Dua Kreasi Olahan Makanan Laut untuk Kamu yang Jauh dari Laut

Dua Kreasi Olahan Makanan Laut

untuk Kamu yang Jauh dari Laut

Sebagai anak daratan yang jauh sekali dari laut membuat saya selalu ingin merasakan hidangan laut pada waktu-waktu tertentu. Jika sedang ingin menikmati hidangan serba laut, maka saya cukup datang ke rumah makan yang menyajikan hidangan laut berlabel seafood. Atau jika sedang rajin, saya bisa saja mengolah hasil tangkapan laut yang mudah ditemukan di pasar atau supermarket menjadi suatu olahan makanan laut yang bergizi.

Ada dua bahan pangan dari laut yang dapat kita kreasikan dengan mengadopsi makanan lokal yang kita temui sehari-hari. Kali ini saya ingin menyajikan dua makanan lokal yang sering saya temui di Jawa Barat dengan menggunakan bahan dasar dari laut yaitu Ikan Kembung dan Ikan Tenggiri. Berikut adalah kreasi olahan makanan laut berbahan ikan kembung dan ikan tenggiri yang mudah dibuat oleh siapapun.

ikan-kembung-pesmol

Ikan Kembung Pesmol (foto dokumentasi pribadi)

Asal dan sejarah makanan

Bumbu pesmol sering saya temukan di tanah sunda dengan kombinasi bumbu kuning dari kunyit serta harum kemiri. Ada banyak variasi bumbu pesmol yang dapat dibuat sesuai selera untuk menemani bersantap dengan menu lainnya.

Di Betawi, ikan pesmol juga menjadi menu khas tersendiri yang disajikan pada acara tertentu seperti acara besar dan acara adat. Namun ada yang membedakan dengan jenis pesmol di daerah sunda. Ikan pesmol betawi lebih sering menggunakan ikan bandeng sebagai ikan utama dengan irisan buah tomat di dalamnya. Sedangkan pesmol di tanah sunda bisa menggunakan beberapa jenis ikan seperti ikan mas, mujaer, gabus, termasuk ikan kembung yang berasal dari laut sebagai bahan utama dengan bumbu kuning yang gurih dengan rasa yang kuat.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi resep mengenai cara membuat Ikan Kembung Pesmol ala sunda yang bumbunya disesuaikan dengan kebiasaan keluarga saya dalam menghasilkan masakan berbumbu pesmol. Bumbu ini merupakan turunan dari orang tua yang saya sukai sejak dulu.

bahan-ikan-pesmol
Bahan untuk membuat Ikan Kembung Pesmol (Foto dokumentasi pribadi)

Bahan dan resep

Bahan

  • 2 buah ikan kembung segar yang sudah dibersihkan
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 1 sdm ketumbar
  • 4 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 2 lembar daun salam
  • 4 buah cabai merah
  • 4 buah cabai hijau
  • 1 sdt lada atau sesuai selera
  • 5 sdm garam atau sesuai selera
  • 1 sdt gula atau sesuai selera
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng dan menumis
  • Air secukupnya

Haluskan sebagian bumbu dengan bahan di atas:

  • 2 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 1 sdm ketumbar
  • 4 siung bawang putih
  • 4 siung kemiri
  • 1 sdt lada atau sesuai selera
  • 5 sdm garam atau sesuai selera
  • 1 sdt gula atau sesuai selera

Cara Membuat:

  • Ikan kembung yang sudah dibersihkan dilumuri terlebih dahulu dengan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis selama kurang lebih 15 menit.
  • Panaskan minyak goreng lalu masukkan ikan kembung dan gorenglah hingga kering lalu tiriskan.
  • Panaskan 2 sdm minyak goreng, kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, tumis hingga bumbu harum.
  • Tambahkan air secukupnya, lalu masukkan daun salam dan cabai hingga mendidih.
  • Masukkan ikan kembung, lalu lumuri ikan dengan bumbu sambil dibolak-balik hingga bumbu meresap selama kurang lebih 10 menit.
  • Angkat dan taruh di piring saji. Ikan pesmol bumbu pesmol siap dihidangkan.

