Ada Sakuku, Semua Jadi Seru




sakuku

Halo teman-teman, jumpa lagi dengan evrinasp.com. Untuk kali ini saya ingin bercerita tentang pengalaman menggunakan salah satu produk dari BCA yaitu Sakuku. Awal kenal Sakuku sebenarnya saya tidak sengaja sampai akhirnya menjadi usernya hingga saat ini. Ceritanya ketika bulan puasa kemarin, saya iseng ikutan kuis yang ada di Instagram. Kuisnya menceritakan tentang tip agar tetap bugar selama berpuasa sambil memposting sebuah foto. Siapa sangka, foto yang sedang bernaung di bawah mentari bersama ibu-ibu petani menjadi salah satu pemenang dan berhak mendapatkan saldo Sakuku dari BCA. Senang banget rasanya saat itu, karena saya bisa memenangkan kuis instagram yang jarang sekali saya dapatkan.

Tapi setelah itu saya jadi bingung bagaimana memanfaatkan hadiah tersebut karena bentuknya berupa saldo elektronik. Apalagi saat itu saya belum memiliki tabungan BCA, takutnya saldo tersebut tidak bisa dipakai. Ternyata setelah dijelaskan oleh pihak penyelenggara mengenai penggunaan Sakuku, saya jadi paham dan segera menggunakannya untuk berbagai macam keperluan.

Nah, teman-teman, sebelum saya menjelaskan lebih lanjut, simak kisah berikut ini mengenai Sakuku yang membuat semuanya menjadi seru.

Sudah nonton videonya kan? Kalau belum hayuuk ditonton hehe *maksa*. Jika masih kurang jelas tentang apa itu Sakuku, bagaimana penggunaan dan apa manfaatnya, berikut akan saya jelaskan lebih lanjut berdasarkan pengalaman ketika saya menggunakannya.

Berkenalan dengan Sakuku

Sewaktu dihubungi oleh pihak penyelenggara kuis, saya diminta untuk menginstall aplikasi Sakuku di Play Store (kebetulan saya memakai smartphone android jadi bisa menginstall di sana, sedangkan pengguna Iphone bisa menginstall di App Store). Mereka menjelaskan bahwa Sakuku itu merupakan dompet elektronik yang dapat digunakan untuk bertransaksi melalui aplikasi smartphone. Transaksi yang dapat dilakukan seperti melakukan pembayaran belanja, isi pulsa dan transaksi perbankan lainnya.

Setelah aplikasi terpasang, saya diminta untuk mengisi data pribadi beserta PIN sesuai arahan seperti gambar di bawah ini:

sakuku

Saya baru tau setelah mengisi data di aplikasi Sakuku kalau ternyata nomor Sakuku itu menggunakan nomor telepon kita lho, bukan nomor rekening tabungan BCA. Itu sebabnya walaupun saat itu saya belum memiliki rekening BCA, saya masih bisa menggunakan aplikasi ini. Jadi siapapun bisa menggunakan aplikasi ini baik nasabah BCA maupun nasabah non-BCA.

Setelah aplikasi terpasang di smartphone, saya langsung mengabarkan kepada pihak penyelenggara terkait nomor Sakuku yang saya miliki. Alhamdulillah tak lama setelah aplikasi terpasang, hadiah berupa top up saldo dari pihak penyelenggara sudah masuk ke nomor Sakuku milik saya.

Dari beberapa fitur yang tersedia yaitu fitur Info Saldo, Mutasi Transaksi, Bayar Belanja, Isi Pulsa, dan Kontak, dan Setting hanya fitur Isi Pulsa saja yang saya pakai hingga saldonya habis. Sedih rasanya melihat saldo Sakuku sudah habis. Saya jadi kepikiran untuk membuka rekening BCA agar bisa mengisi saldo Sakuku kembali.

sakuku

Untuk mengisi saldo Sakuku kembali, sebenarnya saya bisa minta tolong adik melakukan top up melalui rekening BCAnya ke nomor Sakuku milik saya, tapi kan tidak enak jadi merepotkan atau kalau mau saya bisa datang langsung ke Bank BCA untuk menambahkan saldo tersebut, tapi lebih baik saya membuka rekening BCA saja agar bisa menabung dan menikmati fasilitas Sakuku lagi secara mandiri.

Berkat Sakuku, Saya Mempunyai Tahapan Xpresi BCA

Memang seperti sudah berjodoh dengan dompet elektronik ini, ketika sedang jalan-jalan di mall beberapa bulan yang lalu, saya melihat ada sebuah pameran tentang Tahapan Xpresi BCA. Di sana, calon nasabah dapat membuat rekening Tahapan Xpresi BCA saat itu juga. Tanpa berpikir panjang, saya langsung membuat rekening di Tahapan Xpresi BCA yang ada saat itu. Prosesnya cepat, hanya mengisi data diri dan menyerahkan KTP, kita dapat membuat rekening dengan berinteraksi langsung dengan customer service yang online dari tempat lain.

