Membuat Konten Kreatif Secara Mudah di Blog

.

Pernah ada teman yang bertanya kalau saya biasanya mengerjakan satu artikel itu bisa berapa lama? Jawabannya tergantung bagaimana bentuk artikel tersebut, kemudian artikel tersebut ditujukan kepada siapa serta tujuannya apa. Nanti penulisannya akan bergantung dari hasil analisa dengan mengembangkan tema dan kerangka penulisan.

Berbekal notebook dengan Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor kita bisa lho menghasilkan artikel untuk blog personal di sela-sela sederetan pekerjaan. Itu karena prosesor seri ini memiliki kinerja tinggi serta efisiensi energi yang lebih baik sehingga sangat mendukung pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu bersamaan. Berikut adalah lima kelebihan dari Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor khususnya untuk generasi ke-6:

1 intel
3 intel
4 intel
6 intel
7 intel
Performa meningkat hingga 2,5x yang membuat produktivitas semakin bertambah.

Daya tahan baterai lebih lama karena prosesor ini dirancang sangat hemat energi.

Pengalaman visual yang jelas dan lebih hidup berkat tampilan 4K (format 4K Ultra HD dan 3D).

Konversi video 17 kali lebih cepat tanpa harus menunggu lama untuk membuat video.

Intel Core generasi ke-6 telah dioptimalkan bagi perangkat berbasis Windows 10 untuk pengalaman yang lebih baik.

Oke, back to penulisan konten, bagi saya ada kemudahan serta kesulitan tersendiri dalam menghasilkan sebuah tulisan berdasarkan kategorinya. Masing-masing kategori ini memiliki spesifikasi yang berbeda sehingga lama waktu pengerjaannya juga berbeda pula.

BUMI2 - Copy

Misalnya untuk tulisan yang timeless seperti pada kategori Green Activity di blog ini. Biasanya saya bisa menghabiskan waktu paling cepat sehari kalau tidak memerlukan literature dan paling lama tiga hari karena harus berdasarkan literature terpercaya. Menulis di kategori Green Activity ini bagi saya tidak mudah lho karena harus sesuai dengan fakta dan kalaupun ada masalah yang dikemukakan sebaiknya menghadirkan juga solusinya.

Lain halnya dengan kategori bertema advertisement, kalau berupa artikel placement bisa sehari pengerjaan dengan sedikit editing. Apalagi untuk kategori reportase biasanya saya langsung update sesegera mungkin karena masih segar dalam ingatan. Kecuali untuk kategori review yang agak lama, untuk menghasilkan artikel review paling cepat itu seminggu karena harus mencoba dulu produknya supaya pesan yang disampaikan sesuai dengan pengalaman.

asus evrina 2

Nah itu semua adalah kategori yang tidak terlalu menguras tenaga untuk membuat sebuah artikel sampai saya harus begadang. Ada jenis konten yang membuat saya harus memberikan ekstra energi untuk membuatnya lho, bahkan pernah memakan waktu hingga dua minggu lamanya.

Lho kok kenapa lama? Iya soalnya harus melakukan pemilihan bahan serta editing terlebih dahulu baik untuk foto maupun video. Terkadang untuk memilih kontennya saja bisa memakan waktu seharian karena saya ingin artikel yang dihasilkan ini dapat menarik perhatian pembaca. Sudah tau dong ya ini jenis artikel apa? yup paling banyak saya melakukan kegilaan tersebut untuk menghasilkan sebuah artikel yang diikutkan pada lomba blog. Tetapi ada juga sih tulisan non lomba yang saya buat agak lama karena melakukan editing video dulu seperti pada tulisan bergenre adventure di blog evventure.com.

Banyak orang yang mengatakan kalau ilmu itu akan semakin berkah apabila diamalkan dengan baik. Nah, ceritanya saya mau sedikit sharing bagaimana saya membuat sebuah konten kreatif di blog supaya tidak biasa saja jadinya *walaupun banyak yang biasa juga hehe*. Tulisan ini juga sekaligus menjawab beberapa pertanyaan yang pernah dilontarkan oleh teman-teman, terkait dengan bagaimana saya membuat sebuah artikel untuk beberapa tujuan tertentu. Hayuuk deh kita mulai…. *sodorin buah dulu.

