Cibinong Clean Action, Sebuah Gerakan Cinta Lingkungan




cibinong-clean-action

Cibinong Clean Action adalah sebuah gerakan peduli lingkungan yang dilakukan secara sukarela dalam bentuk nyata Gerakan Pungut Sampah. Gerakan ini dilakukan setiap minggunya di wilayah Pemda-Cibinong untuk mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

Ceritanya hari minggu yang lalu saya sedang insaf untuk memberikan kehidupan yang sehat bagi tubuh. Setelah sekian lama tidak membawa tubuh ini untuk lari dari kenyataan, akhirnya saya memulai lagi rutinitas di minggu pagi dengan berlari di sekitar lapangan Pemda Cibinong, Kabupaten Bogor. Seperti biasa, saat itu hampir seluruh wilayah di lingkungan pemda sangat ramai, ada yang lari, berjalan, climbing, jualan, bahkan berlatih bela diri.

Namun, perhatian saya saat itu tertuju pada sekelompok pemuda-pemudi yang ada di dekat area climbing. Secara berkelompok, mereka membawa beberapa buah kantong plastik sambil berjalan ke sana-sini. Rupanya kantong plastik tersebut digunakan untuk mengumpulkan sampah yang berserakan di sekitar pemda. Sayang sekali raga sebagian orang yang ada di sekitar pemda memang sehat berkat olahraga, tapi sehatnya raga ini tidak diimbangi dengan perilaku hidup sehat sehari-hari. Hal itu terlihat dari begitu mudahnya mereka membuang sampah di sekitar (bukan ke tempat sampah) setelah menyantap jajanan yang ada. Lha kamu sendiri gimana Ev? Sampah yang saya hasilkan disimpan dalam tas, nanti kalau sudah ketemu tempat sampah baru dibuang. Kalau tidak ketemu ya dibawa pulang ke rumah, lalu dibuang di tempat sampah sendiri.

cibinong-clean-action

Anak-anak muda yang membawa sampah ini justru mencuri perhatian saya

Terus terang saja, saya kepo banget dengan aksi yang mereka lakukan. Saya mengikuti mereka hingga ke taman dekat air mancur. Ternyata wilayah cakupan untuk memungut sampah ini cukup luas lho. Tanpa merasa malu atau gengsi, sekelompok pemuda-pemudi yang mengenakan baju biru muda bertuliskan “Malu Dong Buang Sampah Sembarangan” ini secara bahu-membahu mengambil sampah yang ada sehingga sebagian wilayah yang tadi tercemari bisa bersih kembali.

Sebagai orang yang mengaku cinta lingkungan namun belum in action seperti anak-anak muda tersebut, tentu saya merasa sangat malu. Saya hanya bisa berbicara melalui media saja, namun wujud nyata belum terlaksana secara maksimal. So, bagi saya apa yang dilakukan oleh para pemuda itu sangat luar biasa. Akhirnya, sayapun langsung menuju ke kelompok pemuda-pemudi yang berkumpul di area climbing setelah mereka menyelesaikan aksi. Sebenarnya mereka itu siapa sih?.

Cibinong Clean Action, Aksi Nyata Peduli Lingkungan

cibinong-clean-action

Perkenalkan, mereka adalah sekelompok pemuda yang tergabung dalam gerakan Cibinong Clean Action (CCA). Perlu digaris bawahi kalau CCA ini bukanlah komunitas, namun merupakan gerakan peduli lingkungan dengan aksi nyata berupa Gerakan Pungut Sampah (GPS). GPS ini sendiri dilaksanakan setiap hari Minggu di Pemda Cibinong, Kabupaten Bogor sejak pukul 07:30 WIB sampai dengan selesai. Kalau teman-teman nanti bertemu dengan CCA yang sedang melakukan GPS di Pemda pada hari Minggu jangan ragu untuk bergabung ya karena gerakan ini bertujuan mulia. Tujuannya adalah mengedukasi masyarakat tentang pentingnya peduli lingkungan terutama untuk tidak membuang sampah sembarangan. Jadi, yang masih pada buang sampah sembarang, please banget keep your rubbish, yuk kita bantu teman-teman yang peduli lingkungan untuk mewujudkan alam agar bersih dan lestari minimal dari diri kita sendiri. Kalau lingkungan bersih, nanti kita juga kan yang mendapatkan kenyamanan.

