Anyang-Anyangan, Atasi dengan Prive Uri-cran




anyang-anyangan

Anyang-anyangan adalah suatu gejala yang ternyata tidak bisa dipandang sebelah mata. Hampir saja anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih (ISK) ini membuat orang yang saya sayangi terbaring di rumah sakit.

Ceritanya bermula ketika kami merayakan lebaran tidak seperti biasanya. Umumnya hari lebaran di isi sambil bercengkerama bersama keluarga, namun saat itu kami harus bersedih saat melihat Mama terbaring di kasur. Kami cukup kaget karena beberapa hari sebelumnya Mama terlihat baik-baik saja. Namun tiba-tiba di hari lebaran, dia mendadak demam dan menggigil. Alhamdulillah saat itu masih ada klinik 24 jam yang bisa didatangi untuk berobat meskipun baru buka pada sore hari.

Rupanya setelah menanyakan lebih lanjut, Mama mengalami gejala seperti ingin buang air kecil terus dalam jangka waktu yang cukup dekat. Sayangnya Mama tidak menceritakan kepada kami karena dia menanggap itu merupakan gejala yang sama akibat kebanyakan minum seperti saat puasa dulu. Mama memang sering mengabaikan kondisi dirinya kalau sebenarnya sedang sakit. Baru kalau sudah parah, Mama akan pergi memeriksakan diri ke dokter.

Dari hasil pemeriksaan dokter, diketahui kalau Mama sebenarnya terkena infeksi saluran kemih atau anyang-anyangan. Gejala anyang-anyangan tersebut tidak hanya sekali saja menyerang Mama. Saat pulang umroh kemarin, Mama kembali terkena gejala yang sama. Dari situ saya jadi ingin mengetahui lebih lanjut apa sebenarnya anyang-anyangan yang sudah dua kali menjangkiti Mama.

Anyang-Anyangan, Gejala dan Penyebabnya

Dari pengalaman yang Mama rasakan, saya jadi tau bahwa apabila ada gejala ingin buang air kecil terus-menerus namun urine (air seni) yang dikeluarkan jumlahnya sedikit, maka itu adalah salah satu dari gejala anyang-anyangan yang patut diwaspadai.

Saya juga pernah bolak-balik ke kamar mandi karena ingin buang air kecil terus, tetapi itu berbeda karena penyebabnya adalah akibat kebanyakan minum air putih. Urine yang dikeluarkan juga berwarna cerah pertanda saya sudah cukup terpenuhi kebutuhan cairannya. Sedangkan kondisi Mama berbeda, dia tidak banyak minum namun ingin terus buang air kecil dengan kondisi warna urine yang keruh.

Nah, ada beberapa gejala yang harus diwaspadai apakah seseorang terkena anyang-anyangan, berikut adalah gejala pada umumnya [1]:

  • Ingin terus buang air kecil dalam jarak waktu yang dekat namun volume urine yang dikeluarkan sedikit
  • Urine berwarna keruh, lebih pekat, berbau dan terkadang mengandung darah
  • Saat buang air kecil terasa perih
  • Pada wanita, panggul akan terasa nyeri, sedangkan pada pria menimbulkan nyeri di sekitar anus
  • Demam, lelah dan tubuh kurang fit

Terkena anyang-anyangan tentu sangat tidak nyaman sekali apalagi jika kita dalam kondisi bepergian. Tidak mungkin kan kita harus bolak-balik ke toilet terus selama perjalanan. Itu sebabnya setelah mengetahui gejala dari anyang-anyangan, kita juga perlu mengetahui penyebabnya agar tidak terkena gejala tersebut.

