Belajar Fotografi Ponsel di Kelas Experience OPPO F1s

fotografi-ponsel

Yo what’s up what’s up? Jumpa lagi di channel evrinasp.com *udeh kaya penyiar aja, *abaikan. Adakah teman-teman di sini yang sedang mendalami fotografi ponsel? Kalau ada, ajarin dong hehe. Ini persoalan serius buat saya karena yang namanya fotografi itu pasti butuh feeling agar karya yang dihasilkan enak dipandang dan memiliki nilai artistik. Mau secanggih dan sekeren apapun gadget yang dipakai untuk menangkap objek tapi hasilnya masih belum memiliki nilai ya sama aja kali ya. Kalau kata temen sih, supaya foto yang dihasilkan dapat memiliki nilai seni, maka harus sering latihan dan sering melihat karya fotografi orang lain. Nanti jadi memiliki referensi tersendiri yang sudah terpatri dalam otak.

Karena selama ini saya sering banget dan memang penyuka foto narsis, maka kepingin deh sekali-kali sadar untuk belajar menghasilkan foto yang bermakna. Sayang soalnya punya gadget kece tapi hasil gambarnya masih begitu saja. Itu sebabnya, pada hari Minggu tanggal 28 Agustus 2016 lalu saya lagi-lagi ikutan gatheringnya OPPO Community. Kali ini OPPO Community menggandeng Komunitas Fotografi Ponsel a.k.a Kofipon untuk sharing bagaimana cara menghasilkan foto yang memiliki nilai seni hanya dengan menggunakan kamera ponsel saja. Karena ini acaranya bersama OPPO, maka device yang digunakan adalah device terbarunya yaitu OPPO F1s. Cerita lebih lengkap saya jabarkan berikut ini ya *gelar karpet sambil sodorin buah.

fotografi-ponsel

Mengenal Kofipon

Niat mau datang tepat waktu tapi kenyataan berkata lain akibat keretanya mogok beberapa kali karena antri penggunaan lintasan. Beruntung waktu sampai di Bumbu Desa, Cikini Jakarta, ternyata acaranya masih belum dimulai. Langsung saja deh hunting foto-foto narsis dulu, namanya juga Blogger harus memperkaya konten.

fotografi-ponsel

Biasanya kalau mau hadir di suatu acara, saya suka kepo dulu sama tema yang akan diangkat. Tapi untuk kali ini saya sengaja tidak mencari tau apa itu Kofipon karena ingin mendengarnya langsung dari sumbernya. Sebelum kupas tuntas tentang Kofipon, ternyata ada yang berulang tahun saat itu yaitu Mas Darto dari Kofipon. Yeaaay selamat ulang tahun ya mas, semoga sukses selalu. Sebagai informasi, Mas Darto ini seorang jurnalis, juga blogger, dan tentunya fotografer. Wes lengkap poko’e.

fotografi-ponsel

Yuk kita mengenal lebih jauh dengan Kofipon. Jadi, Kofipon adalah Komunitas Fotografi Ponsel yang awalnya didirikan di Yogyakarta pada tanggal 17 Maret 2009. Kofipon didirikan oleh Mas Beni S. Toni yang sekarang sudah memiliki perwakilan komunitas di beberapa daerah seperti Jakarta. Perkenalkan, admin Kofipon Jakarta namanya adalah Mas Titus yang masih muda. Kalau mau join ke komunitasnya silahkan pake banget, ini alamat komunitasnya:

Facebook: https://www.facebook.com/groups/kofipon/

(yang ini dimoderate dulu karena closed group)

Twitter: @KoFiPon

Instagram: @kofipon

Di komunitas ini teman-teman bisa belajar menghasilkan karya hanya dengan menggunakan ponsel. Karya yang dihasilkan bisa di share di grup untuk mendapatkan saran dari teman-teman yang tergabung di dalamnya. Tenang aja no bully kok di sana, etapi saya sendiri agak jiper sih buat share foto di sana hehe.

Nah, kemarin itu Mas Titus mendapatkan tantangan untuk mengeksplore kamera depan dan belakang OPPO F1s untuk menghasilkan karya. Karena Beliau jarang banget menghasilkan foto selfie *yakali fotografer masa selfie hehe* jadi otomatis agak kaku ketika jepret sana-sini. But, ada tips dan trik untuk memproduce foto keren hanya dengan menggunakan ponsel saja, terutama ketika menggunakan F1s, tipsnya saya jabarkan di bawah ini ya.