Kita mulai dari pembuatan konten blog, yuk!

tema2

Pertama, tentukan Tema

Tentukan temanya dulu mau menulis tentang apa. Lalu setelah memiliki tema, tentukan artikel ini ditujukan untuk apa dan siapa?. Kalau saya paling banyak ditujukan untuk masyarakat umum sehingga bahasa yang digunakan sebisa mungkin mudah dimengerti oleh banyak orang. Sebaiknya tulisan yang dihasilkan berbentuk timeless, jadi sampai kapanpun masih layak untuk dibaca karena tak lekang oleh waktu.

keyword2

Kedua, tentukan Keyword

Tentukan keyword yang ingin diangkat agar artikel yang dibuat dalam blog masuk dalam mesin pencarian. Mau kan ya kalau blognya terindex di mesin pencarian. Cara mencari keyword sudah pernah saya kemukakan pada postingan berjudul Keyword untuk Optimasi SEO.

kerangka 2

Ketiga, kembangkan kerangka tulisan

Buatlah kerangka tulisan dengan menyebarkan keyword pada beberapa bagian. Misalnya pada judul, URL, 100 kata pada paragraph pertama, sub heading, serta pada paragraph terakhir hingga tercapai density yang pas. Keyword yang disebar tidak perlu banyak, hanya cukup beberapa saja. Untuk memudahkan, bagi pengguna blog berplatform WordPress dapat menggunakan plugin Yoast SEO sebagai alat ukur apakah setting SEO pada tulisan kita sudah benar ataukah perlu direvisi. Bentuk SEO ini dinamakan SEO on Page yang juga sudah pernah saya ulas pada postingan berjudul Optimasi SEO On Page.

Setelah kerangka selesai dibuat dan telah selesai dikembangkan menjadi tulisan utuh, maka langkah selanjutnya adalah mempercantik tulisan dengan tambahan ornament berupa foto, design graphic hingga penambahan video.

Selanjutnya kita mempercantik tampilan tulisan dengan ornament pendukung dengan memilih dan memadukan beberapa alternatif berikut ini:

beaver-builder

Pertama, mempercantik dengan memaksimalkan penggunaan plugin

Untuk blog dengan platform WordPress tersedia beberapa plugin yang dapat membantu mengatur layout postingan blog, salah satunya adalah Beaver Builder. Dengan plugin ini, tulisan yang kita hasilkan dapat diatur layaknya poster dengan layout yang cantik. Jadi tanpa perlu mengutak-atik dengan software grafis yang sulit sudah bisa mempercantik tampilan. Ulasan lebih lengkap mengenai Beaver Builder sudah saya jabarkan dipostingan berjudul Menggunakan Plugin Beaver Builder untuk WordPress.

Souce: www.quotefancy.com
Souce: www.quotefancy.com

Kedua, tambahkan foto yang menarik

Saya sering melihat foto-foto di instagram karena dapat menambah wawasan dan sense ketika hendak menghasilkan foto berkualitas. Nah, foto yang berkualitas baik dari segi konten dan juga kualitas gambar dapat mempercantik isi tulisan kita lho. O iya, jangan lupa ya untuk memberikan nama pada foto berdasarkan keyword yang sudah ditentukan sebelumnya karena dapat membantu menambah point pada mesin pencarian.

contoh-infografis

Ketiga, tambahkan grafis menarik di dalam tulisan sebagai tambahan informasi atau sebagai bentuk ringkasan.

Infografis dapat dibuat dengan menggunakan software pengolahan grafis, aplikasi smartphone atau secara online melalui website yang menyediakan design grafis. Kalau saya lebih banyak menggunakan software pengolahan grafis di notebook. Nah ini yang membuat notebook ASUS saya harus bekerja keras. Notebook ASUS A450CC yang saya beli pada tanggal 8 Juni 2014 lalu ini sudah saya install dengan beberapa software untuk membuat graphic design. Software tersebut diantara adalah CorelDraw, Adobe Photoshop, Adobe InDesign, dan Adobe Illustrator. Dari keempat software tersebut, CorelDraw yang paling sering saya gunakan karena lebih familiar dan lebih mudah. Saya masih belum terlalu mahir untuk semua software tersebut dan baru sebatas gambar-gambar kaku saja yang bisa dibuat.

animasi

Keempat, tambahkan gambar atau tulisan animasi dalam bentuk gif apabila diperlukan.

