Mau Bertanya dan Bertanyalah di Tempat yang Tepat

Sewaktu berpetualang ke Beijing awal tahun ini sebenarnya saya agak deg-degan lho. Itu karena saya khawatir takut nyasar ke tempat lain walaupun ada guide yang menunggu di bandara. Masalahnya saya dan teman-teman yang berangkat bareng waktu itu harus transit dulu di Bandara Internasional Hongkong untuk ganti pesawat. Faktanya, kemarin itu saya sampai tengak-tengok kesana-sini karena baru pertama kali menginjakkan kaki di luar bumi Indonesia. Saya sudah memiliki dua cara untuk mengatasi kebingungan selama mengembara di luar negeri yaitu membaca semua papan petunjuk dan bertanya kepada petugas. Cara ini sukses membawa saya dan teman-teman tiba dengan selamat di Beijing.

mau-bertanya

Jangan takut bertanya pada orang yang ditemui

mau-bertanya

Bertanya kepada petugas bisa mendapatkan informasi lengkap

Meskipun ada guide, saya tetap memperhatikan papan informasi dan juga bertanya kepada orang yang ditemui ketika mengeksplore setiap sudut kota Beijing karena terkadang guide yang membimbing kami tidak turut serta masuk ke dalam lokasi yang kami kunjungi. Gunanya untuk apa? Agar kita mendapatkan informasi sejelas-jelasnya mengenai tempat yang dikunjungi.

mau-bertanya

Ada satu yang lucu, saya sudah menyusun pertanyaan dalam bahasa inggris dengan baik dan benar, tetapi rupanya orang yang saya tanya tidak mengerti terhadap bahasa inggris yang saya lontarkan. Rupanya orang tersebut tidak bisa berbahasa inggris. Akhirnya kami tidak kehabisan akal, kami menggunakan bahasa tubuh untuk mentranslate pertanyaan serta jawaban yang kami lontarkan masing-masing.

mau-bertanya

Gunakan bahasa tubuh jika kedua belah pihak saling tidak mengerti

Mau bertanya tidak hanya memudahkan kita untuk mendapatkan informasi lho. Berkat mau bertanya, saya bisa mendapatkan teman baru dari Beijing. Padahal saya hanya menanyakan lokasi yang sedang dikunjungi saja. Tetapi saya mendapatkan lebih, yaitu teman baru dari negeri tirai bambu bernama Qiu dan Zhao.

mau-bertanya

Bertanya kepada gadis Beijing mengenai Summer Palace

mau-bertanya

Akhirnya malah kenalan dan tuker-tukeran alamat email, semua itu berkat Mau Bertanya Tidak Sesat di Jalan

mau-bertanya

Senangnya, petualangan selama lima hari di Beijing kemarin sukses besar. Benar ya kalau tidak tau mendingan bertanya saja, tak usah malu karena kalau malu bisa tersesat di jalan. Kalau tersesatnya di jalan kecil sih tidak terlalu masalah ya, jika tersesat di jalan besar negara lain bagaimana hayooo?.

Bicara tentang peribahasa malu bertanya sesat di jalan, saya memiliki pengalaman lucu ketika dulu hendak membuka tabungan untuk Alfi. Jadi ceritanya ketika hari raya lebaran tahun 2015 lalu, alhamdulillah Alfi mendapatkan banyak rezeki dari tante, om, serta kakek neneknya. Saya kemudian memberitaukan kepada Alfi untuk menabung rezeki tersebut di tabungan pribadinya. Alfi kemudian setuju dan berangkatlah kami menuju Bank BNI yang saat itu buka di hari raya karena saat itu kami tidak mudik. Setelah mengambil nomor antrian Customer Service, saya dan Alfi kemudian menunggu giliran.

Akhirnya tiba juga giliran kami dipanggil ke meja Customer Service. Saya mengutarakan hendak membuka tabungan BNI Taplus Anak untuk Alfi. Sayangnya saya tidak bisa membuka tabungan untuk Alfi saat itu juga karena kurang persyaratannya. Saya tidak membawa fotokopi Akta Kelahiran milik Alfi dan Kartu Keluarga yang menjadi persyaratan untuk membuka rekening BNI Taplus Anak. Kok bisa Ev tidak membawa? Soalnya saya pikir cukup membawa KTP dan buku tabungan BNI milik saya saja. Batal deh membuka tabungan untuk Alfi padahal saya dan Alfi sudah menunggu lama. Akhirnya saya kembali lagi keesokan harinya dan sukses membuat buku tabungan BNI Taplus Anak untuk Alfi.

