Cara Membuat Stop Motion Video




stop-motion-video

Baru membuat satu stop motion video saja sudah membuat tutorialnya kamu Ev. Ya โ€˜gak apa-apa supaya inget, sekaligus mencoba pengalaman baru ikut lomba video. Kalau kemarin senangnya ikut lomba blog, sekarang kita coba peruntungan di lomba video. Jika belum beruntung ya tidak apa-apa, ada rasa kesenangan tersendiri ketika berhasil memproduce sebuah video. Mumpung ada lomba UZone Stop Motion Competition 2017 Warna Budaya Indonesia Satu sudah pada ikutan belum teman-teman?.

Masih bingung ya cara membuat stop motion video? Ini saya coba untuk menuliskannya berdasarkan pengalaman kemarin membuat video untuk lomba stop motion video yang diadakan oleh UZone Indonesia. Tulisan ini sekaligus sebagai pengingat saya apabila suatu hari ingin membuat video sejenis, siapa tau lupa kan dengan langkah-langkahnya. Oke kita mulai yuk.

Apa Itu Stop Motion Video?

Berdasarkan pengamatan saya, stop motion video adalah sebuah video yang dibuat dengan cara menggabungkan beberapa buah foto yang memiliki rangkaian cerita menjadi sebuah kesatuan video. Jadi kalau dipembuatan video biasanya si objek yang kita ambil itu kan bergerak sendiri, nah kalau di stop motion berbeda, objek kita yang gerakkan secara perlahan. Saya pernah melihat proses pembuatan Shaun The Sheep, ternyata itu menggunakan teknik stop motion juga lho. Terbayang deh bagaimana kerja kerasnya para animator di belakangnya.

Saya kurang paham nih cara penyebutan setiap adegan di dalam video, kalau saya menyebutnya dengan frame. Kebetulan stop motion video yang saya buat memiliki cerita dari awal sampai akhir sehingga perlu dibagi ke dalam sebuah frame. Lain halnya dengan pembuatan stop motion video yang berjalan dalam satu frame saja karena ceritanya atau pesan yang disampaikan singkat sehingga tidak memerlukan banyak frame. Penentuan frame ini membantu untuk mengelompokkan dalam pengambilan gambar.

Nah, di dalam pembuatan stop motion video kemarin, saya membuat beberapa frame mulai dari pembuka, frame pengantar, frame penjelasan hingga frame kesimpulan. Satu frame itu bisa memuat seratus foto untuk delapan detik detik pertama, ada juga yang hanya sekitar 20-40 foto tergantung objek yang digunakan.

Terlihat kan bagaimana banyaknya foto yang harus kita buat hanya untuk membuat satu frame. Memang ketika ingin membuat stop motion video itu kuncinya adalah SABAR, sabar dalam pengambilan gambar dan juga editing. Nanti hasilnya insyaaAllah memuaskan deh.

Ya sudah supaya tidak pusing, kita mulai membuat stop motion videonya.

Cara Membuat Stop Motion Video

Penjelasan tentang stop motion video yang saya buat ini berdasarkan video yang saya buat untuk lomba ya sehingga harus mematuhi syarat dan ketentuannya seperti lamanya waktu dan juga pesan yang harus disampaikan. Apabila stop motion video yang dibuat tidak ada syarat ketentuannya alias bukan untuk lomba, kita lebih bebas lagi mengaturnya dan lebih mudah dalam membuat.

Oke karena video yang dibuat dibatasi maksimal 60 detik saja (untuk Instagram juga maksimal 60 detik ya) dan harus menyampaikan pesan sesuai tema (contoh yang saya buat ini bertema kearifan lokal) maka berikut adalah langkah-langkah dalam pembuatan videonya:

1. Buatlah naskah untuk video berdasarkan tema yang ditentukan dengan perkiraan waktu maksimal 60 detik. Jika waktu tidak dibatasi, maka disesuaikan saja dengan kebutuhan.

2. Setelah naskah dibuat, lalu rekam suara berdasarkan naskah untuk melihat apakah melebihi waktu yang sudah ditentukan atau sudah pas. Naskah yang saya buat kemarin ternyata mencapai satu menit sekian detik ketika sudah dibacakan sehingga perlu diringkas. Setelah kemarin mencoba, ternyata ada dua paragraph yang harus dihilangkan.

Jika stop motion videonya tidak memerlukan suara, itu akan lebih mudah dan tidak perlu membuat naskah, dapat langsung menggerakkan objek saja secara langsung.

3. Buatlah beberapa frame sesuai dengan cerita yang ingin disampaikan. Tuliskan detailnya dalam bentuk point termasuk property yang dibutuhkan. Agar lebih menarik, buatlah semacam transisi antara satu frame ke frame lain.

stop-motion-video

4.ย  Jika semua sudah siap, lakukan proses pengambilan gambar sesuai dengan urutan frame. Gunakan tripod agar kamera tidak bergeser dan gerakkan objek secara perlahan.

stop-motion-video

5. Apabila sudah selesai dalam pengambilan gambar, kelompokkan foto sesuai dengan framenya di dalam folder untuk memudahkan penyortiran gambar jika ada yang tidak sesuai.

stop-motion-video

6. Lakukan editing dengan menggunakan software tertentu. Saya kemarin menggunakan software Corel Video Studio, jika teman-teman tidak ada software untuk mengedit video, bisa menggunakan aplikasi Stop Motion di Play Store.

stop-motion-video

Sewaktu mengedit bahan stop motion video kemarin agak memusingkan karena baru pertama kali. Masing-masing foto diberikan waktu sekitar 0.03-0.04 detik (pada video di Youtube disebutkan 0.3 detik maksudnya 0.03 detik, CMIIW) yang nantinya jika digabungkan akan menghasilkan sekian detik. Frame pembuka kemarin menggunakan lebih dari 100 foto untuk delapan detik pertama karena setiap fotonya diberi waktu sebanyak 0.03 detik.