Ingat, tidak semua konten memerlukan ornament-ornament yang ramai untuk mempercantik tulisan. Harus disesuaikan dengan permintaan dan goal yang dicapai. Nah, untuk membuat gambar atau tulisan animasi itu mudah, bisa menggunakan software yang bisa didownload gratis di internet yaitu PhotoScape, membuat gambar gif melalui website online atau menggunakan Adobe Photoshop. Untuk cara membuatnya insyaaAllah saya buatkan dalam postingan yang berbeda ya soalnya kepanjangan kalau dipaparkan di sini hehe.

video

Kelima, tambahkan video pendukung yang menarik.

Sekarang sudah zamannya blog juga dilengkapi dengan video untuk menambah informasi dan memberikan nilai tambah. Kalau untuk mencari bahan video sepertinya sudah pada bisa ya, sekarang tinggal editingnya saja. Mengedit video dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi smartphone seperti Power Director, namun saya paling senang mengedit video di Notebook ASUS A450CC yang saya miliki. Di notebook tersebut sudah saya install software untuk mengedit video berupa Corel Video Studio Pro X6. Di software ini tersedia berbagai template, pilihan animasi dan ornament lain yang dapat mempercantik video. Menu yang tersedia pada Corel Video Studio Pro X6 ini menurut saya mudah dimengerti oleh pengguna baru karena simple dan jelas. Nah, ada satu keinginan untuk menggunakan software yang lebih mumpuni lagi yaitu Sony Vegas, sayangnya setelah menginstall di notebook ini membuat kinerja notebook terlalu berat sehingga saya uninstall lagi.

Jika semua sudah dilakukan, maka satukan dalam sebuah konten dan kemaslah semenarik mungkin. Jangan lupa lakukan pengecekan ulang sebelum di publish ya.

Nah, ada pertanyaan dari seorang teman yang intinya kendala apa yang paling sulit dihadapi ketika menghasilkan konten dengan langkah-langkah di atas?.

Kendala yang paling sulit dihadapi buat saya adalah dalam penggunaan software untuk membuat graphic design serta editing video. Dengan kondisi kapasitas notebook saya yang sekarang ini dapat dikatakan cukup berat apabila terlalu banyak software yang dinstall.

asus-notebook
Notebook ASUS A450CC yang sudah menemani lebih dari tiga tahun untuk menghasilkan karya

Notebook ASUS A450CC yang saya gunakan memiliki spesifikasi prosesor Intel Core i3, dengan kapasitas RAM 2GB, HDD 500GB serta NVIDIA GeForce GT 720M. Berdasarkan spesifikasi tersebut sebenarnya sudah sangat mumpuni untuk mengolah grafis dengan menggunakan CorelDraw atau Adobe Photoshop. Namun belakangan ini saya menambahkan dengan menginstall beberapa software lainnya yang cukup berat seperti Adobe Illustrator, Adobe InDesign serta software editing video yang cukup menyita RAM.

Belum lagi tambahan pemakaian memory karena di notebook ini saya menyimpan banyak image serta file pekerjaan kantor sehingga saya harus pintar mengatur penggunaannya. Meskipun begitu saya sangat sayang dengan notebook ASUS A450CC yang sudah menemani selama 3 tahun dalam menghasilkan karya baik dalam dunia blogging maupun pekerjaan sehari-hari. Saya ingat sekali ketika LCD notebook ini pecah karena tidak sengaja diduduki oleh ibu petani.

Syukur tidak sampai terkena hardware lainnya, padahal sebelumnya sudah pernah jatuh hingga ikut terguling ke sawah. Dia tetap strong dan setia menemani hingga saat ini. I love my notebook!. Tetapi kalau ada kelebihan rezeki, saya ingin sekali mengupgrade notebook ASUS yang mendukung hobi serta pekerjaan ke tingkat yang lebih mumpuni lagi. Maklum tuntutan zaman dan peran semakin besar, maka saya juga memerlukan alat pendukung yang lebih oke lagi supaya pekerjaan selesai tanpa mengganggu hobi begitupun sebaliknya.

Yeayyy ada notebook inceran yang mendukung rutinitas pekerjaan sampai urusan pengembangan hobi. ASUSPRO P2430U, notebook keluaran ASUS yang didesign stylish untuk para professional. Notebook ASUSPRO memang dikenal cocok untuk para professional dengan tingkat mobilitas tinggi karena didesign kokoh untuk segala medan. Meskipun begitu, designnya tetap dibuat menarik dan elegan yang menjadi ciri khas para professional.

