Cari Informasi Pertanian? Kunjungi Aplikasi dan Website Berikut Ini

informasi-pertanian

Selama menjadi seorang penyuluh, saya harus cepat memberikan informasi pertanian ketika ditanya oleh para petani yang membutuhkan informasi tersebut. Tidak hanya soal budidaya tanaman saja lho, terkadang regulasi dan juga informasi terkini juga turut ditanyakan oleh mereka. Belum lagi soal kemudahan akses untuk memperoleh saprodi dan hal lain yang terkadang harus membuat saya memutar otak serta memutar kata agar mereka bisa mendapatkan info yang diinginkan. Kalau sudah mentok, baru deh saya mencari informasi dari beberapa sumber lain yang tentunya dapat dipercaya.

Biasanya saya menggunakan aplikasi serta beberapa alamat website di bawah ini untuk membantu memperkaya pengetahuan saya di dunia pertanian. Aplikasi dan website ini dapat diakses oleh siapapun termasuk masyarakat umum. Yuk kita lihat satu persatu sumber informasi tersebut.

Aplikasi dan Website untuk Mencari Informasi Pertanian

Aplikasi dan website yang saya tulis di sini lebih banyak berasal dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan). Untuk aplikasi dapat didownload secara gratis melalui play store sedangkan alamat website tentu dapat diakses secara langsung melalui gadget masing-masing. Kita dapat menggunakan beberapa alternatif sumber di bawah ini sesuai dengan kebutuhan dan kemudahan dalam mengaksesnya.

Aplikasi Informasi Pertanian

  1. ITani

Aplikasi ini merupakan persembahan dari Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian yang dikenal dengan nama Pustaka. Aplikasi ini memuat buku, buletin, prosiding, dan jurnal yang diterbitkan oleh Kementerian Pertanian serta buku yang diterbitkan oleh pihak lain. Buku dari pihak lain ini sebelumnya sudah dilakukan penilaian oleh pihak Pustaka dan apabila dinyatakan cocok untuk ditayangkan maka dapat muncul di aplikasi ITani.

informasi-pertanian

Di aplikasi Itani, kita dapat meminjam buku yang ingin dibaca tanpa harus datang ke Pustaka. Caranya adalah setelah terdaftar dalam aplikasi ITani, cukup mengklik salah satu buku yang ingin dibaca lalu klik pinjam. Setelah itu akan diminta untuk memasukkan password baru kemudian kita bisa mendownload buku tersebut. Nanti buku yang sudah dipinjam akan dimasukkan ke dalam rak buku yang terdapat di dalam aplikasi untuk dapat dibaca secara mobile.

Asiknya menggunakan ITani adalah platformnya seperti media sosial. Kita bisa memiliki follower lho di sini.

  1. Integrated Cropping Calender

Integrated Cropping Calender dulunya bernama Katam yang merupakan kependekan dari Kalender Tanam. Aplikasi ini memuat informasi singkat mengenai kalender tanam, rekomendasi pupuk, alat dan mesin pertanian, serta varietas tahan. Caranya adalah dengan memasukkan kata kunci berupa nama kecamatan atau nama kabupaten, lalu di klik menu yang ingin dicari informasinya.

informasi-pertanian

Website Informasi Pertanian

  1. IndoAgroPedia

Ini merupakan alamat website terbaru dari Kementan RI. Saya mengenalnya ketika mengikuti seminar Hari Buku Sedunia di Pustaka pada akhir tahun lalu. IndoAgroPedia memuat berbagai macam istilah di dunia pertanian. Jadi, kalau nanti ada istilah seputar pertanian yang kurang dimengerti, bisa mengaksesnya di IndoAgroPedia.