Nah, sudah terbayang kan bagaimana cara membuat stop motion video, sebaiknya teman-teman sering melihat stop motion video untuk menambah referensi. Saya melakukan itu dan terbayang deh bagaimana mengatur animasinya. Oke semoga bermanfaat ya.

Dear teman-teman yang mampir ke tulisan ini, mau bantuin saya gak?

mohon bantuan LIKE nya ya di video stop motion yang saya buat untuk lomab UZone Indonesia, Caranya:

  1. Klik link : https://expose.uzone.id/detail-video-indonesia-satu/168/seren-taun-untuk-ketersediaan-pangan—-uzonesmc2017
  2. Tunggu hingga muncul tombol LIKE
  3. Lalu kilik LIKE, kemudian klik CONFIRM

Terima kasih banyak, semoga menjadi ladang amal untuk teman-teman semua.





57 Comments

  1. Reply

    Wikk keceee mbaak evrinaa maahh. As alwayss. . Hehehe saya dulu pernah bikin video stop motion jugaa mbak ?? asiik dan menantaang banget pas bikin gambar sma take fotonya. Hehehe

    Suksess mbaak lombaanyaa ? gasabar pengen liat video mbak evrinaa nih. ?

  2. Reply

    Kuncinya sabar ya Mba Evrina bikin Stop Motion Video begini. Suka bangat totalitas Mba Evrina ๐Ÿ™‚

    Btw, itu bikinnya butuh berapa jam Mba Evrina dari awal bikin naskah sampai editing selesai?

    • Reply

      aku bikinnya dua hari awan, setengah hari pertama untuk sampai naskah, perekaman suara dan skenario, setengah hari berikutnya proses take gambar dan video editing

  3. Reply

    Hebat sekali. Membuat tema naskah itu penting, agar jalannya alur cerita bisa urut dan runut.
    Saya baru ingin mencoba dengan aplikasi movie maker, ealah ketahuan jika windows saja bajakan. Komputer jadi eror.
    Selamat-selamat.

    • Reply

      ayo dicoba lagi, kalau harus ada ceritanya biasanya aku pakai naskah, tapi kalau cuma sekali take aja sih gak pake juga gak apa-apa

  4. Reply

    Aku kacau bikin stop motion-nyaa >.<
    Soalnya ga semangat bikinnya. Ntar kalo ada waktu luang, aku coba lagi deh, plus musti beli tripod juga buat nopang kameranya, biar layarnya ga pindah2 kalo pake tangan :)))

  5. Reply

    Kebetulan lagi nyari soal stop motion ini nih karena mau belajar tentang vlogging mba ?
    Jadi semakin tertantang buat mencoba habis baca ini ?

  6. Reply

    Wehhh… cakepp..
    Kuncinya, perlu sabar buat ngehasilin bnyak foto buat stop motion iku ya mbak,,,
    Maksih buat sharingnya ya, Mbak Evrinaa….

  7. Reply

    wah ilmu baru nih keren! makasih mbak tutornya.
    berarti semakin banyak frame motionnya jadi semakin hidup ya mbak? pencahayaan setiap frame juga harus diperhatikan juga ya? kebayang ribetnya… >.< , tapi hrs dicoba ๐Ÿ˜€

  8. Reply

    Stop motion favorit saya dulu mbak sebelum ngeblog, dari bikin nama, bikin video meraut pensil, menggambar, macam2. Entah kemana semua file itu.
    Sekarang berat mau bikin lagi, masih ada si kecil gini mesti prioritas yang lain dulu. Bukan apa2 kita jepretnya bisa sampai 100-200an dan gak bisa digeser2 si dia atau tertunda, motret pagi ditunda siang, cahayanya bisa lain lagi.

  9. Reply

    Waaah… keren nih tips nya. Sebelumnya saya penasaran, video stop motion itu seperti apa sih bentuknya. Ternyata seperti ini toh…

  10. Reply

    seruuu banget ya mba…dan pastinya ngga mudah. Aku kenal dengan Mas Pinot, yang jago banget buat stop motion, and sekarang tetanggaan di NYC hehehe

  11. Reply

    glek nelen ludah opo meneh iki mb Ev hahaha keren kece abis mba yang satu ini as always *_* aku belum kebayang mba apa emang belet hahaha gudluck mba Ev aku jadi tau kartun kesukaan anakku pake stop motion huhuhu kebayang riwehnya ๐Ÿ˜€

  12. Ikrom

    Reply

    Dulu (lumayan bisa) pake movie maker
    pernah beberapa kali pakai ini tapi saya emang gak bakat editing jadinya kacau haha

  13. Reply

    Proses yang dibutuhkan memang membutuhkan ketelatenan sekaligus kesabaran ya mba..
    Tapi, hasilnya emang bagus
    Btw saya suka sama animasi shaun the sheep, terutama sama timy yang kecil dan lucu menggemaskan ehee…

  14. LensaPapito

    Reply

    buatnya susah banget kak, tapi puas sih kalau berhasil hehe

    salam knal dari YukGas dot id ,

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.