Nutrisi dan kandungan

Sebenarnya ikan kembung yang hanya digoreng saja tanpa diberi bumbu kuning sudah terasa enak dan gurih. Apalagi jika diberi tambahan bumbu seperti bumbu pesmol yang membuat rasa ikan kembung semakin nikmat. Dibalik kelezatan ikan kembung pesmol, sebenarnya terkandung berbagai macam zat gizi yang baik untuk kesehatan, diantaranya adalah:

Tabel 1.1 Komposisi Ikan Kembung dalam 100 gram

Komponen Jumlah
Kalori 103 kal
Protein 22 g
Lemak 1 g
Karbohidrat 0 g
Kalsium 20 mg
Fosfor 200 mg
Besi 1 mg
Vitamin A 30 SI
Vitamin B1 0,05 mg
Vitamin C 0 mg
Air 76 g
b.d.d 80%
VRS (Volatile Reducing Substance) 54 mgrek

Sumber : Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI dalam Lakesma.ub.ac.id (2014).

Manfaat untuk kesehatan

Ikan kembung merupakan jenis ikan laut yang dapat dibilang β€œmerakyat” karena lebih murah dari jenis ikan laut lainnya namun kaya akan gizi. Ikan laut dikenal akan kandungan lemak, vitamin dan mineral yang tidak dimiliki oleh ikan air tawar.

Khusus untuk ikan kembung, ternyata ikan laut yang mudah ditemukan ini memiliki kandungan lemak tidak jenuh yaitu Omega-3 yang bermanfaat bagi pembentukan otak janin. Itu sebabnya para ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung Omega-3 dan ikan kembung adalah salah satu penyumbang asam lemak Omega-3 yang jumlahnya lebih besar daripada ikan salmon. Jadi, selain harganya lebih murah, kandungan Omega-3 pada ikan kembung ternyata lebih besar dari ikan salmon lho.

Selain itu, Omega-3 juga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol hingga dapat mencegah penyakit jantung, mengurangi resiko penyakit darah tinggi, mengurangi radang sendi dan Alzheimer serta mengurangi resiko depresi. So, siapapun dapat mengkonsumsi ikan laut yang merakyat dan sudah memberikan Nutrisi Untuk Bangsa.

cilok-ikan-tenggiri
Cilok Ikan Tenggiri (Foto dokumentasi pribadi)

Asal dan sejarah makanan

Kreasi olahan masakan laut yang kedua adalah Cilok dengan isi daging Ikan Tenggiri. Pasti sudah sangat familiar dengan cilok kan? Terutama bagi teman-teman yang berada di tanah pasundan. Cilok berasal dari kata aci (sagu) dan dicolok yang berupa bola-bola aci dalam tusukan sate. Cilok yang merupakan makanan rakyat ini akan lezat sekali apabila disajikan dengan bumbu kacang tanah yang pedas dan gurih.

Umumnya cilok yang banyak dijual di luaran jarang sekali memiliki isi dalam setiap bulatannya. Untuk kali ini saya ingin berbagi mengenai cara membuat cilok dengan isi ikan tenggiri yang merupakan jenis ikan laut sehingga membuat rasa cilok menjadi lezat, gurih dan bergizi.

Bahan dan resep

Bahan Cilok

  • 15 sdm tepung terigu
  • 12 sdm tepung tapioka
  • 2 batang daun bawang yang diiris halus
  • 2 potong ikan tenggiri yang diiris halus untuk isi cilok
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 2 sdt lada bubuk
  • 1 sdm garam atau sesuai selera
  • 150 ml air panas
  • 1 liter air untuk merebus

Cara Membuat Cilok:

  • Ikan tenggiri yang sudah dihaluskan dilumuri dengan lada dan garam secukupnya, aduk rata dan diamkan beberapa menit hingga meresap
  • Campurkan tepung terigu dan tepung tapioka dalam satu wadah, lalu secara perlahan masukkan air panas untuk memcampur tepung
  • Masukkan bawang putih, lada bubuk dan garam lalu aduk hingga merata di dalam adonan
  • Aduk adonan hingga kalis dan dapat dibentuk bulat
  • Sambil menunggu, panaskan air hingga mendidih
  • Bentuk adonan cilok dan masukkan ikan tenggiri sebagai isi cilok lalu bentuk hingga bulat
  • Masukkan cilok ke dalam air mendidih hingga cilok mengambang tanda sudah matang
  • Tiriskan, lalu sajikan dengan menggunakan tusuk sate

Bahan Bumbu Kacang:

  • 200 gram kacang tanah digoreng lalu dihaluskan
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah cabai atau sesuai selera
  • 5 sdm gula pasir atau sesuai selera
  • 1 sdm garam
  • 1 sdt lada bubuk
  • 2 sdm minyak goreng
  • 250 ml air

Cara Membuat Bumbu Kacang:

  • Haluskan bawang putih, cabai, gula pasir, garam dan lada bubuk
  • Tumis dengan menggunakan minyak hingga wangi
  • Tambahkan air lalu masukkan kacang tanah halus, aduk hingga mendidih
  • Angkat dan sajikan bersama dengan cilok ikan tenggiri
cilok-ikan-tenggiri
Cilok isi daging ikan tenggiri (foto dokumentasi pribadi)

Nutrisi dan kandungan

Walaupun cilok bukan merupakan pangan utama, namun jenis makanan cemilan ini tetap mengandung gizi bermanfaat bagi tubuh. Berdasarkan Laporan Riskesdas tahun 2013 dalam website Sarihusada menyebutkan bahwa hanya sekitar separuh anak Indonesia yang berstatus gizi normal. Sisanya masih mengalami kurus, pendek,Β  gemuk dan anemia, baik pada usia balita maupun usia sekolah [1]. Untuk itu diperlukan perbaikan gizi sejak dini karena pertumbuhan dan perkembangan bersifat irreversible.

Salah satu cara agar anak mau mengkonsumsi pangan yang sehat dan bergizi adalah dengan mengkreasikan makanan agar bentuknya menarik untuk dikonsumsi selain aman dan sehat. Nah, cilok dapat menjadi pilihan untuk mengkreasikannya. Daripada jajan cilok di pinggir jalan dan belum tentu sehat, lebih baik membuat sendiri di rumah untuk anak-anak.

Ada kandungan gizi saja sih dalam Cilok Ikan Tenggiri ini? Berikut adalah uraiannya:

Β Tabel 1.2 Komposisi Ikan Tenggiri dalam 100 gram

Komponen Jumlah
Kalori 112 kal
Protein 21,4 g
Lemak 2,3 g
Besi 0,9 mg

Sumber : gizi.depkes.go.id (2015)

Tabel 1.3 Komposisi Tepung dalam Cilok

Komponen URT (ukuran rumah tangga) Gram Kandungan Gizi
Tepung Tapioka 8 sdm 50 gram 40 g karbohidrat

4 gram protein

175 kalori

Tepung Terigu 5 sdm 50 gram

Sumber: Direktorat Bina Gizi, Kementerian Kesehatan RI (2013)

Manfaat untuk kesehatan

Ikan tenggiri juga sama seperti ikan kembung yang mengandung asam Omega-3 bermanfaat bagi pembentukan otak janin dan mencegah beberapa macam penyakit terutama jantung, kolesterol hingga darah tinggi. Selain itu, diketahui juga bahwa ikan tenggiri bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, menyembuhkan penyakit kulit, dan menyembuhkan gangguan saluran air kencing [2].

Nah teman-teman, banyak sekali bukan manfaat dari ikan? Ikan memang menjadi salah satu komoditas yang sedang digalakkan untuk ditingkatkan konsumsinya karena memiliki keunggulan yang lebih tinggi dari sumber protein hewani lainnya. Kandungan omega-3 pada ikan lebih tinggi daripada tiram, udang, lobster, daging sapi bahkan daging ayam yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Kebetulan Sarihusada sedang mengadakan jelajah gizi lagi untuk tahun 2016. Pada kesempatan kali ini, jelajah gizi akan dilakukan di Sulawesi Utara dengan tema Jelajah Gizi Minahasa. Saya tertarik untuk ikut jelajah gizi karena ingin merasakan masakan asli Sulawesi Utara sebagai provinsi pengkonsumsi ikan ke-10 tertinggi di Indonesia dengan angka 43.08 % dari 66 juta penduduk berdasarkan grafik Angka Konsumsi Ikan Per Provinsi Tahun 2012 Kementerian Kelautan RI [3].