Okay, back to CCA, mengapa gerakan ini bernama Cibinong Clean Action? Itu karena gerakannya berada di Cibinong, kalau gerakannya berada di tempat lain tinggal mengikuti nama tempatnya saja. Lho memangnya ada gerakan serupa di daerah lain? Ada ternyata, dan sudah mencapai 24 kota yang melaksanakan. Cibinong ini adalah salah satunya. Keren! Two thumbs up for you guys!.

Setelah kepo di akun media sosialnya CCA, saya jadi tau kalau gerakan CCA ini tidak hanya dalam bidang kebersihan saja. Teman-teman CCA juga berjuang pada bidang sosial dengan membantu masyarakat yang memerlukan baik dalam hal kebutuhan pangan, edukasi pendidikan atau kesehatan. Dan semuanya itu bersifat sukarela tanpa paksaan. Saya sungguh terharu dengan gerakan yang teman-teman CCA lakukan, andai banyak lagi orang yang tergerak untuk bergabung pasti lebih berkah ya. Daripada menghabiskan waktu yang tidak jelas, lebih baik melakukan hal yang bermanfaat bagi masyarakat dan alam.

cibinong-clean-action

Sumber: Instagram @cibinongcleanaction

Sebelum menutup perbincangan kemarin, saya iseng bertanya mengenai pendanaan untuk operasional mereka setiap minggunya. Teman-teman CCA mengatakan mereka melakukannya secara swadaya dan berusaha untuk mengedukasi siapapun yang terlibat dalam CCA agar tidak bergantung pada bantuan. Semua dilakukan secara sukarela atas kesadaran sendiri dengan tetap mengajak kemandirian di anggota CCA secara khusus dan masyarakat secara umum untuk secara sadar menjaga lingkungan tanpa paksaan dan dorongan embel-embel tertentu.

Kemudian sebagai bukti keseriusan, teman-teman CCA sudah bekerjasama dengan Dinas Kebersihan dan Pertanaman Kabupaten Bogor untuk membantu mereka mengangkut serta mengolah sampah yang berhasil mereka kumpulkan. Keren deh, salut banget, semoga semakin banyak lagi masyarakat yang terlibat dalam gerakan ini. Minimal terinspirasi untuk tidak membuang sampah sembarangan ketika melihat teman-teman CCA beraksi.

Mau Gabung dengan Cibinong Clean Action? Gampang!

Gerakan Pungut Sampah atau GPS yang dilakukan oleh CCA sekali lagi merupakan gerakan sukarela tanpa paksaan dan ikatan. Jadi, siapapun yang mau bergabung bisa langsung datang setiap hari minggunya ke lapangan Pemda Cibinong Kabupaten Bogor. Atau kalau mau informasi lebih lanjut atau bertanya mengenai gerakan ini, teman-teman dapat menghubungi media sosial Cibinong Clean Action berikut ini:

Instagram: @cibinongcleanaction

Twitter: CBICleanAction

Facebook: Cibinong CleanAction

cibinong-clean-action

Senang sekali rasanya bertemu dengan teman-teman yang sama-sama berjuang untuk peduli lingkungan. Perjuangan saya memang masih dalam bentuk Menghijaukan Bumi Melalui Tulisan sementara teman-teman CCA sudah dalam bentuk nyata menghijaukan bumi. Well, apa yang dilakukan oleh teman-teman CCA kemarin berhasil menginspirasi saya untuk lebih komitmen lagi terhadap upaya menghijaukan bumi, semoga begitu juga dengan para pembaca yang datang ke blog ini. Ayo kita sama-sama menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan agar bumi tetap lestari hingga nanti.




