Berkendara dengan Sehat dan Nyaman Bersama Filter Sakura

filter-sakura

Saya selalu was-was setiap kali melakukan perjalanan dengan menggunakan mobil. Jika kondisi mobilnya nyaman tentu tidak masalah, mau sejauh apapun jarak yang ditempuh akan tetap enjoy saja menikmati perjalanan. Masalahnya kalau kondisi kendaraan sedang tidak fit tentu akan sangat mengganggu bahkan dapat membuat tubuh menjadi tidak sehat. Kondisi tersebut pernah saya alami ketika menggunakan mobil kantor untuk bertugas karena pada saat itu kondisinya dalam keadaan kurang nyaman.

Jadi, beberapa waktu yang lalu saya pernah ditugaskan untuk mendampingi tamu berkeliling lapangan dengan menggunakan mobil kantor. Namanya juga mobil kantor, pemeliharaannya jadi kurang optimal karena dipakai oleh banyak orang. Kondisi di dalam mobil saat itu kurang nyaman akibat bau yang tidak sedap, udara terasa vakum walaupun terdapat AC mobil. Asap buangan solar juga terasa masuk ke dalam mobil dan membuat penumpang menjadi gelisah. Saat itu juga saya langsung mengalami pusing hingga berkeringat dingin. Setelah sampai di suatu tempat, saya langsung duduk menyender dan membiarkan para tamu untuk beristirahat sejenak.

filter-sakura

Dapat dikatakan itu adalah pengalaman buruk yang saya alami dalam berkendara. Sejak itu saya jadi memiliki kebiasaan untuk membuka seluruh pintu dan jendela ketika menyalakan mobil agar kondisi udara di dalam berganti dengan kondisi udara di luar. Hal tersebut saya lakukan agar tidak timbul gejala pusing, sakit kepala atau mual ketika menghirup udara di dalam mobil walaupun terdapat wewangian di dalamnya.

Ternyata, kondisi ‘iklim’ di dalam mobil memang tidak boleh dianggap sepele lho karena gas atau zat kimia yang ada di dalam mobil itu sangat berbahaya bagi kesehatan, bahkan dapat menimbulkan kematian apabila tidak paham cara mengatasinya. Berikut akan dijelaskan lebih lanjut mengenai bahaya pencemaran udara pada kendaraan.

Bahaya Pencemaran Udara Pada Kendaraan

Selama ini saya berpikir bahwa pencemaran udara di luar kendaraan itu dapat kita hindari asalkan menutup rapat kendaraan selama melintas di jalan raya. Tetapi ternyata semua itu salah total, ada beberapa penyebab lain yang membuat kita harus waspada terhadap kondisi udara baik yang berasal dari luar maupun dari dalam kendaraan.

Bahaya Pencemaran Udara dari Luar Kendaraan

Paparan emisi gas dari knalpot kendaraan sangat berbahaya bagi kesehatan pengendara terutama bagi para pengendara mobil pribadi. Meskipun dalam kondisi tertutup, masih dapat memungkinkan gas tersebut masuk melalui celah tertentu, apalagi saat kondisi pengaturan pembuangan udara sedang kurang baik. Fakta ini sesuai dengan hasil penelitian yang tercantum pada jurnal Science of the Total Environment. Jurnal tersebut mengatakan bahwa resiko pengendara mobil pribadi terkena paparan partikular berbahaya serta karbon hitam jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pengendara sepeda, pengguna kereta, dan bus. Kemudian menurut International Center for Technology Assessment (ICTA), pada saat kita berada di dalam mobil, pengemudi cenderung menghirup polusi kendaraan di depannya apalagi pada saat macet. Nah, konsentrasi karbonmonoksida (CO) dari emisi gas knalpot ini yang dapat menyebabkan berbagai macam gejala seperti sakit kepala, pusing, mual dan lain-lain [1].

sakura-filter

Pada saat macet, polusi udara dari kendaraan di depan masih memungkinkan untuk masuk dalam kendaraan

Bahaya Pencemaran Udara dari Dalam Kendaraan

Selain terpapar oleh polusi udara yang berasal dari luar, pengendara juga dapat terpapar polusi yang berasal dari dalam mobil. Aroma yang berasal dari interior mobil terkadang membuat pengendara menjadi pusing, apalagi pada saat membuka mobil pertama kali dari keadaan tertutup tanpa sirkulasi udara. Itu sebabnya saya selalu membiarkan mobil dalam keadaan terbuka hingga beberapa menit agar udara di dalam berganti dengan udara dari luar.