Alamat IndoAgroPedia ada di: http://indoagropedia.pertanian.go.id/

informasi-pertanian

2. Repositori Publikasi Badan Litbang Pertanian

Merupakan tempat penyimpanan konten digital berupa artikel lengkap publikasi dari Kementan baik berupa jurnal, laporan, prosiding, dan lain sebagainya. Repository merupakan bagian dari perpustakaan digital terbitan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Alamat repository Kementan RI ada di: http://digilib.litbang.pertanian.go.id/repository/

informasi-pertanian

  1. Cyber Extension

Website ini dikembangkan oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian. Sebenarnya website ini lebih dikhususkan bagi para penyuluh untuk mendapatkan informasi sekaligus membagikan materi penyuluhan bagi penyuluh lainnya. Namun tidak ada salahnya apabila masyarakat umum mengakses informasi yang ada di website ini karena tersedia materi spesifik lokalita yang disesuaikan dengan daerah masing-masing.

Alamat Cyber Extension ada di: http://cybex.pertanian.go.id/

informasi-pertanian

  1. E-Petani

Kalau tadi Cyber Extension lebih dikhususkan untuk para penyuluh, untuk para petani dan masyarakat umum juga ada website tersendiri yaitu di E-Petani. Di portal ini para petani maupun masyarakat umum bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan seputar budidaya, informasi saprodi, harga pasar hingga tanya pakar dan berdiskusi.

Alamat E-Petani ada di: http://epetani.pertanian.go.id/

informasi-pertanian

  1. Sinar Tani

Dulu saya sering mendapatkan versi cetak dari tabloid Sinar Tani. Sekarang, karena zamannya serba paperless, maka Sinar Tani dapat diakses secara mobile untuk memudahkan pembaca. Sesuai dengan bentuknya yang berupa tabloid, di sini banyak sekali memuat informasi terkini seputar kebijakan, isu terkini di dunia pertanian, hingga halaman budidaya praktis.

Alamat Sinar Tani ada di: http://tabloidsinartani.com/

informasi-pertanian

Itu tadi adalah beberapa aplikasi serta alamat website yang sering saya jadikan rujukan untuk menggali dan menambah wawasan seputar dunia pertanian. Semua alamat di atas dapat diakses oleh siapapun baik melalui computer desktop maupun secara mobile melalui smartphone. Nah, apabila membutuhkan informasi pertanian yang lebih mendalam lagi dapat mengunjungi website Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Sekian dulu informasi dari saya, semoga bermanfaat ya.

 

20 Comments

  1. Reply

    Saya paling sering ngintip ke repository pustaka kementan bt bikin materi, hehe.
    Mdh2n petani jg bnyak yg bisa mengakses sndiri ya.

  2. DoniNurdians

    Reply

    baru tahu ada aplikasi tersebut,,,bisa banyak membantu para petani nih. Mantap…

  3. Reply

    keren yg bikin aplikasi2 pertanian di atas, jadi gak kudu buka buku tebel trubus hihi … aki-ku di garut punya kebon teh, cabe, kol dan di salah satu meja di rumahnya ada tumpukan buku2 tebel mirip yellow pages yg isinya informasi pertanian

  4. Amir Mahmud

    Reply

    Wah berarti sangat membantu sekali ya Mbak, terutama jika tanaman terkena hama. Seperti yang di daerah saya alami, banyak petani gagal panen karena padinya terkena serangan hama. Jenis hama yang menyerang kecil kecil lembut sekali dan warnanya agak biru biru gitu. Dari yang tadinya tiap petak bisa dapat 3 karung, sekarang cuma dapet sepucuk karung Mbak, kasian banget pokonya, termasuk milik saya

    • Reply

      Amir bisa buka informasi di alamat dan aplikasi di atas, jadi gak usah nunggu petugas datang nanti sudah ngerti sendiri

  5. Puyuh Ungkep

    Reply

    Semoga pertanian Indonesia kelak akan maju dan berkembang mbak

    Dan semoga sarjana pertanian kembali ke habitatnya, membangun pertanian biar engga dikuasai aseng.

  6. Pingback: Cari Penyuluh Pertanian? Datang ke Sini Saja! - Agricultural Extension Officer, Blogger, and Dreamer

  7. Pingback: Aplikasi Website Terkait Kinerja yang Harus Diisi oleh Penyuluh Pertanian - Agricultural Extension Officer, Blogger, and Dreamer

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.