Ketika e-KTP Hilang, Begini Cara Mengurusnya




e-KTP-hilang

Apa yang dirasakan oleh teman-teman ketika e-KTP hilang? Kalau saya langsung panik. Itu sebabnya sudah beberapa hari belum update tulisan yang hijau-hijau lagi karena belum bisa mikir sebenarnya karena masih malas aja hehe. Parahnya saya baru sadar kalau e-KTP hilang itu setelah seminggu dia tidak ada di dalam dompet. Waktu itu saya mengurus sesuatu ke bank dan sadar bahwa e-KTP tidak ada. Padahal kalau kita mau melakukan transaksi khusus di bank, e-KTP itu sangat diperlukan.

Saya sampai bertanya dulu ke ibu petani yang bekerja di kantor desa bagaimana cara mengurus e-KTP yang hilang. Dia bilang mudah banget kok, hanya saja blanko untuk mencetak e-KTP di bulan November 2016 ini sudah habis. Kalaupun masih ada, akan didahulukan untuk daerah yang sedang Pilkada seperti DKI Jakarta agar masyarakat yang belum memiliki e-KTP dapat memilih. Nah, seperti apa cara mengurus e-KTP yang hilang? Berikut ini caranya:

Cara Mengurus e-KTP Hilang

Sebelum memutuskan untuk mengurus e-KTP hilang, saya masih berusaha untuk mencari kartu identitas tersebut di rumah. Barangkali dia terselip di suatu tempat seperti yang dialami oleh teman saya. Namun, setelah mencari selama 2 hari, e-KTP yang dimaksud masih belum ketemu juga. Ya sudah dengan penuh harap, akhirnya saya mulai mengurus e-KTP dengan langkah berikut ini:

  1. Pergi ke kantor desa setempat untuk membuat surat permohonan KTP dan menjelaskan perihal e-KTP hilang. Ketika ke kantor desa, jangan lupa untuk membawa fotokopi Kartu Keluarga (KK). Nanti akan diberikan formulir permohonan yang harus di isi dan ditandatangani. e-KTP-hilang
  2. Setelah itu mengurus Surat Keterangan Kehilangan di Polsek setempat. Persyaratan yang harus dibawa adalah Formulir dari kantor desa yang sudah diisi dan fotokopi e-KTP yang lama dan KK. Di sini polisi akan bertanya kapan e-KTP hilang dan dimana hilangnya. Kebetulan e-KTP saya hilang setelah pulang dari Manado ketika mengikuti Jelajah Gizi Minahasa kemarin. Jadi pak polisi menuliskan kejadian hilang di Bandara bertepatan dengan kepulangan saya dari Manado. e-KTP-hilang
  3. Kemudian langsung ke kecamatan untuk mengurus e-KTP hilang dengan e-KTP yang baru. Jangan lupa untuk fotokopi semua berkas karena yang diserahkan merupakan salinannya. Sesampainya di kecamatan, langsung saja menyerahkan semua berkas yang diperlukan ke loket pendaftaran. e-ktp-hilang
  4. Setelah dari kecamatan dan mendapatkan surat keterangan dari sana, selanjutnya adalah ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk mendapatkan surat keterangan yang terdapat bar codenya. Prosesnya cepat kok tidak perlu mengantri lama.
  5. Setelah mendapatkan surat dari Dinas Kependudukan, kemudian kembali lagi ke kecamatan untuk mendaftar dibuatkannya e-KTP pengganti.

Nah, jika blanko masih ada, sepertinya saya bisa langsung cetak untuk e-KTP baru (thanks koreksinya Mas Heri). Tetapi karena blanko di bulan November 2016 ini sudah habis, maka saya masih harus menunggu dulu tetapi yang penting sudah mendaftar di kecamatan. Menurut pihak kecamatan, pengadaan blanko mulai ada kembali nanti mulai Januari tahun 2017.

Pelajaran dari e-KTP Hilang

Sebenarnya saya sudah ada feeling lho kalau e-KTP mau hilang jika saya meletakkannya sembarangan. Biasanya setelah mengeluarkan e-KTP dari dompet untuk suatu keperluan, maka saya akan langsung meletakkannya lagi dengan sangat rapat di dalam dompet. Nah kemarin itu saya meletakkannya di saku kecil di dalam tas, bisa saja kan dia terjatuh ketika saya mengambil benda lainnya. Beruntung saya sudah memiliki banyak fotokopi e-KTP dan juga scan e-KTP asli sehingga apabila diperlukan masih bisa menggunakannya.

Nah, belajar dari pengalaman e-KTP hilang yang saya alami ini, teman-teman jangan sampai meletakkan benda-benda berharga sembarangan. Kalau sudah memiliki feeling yang tidak enak lebih baik segera diantisipasi dan jangan lupa untuk menyimpan salinannya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga pengalaman ini bermanfaat ya.        




