Blogger Juga Perlu Belajar Facebook Ads

facebook-ads

Facebook Ads juga perlu dipelajari oleh blogger lho.

Sebagai blogger yang pengetahuan bloggingnya masih minim, saya senang sekali untuk mempelajari hal-hal teknis dunia bogging. Apalagi untuk hal baru yang membuat saya membaca ulasannya berkali-kali. Itu sebabnya jika ada semacam workshop yang berkaitan dengan dunia blog dan saya dapat menghadirinya, insyaa Allah saya akan ikut serta. Seperti beberapa minggu yang lalu, ketika saya berkesempatan untuk hadir pada acara #NgobCanBP bersama Blogger Perempuan (BP) yang membahas tentang Facebook Ads.

Baca: Event bersama BP lain yang saya ikuti: #BeliYangBaik Untuk Bumi yang Lestari

Mungkin sebagian teman-teman sudah ada yang tau tentang Facebook Ads ya? kalau buat saya hal ini baru banget. Saya tau sih ada iklan yang wara-wiri di timeline Facebook, tetapi tidak tau bagaimana teknis memasang dan memainkannya hingga bisa menghasilkan keuntungan bagi blog kita sendiri. Tetapi selain mendapatkan keuntungan, kita juga bisa melakukannya untuk meningkatkan traffic blog post kita terutama pada postingan berbayar. Lho kok gitu Ev? Iya menurut Mbak Shinta dalam penjelasannya dikatakan bahwa sudah menjadi kewajiban kita sebagai blogger yang menerima pembayaran juga harus mendatangkan traffic pengunjung terhadap postingan berbayar. Agar brand yang bekerjasama dengan kita juga mendapatkan keuntungan dari promosi/review yang kita lakukan di blog.

Tenang saja kok, budgetnya tidak terlalu besar kalau mau mengiklankan blog post milik kita. Intinya, penggunaan Facebook Ads ini tidak hanya meningkatkan traffic blog kita, tetapi juga dapat memberikan keuntungan apabila kita tau strateginya. Jadi, trafficnya dapet, kewajiban untuk brand dapet, keuntungan untuk kita sendiri juga dapet. Saya jadi kepikiran nih, untuk postingan kontes yang membutuhkan jumlah traffic yang banyak, kita bisa saja menggunakan Facebook Ads. Nah, di #NgobCanBP kali ini akan diulas semuanya dan saya akan berusaha memberikan pemaparan dari hasil penangkapan kaca mata minus saya ya hehe. Maklum materi ini membutuhkan pencernaan yang mendalam dan harus dipraktekan. Baiklah mari kita mulai yuk.

Sesi Pertama, Pemaparan dari Involve Asia

Mesin otak kita panaskan dulu yang dengan materi mengenai Monetizing Blog melalui affiliate marketing. Kali ini yang memberikan penjelasan adalah Mas Andre dari Involve Asia. Jadi, Affiliate marketing adalah cara menghasilkan uang dari internet yang terjadi pada saat kita mempromosikan produk milik orang lain dan terjadi penjualan maka kita akan mendapatkan komisi dari pemilik produk.

Apa saja cara yang dapat kita lakukan? Kalau untuk blogger bisa melalui product review, resource page, pemasangan banner ads, dan blog post. Nah, saat ini kebanyakan customer itu sudah pintar kalau mau membeli atau menggunakan produk. Kebanyakan dari mereka akan membaca review terlebih dahulu misalnya dengan mencari informasi dari mesin pencarian. Lalu bertemulah dengan tulisan blogger yang membahas review product berdasarkan pengalaman setelah menggunakan product tertentu sehingga memberikan gambaran tersendiri bagi customer. Nah, dari situ tercetus gagasan untuk membuat affiliate marketing melalui blog yang akan membuat pemilik blog senang karena menghasilkan komisi, perusahaan senang karena produknya terjual dan konsumen senang karena mendapatkan informasi produk sebelum dibeli. Intinya semuanya senang.