Hari pertama, saya belum bisa membuat tabungan untuk Alfi karena tidak membawa persyaratan padahal sudah menunggu lama Keesokan harinya saya dan Alfi datang lagi dan sukses membuat BNI Taplus Anak untuk Alfi

Apa pelajaran yang didapat dari pengalaman di atas? Teliti dan bacalah terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu serta jangan sungkan untuk bertanya sedetail mungkin supaya tujuan kita tercapai dan tidak membuang-buang waktu. Bapak Satpam BNI sebenarnya sudah bertanya kepada saya mengenai jenis pelayanan apa yang hendak saya inginkan ketika datang ke Bank BNI. Tetapi saya hanya menjawab hendak membuka tabungan saja. Jika saya menjawab lebih lengkap dengan menyebutkan membuka tabungan BNI Taplus Anak, saya pasti akan mendapatkan penjelasan lebih lengkap dari Bapak Satpam sehingga tidak perlu menunggu lama.

Ya sudah, yang sudah biarkanlah berlalu. Beruntung sekali karena saat ini media sosial sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari yang membuat kita semakin mudah untuk mengakses informasi. Saya jadi ingat ketika Okka, teman traveling saya, kehilangan kamera di Bandara Hongkong. Okka langsung menggunakan Twitter untuk memberitaukan kepada orang-orang yang menemukan kameranya agar bisa mengembalikan kamera tersebut. Alhamdulillah Okka bisa mendapatkan kameranya kembali setelah seorang traveler asal Indonesia menyelamatkan kameranya setelah menemukan benda tersebut di toilet wanita Bandara Internasional Hongkong.

mau-bertanya

Mengapa Twitter? karena Twitter itu sangat real time dan jumlah penggunanya mencapai 302 juta akun lho (Sumber: Tempo, 2015). Informasi dari Twitter sangat cepat masuk dan up to date sehingga memudahkan orang untuk mengakses informasi terbaru. Teman-teman kenal dengan actor bernama Mark Ruffalo yang berperan sebagai Hulk di The Avenger kan? Dia juga kehilangan dompet dan cellphone miliknya. Lalu dia mengumumkan kehilangan tersebut melalui Twitter dan mendapatkan respon dari salah satu pengguna Twitter. Akhirnya dompet dan cellphone yang hilang bisa didapatkan kembali dengan selamat ke tangan Mark.

7 bni 8 bni

Begitu besarnya peran media social, menjadikan banyak perusahaan termasuk bank menggunakan media ini untuk berinteraksi dengan customernya. Salah satunya adalah BNI yang juga sangat aktif dan responsive memberikan informasi pelayanan melalui media sosial. Twitter adalah salah satu media social yang digunakan BNI agar nasabah dapat berinteraksi dengan BNI dan mendapatkan informasi pelayanan yang diinginkan. Andai kemarin saya memention Twitter @BNI46 dulu dan bertanya mengenai persyaratan Taplus Anak, pasti deh proses pembuatan tabungan berjalan lancar. Memang benar ya, mau bertanya nggak sesat di jalan.

Saat ini kalau kita mau mendapatkan informasi lengkap dari Twitter BNI sangat mudah lho karena BNI menyediakan fitur dengan hashtag #AskBNI yang memungkinkan kita mendapatkan informasi lengkap dari BNI. Kita bisa mendapatkan informasi mengenai persyaratan pembukaan Taplus, Taplus Muda atau mengaktifkan Debit Online. Jika sudah mendapatkan informasi persyaratannya, kita tinggal membawa persyaratan yang dibutuhkan lalu datang ke Bank BNI terdekat. Tidak hanya itu saja, kita juga bisa mengetahui promo yang sedang ditawarkan oleh BNI agar bisa mendapatkan discount khusus pada promo yang sedang ditawarkan.