128 Comments

  1. Reply

    Namanya, eKTP.
    Tapi ketika hilang, kok foto lagi ya? Kalau sudah pakai embel embel e, artinya kan datanya ada semua di server, tinggal print

  2. Reply

    Kalau sekedar pecah apa boleh diganti ?
    punya saya sudah retak tapi belum sampai putus .
    mau ganti juga belum ada waktu

  3. Reply

    Kalau di tempatku, di Balikpapan yang normal sampai 2 minggu urus KTP hilang. Sama saja dengan urus buat KTP baru. Namun kini sudah tertata, yang cepat datang dan antri, itu yang pertama dilayani.

  4. Ulfa

    Reply

    Mbak kebetulan daerah kita sama di bojonggede hehe. Mau tanya itu kantor polisinya sesuai dengan tempat hilang (mbak kan di bandara) atau bisa di kantor polisi deket rumah?

  5. Rere

    Reply

    mba… tanya:
    1) tetap perlu surat pengantar RT/RW kah ? (untuk ke kelurahan)
    2) KK foto copy (tanpa asli) bisa ya ?
    Tks infonya 🙂

    • Reply

      1) tetap perlu surat pengantar RT/RW kah ? (untuk ke kelurahan) kalau saya kemarin langsung dari desa saja, tidka dari RT atau RW
      2) KK foto copy (tanpa asli) bisa ya ? fotokopi saja mbak

  6. Intan

    Reply

    Mbk kalo hilang e-ktp nya egak di domisil, terus ngurus nya di tempat yang hilang itu, bisa tidak ya, seandainya saya e-ktp Jogja, terus e-ktp saya hilang di bandung, kira2 saya bisa ngurusnya di bandung tidak? Trimakasi

  7. eva

    Reply

    Bisa g ya kalo ektp suami hilang tp istri yg ngurusin,, g punya fotocopy an ny lagi,,,??

  8. afan

    Reply

    Ribet ya. Setahuku kalau sdh ada Databasenya dimanapun kita buka itu sama. Tinggal di print ulang.

  9. Fauzi

    Reply

    Aku domisili di bali tp KTP solo. Baru saja KTP aku hilang, apa iya harus pulang dulu ke solo untuk urus KTP? Harusnya sih kalau udah Elektronik KTP (E-KTP) dimanapun tempat harusnya bisa tinggal cetak krn data sudah tersimpan di database secara elektronik.

    • Reply

      saya kurang tau ya, soalnya harus buat surat keterangan hilang dari desa, coba saja di desa setempat bisa atau tidak

      • Adilla

        Reply

        Kak itu persyaratannya bawa fc kk saja ya? sy jg baru sadar ektp sy tdk ada didompet, dicari kemanamana pun tdk ada. Parahnya lg sy tdk punya fotokopiannya. Apa bs utk bikin lagi kalo tdk punya fotokopian ektpnya?

  10. ana farida

    Reply

    Ka saya mau tanya kalo ktp kita hilang trus mau ngurusnya lagi, nanti kita harus foto lgi ga ya saya kurang ngerti soalny ?

    • Reply

      Kalau sudah di rekam e-ktpnya tidak usah karena sudah ada datanya, tinggal tunggu blanko cetak saja. Tapi perlu lapor ke kecamatan untuk dibuatkan resi pengganti selama ktp tidak ada

  11. taufik

    Reply

    Mbak kalau KTP hilang trus yang mengurusnya diwakilkan bisa tidak mbak..?
    trus kalau boleh tau untuk urus ktp hilang kemarin mbak habis biaya berapa yah.
    terima kasih.

  12. bayu

    Reply

    Kalo ektp ilang apa akan diganti dengan ektp juga? Atau diganti dengan ktp biasa mbak?

  13. Arie

    Reply

    Terus klw hilang ktp
    Kira kira No NIK NYA GANTI ATAU TIDAK
    Apa Masih NIK Yang lama

  14. adi .s

    Reply

    Permisi mba…e ktp saya hilang…trus buat laporan kepolisian bukan sektor wilayah saya tinggal itu gimana ya….trus kalo dikasih duplikat atau ktp sementara doang….untuk di kabrin nya gimana ya untuk kalo e ktp udah jadi atau blankon nya sudah ada….ngabrin kesayanya gimana mba…teri maksih

    • Reply

      Saya kurang tau bisa apa enggaknya kalau beda sektor, tapi yg saya tau harus lapor ke desa tempat tinggal kita baru bisa ke polisi, untuk blanko paling kita yg inisiatif bertanya ke kecamatan

  15. Ressa Agnestia

    Reply

    permisi kak, mau tanya…
    saya belum pernah pegang e-ktp, baru punya resi nya saja. tapi kalau Resi e-KTP nya hilang bagaimana ya? apakah prosesnya rumit dan harus ada persyaratan khusus seperti hilangnya e-KTP juga?