Oke, sekarang kita lihat apa yang dapat dilakukan ASUSPRO P2430U untuk mendukung kita dalam bekerja dan berkarya?

6th_Gen_Intel_Core_package_1000

Pertama dan paling penting buat saya adalah hadirnya prosesor dengan performa tinggi namun efisien dalam penggunaan energi. Notebook ASUSPRO P2430U ini memiliki kinerja prosesor yang handal berkat hadirnya prosesor Intel Core generasi ke-6 untuk Intel Core i3, Intel Core i5 dan Intel Core i7. Selain itu, prosesor seri ini juga hemat daya sehingga kita bisa efisiensi dalam menggunakan energi. So, ini pas banget buat saya yang mobile dari pekerjaan satu ke pekerjaan lainnya sambil menghasilkan karya. Terkadang notebook harus ON terus akibat dikejar-kejar waktu.

Kedua, perangkat notebook mendukung aktivitas multimedia. Nvidia GeForce pada notebook ASUS saya yang sebelumnya memiliki seri 720 M, nah kalau ASUSPRO P2430U ini menggunakan grafis Nvidia GeForce seri 920 M dengan 2GB VRAM. Berkat dukungan seri Nvidia GeForce ini maka dapat membantu kita untuk mengolah multimedia termasuk gambar 3D untuk mempercantik konten. Kinerja mengolah multimedia semakin kuat berkat sokongan memori DDR4 sebesar 4GB dengan ketersediaan 2 slot memori yang bisa menampung RAM hingga 16GB. Jika sebelumnya saya harus bergantian menggunakan software multimedia, maka dengan ASUSPRO P2430U saya dapat membuka beberapa software olah grafis dalam waktu bersamaan. Sangat mendukung banget untuk keadaan yang serba multitasking.

geforce-920m-3qtr
asus notebook

Nah asiknya lagi nih, ukuran layar dan berat notebook ASUSPRO P2430U bagi saya cukup ideal. ASUSPRO P2430U memiliki layar notebook selebar 14 inchi sama seperti ukuran notebook saya yang sebelumnya sehingga bisa puas berlama-lama menatap layar notebook (maklum mata minus membutuhkan layar yang cukup mumpuni). Kemudian ketebalan notebook ini berkisar 2,3 hingga 2,6 cm dengan bobot hanya 1,95 Kg saja (sudah termasuk baterai 4-cell). Jadi kalau mau dibawa dengan menggunakan tas ransel seperti biasa maka tidak akan membuat pundak saya menjadi pegal.

Selain itu, adakah keunggulan lainnya? Banyakkk…

.

5

Nyaman pada Saat Penggunaan

Berkat anti glare pada layar sehingga tidak memantulkan bayangan dari belakang user dan tidak membuat mata menjadi cepat lelah. Kemudian pada panel LCDnya juga diberikan scratch-resistant coating serta tekstur brushed-hairline aluminum pada body notebook. Untuk keyboardnya sendiri, ASUS juga mendesain secara ergonomis dengan sebuah one-piece Chiclet keyboard untuk kenyamanan pada saat bekerja. Travel distancenya sendiri sekitar 2,3mm sehingga oke saat digunakan.

7

Tangguh dan Aman

Ini penting banget buat para professional yang sering mobile. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ASUSPRO merupakan lini notebook dari ASUS yang dikenal tangguh pada segala medan sehingga saya tidak perlu khawatir ketika membawanya mobile ke sana-sini. Apalagi seri ini sudah dilengkapi dengan beberapa fitur keamanan pada hardware dan sistemnya. Misalnya mengatur keamanan yang terdapat pada fitur Security pada aplikasi ASUS Business Manager. Selain itu, kita juga dapat mengunci fungsi USB serta Hardisk dengan password. Jadi kalau laptopnya sedang dibiarkan di meja kerja, orang tidak bisa sembarangan mengambil file dari notebook tanpa seizin pemiliknya.

usb

Bekerja Efisien

Para professional menuntut produktivitas dan efisiensi yang lebih besar dalam penggunaan perangkat. Notebook ASUSPRO P2430U dilengkapi dengan baterai yang dapat diganti dengan mudah untuk komputasi atau pemeliharaan. Selain itu terdapat 4 buah port USB dengan tiga buah port diantaranya adalah USB 3.0 yang menawarkan kecepatan transfer data 10 kali lipat lebih cepat dibanding USB 2.0. Selain itu salah satu port USB 3.0 mendukung USB Charger+ untuk memudahkan kita ketika mencharge gadget ke notebook.

