Milo Champ Squad, Sahabat Ibu untuk Pantau Aktifitas dan Nutrisi Anak




Milo Champ Squad adalah inovasi digital untuk pantau aktifitas fisik dan nutrisi anak. Di sini para orang tua bisa mendapatkan banyak informasi mengenai pola makan sehat, aktivitas fisik, dan asupan nutrisi yang bermanfaat.

Halo teman-teman terutama para mommy yang memiliki buah hati, pernah kebingungan terhadap asupan gizi anak apakah sudah mencukupi atau belum? Kalau pernah, saya juga, terutama dalam hal pemenuhan gizinya apakah sudah sesuai dengan masa tumbuh kembangnya. Seperti yang kita ketahui bahwa di masa tumbuh kembang, seorang anak sangat membutuhkan asupan gizi yang optimal karena pada masa tersebut aktifitas anak cukup tinggi seiring dengan pertumbuhannya. Terutama pada anak di usia 7-12 tahun yang sedang aktif-aktifnya beraktifitas.

Di usia tersebut, seorang anak membutuhkan kecukupan energi dan nutrisi penting untuk menyediakan energi, memastikan pertumbuhan dan pemeliharaan, pengaturan fungsi dan perlindungan tubuh. Nah, bagaimana caranya agar kebutuhan nutrisi anak dapat terpenuhi?.

Menurut Ibu Sari Sunda Bulan pada acara gathering Milo Champ Squad menyebutkan bahwa untuk memenuhi nutrisi anak dapat berdasarkan pengaturan gizi seimbang di mana asupan makanan disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Selain itu diperlukan juga aktifitas fisik yang cukup, perilaku hidup bersih dan berat badan yang normal.

milo-champ-squad

Milo Champ Squad, Pantau Gizi Seimbang Anak dengan Aktifitasnya

Pada diagram gizi seimbang yang dikenal dengan tumpeng gizi seimbang, terdapat pengaturan jenis makanan untuk masing-masing individu berdasarkan jenis kelamin, umur dan jenis aktifitasnya. Pengaturan jenis makanan ini diperlukan agar seseorang tidak berlebihan dalam menyerap makanan yang menyebabkan obesitas serta tidak kekurangan yang menyebabkan malnutrisi. Intinya, semua makanan yang masuk harus memiliki kadar atau porsi masing-masing sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Nah, berdasarkan diagram gizi seimbang, kebutuhan nutrisi untuk anak usia 7-12 tahun tersaji pada table berikut ini:

Jenis Kelamin/Umur

7-9 tahun 10-12 tahun
Laki-Laki Makanan Pokok: 4,5 porsi (p)

Lauk Hewani: 2 p

Lauk Nabati: 3 p

Sayur: 3 p

Buah: 3 p

Susu: 1 p

Gula: 2,5 p

Minyak: 4 p

Air 1,6 L

Makanan Pokok: 5 porsi (p)

Lauk Hewani: 2,5 p

Lauk Nabati: 3 p

Sayur: 3 p

Buah: 4 p

Susu: 1 p

Gula: 3 p

Minyak: 5 p

Air 1,8 L

Perempuan Makanan Pokok: 4,5 porsi (p)

Lauk Hewani: 2 p

Lauk Nabati: 3 p

Sayur: 3 p

Buah: 3 p

Susu: 1 p

Gula: 2,5 p

Minyak: 4 p

Air 1,6 L

Makanan Pokok: 4 porsi (p)

Lauk Hewani: 3 p

Lauk Nabati: 3 p

Sayur: 3 p

Buah: 4 p

Susu: 1 p

Gula: 3 p

Minyak: 4 p

Air 1,9 L

Setelah mengatur asupan gizi anak, para orang tua cukup memantau bagaimana penggunaan gizi tersebut apakah sudah sesuai dengan aktifitasnya ataukah belum. Tentu ada beberapa asupan gizi yang memang harus diserap oleh tubuh atau terpakai selama beraktifitas. Jangan sampai ada yang mengendap sehingga menumpuk dan berbahaya bagi anak nantinya. Lalu bagaimana cara memantau apakah gizi yang masuk sudah terpakai atau belum? Ada cara yang mudah untuk memantaunya yaitu dengan menggunakan Milo Champ Squad.