Caranya bagaimana? Mudah sekali kok, cukup dengan memfollow terlebih dahulu akun Twitter BNI yaitu @BNI46 lalu kirimkan Direct Message (DM) ke Twitter @BNI46 dengan hashtag tertentu seperti di bawah ini:

mau-bertanya

Nanti akan ada reply via DM mengenai informasi cara penggunaannya seperti contoh di bawah ini:

mau-bertanya

mau-bertanya

Simple dan mudah banget kan cara mengaksesnya? Jadi hanya dengan mengirimkan DM saja kita akan mendapatkan informasi yang dibutuhkan tanpa harus datang ke bank terlebih dahulu atau menelepon Customer Service. Tetapi semua itu bisa didapat kalau kita mau bertanya lho ya, makanya gunakan fitur #AskBNI nya supaya tidak membuang waktu dan tersesat seperti saya. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi halaman Promo #AskBNI.

Mau Bertanya dan Bertanyalah di Tempat yang Tepat

Bertanya itu baik, tetapi bertanyalah di tempat yang tepat. Seperti ketika saya berada di Beijing kemarin, saya akan lebih merasa aman jika bertanya kepada petugas atau orang yang kelihatan dapat memberikan informasi yang tepat. Kenapa begitu Ev? Itu karena kalau kita bertanya di tempat yang salah, bisa jadi kita akan disesatkan.

Contohnya seperti kasus bunuh diri seorang gadis akibat dibully pada salah satu situs tanya jawab yang berbasis di Latvia. Situs ini memungkinkan pengguna untuk melihat identitas dan melontarkan pertanyaan serta jawaban. Sayangnya pemilik situs tidak memonitoring apa saja yang diposting oleh pengguna sehingga kasus tersebut terjadi.

mau-bertanya

mau-bertanya

Maka menurut saya bertanyalah agar tidak tersesat dan bertanyalah pada tempat yang tepat supaya kita bisa mendapatkan informasi yang sejelas-jelasnya dan tidak tersesat ke arah yang salah karena Mau Bertanya itu Tidak membuat Sesat di Jalan.

Ngomong-ngomong, habis ini saya mau traveling kemana lagi ya? Cek promo hotel dari BNI dulu ah.

Sumber Informasi:

BNI. http://www.bni.co.id/ [diakses tanggal 4 Februari 2016]

Tempo. 2015. Berapakah Jumlah Pengguna Aktif Twitter Sebenarnya. http://tekno.tempo.co/read/news/2015/05/14/072666328/berapakah-jumlah-pengguna-aktif-twitter-sebenarnya. [diakses tanggal 4 Februari 2016]

Entertainment Weekly. 2016. Mark Ruffalo’s lost phone and wallet found thanks to Twitter. http://www.ew.com/article/2016/01/24/mark-ruffalo-lost-wallet-phone-found-twitter. [diakses tanggal 4 Februari 2016]

Liputan6. 2013. Hannah Bunuh Diri Akibat Dibully dan Diminta Mati di Dunia Maya. http://news.liputan6.com/read/659896/hannah-bunuh-diri-akibat-dibully-dan-diminta-mati-di-dunia-maya. [diakses tanggal 4 Februari 2016]

116 Comments

  1. Anne Adzkia

    Reply

    Aah keren banget Ev, baik tulisan maupun gambarnya. Pengalaman dan informasi berharga. Aku masih nasabah BNI juga lhoo sejak kuliah semester awal dulu.

  2. Rosanna Simanjuntak

    Reply

    Langsung aku praktekkan mak #AskBNI #TaplusMuda untuk anakku
    Sepertinya itu sudah di program ya
    Pas usai klik kirim dan… brrrrrrtttttttt rentetan jawaban langsung kelayapan πŸ™‚
    Sampai syook eike πŸ˜‰
    Hahahaha….

  3. Nanik

    Reply

    Bicara soal malu bertanya ini, saja kadang suka heran. Kalau bepergian dengan para lelaki, kalau nggak tau jalan/kesasar, nggak ada satupun yang mau berhenti dan bertanya. Pilih muter-muter lagi, dengan alasan ntar juga ketemu. Beda kalau dengan sesama wanita, sebentar-sebentar berhenti untuk bertanya πŸ™‚

      • hendri hendriyana

        Reply

        asal jangan nyasar jauh aja mba πŸ˜€
        semua lelaki sama termasuk saya.hahaha

      • hendri hendriyana

        Reply

        makanya itu mba, kalo malu bertanya kan suka sesat dijalan, saya mah jarang keluar kota aja atuh biar ga sesat djalan πŸ˜€
        untung ada askBNI ya, saya dulu malu nembak cewe sesat dihatinya loh mba.hahaha

  4. Inna Riana

    Reply

    huwow keren. mari bertanya pada tempat yg tepat πŸ™‚
    aku juga pake bni lhoo… samaan juga lokasinya di bank yg ada di foto πŸ˜€

  5. Reply

    Aku jadi nasabah BNI sejak tahun 1997.. Sdh lama banget.. Kini ada fitur#AskBNI ya.. Makin byk deh pelayanan dari BNI yg membantu dan memudahkan urusan para nasabahnya.. Sukses buat lombanya ya Mba.. Tulisannya bagus..