Spesifikasi Lengkap ASUSPRO P2430U

Main Spec. ASUSPRO P2430
CPU Intel® Core™ i7-6500U Processor (4M Cache, up to 3.10 GHz) (P2430UJ-WO0061E)

Intel® Core™ i5-6200U Processor (3M Cache, up to 2.80 GHz) (P2430UJ-WO0062D)

Intel® Core™ i3-6100U Processor (3M Cache, 2.30 GHz) (P2430UJ-WO0063D)

Operating System Windows 10 Pro (P2430UJ-WO0061E)

DOS (P2430UJ-WO0062D / P2430UJ-WO0063D)

Memory 4GB DDR4 SDRAM 2133MHz
Storage 2.5" 500GB / 1TB HDD 5400 RPM SATA3 with TPM
Display 14.0" (16:9) LED backlit HD (1366x768) anti glare
Graphics NVIDIA® GeForce® 920M dengan 2GB DDR3 VRAM
Interface 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor, 3 x USB 3.0 port(s), 1 x USB 2.0 port(s), 1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert, 1 x HDMI
Camera VGA Web Camera
Connectivity Integrated 802.11 a/b/g/n/

10/100/1000 Gigabits Base T

Audio Built-in Stereo Speakers and Microphone
Weight 1.95Kg with Battery
Dimension 340 x 241 x 23,3 ~26.3 mm (WxdxH)
Security Kensington lock, BIOS Booting User Password Protection, HDD User Password Protection and Security, TPM (Trusted Platform Module), Finger Print Reader
Battery 4 cells Li-ion battery pack
MSRP Rp12.099.000 (P2430UJ-WO0061E)

Rp10.799.000 (P2430UJ-WO0062D)

Rp9.299.000 (P2430UJ-WO0063D)

Warranty 3 years full global warranty

Sudah tau kan ya kalau ASUS adalah Top 2 produsen notebook konsumen dunia dan penghasil motherboard terbaik di dunia. Banyak sekali produk dari ASUS, mulai dari notebook, tablet, PC desktop, server, perangkat jaringan hingga smartphone. Pada tahun 2015 ASUS berhasil memenangkan 4.368 penghargaan dan pada semester pertama 2016 di Indonesia, IDC melaporkan bahwa di bisnis Notebook, ASUS terus tumbuh pesat meski telah menempati posisi pertama sejak akhir tahun 2013 lalu. Kini, ASUS telah menguasai 37,32 persen pasar. Prestasi yang diperoleh ASUS tidak hanya berhenti di situ saja, karena pada tahun 2016 ASUS mendapatkan TOP Brand Award untuk kategori bisnis notebook dan WOW Brand Award di tahun 2015 untuk kategori bisnis Smartphone.

Ada satu hal penting yang saya sukai dari ASUS yaitu ASUS telah memimpin industri yang ramah lingkungan dalam proses produksinya dengan nama Green ASUS. Kegiatan ini mencakup empat bidang yaitu green design, green manufacturing, green procurement, dan green services yang masing-masing mampu meminimalkan dampak lingkungan dalam proses produksi. ASUS memfokuskan untuk melestarikan planet bumi dengan menghasilkan produk yang bertanggung jawab. Seri notebook ASUSPRO telah berhasil menggabungkan lower total cost of ownership dengan standar lingkungan tertinggi.

green

Lengkap sudah, dengan ASUSPRO P2430U ini sepertinya semua dapat teratasi, mulai dari membuat konten kreatif, membuat design grafis, editing video, menyelesaikan pekerjaan hingga sejalan dengan pelestarian lingkungan. Semoga nanti ada rezekinya untuk mengupgrade notebook ASUS yang saya miliki ke tingkat yang lebih canggih lagi supaya makin semangat menggarap setiap multitasking yang ada. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam sukses selalu untuk ASUS tercinta.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.

logo_asus_isoi_intel-300x99
Copyright 2017-www.evrinasp.com

93 Comments

  1. Reply

    wih. sadis. suka banget template dan konten infografis blog ini. berkelas dan tidak sembarangan digarap. keren2,

    Salam kenal mba Evrina. saya kagum sama tata letak dan kontennya. di luar isi, ini blog yg punya kualitas keren. hehe.
    Mohon angkat saya jadi murid. saya mau lah berguru.