 

39 Comments

  1. monda

    Reply

    anak-anak muda yang sangat inspiratif…
    terus orang2-orang lain ada yang ikutan?
    thanks for share ya Ev

  2. Hastira

    Reply

    memang kiat perlu ya gerakan semacam ini , untuk mengedukasi masarakat agar peduli dengan lingkungan

  3. Reply

    Wih, keren nih pemuda-pemudi Cibinong. Suka kesel kalo pas main di pemkab, sampah-sampah bertebaran dimana-mana. Giliran mau buang sampah ke tempat sampah, e ternyata ya asal dibuang saja. Nggak dipilah-pilah mana yang organik mana yang enggak. GPS jadi gerakan oke untuk ‘nasehatin’ mereka yang buang sampah sembarang. 🙂

    • Reply

      iya semoga yang melihat teman-teman CCA ini terinspirasi, aku juga sebel kemarin pada nyampah sembarangan, susah ngatur masyarakat teh

  4. hidroponik

    Reply

    widih menginspirasi banget mbak.. asli.
    ditempat saya yang paling parah banyak sampahnya itu sungai mbak, tapi ya mau gimana alagi udah jadi kebiasaan masyarakat sih buang sampah di sungai 🙁

    • Reply

      kita memang harus terus menyadarkan diri sendiri serta masyarakat untuk lebih mencintai lingkungan, paling enggak dari diri kita sendiri

  5. Kelambit

    Reply

    Wah, ini gerakan yang harus dipublikasikan biar budayanya bisa menular ke pemuda2 Indonesia mba. Semoga semakin luas mba, saya juga sangat sedih melihat orang-orang suka-sukanya saja buang sampah sembarangan. Sedangkan saya sendiri mau mengingatkan merasa tidak enak, jadi baru bisa memulai dengan diri sendiri dulu. 🙂

    • Reply

      iya kadang aku juga gitu sih, kalau ke teman sendiri baru deh berani, cuma kalo jelas2 di muka aku buangnya suka aku kasih tau kadang

  6. Reply

    Memang sangat tepat sekali gerakan seperti ini ada di Indonesia karena kesadaran masyarakatnya untuk buang sampah pada tempatnya. Bahkan terkadang ada juga orang yang tetap buang sampah sembarangan walaupun di dekatnya ada tempat sampah.

  7. Reply

    Kegiatan positif yang bisa menjadi inspirasi kota-kota sekitar untuk melakukannya.
    Kalau di kampung saya ada kerja bakti rutin, tapi yang ikut kebanyakan bapak-bapak aja, pemudanya jarang terlihat

  8. Reply

    Bisa di contoh nih, di derah Indramayu, jadi kalau buat namanya “Indramayu Clean Action” heheh… nanti bikin komunitas se Indonesia ya mbaa..

  9. Reply

    Indonesia butuh orang orang yang seperti ini, terus bergerak mbak hijau bumiku indah alamku
    sukses buat gerakan clean actionnya, ada waktu mah main ke tasikmalaya mbak kita akan bersatu padu membersihkan sampah lingkungan dan masyarakat.

    ” dari Oncoman untuk Oncomers di tutugon.com ” Wallaaaa…..

  10. Penulisngapak

    Reply

    sangat menginspirasi kak. semoga Allah Ta’ala selalu memberkahi komuntas kaka 🙂

  11. atlit fines

    Reply

    keren nih, gerakkannya… semoga bisa terus berkembang dan membersihkan Indonesia dari sampah-sampah yang berserakan, bukah hanya sampah plastik saja, tapi sampah-sampah berdasi.. eitss… hehehe..

  12. muslim mart

    Reply

    gerakan yang menginspirasi. semoga banyak pemuda dan pemudi indonesia yang membuat program semacam gini agar indonesia tetap indah di mata dunia.

  13. Hani Sumarno

    Reply

    Dinda Ev, terimakasih sharingnya. Saya baru baca di bulan Mei 2017 skrg, dan masih up to date menginspirasi…

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.