  6. Reply

    Sekarang media sosial bukan cuma buat menambah teman. tapi juga bisa buat meminta bantuan. πŸ™‚ setelah kejadian kamera hilang itu, saya benar benar merasakan bagaimana kekuatan sosial media. πŸ˜€

    aaa, ada foto saya disitu. Ayo ayo silahkan di follow twitter saya, whehehe XD *salahfokus*

  7. Reply

    Memang Ev, dengan mau bertanya banyakk sekali yang bisa kita dapatkan. Sampai bisa dapat teman baru ya. Cool. Keren juga langkah BNI menggunakan social medianya ya. Prihatin sama yang sampai bunuh diri itu. Hiks.

  8. Reply

    Iya klo trsesatnya d ngara sndri mngkin lbih mudah bsa nmuin jlan mbk. Nah klo d ngara orang. Beh.. bisa2 g pulang hheee

    Setuju. Malu brtanya, sesat d jalan. Hheee

    Aku juga punya rncna mau buka tbungan d BNI mbk
    Smoga ga sesat d jlan lagi krna lupa prsyaratannya. Hhhee
    Thanks for sharingnya mbk Ev hhee

  9. Reply

    Iya Mbak Ev, sekarang jaman media sosial apalagi twitter yang lebih fleksibel dan cepat mendapat jawabannya

  10. Reply

    Iyaaaa, bener bgt, emang harus berani nanya biar ga tersesat *curhatan hati si tukang nyasar yang suka sungkan mw nanya*

    Keren yah BNI..

  11. Reply

    Sukaaa sama foto-foto yang ada teksnya itu mba… berasa live gitu .. hahaha. Tapi memang mulut ini kudu dibiasakan bertanya, aku juga punya pengalaman sama pas traveling ke Beijing dan Xi`an Oktober lalu hihihi. Daaaan… karena ada fitur keren dari BNI, aku kok jadi pingin jadi nasabahnya ya πŸ˜€

  12. Reply

    Tulisanmu selalu keren mba πŸ™‚

    Aku juga punya tabungan anak tapi yang berjenis tapenas biar nanti masuk bayar sekolah SD nya ringan πŸ™‚

  13. khairiah

    Reply

    Pengalamannya kece badai, ngomong2 alfi usianya berapa yaa? udah dibikinin tabungan, mau bikinin tabungan juga buat Vinka

  14. desi

    Reply

    huwaaaaa keceeeee…. gudlak mba syg… klo g bertanya pasti sesat,kalo gak ya jalan-jalan πŸ™‚

  15. Reply

    Wah keren mbak Evrina,,, kok masih sempat – sempatnya bertanya sambil ada yang motoin,,, foto – fotonya ituloh, ekspresinya tepat sekali. Makin kece lagi ada teksnya, hmmmm. Keren

  16. Reply

    BNI emang keren, sebagai nasabahnya sejak 2008 saya bangga apalagi dengan adanya fitur #AskBNI ini bikin hidup jadi lebih mudah. Btw cerita dan foto-fotonya sangat cocok dan mendukung sekali Mbak, jadi makin kederr neh saingan sama Mbak Ev πŸ˜€

  17. Reply

    ebuset, lengkap banget mbak πŸ™‚
    btw, kalo saya sengaja tersesat biar bisa tanya2 sama cs-nya *ini mah modus he he he

    eh yang mark ruffalo itu bener, dulu sempat heboh di twitter pas ada yang mulangin dompetnya
    yang nemuin dikasih sesuatu pake banget sama dia, asal bukan celana hulk aja yang udah robek2 ^_^

    • Reply

      cobaaa aku yg nemuin yak, bisa terkenal kitah seantero jagada raya haha, keren deh orang luar kalo nemuin sesuatu pasti di keep, gak kaya dikita nih udah jadi miliki ajah

  18. Reply

    Lagi-lagi terpukau membaca cara dirimu bertutur lewat tulisan
    Mengalir dan detil
    Semoga menang ya, mbak πŸ™‚

  19. Reply

    Duh aduh, bertanya ya di askbni, masa di ask fm ckckckk.. Btw kalau malu bertanya kita memang akan sesat di jalan. Tapi kalau gak ngerti bahasanya, pakai bahasa ‘tarzan’ kayak mba evrina disarankan hehhe.. Pasti menang mba!!