    • Reply

      Kalau resi saya kurang tau sih, berarti mungkin sudah mengurus sebelumnya ya, coba saja bawa persyaratan lama ke kecamatan untuk meminta resi ulang

  16. Hervan sitorus

    Reply

    Ktp resi saya hilang mbak kalo nik itu bisa gak diganti dengan kk aslinya,karena waktu mengurus ktp tidak pake nik dari kk ini.
    makasih

    • Reply

      Saya kurang tau ya, tapi nik itu setau saya hanya satu untuk seumur hidup jadi tidak berubah sih harusnya

  17. Mia

    Reply

    Terima kasih mba Evrina, berguna banget nih, krn saya baru sadar KTP ilang, setelah sebulan ?

  18. Dedy

    Reply

    Ribet klo kehilangan ktp harus balik lgi ke daerah asal karena alasannya blanko tidak tersedia (dukcapil pusat) .

  19. Gustap Mirontoneng

    Reply

    Nanya dg mba? Surat keterangan dri kepolisian sama rt/rw sama gak? boleh gak cmn stu doang ?

      • parwita sari

        Reply

        mlm mbak…ktp anak sy agustus thn kmrn hilang..akhirnya d urus kembali..berkas2 semua dh dy serahkan d kel joglo.stlh itu d ksh resi. kmrn anak sy mau ngelamar d gojeg. tdk terima resi,hrs Ektp asli…sy cb k kel, ternyata blm jd jg…penasaran cb dtng k sudin…ternyata d cek blm jd jg. aneh nya..foto yg kluar pd saat d cek..yg kluar foto wanita, sdng ank sy lki2…aduh2x…lma lg ini.hrs dr awal lg, foto lg…pdhl anak sy butuh pekerjaan itu.pt gojeg bnr2x gk mau tau…ttp hrs pke Ektp asli bkn resi….gmn solusinya ini mbak…???

        • Reply

          Masalahnya blanko ektp memang belum ada, jadi sekarang bisanya pakai resi yang dikeluarkan oleh disdukcapil, nanti ada barcodenya seperti ektp

    • Reply

      Orang2 nyebutnya surat keterangan pengganti ektp itu sebagai resi, tapi surat dari kecamatan sih yg disebut begitu, kalau blanko formulir isian

  20. nina

    Reply

    ktp saya hilang minggu terus mba kalow saya langsung ke kantor polisi tp engga ke kelurahan ga apa2 trus sesudah ke kantor polisi terus ke kecamatan dr kecamatan langsung di suruh ke catatan sipil..

  21. mely

    Reply

    Hy…
    Klau mislkn ktp hilang trus mint pindh penduduk apa bisa yaa… mislkn ktp sulawesi tpi hilang di kalimantan karena pengirimn lewt tiki trus hilng..bisa ndg itu di buatkn pindh pendudk ke kalimantn.

    • Reply

      harus mengurus surat pindah dulu setau saya mbak, soalnya sistemnya kan online, harus diganti administrasinya dulu dari tempat awal, cmmiw

  22. fahmee

    Reply

    baca artikel ini, sedikit tenang daripada dulu awal hilang ktp, takut kenapa-napa… senasib.
    thanks banget infonya kaka.

  23. Daeng

    Reply

    sblm KTP hilang saya sempet scan ktp. d karenakan blanko msh blm ada. bisa tidak saya cetak ktp dgn scan.

  24. Citra

    Reply

    Mbak sya jg hilang ktpny..udah lama sih..udah urus kcamat.k kantor polisi jg k capil…..tpi sampai saat in blom jd.klo kta mau mintak keterangan rekam kta k capil ap aj yah prsyaratan ny

  25. Iwan

    Reply

    Pengurusannya harus di daerah sendiri ya. Misalkan lagi kerja di luar pulau. Apa bisa diwakilkan.

  26. Eka Belvroy

    Reply

    Sy mau nanya nih mba
    E-KTP sy kn ilang juga, trs sy sudah laporkan ke kepolisian dan ke kelurahan domisili sy dan bagus nya sudah jadi surat resi nya
    tp sy cukup ke kelurahan,, tdk sama dgn cara mba yg datang jg ke ke kecamatan dan kantor Capil ..
    itu gpp kan yg penting sudah jadi resi nya

    • Reply

      Resi ektpnya ada barcodenya kan? Yang penting ada barcodenya sih, untuk kepentingan bank diperlukan resi yang ada barcodenya

  27. Zedanatta

    Reply

    Kalo surat undangan E-KTP hilang bgmn? Beberapa hari yg lalu dapet dari desa, trs hilang. Tapi tetap ada surat pengganti e-ktp.

