Hari Krida Pertanian, Perayaan untuk Insan Pertanian

hari_krida_pertanian

Beberapa waktu lalu saya berkesempatan untuk mengikuti Hari Krida Pertanian atau HKP. Ini adalah kali kedua saya mengikuti event tersebut setelah sebelumnya hanya tau mengenai beritanya saja.

Hari Krida Pertanian merupakan perayaan tahunan bagi masyarakat pertanian seperti para petani, peternak, pegawai, dan pengusaha yang bergerak di sektor pertanian. Saya pikir HKP ini berupa acara ceremonial saja yang dilengkapi oleh bazar dan pameran. Tapi ternyata lebih dari itu karena di dalamnya terdapat aneka lomba yang menjadi ajang berkumpul petani serta peternak dari penjuru daerah.

Saya ingin bercerita lebih lanjut mengenai Hari Krida Pertanian ini. Berikut cerita lebih lengkapnya.

Tujuan Perayaan Hari Krida Pertanian

Pada pembukaan Hari Krida Pertanian ke 47 Tingkat Provinsi Jawa Barat yang saya ikuti di Tasikmalaya pada bulan Juli 2019 lalu, saya mengetahui bahwa pada dasarnya HKP selalui diperingati pada tanggal 21 Juni. Berdasarkan informasi yang saya dengar saat pembukaan, diketahui bahwa penetapan di tanggal tersebut atas dasar pertimbangan dari segi astronomis. Pada tanggal tersebut matahari tepat berada  pada garis balik utara (23,50 lintang utara) sehingga terjadi pergantian iklim yang  sejalan dengan perubahan usaha pertanian.

hari_krida_pertanian Mengutip dari balitjestro, tujuan dari perayaan HKP merupakan sebagai bentuk rasa syukur, hari berbangga hati, hari untuk mawas diri, dan hari dharma bhakti. Pada hari tersebut masyarakat pertanian menyampaikan rasa syukur kepada Allah atas rahmat dan nikmat yang dilimpahkan-Nya berupa kekayaan alam yang melimpah yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan umat manusia.

Ada Apa Saja di HKP?

Hari Krida Pertanian pada awalnya dirayakan di tingkat kabupaten. Namun sepertinya belum semua kabupaten/kota membuat event untuk acara tahunan tersebut. Seingat saya, saya juga baru dua kali ini mengikuti secara langsung HKP yang dilaksanakan oleh Kabupaten Bogor, CMIIW. Perayaan di tingkat kabupaten umumnya menginduk pada susunan acara yang juga dilaksanakan di tingkat provinsi.

Acara yang ada pada Hari Krida Pertanian sesuai dengan pengalaman yang pernah saya ikuti adalah:

  1. Pembukaan

Pembukaan HKP umumnya melibatkan pimpinan daerah seperti bupati atau walikota, kemudian di tingkat provinsi melibatkan Gubernur. Kemudian juga ada laporan dari instansi terkait sebagai penyelenggara yaitu dinas yang menaungi urusan pertanian dan ketua KTNA baik kabupaten/kota serta KTNA di jenjang yang lebih tinggi yaitu provinsi.

  1. Pemberian Penghargaan

Pada HKP yang saya ikuti baik tahun lalu maupun tahun 2019 ini sama-sama terdapat acara pemberian penghargaan bagi insan-insan yang dinilai berjasa dan berprestasi dalam pembangunan bangsa dan negara, khususnya pembangunan di sektor pertanian.

Pemberian penghargaan untuk tingkat provinsi di antaranya kepada petani teladan, gapoktan teladan, penyuluh pertanian teladan, Kelembagaan Ekonomi Petani Terbaik, Balai Penyuluh Pertanian (BPP) terbaik, dan petani komoditas tertentu yang berjasa bagi pertanian.

  1. Event khusus dari instansi tertentu

Meskipun judulnya adalah Hari Krida Pertanian, namun jangkauan sektor yang dimaksud ini cukup luas tidak hanya sebatas pertanian atau peternakan saja. Pada cara HKP yang saya ikuti di Tasikmalaya tahun 2019 terdapat event Gemar Makan Ikan yang mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi protein berasal dari ikan. Serta aneka event lainnya yang melibatkan para kader-kader PKK serta anak-anak sekolah.

  1. Aneka Lomba

Ada banyak aneka lomba yang digelar dalam event Hari Krida Pertanian seperti lomba paduan suara, lomba buah dan sayuran unggulan, lomba memasang traktor, lomba kupas dan cungkil kelapa, lomba inovasi teknologi, lomba asah terampil, lomba vlog, dan aneka lomba lainnya.

Nantinya para pemenang lomba di tingkat kabupaten/kota akan mewakili daerahnya untuk lomba HKP di tingkat provinsi. Sementara untuk pemenang lomba di tingkat provinsi akan mewakili ke Pekan Nasional yang merupakan event pertanian lebih tinggi lagi di tingkat nasional.

  1. Bazar dan Pameran

Asiknya pegelaran HKP adalah adanya bazar serta pameran yang menampilkan produk unggulan daerah masing-masing. Saya senang dengan salah satu event ini karena menampilkan kekayaan produk-produk pertanian Indonesia mulai dari hulu (hasil segar) hingga hilir (hasil olahannya). Saking beraneka ragam produk yang dihasilkan, saya sampai ingin mencobanya satu per satu.

  1. Ziarah serta Karya Wisata

Ini merupakan salah satu bentuk hiburan untuk para petani yang dilakukan di hari terakhir sebelum acara penutupan dilakukan. Mereka diajak untuk berziarah dan karya wisata ke lokasi yang sudah ditentukan yang memang ada di tempat HKP diselenggarakan.

  1. Penutupan   

Pada acara penutupan memberikan simpulan dari keseluruhan acara Hari Krida Pertanian yang sudah dilaksanakan. Pada acara tersebut juga diumumkan pemenang dari setiap lomba sekaligus penentuan di lokasi mana selanjutnya HKP akan dirayakan.

Menurut informasi yang saya peroleh saat berada di area HKP Tasikmalaya, kedepannya nama HKP tingkat Provinsi Jawa Barat akan berganti nama menjadi Pekan Daerah, CMIIW. Namun isi dari pekan daerah tetap sama dengan HKP pada umumnya, hanya namanya saja yang berganti. Mungkin ini menyesuaikan dengan acara yang digelar secara nasional yaitu Penas atau Pekan Nasional.

Baiklah, demikian sekilas informasi mengenai Hari Krida Pertanian. Semoga para insan pertanian semakin semangat dalam menyukseskan pembangunan pertanian.

 

 

 

 

7 Comments

  1. Pingback: Pengalaman Naik Kereta Pangandaran Ke Tasikmalaya – evventure

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.