Ternyata gejala yang membuat 50% wanita beresiko anyang-anyangan itu disebabkan oleh bakteri usus besar yang menginfeksi saluran kemih. Infeksi ini merangsang kandung kemih sehingga membuat wanita yang terinfeksi jadi ingin buang air kecil terus. Wanita memang lebih besar terkena resiko ini karena secara anatomi saluran uretra (saluran kencing) wanita lebih pendek dan letaknya dekat sekali dengan anus. Kondisi ini memungkinkan salah satu bakteri usus besar seperti E.coli masuk ke dalam uretra yang menyebabkan infeksi saluran kemih. Bakteri tersebut dapat masuk ke dalam uretra salah satunya adalah akibat dari arah yang salah saat membersihkan anus dengan air. Harusnya jangan membilas dari arah anus ke saluran kemih, melainkan sebaliknya agar tidak terjadi migrasi bakteri.

Selain faktor teknis tersebut, umur juga berpengaruh terhadap resiko terkena anyang-anyangan. Wanita yang sudah mengalami menopause ternyata juga rentan terkena gejala tersebut. Pantas saja Mama saya sampai terkena anyang-anyangan lagi untuk kedua kalinya karena usia Mama sudah memasuki menopause. Penyebabnya adalah wanita yang telah masuk ke masa menopause mengalami berkurangnya kadar hormon estrogen. Berkurangnya hormone ini dapat menyebabkan anyang-anyangan karena mampu mengubah keadaan imun kandung kemih [1].

Anyang-anyangan merupakan salah satu gejala umum dari terinfeksinya saluran kemih. Apabila tidak segera ditangani maka akan beresiko lebih lanjut bagi kesehatan.

Waspada Terhadap Anyang-Anyangan atau Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih merupakan kondisi ketika organ yang termasuk ke dalam sistem kemih mengalami infeksi akibat invasi mikroorganime yang umumnya adalah bakteri. Infeksi ini tidak boleh dibiarkan karena dapat menyerang organ di sekitarnya yang akan berdampak serius bagi kesehatan. Komplikasi akibat bakteri yang menginfeksi sistem kemih dapat menyebabkan timbulnya penyakit lain seperti batu saluran kemih, gangguan ginjal dan lain-lain.

Berdasarkan data dari WHO diketahui bahwa sebanyak 25 juta kematian diseluruh dunia pada tahun 2011, sepertiganya disebabkan oleh penyakit infeksi. Infeksi saluran kemih termasuk ke dalam kumpulan infeksi paling sering didapatkan oleh pasien yang sedang mendapatkan perawatan di pelayanan kesehatan [2].

Sementara itu di Indonesia sendiri angka prevelensi penyakit infeksi saluran kemih masih tergolong cukup tinggi. Data dari Kementerian Kesehatan RI pada tahun 2014 (dalam http://fk.ugm.ac.id) [3] menyebutkan bahwa jumlah penderita penyakit infeksi saluran kemih mencapai 90-100 kasus per 100.000 penduduk per tahun. Dan diketahui bahwa infeksi ini dapat menyerang baik di usia anak-anak hingga lanjut usia. Wanita lebih rentan terkena infeksi saluran kemih karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya secara anatomis memungkinkan terjadinya penyakit infeksi saluran kemih.

Seseorang yang terkena infeksi saluran kemih akan merasakan beberapa hal seperti ingin buang air kecil terus dengan volume yang sedikit, sakit saat buang air kecil akibat adanya bakteri di uretra, rasa kurang nyaman pada perut bagian bawah, panggul seperti ditekan dan sebagainya. Agar tidak terkena anyang-anyangan yang menyebabkan infeksi saluran kemih maka perlu dilakukan beberapa hal baik sebagai langkah pencegahan awal maupun pada saat proses pengobatan.

Cara Mengatasi Anyang-Anyangan

Terkena anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih menyebabkan tubuh tidak nyaman apalagi jika kondisi tersebut terus berlanjut maka akan membuat seseorang menjadi lebih merasa sakit lagi.

