Hari Pangan Sedunia 2015 (Versi Blog): Persiapan




Jumat, 16 Oktober 2015 dini hari sekali saya dan Ibu Nunik dari PUSTAKA sudah berada di Bandara Internasional Soekarno Hatta untuk menjalankan tugas ke Palembang. Kami ditugaskan untuk meliput kegiatan Hari Pangan Sedunia (HPS) tahun 2015 yang berlangsung di Palembang. HPS diperingati setiap tahunnya tepat pada tanggal 16 Oktober 2015 yang merupakan hari berdirinya badan pangan dunia di bawah naungan PBB yaitu FAO. Sebagai tuan rumah HPS ke-35, Kota Palembang sudah siap menyambut para tamu beserta masyarakat yang hendak merayakan HPS tahun ini.

Kondisi Jakarta saat itu hujan deras, namun berbanding terbalik dengan kondisi Palembang. Saat landing di Bandara Sultan Mahmud Badarudin ke-2, saya tidak bisa melihat dengan jelas daratan yang ada di bawah. Setelah turun dari pesawat, bau asap mulai terasa ditambah panasnya udara. Beberapa penumpang, termasuk kami mulai mengenakan masker karena tidak terlalu kuat menghirup udara di sana. Namun setelah beberapa lama, kami mulai beradaptasi dengan udara yang ada di sekitar. Masker pun dilepas karena terasa pengap jika menggunakan masker.




Palembang

Bandara yang Tertutup kabut

Setelah itu kami langsung melanjutkan perjalanan menuju Stadion Jakabaring untuk melihat persiapan serta membantu rekan-rekan yang lainnya. Stadion saat itu sudah mulai dijaga ketat oleh beberapa pihak dari pemerintah daerah setempat maupun protokoler. Persiapan sudah mencapai 90% dan hal yang harus kami lakukan selanjutnya adalah persiapan akhir termasuk gladiresik.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian RI menyajikan Gelar Teknologi dengan tema  di lahan seluas 1.5 ha. Gelar teknologi ini memfokuskan pada tujuh komoditas strategis yaitu padi, jagung, kedelai, tebu, sapi, cabai, dan bawang merah serta tanaman pangan alternative, biofarmaka, dan teknologi hortikultura secara intensif. Kemudian berbagai olahan pangan alternatif juga turut serta dipamerkan dalam gelar teknologi kali ini.

Hari Pangan Sedunia

Gelar Teknologi Balitbangtan

Gelar teknologi ini bertujuan untuk mendiseminasikan hasil penelitian serta pengkajian pada bidang pertanian, kelautan, serta perikanan secara langsung kepada pengguna maupun masyarakat umum dengan harapan agara mereka dapat mengaplikasikan secara langsung guna mendukung ketahanan pangan.

Masyarakat umum bisa langsung datang ke Gelar Teknologi yang diberikan oleh Balitbangtan mulai tanggal 17 hingga 20 Oktober 2015. Di Gelar Teknologi ini masyarakat dapat melihat teknologi yang sudah dikelompokkan menjadi berbagai kluster yaitu:

  1. Teknologi Unggulan Tanaman Pangan
  2. Teknologi Unggulan Tanaman Perkebunan
  3. Teknologi Unggulan Peternakan
  4. Teknologi Unggulan Tanaman Hortikultura yang dikemas dalam konsep budidaya hortikultura insentif di lahan sempit
  5. Pangan fungsional lainnya dari serealia dan aneka umbi

 

Hari Pangan Sedunia

Teknologi yang disajikan oleh Balitbangtan

Hari Pangan Sedunia

Gelar Teknologi Balitbangtan Kementan RI

Nah, bagi teman-teman dan masyarakat yang berada di sekitar Palembang bisa langsung datang untuk mengikuti peringatan HPS 2015 sekaligus melihat Gelar Teknologi yang disajikan oleh Balitbangtan karena di sini kita bisa belajar banyak mengenai inovasi teknologi yang sudah dihasilkan.

Nantikan reportase selanjutnya ya.

Tulisan Selanjutnya:

Hari Pangan Sedunia 2015 (Versi Blog): Pembukaan

Hari Pangan Sedunia 2015 (Versi Blog): Gelar Teknologi

Hari Pangan Sedunia 2015 (Versi Blog): Pameran Indoor

25 Comments

  1. monda

    Reply

    standnya keren2 mbak…itu pot dengan hidroponik ya ..?
    share dong mbak Ev.., terima kasih

  2. Ety Abdoel

    Reply

    Masker jangan lupa dipakai mba ev. Kalau pulang jangan lupa empek-empeknya, hehehe

  3. dani

    Reply

    Seru juga ya Mbak Ev pameran hari pangan sedunianya. Bisa tahu beraneka ragam tanaman. Hari Jum’at kemaren hujan ya? Kok yang di BSD sampe Jakarta pusat gak ada setetes pun. Hihihi..

  4. Reply

    Wow…cakep-cakeeep… Ih, klo ada di sana pasti aku kalap motret2nya Ev..hehe…
    Selamat bertugas ya Dinda.. sehat selalu…semoga sukses tugasnya..

  5. Reply

    Selamat hari pangan sedunia. Hidroponik, ingin sekali aku mencoba nanti jika sudah Sarjana dan menjadikannya sebagai hobi selanjutnya.

  6. Pingback: Hari Pangan Sedunia 2015 (Versi Blog): Gelar Teknologi | Evrina Budiastuti

  7. Pingback: Hari Pangan Sedunia 2015 (Versi Blog): Pembukaan | Evrina Budiastuti

  8. Pingback: Hari Pangan Sedunia 2015 (Versi Blog): Pameran Indoor | Evrina Budiastuti

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.