milo-champ-squad

Milo Champ Squad adalah inovasi digital dari MILO untuk memantau aktifitas fisik dan nutrisi anak. Melalui inovasi ini  seorang ibu dapat memantau aktivitas fisik dan asupan nutrisi anak sehingga anak dapat memaksimalkan harinya yang penuh dengan tantangan serta mendukung anak untuk aktif dalam kegiatan olahraga melalui latihan eksklusif dari para atlit kelas dunia.

Milo Champ Squad sendiri merupakan sebuah aplikasi yang dapat diunduh secara gratis pada Google Play Store dan App Store yang disinkronisasikan dengan MILO Energy Band. MILO Energy Band adalah inovasi baru yang didesain khusus untuk anak usia 7-12 tahun untuk memaksimalkan aktivitasnya sehari-hari. Perpaduan antara aplikasi Milo Champ Squad dengan MILO Energy Band dapat membantu Ibu untuk melacak aktivitas fisik harian anak dan jumlah kalori yang telah dibakar.

milo-champ-squad

Pengalaman Menggunakan Milo Champ Squad

Sebagai ibu pekerja yang tidak dapat memantau aktifitas anak selama beberapa jam, saya membutuhkan alat khusus yang dapat memantau penggunaan asupan gizi anak selama beraktifitas sehari-hari. Beruntung ada Milo Champ Squad bersama dengan MILO Energy Band yang membantu saya mengevaluasi apakah asupan gizi yang diberikan sudah sesuai dengan aktifitas Alfi, jagoan neon saya. Alfi sendiri terlihat senang ketika menggunakan MILO Energy Band apalagi ketika telah disinkronisasikan dengan Milo Champ Squad di smartphone mamanya.

Di dalam Milo Champ Squad terdapat dua portal yang dapat diakses secara bergantian oleh ibu dan anak. Pada portal yang dapat diakses oleh Ibu, kita dapat memasukkan jenis makanan yang diberikan dan jenis aktifitas yang dilakukan oleh anak setiap harinya. Berdasarkan input dari kedua data tersebut, kita bisa mendapatkan informasi apakah energi untuk anak sudah seimbang atau belum. Selain itu terdapat juga informasi mengenai energi yang dikonsumsi, energi yang terbakar serta analisis energi aktif setelah mensinkronkan dengan MILO Energy Band yang dipakai oleh anak.

milo-champ-squad

Untuk portal anak sendiri juga sangat menarik. Di portal ini, anak dapat memilih jenis avatar yang ia sukai, menganalisis berapa langkah yang sudah ia capai dan berapa jumlah energi yang sudah terbakar. Agar kegiatan semakin seru, terdapat menu tantangan untuk mengajak teman lain yang sudah menggunakan aplikasi ini berlomba-lomba dalam mencapai gizi seimbang.

Sewaktu menggunakan MILO Energy Band, Alfi terlihat antusias. Dia beberapa kali melihat bandnya untuk memantau sudah berapa langkah yang dihasilkan. Sayapun ikut terbantu, ketika terlihat asupan gizinya ternyata belum seimbang dengan aktifitasnya ataupun sebaliknya, maka saya dapat langsung menyesuaikannya bersama dengan Alfi. Yang pasti perangkat ini sangat membantu mengukur dan menganalisis gizi seimbang bagi anak yang umumnya sulit dilakukan secara kasat mata.

milo-champ-squad

O iya, Milo sendiri merupakan minuman cokelat lezat yang memberikan sumber energi dan pelengkap nutrisi untuk mendukung aktivitas anak sepanjang hari. Milo dilengkapi dengan Activ-Go yang merupakan kombinasi Protomalt, vitamin dan mineral bermanfaat bagi anak. Nah, kalau minum Milonya sudah, jangan lupa juga untuk mengakses Milo Champ Squad dan MILO Energy Band untuk menyempurnakan asupan nutrisi anak ya mom.




16 Comments

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.