Keyword untuk Optimasi SEO




keyword

Keyword ternyata diperlukan ketika kita menulis postingan. Paling tidak itu yang saya pikirkan ketika belajar tentang blogging bersama teman-teman kemarin. Ceritanya pada saat liburan kemarin saya dan teman-teman belajar bersama mengenai optimasi SEO dan salah satu cara untuk mengoptimasinya adalah melalui penentuan keyword. Kepala saya sampai berasap meski tak terlihat ketika belajar kemarin, tapi ilmu yang didapat sungguh luar biasa. Sekarang saya jadi tau kalau nulis tak sekedar nulis, ada tekniknya juga ya ternyata.

Sebelum saya belajar kemarin bersama Ryan dan Dani, saya lempeng-lempeng aja lho kalau menulis. Memikirkan kata kunci juga sih tapi ‘gak tau kalau sampai harus seperti itu untuk menimbang pengunaan kata kunci. Selama ini ya asal nulis aja dengan pikiran “pasti orang akan mencari kata kunci ini” tetapi menentukan kata kunci yang tepat melalui penelitian kecil itu sangat bermanfaat lho. Apalagi cara melakukan penelitiannya ‘gak susah karena tersedia perangkatnya, jadi sayang banget kalau tidak kita optimasikan. Pada mau kan tulisan kita nangkring di halaman pertama mesin pencarian, jangan kaya saya nih, dihalaman ke-empat aja udah seneng *terus tutup muka*. Nah bagaimana cara untuk mencari keyword? Kita bisa menentukan melalui keyword planner yang ada di Google AdWords.

Cara Mencari Keyword dengan Google AdWords

Sebenarnya fasilitas AdWords milik Google ini merupakan tempat untuk memasang iklan melalui Google. Tetapi kita bisa lho mencari keywords yang tepat melalui salah satu tools milik Google ini. Nah, sekarang tinggal bagaimana cara menggunakannya, berikut adalah step by stepnya ya:

1. Buka https://adwords.google.com/. Kemudian pilih menu Tools di kanan atas dan klik Keyword Planner.

keyword

keyword

 

2. Masukkan kata kunci yang ingin kita teliti pada option 1, lalu isi kolom targeting sesuai dengan lokasi yang diinginkan. Kemudian klik Get Search Volume.

keyword

keyword

3. Maka akan didapatkan hasil statistik untuk menjadi acuan. Contoh yang saya gunakan adalah mencari kata kunci dengan kata keyword dan hasilnya adalah 1900 rata-rata pencarian per bulan namun tingkat kompetisinya rendah. Artinya kita bisa menggunakan kata kunci ini untuk mengoptimalkan tulisan di mesin pencarian.

keyword

4. Semakin tinggi tingkat kompetisi maka semakin susah bersaing untuk menduduki halaman pertama mesin pencarian Google, makanya si mbah memasang tarif menyesuaikan tingkat kompetisinya apabila kita hendak memasang iklan di Google. Semakin tinggi tingkat persaingannya maka semakin mahal tariff yang ditawarkan.

5. Apabila mencari dengan kata kunci yang memberikan hasil nol artinya belum ada orang mencari dengan kata kunci tersebut. Kita bisa menjadi yang pertama untuk menggunakan kata kunci tersebut dan membuat website atau blog kita yang menjadi referensi pada saat pencarian. Hanya saja perlu ekstra kerja keras untuk memperkenalkan tulisan yang mengandung kata kunci tersebut. Caranya adalah dengan men-share tulisan tersebut melalui media social atau media lainnya hingga dikenal dan kata kuci tersebut masuk ke mesin pencarian.

keyword

Nah, supaya blog kita tersaring oleh pembaca yang mencari berdasarkan kata kunci, maka kita perlu menggunakan kombinasi kata kunci lainnya yang lebih panjang atau disebut dengan long tail keyword. Kalau misalnya kata kunci yang hendak saya pakai adalah keyword, maka untuk long tail keywordnya misalnya adalah keyword suggestion tool, keyword research dan lainnya.

Terus bagaimana cara menentukan kombinasi kata kunci lainnya? Masih ada caranya nih yaitu dengan menggunakan Ubersuggest.Org

Cara Mencari Kombinasi Keyword dengan Ubersuggest

1. Buka website http://ubersuggest.org/, kemudian isi kata kunci yang hendak dicari sesuai gambar berikut:

keyword

2. Maka akan keluar kombinasi kata kunci.

keyword

3. Lalu klik Select All Keywords dan semua kata kunci akan terblock. Kemudian klik menu Get hingga muncul kotak dialog. Klik Ctrl+A lalu Ctrl+C (Copy).

keyword

keywors

keyword

4. Sekarang kita kembali lagi ke halaman AdWords Google, kemudian klik Modify Search. Lalu Paste (Ctrl+V) pada kolom Option 1 dan klik Get Search Volume.

keyword

keyword

5. Maka akan muncul kombinasi kata kunci. Untuk memudahkan, klik Avg-Monthly Search agar kombinasi kata kunci tersebut diurutkan dari peringkat terbesar ke yang terendah.

keyword

Bagaimana? Pusing tidak? Kayanya teman-teman ‘gak pusing ya. Kalau saya sih kemarin cukup ngebul karena baru tau, ternyata untuk menentukan kata kunci itu ada caranya lho hehe. Maklumlah penyuluh yang belajar jadi blogger ya begini, takjub setengah mati sama kehebatan IT.