Nah ini yang juga perlu diperhatikan pada saat berkendara di siang hari. Ternyata, sinar UV dapat meningkatkan konsentrasi Volatile Organic Compounds (VOC) dan dapat melepaskan bahan-bahan kimia yang terdapat pada interior mobil. Poly brominated diphenyl ethers (PBDEs) dan phthalates (bahan kimia yang digunakan untuk melunakkan plastik) adalah sebagian diantara zat-zat kimia yang dilepaskan dari interior mobil [1].

filter-sakura

Selain itu, ada zat kimia lain yang masih sangat berbahaya yaitu Benzene. Benzene merupakan racun yang dapat menyerang organ penting pada tubuh. Zat ini dipancarkan dari perangkat mobil seperti UC, dashboard, sofa, serta AC. Tingkat Benzene di dalam ruangan masih berada dalam level aman apabila berada pada kisaran 50 mg/sq ft. Paparan Benzene ini akan semakin tinggi apabila suhu di dalam kendaraan juga meningkat terutama pada saat terpapar matahari [2].

Itu sebabnya pengaturan udara di dalam kendaraan sangat penting agar zat tersebut tidak terakumulasi di dalam dan tidak terhirup oleh pengendara yang dapat mengganggu kesehatan. Memastikan fungsi pengatur udara berjalan dengan baik pada saat berkendara sangat penting untuk dilakukan. Selain menggunakan pengatur udara, kita juga dapat mengandalkan penggunaan filter kabin yang dapat menyaring udara dari luar serta menyerap aroma kurang sedap yang terdapat di dalam kendaraan. Ada satu filter kabin kendaraan berkualitas yang dapat menjaga ‘iklim’ di dalam kendaraan tetap sehat dan nyaman selama berkendara, berikut penjelasannya.

Solusi Berkendara Sehat dan Nyaman dengan Sakura Bio-Guard Cabin Air Filter

Berkendara secara sehat dan nyaman hingga sampai ke tempat tujuan tentu menjadi harapan semua pengendara. Untuk menciptakan ‘iklim’ yang sehat dalam kendaraan dibutuhkan sirkulasi udara yang memadai. Namun, sirkulasi yang memadai saja tidak cukup lho karena masih dibutuhkan filtrasi udara dalam kabin agar terhindar dari polusi dan kuman berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan. Salah satu produk filter kabin yang sangat direkomendasikan untuk menjaga ‘iklim’ sehat dalam kendaraan adalah Filter Sakura yang saat ini telah mengeluarkan inovasi terbarunya yaitu Sakura Bio-Guard Cabin Air Filter.

filter-sakura

Sakura Bio-Guard Cabin Air Filter secara resmi telah dilaunching pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016 (GIIAS 2016) di ICE BSD Tangerang pada tanggal 11 Agustus 2016 lalu. Sebelum dijelaskan lebih lanjut mengenai Filter Sakura, kita simak penelusuran saya berikut ini ketika mengunjungi booth Sakura di GIIAS 2016:

Sakura Bio-Guard Cabin Air Filter memiliki lima keunggulan yang membuatnya layak untuk dimiliki. Lima keunggulan tersebuat diantaranya [3]:

  1. Filter udara dapat menyaring partikel sampai ukuran 2,5 micron, sementara filter kabin lain umumnya hanya bisa menyaring sampai 10,0 micron
  2. Stop Virus Growth, memiliki tekologi yang akan meredam perkembangan virus
  3. Memiliki Inhibit and Stop Bacteria (menghentikan bakteria)
  4. Mencegah timbulnya alergi dari partikel kotor
  5. Memiliki odor barrier untuk mencegah timbulnya bau tidak sedap