  20. rodame

    Reply

    huaaa, ev..aku setuju, #AskBNI membantu sekali, sekarang ada koneksi internet bingung tentang apapun sebagai nasabah BNI bisa langsung DM aja ke twitter @BNI46, respon cepat gak pake jeda ya πŸ™‚ Supeeer, inovasi nih!

  21. Mingkem

    Reply

    Beberapa tahun terakhir ini, saya sudah tidak menjadi nasabah BNI lagi mbak.. Gk tau kenapa? Tp kalau misalnya penting pasti buat lg deh atmnya.. Oh ya mbak, klo suka nulis.. Kirim di web saya ya. Gratis dan dapat backlink mbak.. Hehe salam kenal mbak

  22. Reply

    Yaps, mau bertanya dan bertanyalah di tempat yang tepat…sya pernah ke suatu tempat, Mbak, tanya2 sama orang asal nemu di tempat itu, eh malah jawabannya *keseringan* maaf sya bukan orang sini…Ehm, kalau sekarang lebih teliti lagi sih kalau mau tanya, lebih milih tanya sama warga setempat kayak ibu warung, tukang becak dkk πŸ˜€

    eh, yang bahasa tubuh itu tanya tentang apa sih, Mbak? #penasaran hehe

    • Reply

      kalo yg di greatwall aku tuh nanya apa dia orang Korea, haha terus salah dah ternyata bukan, sama2 kagak ngerti, kalo yg nenek2 di kanan itu dia nyuruh nempelin aku ke besi2 itu utk menghangatkan, awalnya aku gak ngerti terus dia nunjukin pake tangannya

  23. Reply

    wah lengkap banget nih artikel. Kadang kita suka malas bertanya padahal malah jadi ngebingungin diri sendiri, apalagi kalau yg ditanya jutek

  24. Reply

    Apalagi di negara orang, pasti harus lebih sering nanya kesana kemari ya.. Untungnya orang China masih ramah buat ditanya.. Asyik banget ih jalan-jalannya.. Aku indag dihajak.. Mewek.. T.T

  25. Reply

    #askBNI ini bisa dipake buat nanya2 klo mo kpr rumah juga gak ya??? tetangga kebetulan mo kpr pake bni , jadi bisa direkomendasiin…:)

    • Reply

      bisa kayanya mbak coba aja, ada hastagh pilihannya kok, kalo gak bisa via DM, coba mention aja, aku dapet jawaban kemarin perilah internet banking

  26. Reply

    waah samaan! aku juga ceritanya waktu lagi di Beijing.
    yups, di negri orang itu wajib ,bahkan udah kayak fardhu ain, klo ga tau ,ya harus nanya. hehe

  27. Reply

    Wow … kehilangan kamera di luar negeri, “melapor” di Twitter … dan … kameranya ketemu … ?
    Kalo saya mungkin gak kepikiran ngetwit saat ada barang hilang, Mbak Ev ….
    Iya, sih … memang kita gak boleh malu bertanya ya supaya gak susah.

  28. fanny fristhika nila

    Reply

    rata2 semua bank udh pake layanan twitter ato medsos sih ya utk lebih menggapai nasabah2nya :).. bank tempat aku kerjapun begitu.. walopun ttp aja, sebagai nasabah juga di bank sendiri, aku lbh suka nanya ke account officer yg memegang rekeningku kalo ada apa2 yg mau ditanya :D.. lebih personal jadinya.. buatku sih mba, yg ptg admin yg mnjawab segala pertanyaan di medsos itu cepet jawabnya.. kan ada tuh bbrp company yg pake medsos juga, tp amiit-amiit kalo jawab bisa bbrp bulan kemudian -__-

    • Reply

      haha iya, ini BNI cepet responnya, ada sih beberapa perusahaan yg punya twitter malah gak atif, eh enak atuh bisa nanya langsung ke account officer sendiri lebih personal banget

  29. eda

    Reply

    aku biasanya suka nyasar di mall, bisa masuk, gak bisa keluar. belum lagi kalo harus puter2 nyari mesin atm πŸ˜€

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.