Cara Membuat Mi Sagu

mi sagu

mi gelosor versi evrina

Sejak beberapa minggu ini kalau pulang ke rumah mesti kehujanan terus. Hujan sudah mulai terjadi kalau sudah memasuki jam 2 siang. Seperti kemarin nih, tiba-tiba aja hujan turun dengan derasnya. Saya pikir ada yang sedang menurunkan batu di samping rumah, ternyata tetesan hujan yang langsung membesar begitu saja, padahal belum sempat beli makan soalnya di rumah sedang tidak masak. Beruntung masih ada cireng di lemari es, langsung deh digoreng dan dimakan lahap berdua sama Alfi. Tapi tetap aja kurang nendang karena memang sedang kelaperan hehe. Coba ya ada abang tukang bakso yang lewat pasti enak banget nyeruput bakso panas-panas pas hujan lebat saat itu.

Sebenarnya kalau mau repot sedikit, saya bisa lho membuat cemilan sendiri. Salah satunya adalah cemilan berbahan sagu yang dibuat menjadi mi sagu. Sayangnya bahan untuk membuat mi sagu lagi ‘gak ada di rumah, kalau ada pasti saya bikin deh saat itu juga soalnya gampang banget lho membuatnya. Cara membuat mi sagu ini saya pelajari ketika mengunjuni Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian di Bogor beberapa minggu yang lalu. Mi Sagu ini merupakan salah satu bentuk diversivikasi pangan lho supaya kita tidak tergantung kepada pangan beras atau terigu saja. Teman-teman mau tau caranya? Gampang banget kok, ini saya kasih tau ya cara membuat mi sagu:

mi sagu

Bahan:

  1. 200 gram Sagu (bisa sagu aren, sagu biasa, atau tepung beras)
  2. Air secukupnya

Alat:

  1. 3 buah baskom untuk mengaduk, merendam dan menyaring
  2. Saringan
  3. Wadah air
  4. Panci untuk merebus
  5. Pencetak mi

Cara Membuat:

  • Ambil 20% dari 200 gram sagu kemudian campur dengan air secukupnya lalu dimasak di atas kompor hingga membentuk lem

mi sagu

  • Masukkan sagu yang sudah dimasak ke sisa sagu ke dalam wadah lalu aduk hingga kalis

mi sagu

mi sagu

mi sagu

  • Lalu adonan dibentuk bulat dan dimasukkan ke dalam pencetak mi, cetak adonan tersebut hingga membentuk mi

mi sagu

  • masukkan ke dalam air mendidih di atas kompor selama 1-2 menit untuk memadatkan

mi sagu

  • Lalu masukkan ke dalam air dingin hingga panasnya hilang

mi sagu

  • Kemudian tiriskan hingga kering

mi sagu

  • Mi sagu bisa langsung dikonsumsi dengan tambahan bumbu

mi sagu

  • Jika hendak dibungkus atau disimpan maka dapat ditambahkan taburan sagu agar tidak menyatu

mi sagu

Selesai deh, gampang banget kan?. Mi sagu ini dapat disajikan sebagai spageti atau mi ayam. Asik banget apabila kita konsumsi sewaktu hujan atau sebagai cemilan. Kalau bisa membuat sendiri kan lebih enak ya dan lebih terjamin keamanan pangannya. Nah kalau di Bogor, mi sagu ini dikenal sebagai Mi Gelosor yang biasanya berwarna kuning dan disajikan dengan potongan kol serta sambal kacang. Sayangnya Mi Gelosor hanya keluar saat bulan Ramadhan, tetapi kita tidak perlu khawatir karena di luar bulan Ramadhanpun kita sudah bisa membuat Mi Gelosor sendiri. Selamat mencoba ya.

mi sagu

bisa dibuat menjadi spageti

39 Comments

  1. sistalisius

    Reply

    Wah gampang ternyata, bahannya pun juga mudah didapat 😀
    Kalo dibandingin rasanya lebih enakan yang terbuat dari sagu atau tepung ya?
    Maksih banget udah share 😀

  2. linasasmita.com

    Reply

    Waah gitu ya, baru tau cara bikin mie 😀 Kadang aku mah nggak sabaran pengen cepet jadi hihi

  3. fanny fristhika nila

    Reply

    iya ihhh mudah bangeet ;).. Perlu dicoba kapan2.. rasanya sama aja toh mba dgn mie yg biasa?

  4. Fitri

    Reply

    Cetaknya bisa pakai gilingan mie nggak? Itu bisa di di simpan berapa hari? Pakai tepung sagu cap tani bisa nggak?

    • Reply

      bisa mbak, pakai gilingan mie manual, pakai tepung sagu biasa sepertinya bisa, nah lama simpan baiknya jangan lama-lama, karena itu produk fresh, persisnya kurang paham

  5. Yanti

    Reply

    Mba aku sudah coba sesuai resep . Tapi koq seperti soun ya? Memang seperti itu ya mba ? Terima kasih.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.