    Salam kenal ya. Semoga berkenan memberi masukan pada blog saya

    • Reply

      haduhhh jangan begitu ah, sama-sama belajar kita, ini aku pakai plugin beaver builder, kalau di WordPress bisa diterapkan itu, kalau sudah pakai plugin itu siapapun bisa utak atik blognya jadi cakep

  2. Reply

    Wah makin pro aja nih Mbak Evrina, ini seperti template Mbak Yuni, moga sukses Mbak, btw aku juga pakai ASUS

  3. Reply

    Kontennya detil banget tapi ngga bikin bosen bacanya. Infografisnya juga cakep. Sukses untuk lomba blognya ya, mba Ev?.

  4. Sandi Iswahyudi

    Reply

    keren mbak, lengkap banget kontennya. mau ikut jadi ciut dulu hehe. sukses untuk lombanya mbak

  5. apri ani

    Reply

    wahhhh,,, ternyata itu rahasianya evrina bikin konten,, pantesan juara terus,,, heheh. Boleh juga ilmunya buat ditiru.
    Saya juga pake Asus, cuma kalau mu pake aplikasi Grafis, kudu sabar.. lola.. kudu di upgrade.. hehe
    Tulisan ini juga bakalan juara lagi kayaknya EV…

  6. Reply

    Dari pas pertama muncul uda mampir tapi mau komen ga bisa akhirnya setelah menunggu purnama balik bisa ninggalin jejak.
    Mba ini bagus pisaaaannn, aku mah langsung terkagum2 hahaha aku pengagum blog mba makin melihat tambah bagus aja mba 🙂 pasti menang geura mba Ev aamiin ^^

    • Reply

      Iya monggo ambil yang baik aja ya, membuat konten kreatif tidak ribet kok, yang penting pesan tersampaikan tanpa harus membuat pusing orang yang membaca hehe

  7. Reply

    ini sih bener-bener pake infografis yang super kereeen, sekeren ASUSPRO, hahaha.. ajarkan lah daku suhu, blogger Bojong Gede yg masih abal-abal
    Good luck ya mak, mmuuah..mmuaah..

    • Reply

      aamiin terimakasih doanya, banyak yang lebih bagus neng, ambil manfaatnya saja ya, itu rahasianya sudah dibongkar semua di tulisan hehe

  8. Reply

    ahai, udah upgrade aja nih postingan yg satu ini, tampilannya beda euy 🙂 Aku belum publish2 malah. TFS rahasia dibalik konten kreatifnya ya mba^^

  9. Reza Aditya

    Reply

    Wah Mbak Ev ternyata kalau dapat artikel placement sama kayak Saya. Harus di edit juga. Padahal udah jelas-jelas dibayar. Hehehe.

    Tapi memang sih, kalau gak di edit nanti artikelnya jadi gak sesuai sama gaya bahasa blog Kita ^_^.

  10. Reply

    plugin yoas sepertinya andalan banget bgi para blogger wp ya mba 🙂

    klau boleh tau jatuh ke sawah bareng notebooknya di iringi lagu gx mba, “kaya d film bolywood misalnya” ? 🙂

    • Reply

      Ya enggaklah, pas jatuh langsung panik mana ada menghayal kaya di bolywood, plugin untuk seo di wp banyak, cuma aku diajarinnya pake yoast lebih simple

  11. Reply

    Seneng baca tulisan dikau mbk, kayak lagi cerita aja atau ngobrol ngobrol gitu kita, cakeppp
    makasih sharenya, ternyata perlengkapanmu banyak ya mbk, pantesan postingannya kece terus. Ditunggu bagi2 tutorialnya ya mbk ev, nanti colek2 eikeh yak. : )

    • Reply

      Makasih ya neng Inda, semoga bermanfaat, insyaaAllah sebagian dibuat tutorialnya, moga gak maju mundur buat bikinnya hehe

  12. Reply

    yang bikin mata saya tertarik pas buka postingan ini adalah tampilannya mbak *jujur banget yak ^^
    itu plug in-nya bisa di pake di blogspot kah? atau khusus wordpress?

