Membuat Kuaci Biji Melon

Membuat
Kuaci Biji Melon

“Ternyata biji buah melon yang selama ini sering saya buang, dapat diolah menjadi kuaci biji melon ya”.

Begitulah kalimat yang terlontar ketika sedang stalking pada sebuah foto di akun Instagram @SunprideID. Ada info menarik yang saya baca saat itu yaitu memanfaatkan biji melon menjadi sebuah smart snack. Wah ini benar-benar ide menarik, dan cocok sekali untuk dibahas karena memiliki konsep zero waste yang juga saya sukai. Kalau selama ini kita sering membuang biji melon begitu saja menjadi sebuah sampah, sekarang ada better idea untuk memanfaatkan biji melon ini, yaitu menjadikannya sebuah cemilan sehat berupa kuaci biji melon.

Kok’ tidak ditanam saja bijinya? Bisa saja sih, tetapi masih terlalu muda ketika dipanen karena memang tujuannya untuk konsumsi. Jika teman-teman menghendaki biji untuk ditanam kembali maka harus dipanen hingga tua, hanya saja daging buahnya jadi tidak selezat seperti halnya buah yang dipanen untuk konsumsi. Jadi, lebih baik memanfaatkan biji melon tersebut menjadi sebuah kuaci saja.

Ya sudah, tidak perlu berlama-lama, berikut adalah cara membuat kuaci biji melon berdasarkan informasi yang saya peroleh dari Instagram @SunprideID:

Cara Membuat Kuaci Biji Melon

kuaci-biji-melon

Sisihkan Biji Melon pada Wadah

Setelah teman-teman membelah buah melon, ambil dan sisihkan biji yang ada pada melon tersebut. Kemarin saya mempraktekan dengan menggunakan biji dari Rock Melon yang manis itu.

 

Rendam Pada Sebuah Wadah

Pisahkan biji melon dari serat buah dan rendam pada air pada sebuah wadah. Ambillah biji yang tenggelam sebagai tanda bahwa biji tersebut memiliki isi berupa cadangan makanan yang baik. Lalu cuci hingga bersih.

 

kuaci-biji-melon
kuaci-biji-melon

Biarkan Hingga Mengering

Tiriskan biji melon yang sudah dicuci dan kering anginkan pada sebuah wadah. Lama keringnya tidak ada patokan waktu, yang penting biji sudah terlihat tidak mengandung air agar renyah setelah pada saat dikonsumsi.

 

Sangrai Hingga Kecoklatan

Sangrai dengan menggunakan sedikit minyak (sedikit saja ya) hingga kecoklatan. Lalu angkat dan sajikan.

4 kuaci biji melon

Saya sudah mencobanya lho, rasanya seperti kuaci plus kacang tanah yang digoreng. Karena bijinya kecil, jadi saya memakan langsung dengan kulitnya tanpa harus mengupas terlebih dahulu. Jadi simple dan tidak ribet deh. O iya, saya tidak menambahkan kuaci biji melon dengan garam atau bumbu lain karena lebih enak dikonsumsi dengan rasa yang alami.

Buah Melon adalah salah satu jenis buah yang banyak mengandung air dan memiliki peranan dalam mencegah penyakit kangker. Pada buah yang memiliki tekstur renyah dan lembut ini terdapat zat adenosine yang mampu menghentikan penggumpalan sel darah penyebab serangan jantung. Sewaktu menjalani ibadah puasa kemarin, buah melon adalah salah satu buah yang wajib dikonsumsi ketika sahur karena kandungan airnya yang cukup banyak membantu tubuh dalam menjaga keseimbangan cairan. Semua cerita tentang buah-buahan dan berpuasa sudah saya tuangkan pada tulisan berikut ini:

Baca: Sehat dan Segar Selama Berpuasa Berkat Buah-Buahan

So, bagaimana teman-teman? Sekarang jangan dibuang lagi ya biji melonnya, lebih baik diolah menjadi sebuah cemilan sehat berupa kuaci biji melon, karena selain bermanfaat bagi tubuh juga dapat membantu mengurangi sampah. Selain biji melon dan biji bunga matahari, masih ada biji lainnya yang dapat dibuat kuaci lho. Diantaranya adalah biji buah semangka dan labu. Wah, saya jadi penasaran nih ingin mencoba seperti apa sih rasanya kuaci dari biji labu dan semangka. Sepertinya enak juga ya. Oke, next time kita coba ya.

 

45 Comments

  1. Reply

    Wah, menarik. Jadi pengen coba kuaci biji melon. Ada rasanya gak Mbak? Atau mungkin perlu dikasih garam biar asin kayak umumnya kuaci?

  2. Pakde Cholik

    Reply

    Isteri, anak , dan cucu saya suka makan kwaci nih.
    Terima kasih resepnya
    Semoga bisa membuatnya
    Salam hangat dari Surabaya

  3. Reply

    iya juga sih, karena kecil langsung kunyah bareng kulitnya aja. Saya suka info ini. Makasih ya mbak.
    Eh, lupa.. kalau semangka lebih keras kali ya?

  4. Hastira

    Reply

    baru tahu biji melon bisa jadi kuaci dan gak perlu dikupas, asyik tuh. malasnya makan kuaci itu kan harus ngupas kulitnya

  5. Reply

    iya, melon kalo sudah terlalu matang gak enak.
    kalo kuaci tanpa garam lebih sehat ya mba Ev. Saya sama teman2 kantor kadang makan kuaci, kadang kl kelamaan, bibir sampe keriput kebanyakan garam hehehe

  6. fitri3boys

    Reply

    rajin bgt mba…biasanya khan dari bunga matahari..baru tau lho kalo dari biji buah melon bisa juga

  7. Reply

    Penasaran dari kemarin, baru sekarang sempat buka. Ternyata ada proses sangrainya ya. Melon salah satu buah favorit keluarga.

  8. Reply

    Kalau biji bunga matahari sama semangka udah sering, tapi kalau yang melon baru denger kali ini mbak 😀
    wah semoga berkembang ya biar bisa kemana-mana termasuk daerah ane biar ane bisa ikutan icip-icip. Hehehe

  9. Levina Mandalagiri

    Reply

    coba ah nanti pas lagi cuti or senggang. #sighngeliattumpukantugas.

  10. Reply

    sunpride ada melon juga yach? hampir nga pernah lihat melon produk sunpride, taunya cuma pisang.

    entar cobain dech buat kuaci dari biji melon.

  11. Reply

    Waaahh baru tahu.. tadi di awal saya jadi mikir, klo biji buah melon bisa jd kuaci, labu juga bisa dong yah? Ternyata emang bisa yah Mbak.. aiits, jadi pengen nyoba juga *tp malas mau ngolahnya, hihihih

  12. Usup Supriyadi

    Reply

    Pengen nyoba, itu direndamnya di air biasa ya, bukan dingin ataupun hangat. Dan kayaknya emang enakan dikunyah langsung ya jadi enggak repot-repot dikupas. Ntar deh kalau beli melon bijinya coba dibikin kuaci 🙂

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.