Layaknya membuat rekening tabungan di bank, saya dilayani langsung untuk pengisian data dengan menggunakan mesin yang ada di dalam box. Wuihhh canggih banget, saya sampai bengong melihat kecanggihan teknologi dari BCA ini karena tak lama dari proses registrasi tersebut, saya sudah bisa membawa pulang kartu ATM Tahapan Xpresi BCA yang oke punya.

expresibca

Bagaimana tidak keren, kalau kita bisa memilih tampilan kartu ATM sesuai selera dan ada fotonya pula. Kalau teman-teman ingin memiliki rekening Tahapan Xpresi BCA seperti saya, bisa datang langsung ke Bank BCA lho. Senang banget rasanya saat itu, akhirnya saya sudah memiliki rekening BCA dan bisa mengisi saldo Sakuku lagi.

Eksplorasi Lebih Jauh Fitur Sakuku Menjadi Sakuku Plus

Pada Menu Sakuku terdapat 6 buah fitur yang dapat digunakan. Hanya saja, dari 6 fitur tersebut, saya baru bisa menggunakan 3 buah fitur saja yaitu Bayar Belanja, Isi Pulsa, dan Kontak, sedangkan 3 buah fitur lainnya yaitu Transfer, Split Bill dan Tarik Tunai tidak dapat digunakan. Lho kenapa begitu? Tenang, sebenarnya bisa digunakan kok dengan cara mengaktifkan Sakuku Plus.

Kebetulan, saya sudah mengaktifkan aplikasi m-BCA pada nomor yang sama di smartphone sehingga mendapatkan tawaran langsung untuk mengaktifkan Sakuku Plus. Atau coba aktivasi sendiri dengan menggunakan menu Setting lalu klik Aktivasi Sakuku Plus dan ikuti instruksinya hingga berhasil.

sakuku

Jika masih bingung, baik nasabah maupun nasabah non-BCA, dapat langsung datang ke kantor cabang BCA terdekat dengan membawa kartu identitas diri (KTP) untuk aktivasi Sakuku Plus.

Setelah mengaktifkan Sakuku Plus, sejak itu saya sudah bisa menggunakan menu Transfer, Split Bill dan tarik tunai. Namun, keuntungan menggaktifkan Sakuku Plus tidak hanya itu saja lho. Sakuku Plus memiliki jumlah fitur yang lebih banyak dan dapat dimanfaatkan lebih luas apabila dibandingkan dengan Sakuku saja.

sakuku

sakuku

Kebetulan saya mengaktifkan saldo Sakuku Plus di dua smartphone untuk berjaga-jaga. Jika smartphone yang satu sedang tidak dapat digunakan, maka saya dapat menggunakan saldo Sakuku di smartphone lainnya. Mengaktifkan dua nomor Sakuku Plus di dua nomor itu ternyata bisa lho walaupun kita hanya memiliki satu rekening saja, asalkan nomor teleponnya berbeda di smartphone yang berbeda pula.

sakuku

Sudah Pakai Sakuku Plus untuk Apa Saja?

Saya menggunakan Sakuku Plus paling sering itu untuk Isi Pulsa sendiri atau pulsa orang lain yang memang membutuhkan dalam waktu cepat seperti kisah Rina dan Rini di atas *hayooo sudah ditonton belum videonya? modus. Di menu Isi Pulsa, kita bisa mengisi nomor sendiri, mengisi nomor lain atau meminta teman di Kontak Sakuku untuk mengisikan juga. Nominal pulsa yang dapat diakses dengan sakuku mulai dari Rp. 25.000 hingga Rp. 1000.000,-.

sakuku

Kemudian fitur lain yang juga sering saya gunakan adalah Transfer untuk mentransfer saldo Sakuku ke nomor Sakuku orang lain atau meminta teman di Kontak Sakuku untuk mengisikan saldo.

sakuku

Saya juga pernah mencoba Tarik Tunai Saldo Sakuku di ATM BCA dengan menggunakan Sakuku. Kalau sudah menggunakan aplikasi Sakuku tidak usah lagi menggunakan kartu ATM BCA. Jadi kalau misalnya suatu saat kartu ATM BCAnya ketinggalan dan kita masih memiliki saldo Sakuku, maka kita bisa melakukan tarik tunai di ATM BCA dengan menggunakan aplikasi ini. Kebetulan ATM berlogo Sakuku di Bogor jumlahnya cukup banyak dan tersebar di berbagai titik sehingga memudahkan bagi saya pribadi dan siapapun untuk menggunakannya. Nah, saya sengaja lho menyimpan saldo di Sakuku yang agak lumayan untuk digunakan pada waktu mendesak. Saldo ini juga berfungsi dikala musim tanggal tua berlangsung, hehe. sakuku

Fitur lain yang pernah saya gunakan dari aplikasi Sakuku Plus adalah Bayar Belanja. Ada beberapa merchant yang sudah terdaftar dalam Sakuku Plus ini baik online maupun offline. Nah, beberapa waktu yang lalu saya mencoba untuk belanja online pada salah satu situs belanja online yang terdaftar di Sakuku. Prosesnya sangat cepat, setelah memilih produk yang ingin dibeli, lalu pilih cara pembayaran dengan Sakuku, lalu scan QR Code dengan fitur Bayar Belanja yang ada di aplikasi Sakuku. Nanti akan ada notifikasi apabila transaksi telah berhasil dilakukan. Mudah banget bukan?