Jika gejala sudah beranjak ke arah infeksi, maka cara mengatasi anyang-anyangan adalah:

Anyang-anyangan

Sedangkan untuk menghindari terjadinya anyang-anyangan, berikut adalah beberapa cara mengatasi anyang-anyangan sebagai langkah pencegahan:

  • Konsumsi air minum sesuai anjuran, selain untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga membantu memperlancar pengeluaran urin dan bakteri.
  • Membiasakan diri agar membasuh kemaluan dari arah depan ke arah anus selepas buang air besar maupun saat buang air kecil agar bakteri tidak masuk ke uretra
  • Jangan menahan untuk buang air kecil
  • Menjaga kebersihan area kemaluan dan mandilah dengan air mengalir
  • Rajin mengkonsumsi buah Cranberry yang ternyata mampu mencegah anyang-anyangan.

Buah cranberry ternyata diketahui memiliki khasiat sebagai pencegah anyang-anyangan selain berbagai kandungan gizi lainnya. Mengkonsumsi buah ini saat terkena anyang-anyangan juga sangat dianjurkan berkat kemampuannya dalam menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing. Sayangnya buah yang termasuk family berrie ini jarang ditemukan di Indonesia karena jarang petani yang membudidayakan. Setelah mencari di data base Kementerian Pertanian RI, buah ini pun belum ada di deretan buah-buahan yang diusahakan di Indonesia. Padahal banyak khasiat dari buah berwarna merah ini yang dapat menyokong kesehatan.

Namun jangan khawatir, cranberry sudah dapat kita konsumsi dalam bentuk tablet maupun bubuk yang dikemas dalam produk Prive Uri-Cran dari Combiphar. Tidak hanya untuk mencegah anyang-anyangan, mengkonsumsi cranberry juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Cranberry dalam Prive Uri-Cran Mencegah Anyang-Anyangan

Dalam beberapa artikel yang pernah saya baca, sebaiknya kita mengkonsumsi pangan seperti sayuran dan buah-buahan yang memiliki warna lebih gelap. Karena selain kaya akan sumber serat dan vitamin, sayuran dan buah-buhan tersebut juga kaya akan antioksidan untuk melawan radikal bebas penyebab kanker. Salah satu buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi berasal dari golongan berrie seperti blueberry, blackberry dan cranberry.

Buah cranberry yang dikemas dalam Prive Uri-cran diketahui efektif dalam mencegah anyang-anyangan. Itu karena cranberry memiliki antioksidan proanthocyanidins yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Antioksidan tersebut mampu membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih. Selain dapat mencegah infeksi saluran kemih, cranberry juga baik untuk menjaga kekebalan tubuh, mencegah kanker dan tumor, menjaga kesehatan jantung, mencegah sariawan dan beberapa manfaat lainnya. Jadi, walaupun tidak sedang terkena anyang-anyangan, mengkonsumsi Prive Uri-cran setiap hari baik bagi kesehatan sekaligus upaya pencegahan berbagai macam penyakit.

Terdapat dua bentuk Prive Uri-cran yang dapat dikonsumsi untuk mencegah anyang-sekaligus menjaga kesehatan yaitu:

  1. Prive Uri-cran dalam bentuk kapsul

Kegunaannya untuk membantu memelihara kesehatan saluran kemih. Komposisi dari kapsul ini adalah Vaccinium macrocarpon (ekstrak cranberry) sebanyak 250 mg dengan aturan pakainya adalah sebanyak 1-2 kapsul per hari.

Anyang-anyangan

  1. Prive Uri-cran dalam bentuk serbuk

Kegunaannya sama untuk membantu memelihara kesehatan kandung kemih dan kesehatan tubuh secara umum. Bedanya adalah komposisi ekstrak cranberry lebih banyak yaitu sebesar 375 mg dan mengandung Vitamin C serta probiotik. Cara pemakaiannya juga sama yaitu sebanyak 1-2 sachet per hari yang dicampurkan dengan air minum.