Nah, di sini ada peran Involve Asia sebagai Affiliate Network yang menyediakan platform sebagai solusi affiliate marketing. Mengapa perlu berafiliasi dengan Involve Asia? Alasan berikut ini:

  • Banyak promo mingguan dan bulanan
  • Dashboard & Report yang transparan
  • Cookies berlaku selama 30 hari
  • Komisi s/d 15%

Untuk berafiliasi dengan Involve Asia dapat melalui dua cara yaitu pemasangan banner dan juga pemasangan deep link unik yang dapat ditracking.

facebook-ads

Tertarik bekerjasama dengan Involve Asia? Silahkan menghubungi kontak di bawah ini:

facebook-ads

Sesi Kedua, Pemaparan dari Dewaweb

Sesi kedua diisi dengan pemaparan mengenai Cloud Hosting yang dibawakan oleh Mas Yohanes dari Dewaweb. Kemarin saya agak kurang menangkap penjelasan mengenai cloud hosting, tapi intinya baguslah menggunakan cloud hosting ini. Apalagi Dewaweb mempunya visi menjadi cloud hosting terpercaya dengan misi agar pebisnis di Indonesia berhasil. Coba kita lihat cutomer yang sudah menggunakan jasa Dewaweb berikut ini (pssssttt…. Blogger Perempuan juga memakai jasa Dewaweb lho):

facebook-ads

Daripada bingung, ini saya rekapkan saja ya keunggulan yang ditawarkan oleh Dewaweb seperti berikut ini:

  • Teknologi Dewaweb sudah SSD yg 10x lebih cepat dan pertama di Indonesia
  • Dewaweb akan mengupgrade apabila traffic terlalu padat di blog kita
  • Dewaweb memberikan garansi 5% dari dana yang kita setorkan apabila terjadi downtime
  • Transparan memberikan report kinerjanya
  • Terdapat fasilitas time machine back up
  • LiteSpeed yang dimiliki Dewaweb membuat blog kita bergerak cepat
  • Ada Ninja Support yg bekerja 24/7 yang siap membantu kita sebagai konsumen
  • Dewaweb memiliki security minded: green bar yang menandakan website ini terpercaya
  • Security minded Dewaweb: Qualys SSL Labs grade A+ untuk Dewaweb

Kalau saya sih memang ingin migrasi, makanya sejak awal acara, jari sudah diperintahkan secara otomatis untuk bergerak melalui live tweet. Jadi deh saya mendapatkan voucher paket Warior dari Dewaweb senilai Rp. 900.000,- untuk satu tahun. Alhamdulillah, siap migrasi *uhuk, ada udang dibalik batu ternyata si Evrina hihi. Nah, untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi halaman berikut ini:  www.dewaweb.com/bpn.

Sesi Ketiga, Pemaparan Tentang Facebook Ads

Nah, ini yang ditunggu-tunggu, saya sampai pindah ke depan soalnya adek Iqbalnya unyu-unyu pengetahuan ini teknis banget jadi harus fokus ke iqbal materi. Pertama, kenalkan dulu sama pemateri yang muda namun otaknya super duper keren deh. Namanya Iqbal Maulana, CEO di PT. Optima Digital Advertisa. Mendadak saya jadi ingat sama oppa ganteng di drama korea yang masih muda tapi sudah jadi CEO. Saya pikir cuma ada dikhayalan, ternyata ada tho di dunia nyata kita. Mbak Ratna aja mau kok dapet mantu kayak Iqbal *uhuk. Banyak aja tulisan coretnya, baiklah sekarang waktunya kita untuk fokus ke materi yang cukup berat ini.

Menurut Iqbal, saat ini Facebook trendnya sedang naik, sedangkan trend di Twitter sedang menurun. Berikut ini adalah datanya:

facebook-ads

Berdasarkan data tersebut, sudah seharusnya kita memanfaatkan peluang ini. Apalagi Facebook selalu mengupgrade platformnya sehingga mengubah cara orang untuk berkomunikasi. Hayooo ngaku, siapa di sini yang ketemu mantan teman lama di Facebook? Padahal kontaknya saja tidak punya, eh malah ketemu di Facebook ya. Kemudian yang terbaru adalah Facebook sudah ada browser sendiri kan? Itu terlihat bahwa Facebook selalu mengupgrade dirinya.

O iya apa bedanya meningkatkan traffic melalui SEO Google dengan Facebook Ads? Menurut Iqbal, di Google memang free, kita bisa utak-atik sendiri konten kita agar terindeks di tempat si mbah. Nah, kalau Facebook Ads itu berbayar tetapi kita bisa menargetkan audience tertentu melalui fitur yang ditawarkan. Jadi kalau kita mau meningkatkan traffic blog, atau mau berjualan produk jangan melakukan spamming message ke teman-teman, atau menebar produk kita secara frontal ke grup atau teman-teman kita. Iya kalau yang tidak merasa terganggu, kalau terganggu gimana?.