sakuku

Nah, ada satu fitur lagi yang belum saya coba yaitu Split Bill. Waktu itu ada permintaan untuk Split Bill dari seorang teman yang ada di kontak Sakuku. Tapi belum saya accept karena saldo milik saya waktu kurang dari permintaan hehe. Kebetulan Sakuku memang sedang melakukan program #SplitBill setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu mulai tanggal 30 September hingga 20 November 2016. Kalau mau ikut program ini, kita cukup bertransaksi minimal Rp. 100.000 saja dengan menggunakan Sakuku dan fitur Split Bill ke minimal 2 orang teman. Nanti setelah teman yang diajak Split Bill melakukan pembayaran, maka dalam waktu 3 hari kerja, kita akan mendapatkan cashback saldo Sakuku Rp. 100.000 yang langsung masuk ke nomor Sakuku kita sendiri. Menarik bukan?

Manfaat yang Didapatkan dari Sakuku

Setelah empat bulan lamanya menggunakan Sakuku hingga tulisan ini diterbitkan, saya merasakan banyak sekali manfaat yang diperoleh, diantaranya adalah:

sakuku

  1. Memudahkan transaksi, cukup membuka aplikasi Sakuku saja kita sudah dapat melakukan transaksi tanpa harus ribet mambawa ini itu untuk pembayaran atau sebaliknya.
  2. Syaratnya tidak rumit, untuk mengaktifkan Sakuku hanya cukup mendownload aplikasi dan mengisi data yang dibutuhkan saja.
  3. Gratis, mendownload aplikasi dan menggunakannya itu gratis tanpa dipungut biaya lagi. Hanya pada saat aktivasi akun saja akan dikenakan biaya SMS sebesar Rp. 250-350 rupiah tergantung provider.
  4. Bisa digunakan oleh siapapun, Sakuku dapat digunakan oleh siapapun baik nasabah BCA maupun nasabah non BCA asalkan memiliki smartphone yang support untuk install aplikasi Sakuku (Android maupun Iphone) dan memiliki nomor telepon aktif.
  5. Tidak dikenai biaya transaksi, asiknya menggunakan Sakuku itu tidak dikenakan biaya pada setiap transaksi dan tidak ada pemotongan biaya administrasi sehingga apabila saldo tidak digunakan akan tetap utuh.
  6. Bisa berbagi dengan sesama, menggunakan Sakuku dapat membantu teman atau orang lain yang membutuhkan dalam waktu cepat, contohnya ketika membantu untuk mengisi pulsa.

Inovasi dan Bakti BCA

Bank BCA memang selalu melakukan #InovasiBCA yang tidak hanya memudahkan nasabahnya tetapi juga nasabah non-BCA seperti penggunaan Sakuku yang dapat diakses dengan mudah oleh siapapun. Ada satu ingatan saya tentang BCA yaitu kepeduliaannya dalam melestarikan alam dan Orangutan Indonesia yang terancam punah. Meskipun Bank BCA bergerak dalam bisnis finansial, namun tetap peduli akan keberlangsungan masa depan alam beserta fauna khas Indonesia dengan mengintegrasikannya bersama kehidupan masyarakat.

sakuku

Masih ada banyak lagi inovasi dari BCA yang sudah membantu masyarakat terutama para nasabahnya dalam membangun perekonomian. Bagi saya, #MyBCAexperience bersama Sakuku ini sangat membantu kegiatan saya sehari-hari sehingga insyaaAllah akan selalu saya gunakan untuk mendukung kelancaran aktivitas. Thanks to BCA atas inovasi yang sudah diberikan, salam sukses selalu.



55 Comments

  1. Reply

    Waah jadi pengen punya Sakuku juga saya Mba Evrina, bikin hidup lebih praktis ya… ๐Ÿ™‚

    BCA memang penuh dengan inovasi, kereen deh ๐Ÿ™‚

  2. Levina

    Reply

    Yaaah…harus BCA ya Mbak? Aku belum punya rek BCA nih. Tapi dengan sakuku ini jadi lebih praktis yak…

    • Reply

      enggak kok, bisa install sendiri, kalo mau isi saldo paling ke bank BCA untuk setor tunai, atau numpang ke rekening BCA temen, bikin rekening BCA aja sekalian

  3. tia shintiyani

    Reply

    Aku jg nasabah bank BCA,, baru punya aplikasi m BCA aja,, boleh juga pake sakuku hehehehe

  4. Reply

    sudah punya tahapan expresi tapi gak bisa foto cekrak cekrek di booth terus fotonya nongol di kartu, maklum di palangkaraya belum metropolis -___-

  5. Reply

    Wah.. sekarang kalo lupa bawa dompet atau uang tunai bisa ambil uang dari hp.

    Berguna banget sakuku.. apalagi buat emak-emak yang punya kebiasaan lupa bawa dompet kayag saya..

  6. Pingback: Tidak Membawa Uang Tunai Saat Belanja? Ada Tarik Tunai BCA mobile

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.