Saya sudah merekomendasikan Uri-Cran kepada mama dengan harapan agar anyang-anyangan tidak mengganggunya lagi dalam beraktivitas di usia senjanya. Saya pribadi juga sudah mencoba Prive Uri-cran untuk membantu menjaga kesehatan tubuh agar selalu fit meskipun belum terlalu rutin. Mama lebih senang mengkonsumsi Prive Uri-cran dalam bentuk tablet karena katanya lebih ringkas tinggal di minum saja. Sedangkan saya lebih suka Prive Uri-cran dalam bentuk serbuk yang memiliki rasa manis khas buah berry. Diminum dalam keadaan dingin lebih nikmat lho.

Prive Uri-cran merupakan produk kesehatan dari Combiphar. Combiphar yang memiliki motto championing a healthy tomorrow ini telah mengedukasi masyarakat agar aware terhadap kesehatan saluran kemih untuk menghindari diri dari bakteri E-coli yang menjadi penyebab infeksi saluran kemih. Selain itu sebagai bentuk apresiasinya dalam menjaga kesehatan saluran kemih, Combiphar memberikan sebuah reward bagi siapapun yang telah mengkonsumsi Uri-cran melalui My Uricran’s Loyalty Gift.  Program ini memberikan reward berupa point bagi setiap pembelian produk Uri-cran yang dapat ditukarkan dengan hadiah menarik. Untuk informasi lebih lengkap dapat mengunjungi website Uri-cran.

Saya senang sekali kondisi Mama sehat hingga saat ini. Sedih rasanya sewaktu dia terbaring beberapa hari akibat infeksi saluran kemih selepas pulang umroh kemarin. Berkat adanya Prive Uri-cran, gejala anyang-anyangan yang atau infeksi saluran kemih dapat dihindari. Tidak hanya itu, kesehatan kita juga dapat terjaga karena ekstrak cranberry pada Prive Uri-cran juga berfungsi sebagai suplemen makanan yang sangat membantu menjaga kesehatan secara umum dan tidak terbatas dalam pencegahan anyang-anyangan saja. Semoga kita semua sehat selalu ya khususnya bagi para wanita Indonesia yang dikenal sebagai multitalent dalam menjalani profesinya sehari-hari.

Sumber Informasi Tulisan:

[1] AloDokter. Nyeri Buang Air Kecil Waspadai Anyang-Anyangan. http://www.alodokter.com/nyeri-buang-air-kecil-waspadai-anyang-anyangan [diakses tanggal 3 Mei 2017].

[2] Ung.ac.id. 2015. http://eprints.ung.ac.id/12058/2/2015-1-1-48201-821411050-bab1-01082015122447.pdf [diakses tanggal 3 Mei 2017].

[3] Fakultas Kedokteran UGM. 2017. Prevalensi Infeksi Saluran Kemih Cukup Tinggi. http://fk.ugm.ac.id/2017/02/prevalensi-infeksi-saluran-kemih-cukup-tinggi/ [diakses tanggal 3 Mei 2017].

Uricran.co.id. Cranberry Story. http://uricran.co.id/cranberry-story/ [diakses tanggal 3 Mei 2017].

Uricran.co.id Sehat dan Cantik Luar Dalam Berkat Cranberry http://uricran.co.id/2016/04/29/sehat-dan-cantik-luar-dalam-berkat-cranberry/ [diakses tanggal 3 Mei 2017].

Sumber Informasi Gambar:

[4] http://www.bbc.com/news/health-13639241

[5] http://smpsma.com/fungsi-uretra-pada-manusia.html



118 Comments

  1. Reply

    Aku dulu sih yang sering kena anyang-anyang Mbaa, kalo sekarang alhamdulillah jarang 🙂

  2. Reply

    pas abis melahirkan sering banget ayang2an..ehh pas hamil juga dink..belum tau ada obat buat anyang2an ternyata. Jaga2 deh nanti kalau hamil n anyang2an lagi coba inii

  3. Reply

    Wiiih lengkap sekali ulasannya mbak. Banyak banget ternyata manfaat dari Prive Uri-cran ini , bisa mencegah kanker dan tumor juga ya.