Lima keunggulan yang dimiliki oleh Sakura Bio-Guard Cabin Air Filter ini tak lepas dari peran tiga lapis layer dalam Filter Sakura. Masing-masing layer memiliki peran tersendiri sehingga menghasilkan udara yang bersih selama berkendara. Ketiga layer tersebut diantaranya:

filter-sakura

1. Bio-Guard Layer

Lapisan pertama terbuat dari bahan biasa yang diberi lapisan aditif nano silver atau nano germs yang dapat melindungi dari serangan virus, kuman, alergen, bakteri atau jamur sebelum memasuki kabin kendaraan. Selain menangkal serangan dari luar, lapisan Bio-Guard ini juga menghilangkan kuman penyakit yang sudah ada di dalam kendaraan sebelum dilakukan instalasi Sakura Bio Guard.

2. Carbon Layer

Lapisan kedua menggunakan Polypenol karbon dengan Allergen yang bermanfaat untuk menghilangkan bau yang tidak menyenangkan dan mengurangi dampak gas buangan berbahaya. Dengan menggunakan Sakura Bio-Guard Cabin Air Filter, pengendara tidak perlu terlalu khawatir terhadap paparan gas emisi kendaraan terutama pada saat terkena macet.

3. Protective Layer

Lapisan ketiga lebih bekerja ekstra keras lagi karena dapat menghilangkan partikel mikroskopis dan serbuk sari penyebab alergi. Berkat lapisan media premium yang ada di layer ketiga, berkendara menjadi terasa sehat dan nyaman serta terhindar dari infeksi dan alergi.

Filter Sakura yang terdiri dari tiga lapis tersebut apabila digunakan pada kendaraan tentu sangat bermanfaat yang membuat berkendara menjadi sehat dan aman hingga sampai di tempat tujuan. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh apabila memasang Filter Sakura di dalam kabin kendaraan yaitu:

Menjamin kesehatan dan menciptakan iklim yang sehat selama berkendara

Tiga lapis Sakura Bio-Guard Cabin Air Filter memberikan perlindungan terhadap kuman dan virus penyebab penyakit, mampu menonaktifkan bakteri di udara yang berbahaya, mengurangi hingga 99% kehadiran alergen yang menyebabkan reaksi hipersensitif termasuk asma.

filter-sakura

Jangka waktu pemakaian cukup lama

Jangka pemakaian Filter Sakura dapat berlangsung cukup lama. Filter Sakura ini harus dilakukan penggantian setiap 15.000 km atau 1 tahun dari tanggal instalasi. Untuk memastikan kinerja terbaik, tetap dilakukan pemeriksaan terhadap kualitas filter yang disesuaikan dengan kondisi udara kabin dan lingkungan dimana kendaraan beroperasi.

Tersedia untuk berbagai jenis kendaraan yang sudah banyak beredar di Indonesia

Filter Sakura tersedia untuk berbagai jenis kendaraan yang sudah banyak beredar di Indonesia. Sakura mempersiapkan 11 jenis filter kabin untuk kendaraan populer (yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat).

filter-sakura

Sumber: https://www.instagram.com/filter.sakura/

Mudah dalam pemasangan

Filter Sakura mudah untuk dipasang oleh siapapun termasuk para ibu rumah tangga. Tidak perlu bantuan teknisi atau membawa ke bengkel untuk melakukan pemasangan filter kabin Sakura.

filter-sakura

Harganya terjangkau

Untuk harga varian-varian yang dihadirkan Sakura berkisar dari Rp 100.000,- hingga Rp 300.000,-, cukup terjangkau apabila dibandingkan dengan manfaat yang diberikan dan jangka waktu pemakaiannya.