Selepas belajar kemarin, saya jadi ketagihan ingin mengetahui informasi lain seputar dunia blogging terutama bagian teknisnya. Belajar mencari keyword saja sudah excited banget apalagi kalau sampai utak-atik SEOnya ya. Nah pada postingan selanjutnya akan dibahas mengenai optimasi SEO On Page berdasarkan hasil tangkapan kaca mata kuda saya tentunya hehe. Semoga tulisan ini bermanfaat ya, kalau ada pertanyaan dan saya ‘gak bisa jawab harap maklum, soale bukan ahli IT juga. Kalau nanya bibit tanaman bolehlah ke saya *ngeles*.




87 Comments

  1. Inggit (lajurpejalan.com)

    Reply

    Wah penjelasanya lengkap. Pernah di ajarin temen soal ini sih, tapi susah banget ya nulis terus pake optimasi SEO. Belum terbiasa hehe

  2. rodame

    Reply

    informatif ev, membantu pemula kayak akuh. Makasih, tapi gambar screenshootnya gak kebaca dengan jelas euy, sayang 🙁

  3. Reply

    Keren ih mak! Aku baru belajar kulit luarnya aja, malah sempat salah pengertian. Milih keyword yg tinggi pemakaiannya krn sy pikir ya kan banyak yg nyari. Strategi saya saya berarti. Thksn mak 4 sharing

  4. dani

    Reply

    Mantabh Eeev. Ntar gw tinggal quote blog ini aja ya kalo mau bikin tulisan tentang keywords. Hihihi.

  5. hendri hendriyana

    Reply

    hahaha, saya juga ngebul mba kepala kalo ngebahas seo gini mah, saya mah nulis aja yang penting bermanfaat buat pemirsa aja deh mba..wkwkwkwk
    tiap narget keyword saya ga pernah penelitian juga sama google adwords nya 😀
    SEADANYA nih mbak maklum ga ada gurunya.hehe

  6. Reply

    Ilmu ini pernah aku dapat pas pelatihan umkm, tapi malah ga pernah dipraktekin, males tepatnya hahaha. Kalau mau serius ngeblog kayaknya kudu rajin nyari dulu ya. Direncanain tulisannya :). Ryan tuh kadang2 suka baik, share keyword yg banyak dicari 🙂

  7. Reply

    aiiiiih, selain concern sama lingkungan, ternyata mbak evrina juga piawai soal seo

    kalo saya malah ga ngerti sama sekali
    wkwkkwkwkw
    jangankan seo, google analytic aja belom mudeng sampe sekarang 🙂

  8. Reply

    Gitu to mbak. Saya nulis ya cuma nulis krn belum main SEO. Meski banyak yg nangkring di page one, itu tanpa sengaja.
    Tes ya… pengen nyoba dulu. Moga gak berasap.

  9. Muhammad Mukhlis

    Reply

    memang cara ini pernah saya lakukan dulu mb, nah kali kali ini udah jarang sekali, nah mumpung lagiu ada tutor nya saya kudu praktekan lagi deh 🙂

  10. Reply

    wah..benar2 berasap nih kepala ketika membacanya, hehe.. maklumlah, aku juga gak ngerti SEO2an.. Aku nulis ya nulis saja.. Ternyata memang ada cara dan triknya ya.. makasih atas infonya Mba..

  11. Reply

    Ya ampun belum nulis udah puyeng duluan ya? Tapi memang ada manfaatnya sih. Dulu Ladaka pakai adwords tp yg masangin suami, aku nggak mudeng. Skrg krn aku jarang update disana krn lbh byk made to order jarang ada barang ready stock, orang tetap bisa menemukan Ladaka. Mungkin kalau udah terbiasa bisa cepet ya? Secara aku nulis biasa tanpa riset aja lama.

  12. fanny fristhika nila

    Reply

    mba..mba…. aku berasap mba.. -__-.. kyknya aku hrs ikut trainingnya lgs deh drpd cuma sekedar baca gini… selama ini aku jg ga prnh tau apa itu seo sih, cuma sering dgr aja :D..

  13. Kaharudin

    Reply

    wah, materi penting nih untuk mendapatkan traffic bagus dari google. Keyword dengan banyak pencarian, sedikit persaingan bisa ningkatin traffic.

  14. Reply

    Kepala saya juga berasap mbak..hehe
    Dulu pernah nyoba tapi bingung, tapi sambil baca postingan ini tadi langsung dipraktekkan apalagi ada tambahan suggest keyword mantaaap, akhirnya bisa #hoyee

    masalahnya sekarang, bagaimana membuat postingan dengan memasukkan keyword yang ada *bingung lagi* hihi

  15. Reply

    Wah saya juga sempet belajar ini juga, kalo gak salah dari seminar marketing online gitu deh. Emang oke banget deh buat optimasi seo. 😀

  16. Reply

    Saya baru belajar SEO, meski awalnya sulit namun memang perlu ketekunan karena dalam SEO tidak ada yang pasti, semua mungkin saja bisa berubah. Optimasi perlu dilakukan dua arah yaitu diluar dan didalam halaman.

    Saya selama ini fokus di on page, kadang melupakan backlink, hasilnya lumayan ngawur jadinya…

  17. Pingback: Belajar Mendalami WordPress Yuk! - Evrina Budiastuti

  18. Pingback: Membuat Konten Kreatif Secara Mudah di Blog - Evrina Budiastuti

  19. Pingback: Menulis dengan Gaya Story Telling (Bercerita dalam Tulisan)

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.