  4. Reply

    Ooh manfaatnya byk juga ya Mba Evrina Prive Uri-cran ini. Semoga mamanya selalu sehat ya Mba Evrina. Aamiin…

  5. Vita Pusvitasari

    Reply

    Cranberry dalam uricran memang bagus untuk mencegah dan mengobati anyang-anyangan ya mbak ev ?

  6. Reply

    Mba Ev aku cari produk ini susah jeh ga ada hahaha..aku pernah kena ISK jadinya pengen cegah pake ini tapi meski pabriknya deket kantor tp aku blm temukan jua dmn gerangan prive ini dijual :/
    Btw animasinya loh lucuuuu hahhaa

  7. Reply

    Kemaren empat ditawarin produk ini, lah saya nggak pernah anyang-anyangan je 😀
    tapi kemudian malah nyesel, manfaatnya buanyaaaak banget, tau gitu bisa saya kasih ke orang ya T_T

    • Reply

      manfaatnya banyak gak hanya untuk anyang-anyangan mbak, itu cranberry juga mengandung antioksidan untuk mencegah kanker lho

  8. Hastira

    Reply

    aku duku beberapa kali begitu dan ke dokter dan terulang lagi. aku disaranakn untuk banyak minum dan gak penah lagi. Kalau lagi ngetrip dan kurang minum , mulai terasa lagi

    • Reply

      iya memang baiknya banyak minum bu, mama saya juga minum air putihnya dikit jadi makanya gampang kena

  9. Ikrom

    Reply

    ada yang bilang kalo anyang2en ujung jempol dikasih karet gelang biar sembuh -_-
    tapi ini bisa dicoba ya

  10. Reply

    Katanya klo anyang2an byk minum ya, aku dulu pernah anyang2an.. Dan ga nyaman bgt memang, wkt itu aku byk minum aja sih, alhamdulillah ga sampe lama dah sembuh

    • Reply

      iya soalnya bakterinya jadi terbilas, kalau mama ku memang minumnya sedikit, gak terlalu suka minum kaya anaknya

  11. Reply

    anyang2an bahaya terutama buat ibu hamil, karena bisa berdampak buruk buat janin di perut

    enak ada uri-cran, ada versi minuman serbuknya jadi bisa diminum pakai air dingin ya mbak

    • Reply

      iya mbak jangan sampai kena deh mbak, better mencegah, banyak minum dan konsumsi prive uri-cran salah satunya

  12. Inna Riana

    Reply

    waktu masih sekolah sering banget kena anyang2an. males minum banyak soalnya. alhamdulillah skr udah enggak karna minum segalon tiap hari hehehe

    • Reply

      buat anyang-anyangan neng, gak hanya itu, dia juga berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum

  13. Ery Udya

    Reply

    Sering dengar anyang-ayangan, tapi belum tahu itu gejalanya gimana.

    Dan ternyata, ngeri juga.

    Harus banyak2 minum air putih nih..

  14. Trik Media Sosial

    Reply

    Aku baru tau kalau ada penyakit anyang-anyang mba, tapi mulai dari sekarang aku mau perbanyak minum air mineral deh. Dan ubah kebiasaan buruk aku yang suka nahan buang air kecil 😀

  15. meutia rahmah

    Reply

    ngak enak banget kalau anyang-anyangan. uri cran patut dicoba mba 🙂

  16. Putra

    Reply

    Animasinya keren mbak!
    Pernah anyang-anyangan dulu waktu jarang minum air. Alhamdulillah sekarang udah ga lagi.

  17. Reply

    lengkaaap banget jadi paham tentang infeksi saluran kemih. Berkali-kali dengar tentang cara membasuh saat BAK BAB dari belakang ke depan itu salah ternyata bahayanya seperti ini.

  18. Reply

    Pernah merasakan anyang-anyangan ketika sedang bepergian. Nggak enak banget. Jelas mengganggu deh. Harus sedia prive uri crane.