Nah, di sinilah peran Facebook Ads yang dapat membantu kita untuk meningkatkan traffic khusus untuk para blogger. Untuk langkah awal, jika kita menerima pembayaran Rp. 500.000 per post (misalnya lho ya) maka investasikan Rp. 100.000,- untuk mengiklankan postingan berbayar tersebut melalui Facebook Ads. Lalu lakukan split testing, maksudnya nanti kan ada dashboard Facebook Ads milik kita tuh. Coba saja utak-atik fitur target pembaca, target pasar, lokasi dan sebagainya. Lalu lihat bagaimana hasilnya, seperti contoh yang diberikan Iqbal berikut ini:

facebook-ads

Oh iya kalau mau menggunakan Facebook Ads, harus wajib banget memiliki Fans Page di Facebook. Sudah punya belum? Kalau saya sudah, sekalian di like atuh yak *modus. Apa gunanya Fans Page? Fans page sebenarnya memang untuk bisnis, jadi postingan sponsored post kita bisa diiklankan melalui Fans Page.

facebook-ads

O iya, sering lihat kan ada iklan sponsored di side bar kanan atau di tengah halaman Facebook kita? Iqbal mengatakan sebaiknya pilih placement yang ada di sebelah kanan bar supaya orang penasaran untuk mengkliknya.

Saya agak pusing menerangkannya, lebih baik saya berikan point penting mengenai Facebook Ads ini berdasarkan daya tangkap saya dari apa yang dipaparkan oleh adik Iqbal ini:

  • Facebook Ads juga muncul di BBM dan game android sehingga iklan kita bisa tayang juga di sana yang artinya dapat memperluas pemasaran
  • Di Facebook Ads kita bisa atur sendiri berdasarkan budget yang dimiliki terlepas dari organic user. Disarankan 20% dari fee yang kita terima digunakan untuk management budget Ads
  • Facebook menggunakan ads range sedangkan SEO berdasarkan back link, dan kalau Facebook berdasarkan interaksi user
  • Di facebook harus berkomunikasi dengan manusia, sedangkan Google lebih kepada setting robotic pengaturan SEO
  • Meletakkan sponsored post sebaiknya di Fans Page untuk meningkatkan traffic, kalau di profile Facebook sendiri lebih ke pencarian organic
  • Untuk pembayaran Facebook Ads: bisa melalui kartu kredit (sistem hutang ke FB) atau melalui ATM
  • Kita bisa mem-pause iklan yang kita buat sebelum deposito kita habis, tapi membuat traffic turun

Untuk mencoba Facebook Ads, silahkan kunjungi halaman berikut:

Intinya teman-teman harus mencoba sendiri ya, karena kalau mendengar penjelasan saja akan pusing. Yang pasti ini friendly user karena semua fitur jelas semua di sana asalkan kita mau mengklik dan mempelajarinya. Ingat ya, kata Iqbal juga lakukan split testing dulu sampai ketemu ramuan settingan yang cocok untuk meningkatkan traffic blog kita.

Nah ini tips dari Iqbal terkait penggunaan Facebook Ads:

  1. Perfect Audience: pastikan audience yang dituju sesuai dengan objective bisnis kita.
  2. Riding The Trend: membuat sebuah posting yang berpotensi viral dengan mengikuti pola trend namun tetap konsisten dengan tema blog.
  3. Headline Is Everything: 80% orang click content itu karena Headline, tanpa headline yang menarik maka tidak akan memancing Click (Clickbaiting).
  4. Thumbnail must be Thumb friendly: intinya gambar thumbnail blog harus dibuat lebih menarik, jelas, kontras dan unik agar dapat meningkatkan Rasio antara orang yang melihat dengan yang mengunjungi website
  5. Pixel & Custom Audiences Mempelajari Sistem Pixel Facebook: setiap visitor menjadi Custom Audiences yang mudah di iklankan kembali.

Jadi bagaimana? Kira-kira penjelasan saya bisa memberikan gambaran tidak? Kalau tidak, lebih baik kontak langsung ke pakarnya saja ya, soalnya kalau bertanya ke saya juga sama-sama pusingnya hehe. Ini kontaknya Iqbal:

Facebook Ads menjadi pengetahuan baru bagi saya dan menjadi hal baru yang patut untuk dipelajari. Tidak terlalu rumit kok asalkan kita mau mendalaminya. Semoga ulasan saya dapat bermanfaat ya teman-teman dan semakin meningkatkan profesionalitas kita sebagai blogger. Haseeek, salam persahabatan. Sekali lagi semoga bermanfaat.