    • Reply

      Wah saya agak lupa kalau ktp baru, seinget saya sepertinya harus ke desa ya buat isi2 formulir, coba aja ke kantor desa atau kelurahan dulu

  28. Radika P

    Reply

    Kak, klo kehilangan ktp tp masih punya beberapa lembar copyan ktp nya apa harus tetep ngelapor untuk bikin baru atau pakai yang copyan nya aja??
    Makasih kak 🙂

  29. Khairil

    Reply

    Ktp saya hilang atau lupa naro nya dicari cari ga ada,, tp saya punya foto copy nya ada gimana itu,,,, apa harus bikin surat kehilangan kepolisian

  30. Andi Mei

    Reply

    Permisi kak sebelumnya, mau tanya apa bener ya kak kalau E – KTP hilang harus urus dari dari domisili KTP dibuat? Sempat baca kata nya Per 1 April lalu bisa bikin di daerah Rantau. Maaf ya kak kalau tanya tanya, Soalnya aku KTP di Bengkulu (Sumatra) dan skg domisili di Balikpapan (Kalimantan) karena penempatan kerja disini. Kayaknya tadi aku kecopetan dan baru sadar semuanya hilang 🙁
    Besok baru mau coba buat bikin surat keterangan dll , tpi skg baca baca banyak referensi biar ga salah ketimbang bolak balik…. makasih ya kak

    • Reply

      ya Allah turut berduka ya, saya sebenarnya belum pernah membuat KTP dari daerah lain, kemarin pas hilang saya langsung mengurus di daerah asal, kalau pengalaman teman yang hilang di daerah rantau, dia ngurus di daerah domisilinya, tetapi mungkin karena sekarang sudah e-ktp jadi bisa di daerah rantau, saran saya coba lapor dulu ke kantor desa setempat atau kantor kecamatan, nanti bisa jelas di sana, kalau sudah pernah hilang kan nanti dapet semacam surat keterangan penggati e-ktp dari kecamatan setempat yang diupdate 6 bulan sekali, itu pun prosesnya gampang, semoga yang terbaik ya

  31. Reply

    E KTP saya hilang, sedikit beda dengan yang di atas. Saya hanya berbekal surat kehilangan dari Polsek, foto kopi KK, dan foto kopi eKTP yang hilang, datang ke kecamatan. Dua minggu kemudian, ambil eKTP yang sudah jadi. Sebetulnya kalau mau cepat, tidak perlu ke kecamatan, tapi langsung ke Pelayanan Satu Pintu yang di Lotte Bekasi Junction (posisi saya di kota Bekasi), bisa sehari jadi. Cuma karena tidak terlalu urgent, saya urus ke kecamatan saja

  32. Julvan

    Reply

    Kak boleh tanya gk kak, KTP saya kn hilang ,terus saya anak yatim piatu ,terus kk saya yg lama jga gk ad saya mw ngurus tpi tahun lahir saya beda sama KTP saya,yg lama sebab saya tuain sedikit,pada waktu itu saat saya mw masuk kerja d pt harus punya KTP, trus umur saya gk cukup untuk buat KTP,AKHIR ny saya tuain 2tahun, sekarang saya mw ngurus tapi gk punya KK, trus saya mw buat yg baru tpi tahun ny d ganti tahun kelahiran saya sekarang bisa gk, cara gmna y kak saya gk tw harus gmna pakek ijazah sd, atw akta kelahiran bisa gk kak

    Tolong percerhaan nya kak

    Dri:julvan

    • Reply

      maaf baru membalas, saya sarankan untuk konsultasi dulu ke kantor desa ya supaya bisa dibantu administrasi identitasnya, nanti sarannya apa dari kantor desa ikuti saja

  33. Banadi Luki

    Reply

    Numpang tanya dong.. Aku kan anak rantau, kemaren E-KTP aku hilang, mau aku urus di DISDUKCAPIL terdekat daerah Tangerang. Tapi katanya gak bisa dicetak karena distu gabisa proses E-KTP anak rantau. Itu gimana ya? Padahal udah riset – riset di internet segala macem tentang ktp ilang, tpi malah gabisa dibikin di daerah rantau.
    Mohon bantuannya. Terimakasih.

  34. Elin

    Reply

    Mbak, saya mau tanya. E-ktp saya hilang di rumah. Sudah saya cari tapi gak ketemu. Terus saya tanya ke dinas via wa, katanya tidak perlu skck untuk mengurus ktp yang hilang. Hanya butuh fotocopy kk. Apa saya tetap perlu urus skck? Terima kasih

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.