Fotografi Ponsel dengan OPPO F1s

fotografi-ponsel

Oke, sebelum ke tips dasar fotografi ponsel, let me explain more about F1s generally. Jadi, kamera OPPO F1s ini merupakan device terbaru dari OPPO yang menghasilkan gambar natural. Kalau yang cantik jadi natural beauty, sedangkan yang hanteng jadi natural handsome *aposeh. Gambar natural yang dihasilkan ini berkat LED OPPO F1s yang berwarna kuning sementara kebanyakan smartphone lain berwarna putih. Itu sebabnya hasil gambar terlihat jadi alami apa adanya dengan sentuhan Beautify 4.0 yang membuat gambar jadi clean, smooth without noise. Kamera belakang F1s berkekuatan 13 MP, dan kamera depannya 16 MP. Mantab gak tuh masbro? Ngomong-ngomong rasanya saya sudah tiga kali ngomongin F1s deh, uraian lebih lengkapnya teman-teman bisa mampir ke tulisan berikut ini:

Baca: Minggu Ceria Bersama OPPO Community F1s Meet Up Jakarta

Baca: Serunya OPPO F1s Exhibition di Kota Kasablanka

atau meluncur ke sumbernya langsung di website OPPO F1s ya.

Nah, sekarang ke materi inti tentang fotografi ponsel yang dipaparkan oleh Mas Titus dari Kofipon. Tips yang dibagikan merupakan tips secara general ya, karena kalau dikupas semuanya ‘gak cukup waktu, bisa-bisa nanti malah nginep di Bumbu Desa. Baiklah, berikut adalah tips mendasar dari fotografi ponsel dengan menggunakan F1s:

  1. Aktifkan grid pada setting camera baik untuk kamera depan maupun belakang. Grid ini bermanfaat untuk mengatur posisi objek supaya dia teratur tidak miring sana-sini dan sesuai dengan garis. Menurut Mas Titus, kalau menggunakan grid nanti foto di gallery Instagram akan rapih sendiri walaupun random karena memiliki pola yang tidak terlalu berbeda.
  2. Perhatikan pengaturan cahaya untuk mengurangi noise. Disarankan untuk mengambil foto saat matahari berada di posisi pukul 06.00-09.00 atau 15.00-18.00 karena saat itu cahaya matahari tidak terlalu terang namun cukup untuk menerangi objek.
  3. Untuk menghasilkan foto selfie, perhatikan banget posisi wajah. Jika wajahnya berbentuk bulat coba diambil dari posisi samping supaya wajah terlihat tirus.
  4. Kemudian untuk menghasilkan foto makro yang menggunakan hewan kecil seperti serangga, semut dan teman-temannya, pengambilan gambarnya harus pelan-pelan agar objek tidak bergerak yang membuat gambar menjadi blur.
  5. Terakhir, silahkan lakukan filter bila perlu namun jangan berlebihan supaya tetap terlihat natural.

Kalau sudah berhasil mendapatkan fotografi keren melalui ponsel, tinggal diupload di galeri Instagram atau lainnya. Namun, ada saran nih dari seorang teman, kalau bisa foto yang diupload pada galeri instagram itu bersifat tematik. Misalnya dari tonasi warna, dari tema foto dan lain-lain supaya enak dilihat dan tidak terlalu random. Itu jadi PR tersendiri buat saya yang galeri instagramnya masih sangat random bahkan isinya muka semua *tepok jidat.

Setelah mengupas tentang pengetahuan dasar fotografi ponsel, acara berlanjut ke sesi tanya jawab dan istirahat makan siang sambil hunting foto untuk dilombakan. Dari sekian peserta, terpilihlah empat orang yang menurut Mas Titus layak diberikan hadiah berkat karya foto yang dihasilkan selama hunting sebelumnya.

Menjelang detik-detik penutupan acara, ternyata masih ada surprise lagi lho, yaitu ulang tahunnya Kofipon, yeaay selamat ya (tapi maaf saya lupa yang ke berapa hehe), salam sukses selalu untuk Kofipon. Dan acarapun ditutup dengan foto wefie bersama. Well done, acara fotografi ponsel bersama Kofipon dan OPPO Community selesai dengan meriah. Semoga bermanfaat ya dan sampai jumpa lagi pada kesempatan dan keseruan berikutnya.

16 Comments

  1. tenggorokan

    Reply

    Selain bermanfaat banyak, kemasan artikelnya juga sangat bagus…thanks for sharing

  2. Reply

    Ilmu yg berguna bangat kmrn itu, langsung aktifkan grid pada kamera hehehe

    Cieee yang galeri Instagramnya mau tematik, tp menang harus begitu supaya enak dipandang 🙂

  3. Almira Sifak

    Reply

    Mbak, kupas lebih banyak doong…penasaran nih, tapi tulisan diatas udah membantu juga. Makasih yaa

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.