Sumber: Facebook Blogger Perempuan

Related Post

41 Comments

  1. Reply

    Pantas dicoba sih. Tp si mbah google pan lg nge-hits nih soal traffic organik dan non-organik atau apalah itu. Nah, pengunjung yg masuk lewat FB ads ini ntar di anggap organik or non ya? Atau gak ngaruh ke situ? *maklum bloher nubi kakak 😀

    • Reply

      setau saya FB sudah ada browser sendiri, nah tadi sudah discuss sama pakarnya, tenyata tidak berpengaruh, Google memang tidak menghitung backlink dan traffic dari sosmed, soalnya itu sih sosmednya sudah punya browser sendiri hehe

        • Reply

          yang saya tau dari penjelasan mbak Shinta begitu Ryan, mungkin karena dia berdiri sendiri ya, nanti aku tanya pakarnya dulu ya, aku juga gak menguasai penyebabnya

  2. Muhammad Akbar

    Reply

    Ilmu branding yang menarik untuk meningkatkan traffic blog.

  3. Reply

    Di wall facebook saya sering muncul penawaran untuk mempromosikan halaman saya. Tapi berhubung tidak tahu caranya saya abaikan. Sekarang, setelah tahu maka kedepannya perlu dipertimbangkan lagi. 🙂

    Terimakasih mbak atas sharingnya dan salam hangat dari Bondowoso..

  4. Reply

    Ya ampun, pantes sampai maju ke depan duduknya. Berondong unyu menggoda rupanya,
    eh,
    ikut gagal fokus.

    😀

    Mba Ev, aduh aku agak susah mencerna materinya, faktor U sepertinya. Nanti coba utak-atik, oiya, skr juga dah bisa pakai debit kan yah, itu membantu banget buat orang2 yg gak suka pakai kartu kredit.

    Tengkyu sharingnya, Mba Ev

    • Reply

      katanya baru bisa pakai 2 cara mbak, ATM atau kartu kredit, kemarin tuh lupa gak nanyain kartu debit hehe

    • Reply

      sama-sama mbak, semoga bisa menangkap apa yang saya paparkan ya mbak, makum saya sendiri puyeng neranginnya hehe

    • Reply

      sama-sama Ryan, eh waktu itu dhani juga menjelaskan kalau back link dan traffic dari socmed memang gak dihitung sama mbak Google

  5. Mia

    Reply

    Mbaaa ini infonya berguna banget! Apalagi ttg facebook ads. Aku baru tau xD. Terima kasih ya sudah sharing :*

  6. Reply

    Mantap, mba, sharing-nya. Mungkin akan berguna buat saya nanti-nanti, makanya dibaca sampe kelar, hehe…
    Si Iqbal nya sampe dibahas, haha…

  7. Reply

    Ooohhh… itu gunanya iklan yang sering nongol di fans page, patut dicoba juga nih. Kali aja bisa menghasilkan dan uang jajan bisa nambah juga. Lumayanlah buat ngurangin beban orangtua.

  8. Rosiy Wibisono

    Reply

    Iya, penting banget FB Ads! Aku ada kenalan orang jualan hijab, dia bisa laku keras cuma gegara FB Ads. Belajar ah… Etapi, itu kalo ngiklan di FB kudu pake CC ya -_-

  9. Pingback: Belajar Mendalami WordPress Yuk! - Evrina Budiastuti

  10. Reply

    Mbak ev… facebook ads yg pake bayar-bayar itu bukan? Di tampilan fanspage yg promote website bukan? Baru selesai otak atik fanspage. *pegang kepala*

  11. Reply

    ini nih yg disebut2 mbak Shinta waktu FB11,
    ntar ah nyoba2 pelan2 …, kalau baru baca sekali ngak dong, enak langsung praktek aja

  12. Yoekaa

    Reply

    Saya sudah dengan slentingan sih tentang facebook ads ini tapi belum mendalaminya… hehe tambah ilmu lah

  13. Reply

    Halo mbaa. saya pengen berguru banyak nih sama mba. Wao banget prestasi dan track recordnya. keren lah pokoe. saya juga kok tertarik ya sama FB ads. Btw, mba pakai FB ads ga? saya sudah punya fanspage sih. sebenernya blog sy bukan untuk bisnis bngt. ga pasang adsense jg. cuma pengen iseng2 aja narik pembaca, kayanya menarik. mba pakai ga? kalau pakai. saya pengen dong langsung berguru. hihi

    Salam kenal nggih

    • Reply

      belum pakai, baru ikut latihannya aja, baiknya sih memang untuk bisnis, tapi klo blogger perlu buat meningkatkan traffic buat ngumpulin like juga boleh, murah lagi fb ads itu

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.