Tentang Filter Sakura

Filter Sakura diproduksi oleh PT Selamat Sempurna Tbk yang merupakan perusahaan anak bangsa. Saya pikir karena namanya Sakura berarti diproduksi oleh asing, ternyata tidak ya, Filter Sakura itu asli buatan anak bangsa dan itu keren banget.

PT Selamat Sempurna Tbk adalah anak perusahaan dari ADR Group of Companies (Divisi Otomotif) yang telah menyediakan suku cadang otomotif dan solusi industri selama lebih dari 40 tahun. Dalam bisnis filtrasi, Filter Sakura menawarkan lebih dari 6.000 part number air filter, oli filter, fuel filter, hydraulic filter dan kabin filter untuk aplikasi otomotif, commercial, alat berat, kelautan, dan industri. Semua produk yang beredar sudah diuji dengan ISO/IEC 17025: 2005 dan terakreditasi laboratorium.

Mengapa memilih produk Filter Sakura?

Untuk mendapatkan kondisi yang sehat dan nyaman selama berkendara, kita harus memilih produk yang berkualitas dan menjamin kesehatan. Salah satu produk tersebut adalah Filter Sakura. Mengapa kita harus memilih Filter Sakura untuk menjamin kesehatan berkendara? Berikut adalah beberapa alasannya:

  1. Memiliki efisiensi yang tinggi karena dirancang dan diuji sesuai dengan JIS, ISO, dan standar SAE untuk memenuhi efisiensi maksimum dalam penyaringan.
  2. Waktu pemakaian lebih lama, produk filter sakura diproduksi dengan bahan berkualitas tinggi dan konstruksi yang kuat untuk memberikan kinerja yang optimal dan waktu hidup lebih lama.
  3. Mampu melindungi mesin berkat kinerja filtrasi yang mumpuni untuk melindungi komponen mesin.
  4. Mengurangi biaya pemeliharaan. Produk ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan mesin modern dan pertimbangan ekonomi dengan mengurangi biaya perawatan mesin.
  5. Merek dagang Sakura sudah terdaftar secara global dalam lebih dari 1000 negara di seluruh dunia
  6. Berstandar global quality dan telah joint venture dengan industri global terdepan.
  7. Pendistribusian produk telah dilakukan secara global dan telah diekspor ke lebih dari 115 negara di seluruh dunia.

    filter-sakura

    Tamu dari Malaysia mengunjungi booth Sakura Filter di GIIAS 2016, dokumen pribadi

  8. Mendapatkan global award, ADR Group memenangkan banyak penghargaan bergengsi, baik penghargaan lokal dan internasional. filter-sakura

Selain filter kabin, Filter Sakura juga memiliki produk lainnya seperti Filter Udara yang mencegah udara terkontaminasi dan bercampur dengan bahan bakar sebelum masuk ke ruang pembakaran, Filter Oil menjaga pelumas tetap bersih pada mesin sehingga mengurangi keausan dini, Filter Bahan Bakar yang menjaga sistem bahan bakar agar tetap bersih, Filter Transmisi untuk memastikan cairan transmisi tetap bersih, Filter Udara Racing untuk meningkatkan performa mesin dengan kemampuan menyaring lebih banyak debu dan lebih efisien dan beberapa filter lainnya. Untuk mengetahui detail produk lainnya dapat mengunjungi halaman berikut ini: http://www.sakurafilter.com/.

filter-sakura

Dari semua pemaparan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa ancaman polusi udara tidak hanya berasal dari luar kendaraan saja, tetapi juga berasal dari dalam kendaraan itu sendiri. Apabila tidak ditanggulangi, tentu akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu diperlukan langkah strategis agar berkendara menjadi sehat dan nyaman. Salah satunya adalah dengan menciptakan ‘iklim’ yang sehat dan nyaman berkendara dengan menggunakan Sakura Bio-Guard Cabin Air Filter yang dapat menangkal serangan kuman, menyerap bau tidak menyenangkan serta meminimalisir partikel mikroskopis yang dapat menyebabkan alergi. Apabila ‘iklim’ dalam mobil sudah aman dan sehat, maka berkendara menjadi menyenangkan meskipun menempuh jarak yang jauh sekalipun.