    tutorialnya di tunggu hehehe

  13. Khoirur Rohmah

    Reply

    Pangkling sama tampilan baru dari Blognya Mbak Evrina… heehee.
    Perlu banget tampilan blog yang ketche untuk pembuatan konten kreatifnya hhe
    Sukses ya Mbak say… 😀

    kucatet itu pluginnya heheee

  14. Dee - @HEYDEERAHMA

    Reply

    Informatif sekaligus menarik deh postingannya Kak Evrina. Goodluck buat lombanya ya 😉

  15. Reply

    tidak hanya tampilannya, tulisan mbak evrina ini sangat bagus dan kreatif banget..
    bisa referensi dan tutor buat bikin artikel.

    mbak evrina, kalau bisa buat artikel tentang cara membuat konten jualan? biar lengkap.

    • Reply

      terimakasih atas apresiasinya, semoga bermanfaat ya, nah kalau konten jualan harus lebih menarik lagi, tapi aku belum pernah bikin nih

  16. Reply

    Halo Mbak Evrina
    Duh makin minder jadinya berkunjung kesini
    Apalagi lihat review ASUS-nya yang keren
    Hmm… speechless deh pokoknya kalau sudah Mba Ev yang ikutan lomba

    Sukses ya, Mbak ^_^

  17. Reply

    Speknya mumpuni dan pastinya mendukung bangget utk kerja maupun ngeblog.
    Smg ada rezeqinya, bisa memiliki ini laptop. Aamiin

  18. Masirwin

    Reply

    Saran dari saya mba Ev. Gambar kurang responsif saat dibuka melalui HP saya..

    Semoga saran saya bermanfaat

  19. Reply

    Tulisan ini manteb banget, Mbak. Gerak semua. 😀
    Jadi bacanya gak bosan, sama enak dipandang.
    Semoga menang ya, Mbak..

    Salam hangat dari Bondowoso..

  20. fajar herlambang

    Reply

    gile, artikelnya. kelas profesional. mempersentasikannya dalam blog
    bikin minder -_-

  21. Reply

    Ini templatenya beda apa cuma postingan ini aja yang ada efek gitunya (terus disuruh cek aja sendiri, mbak..wkwkwkwk).
    Kalau tampilannya di hp kayak gimana nih? Maklum sedari tadi “on” di laptop aja.

  22. Reply

    Selalu terkagum – kagum dengan gaya penulisan di blog ini, banyak informasi yang bermanfaat bagi saya yang masih newbie ini. Kalau boleh tau untuk penulisan artikel ini butuh berapa lama mbak?

    • Reply

      kalau nulisnya agak lama soalnya tergantung mood, kayanya seminggu ya, untuk mengatur layout cukup sehari karena sudah ada alatnya

  23. Mukhofas Al-Fikri

    Reply

    halo evrina

    keren. ga tau ma ngomong apa .

    karna hatiku suasananya tak menilai jelek tapi keren luar biasa dari punyaku

    Mau saya tanyakan

    1. Apa menyita waktu untuk membuat satu konten bagus ini

    2. pakai modem/wifi? atau gimana?

    3. butuh berapa lama untuk selesai/final? apakah selamatan selesai?

    4. sudah pernah berapa kali revisi?

    terima kasih atas jawaban detailnya.. b

    Mukhofas Al-Fikri

    • Reply

      1. Apa menyita waktu untuk membuat satu konten bagus ini, saya mengatur layout ini dalam waktu sehari karena alatnya sudah tersedia jadi bisa segera utak-atik

      2. pakai modem/wifi? atau gimana? wifi aja

      3. butuh berapa lama untuk selesai/final? apakah selamatan selesai? hanya mengatur layout cukup sehari

      4. sudah pernah berapa kali revisi? ini bukan revisi sih, tapi sebelum publish beberapa kali di masukan ke draft

  24. Reply

    Wowh baca tulisannya sampai bingung mau koment apa hehe, keren dah sekeren asus yang sudah menerima penghargaan sebanyak 4.300 an huaaa. Berarti pilihan saya sama asus ga salah dong ya, meskipun tipenya masih yang minimalis xixi. Mimpi dulu ah suatu saat aku juga bisa bikin infografis sekeren ini

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.