    Btw animasinya keren!

  19. merida merry

    Reply

    Saya baru tahu kalo gejala wc-er ini disebut anyang-anyangan. Tak kirain karena kebanyakan minum. Ternyata ga bisa dianggap sepele ya …

    • Reply

      dilihat urinenya dulu mbak, kalau urinenya cerah itu sepertinya bukan anyang-anyangan tapi karena banyak minum, kalau anyang-anyangan itu warna urinenya keruh

  20. Dewi Nuryanti

    Reply

    Pernah ngalamin juga anyang anyangan dan rasanya enggak enak banget. Selama ini sih, anyang anyangan sembuh dg minum banyak air hangat tapi lama sembuhnya. Ngga tahu kalau ada obat untuk anyang anyangan

  21. Reply

    Pernah sekali anyang2an sampe ISK dan suakitnya ampun mbak Ev, sayang baru tahu ttg Uricran sekarang, semoga mama mbak Ev selalu sehat yaaa.

  22. Reply

    Tulisannya lengkap sekali Mba Evrinasp ??. Jadi dapat informasi dan pengetahuan tentang ISK. Btw animasinya keren lho mba he he he salfok. Gudluk mba ?

  23. Lia djabir

    Reply

    Praktis banget yaa… Cocok untuk org yg malas makan buah cranberry tp lagi kena anyang2an

  24. yohana

    Reply

    Prive uri-cran memang banyak khasiatnya ya mbak. Senang ssekali bisa mengenal produk ini.

  25. Reply

    Aku baca dari awal mba evrina nulis sampai kelar,luarbiasa bermanfaat. Ternyata saudaraku kena anyang-anyang kayak gini persis gejalanya. karena dianggak tahu maka dipijet-pijet perutnya,katanya peranakan turun, tapi gak sembuh-sembuh. aku kudu infoin tulisan mba Ev nih, biar banyak yg tahu itu gejala anyang-anyangan. dan adasolusinya dengan minum prive uri cran

    • Reply

      Iya neng coba kasih tau, kasian soalnya klo gak diobatin, itu bakteri lho, bahaya klo gak dicegah bisa kemana-mana

  26. Reply

    eeh, katanya gak hanya wanita saja yang terkena ayang-ayangan.. duh, harus banyak minum neh sesuai asupan.

  27. Reply

    Alhamdulillah akhirnya ibu sembuh ya mbak, aku baru tau juga nih kl wanita yg menipause juga rentan anyang2an 🙂

  28. Reply

    aku waktu kecil masih ngalamin yang diobatin pake karet diiket dijempol. yaa ampun jadi biru gitu jempolnya. skrg udah ada obat modern XD

  29. Lusi

    Reply

    Jaman dulu kalau anyang2en disuruh naruh kaki lebih tinggi dari badan kalau telentang hehee…

  30. Reply

    Gara gara ikut demo susah cari toilet, saya anyang2an dan pulang langsung ke Klinik 24 jam. Nggak tau kalau ada obat beli bebas kayak gini. Nice info ,Mbak Ev! 🙂

  31. Reply

    Kalo lagi anyang-anyangan mau pergi kemana-mana juga jadi males karna khawatir harus bolak balik toilet… untung sekarang uda ada Prive Uricran ya mba untuk masalah anyang-anyangan ini…

  32. Reply

    Anyang-anyangan memang ga enak banget ya. Saya sering merasakannya.
    Tulisan teh ev komplit neh, pasti menang.

  33. Reply

    ternyata akibat dari anyang-anyangan juga cukup serius dan fatal akibatnya.. nampaknya dengan minum air mineral bisa menghindarkan kita dari sakit anyang-anyangan.. makasih infonya mbak..

    • Reply

      iya mbak, paling tidak bisa menerapkan minum air putih sesuai kebutuhan setiap hari biar gak kekurangan dan terkena anyang-anyangan

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.