Ayo galakkan terus gemar makan ikan, agar penduduk Indonesia terutama anak-anak memiliki status gizi yang sesuai supaya tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang sehat dan cerdas. Serta jangan lupa, lestarikan terus masakan asli Indonesia ya.

logo

Sumber Informasi:

Lakesma, UB.ac.id. 2014. Ikan Kembung Sebagai Sumber Omega 3 yang Baik Untuk Perkembangan Otak Janin. http://lakesma.ub.ac.id/2014/06/ikan-kembung-sebagai-sumber-omega-3-yang-baik-untuk-perkembangan-otak-janin/ [diakses tanggal 2 November 2016].

Okezone.com. 2012. Ikan Kembung Miliki Lemak Omega-3 Lebih Tinggi dari Salmon. http://lifestyle.okezone.com/read/2012/05/30/482/638514/ikan-kembung-miliki-lemak-omega-3-lebih-tinggi-dari-salmon [diakses tanggal 2 November 2016].

[1] Sarihusada.co.id 2016. PERGIZI PANGAN Indonesia dan Sarihusada Gelar Edukasi Gizi Meriahkan Hari Gizi Nasional 2016 http://www.sarihusada.co.id/Informasi-Media/Siaran-Pers/PERGIZI-PANGAN-Indonesia-dan-Sarihusada-Gelar-Edukasi-Gizi-Meriahkan-Hari-Gizi-Nasional-2016 [diakses tanggal 2 November 2016].

[2] Alabunda.com. 2015. Manfaat Ikan Tenggiri. Bagi kesehatan dan Kehamilan. http://www.alabunda.com/2015/11/Manfaat-Ikan-Tenggiri.html [diakses tanggal 2 November 2016].

[3] Gizi.depkes.go.id. 2015. Ikan Untuk Ketahanan Pangan dan Gizi Nasional Bagian II. http://gizi.depkes.go.id/wp-content/uploads/2015/02/IKAN-UNTUK-KETAHANAN-PANGAN-DAN-GIZI-NASIONAL-Bag-II.pdf [diakses tanggal 2 November 2016].

83 Comments

  1. Reply

    Wuahh.. sudah tayang blogpostnya, saya masih terkendala email konfirmasi ee Mbak *Sedih

    Mbak Ev, kalau main ke Kendari bisa puas makan ikan lhoo, Yukk! ^^

    • Reply

      siomay bisa, otak-otak juga bisa, bikin cilok juga bisa, mau jadi isinya atau dicampur langsung bisa banget, ayo dibuat, mudah kok

  2. nova

    Reply

    hmmmm ikan pesmol en cilok nya boljug tuh teh ev :-*
    kapan praktek lagi dan sy dikasih icip icip nya :-p

  3. tia shintiyani

    Reply

    Wawww…. cilok ikan tenggiri boleh juga tuh dicoba,,makasih ya resepnya,, mau aku coba ??

  4. Reply

    Nyam! Pasti enak nih. Pemalang deket laut lho, makanya berbagai ikan laut bisa dengan mudah didapat di sini. Murah-murah lagi. Sayangnya aku kurang piawai nih kalo soal ngolah ikan dan daging-dagingan, jadi biasanya cuma digoreng aja. Hehehe.

    • Reply

      hai mbak ike, itu sudah ada standarnya dari Kementerian per 100 gramnya mbak πŸ˜€ tentunya lewat uji lab dulu sebelumnya

  5. Reply

    makasih ya mba evrinasp udah bersilaturahmi ke website saya, sekarang ganti saya ya yang bersilaturahmi ke website mba evrinasp πŸ™‚

  6. Reply

    Ciloknya menggoda jadi laperrr…. aku biasanya mengenalkan bahan makanan baru ke anak-anak dengan memasukkannya dalam menu favorit mereka…

  7. Reply

    Hi..hi, nggak cuma jago nulis..jago masak juga dirimu mbak. Aku klo ikan..paling sering kok cuma tak goreng yaaa.. *ibu2males

  8. Okti Li

    Reply

    Teteh… ciloknya bikin ngaruy…
    emang kudu kreatif ya buat cemilan anak biar sehat dan bergizi
    Btw yuk ah urang bisnis cilok? hehe…

    Aku masih blm bisa log in Teh di NUB-nya. Hikz! mana DL na tereh…

  9. Hastira

    Reply

    aku suka makanan laut tapi setelah menikah hanay sekali-kali saja karena suamiku kurang suka makanan laut

  10. Pingback: Menggunakan Plugin Beaver Builder untuk Wordpress

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.