disela – sela tanaman jambu kristal bisa kita tanami sayur-sayuran?

    • Reply

      Tergantung tanahnya ya, kalau memungkinkan alias gembur bisa saja, kalau Di tempat petani saya tidak ditanami Karena tanahnya kurang gembur untuk sayuran

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.