Selamat berkendara ya teman-teman, jagalah selalu kondisi kesehatan agar selamat sampai tujuan. Sekian pemaparan blog post kali ini yang terkait dengan dunia otomotif. Semoga bermanfaat.

Sumber Informasi:

[1] Alodokter.com. Polusi Udara di Dalam Mobil? http://www.alodokter.com/polusi-udara-di-dalam-mobil [diakses tanggal 20 Agustus 2016].

[2] Halosehat.com. Bahaya AC Mobil Bagi Kesehatan. http://halosehat.com/penyakit/sumber-penyakit/bahaya-ac-mobil-bagi-kesehatan [diakses tanggal 20 Agustus 2016].

[3] Oto.detik.com. 2016. Filter Kabin Ini Bisa Melindungi Penumpang di Kabin Mobil dari Aneka Kuman. http://oto.detik.com/otoshow/read/2016/08/13/094332/3274518/1506/filter-kabin-ini-bisa-melindungi-penumpang-di-kabin-mobil-dari-aneka-kuman?o991101638 [diakses tanggal 20 Agustus 2016].

Ravel, S. 2016. Sakura Bio Guard Teknologi Berantas Virus dan bakteri. http://www.otomania.com/read/2016/08/13/150500630/Sakura.Bio.Guard.Teknologi.Berantas.Virus.dan.Bakteri [diakses tanggal 20 Agustus 2016].

Penjelasan produk dan gambar diambil dari http://www.sakurafilter.com/.

 

 

48 Comments

  1. Reply

    Mbak Ev ini, sellu maksimal kalo ngelomba

    Aku toh, mau diajarin bikin infografisnya.. Wkwkwk

    Dan aku tahu lomba ini baru kemarin, ggada persiapan opo2…. Hahaja

  2. Reply

    Kalau saya dari dulu emang cemen, mbak. Setiap kali naik mobil (baik itu kendaraan umum maupun pribadi, duduk di depan maupun belakang, mobil yang terawat maupun enggak), gak tahu kenapa saya selalu mual, bahkan gak jarang saya – maaf- vomit di mobil.

    Hadeuh… beginilah nasib orang norak 🙁

    • Reply

      Bukan norak, mungkin memang tubuhnya tidak bisa beradaptasi dengan sikon mobil, temen ku ada juga kok yg kayak gitu karena dia terbiasa naik motor yang udaranya frew

  3. Reply

    Kerenn seperti biasa dan saya malah ngeliatin grafisnya aja nih mbak Ev 🙂

    Iya saat ini kita memang perlu sesuatu seperti filter sakura ini yang siap membantu kita saat berkendara agar tetap sehat dan terhindar dari pencemaran udara ya mbak. Karena ternyata pencemaran juga bisa berasal dari dalam mobil sendiri.

    Semoga menang ya mbak, aamiin 🙂

  4. Reza Aditya

    Reply

    Pas ngeliat tulisan ini barusan, langsung ngomong dalam hati..

    Wah.. mbak Ev ini calon2 yg menang lomba ini. Dari tulisannya kliatan banget udah Pro dan sering ikut lomba ^_^

    Informasi dan review nya keren Mbak Ev. Plus ada infografisnya…

    Sukse selalu Mba dan Salam kenalll ^_^

    • Reply

      aamiin ya Allah ya Rabb, terimakasih atas doanya, ini usaha saya, smeoga berjodoh dengan lomba ini, salam kenal kembali ya 😀

  5. Reply

    Saya sering kali mengalami mabuk kendaraan, rasanya gak enak sekali. Apakah produk ini bisa menghilangkan rasa mual yang menyerang saat berkendara. Biasanya mabuk karena udara pengap di dalam kendaraan, kalau kacanya sedikit di buka rasa mual sedikit hilang

  6. filter air

    Reply

    artikel yang komplit dapat memberikan penjelasan yang maksimal tentan filter sakura

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.