Mudahnya Bertransaksi dengan BNI Debit Online

Kamis kemarin tepatnya tanggal 19 November 2015, Arfad keponakan saya merayakan ulang tahun yang ke-1. Tetapi saya lupa untuk memberinya kado karena terlalu banyak hal yang harus dikerjakan. Sewaktu saya pulang kerja, dia sudah menagih kado karena saya sudah menjanjikan sebelumnya. Janji adalah janji, apalagi berjanji kepada anak-anak, jadi harus ditepati. Akhirnya keesokan harinya pada saat sedang senggang di kantor, saya langsung mencari kado untuk Arfad. Nyarinya dimana? Di toko online saja soalnya waktu itu di luar sedang hujan jadi saya tidak bisa ke mana-mana.

Awalnya saya sudah menemukan kado yang cocok untuk Arfad pada salah satu toko online, tapi sayang tidak ada fasilitas untuk mentransfer melalui debit online. Akhirnya saya membatalkan dan mencari lagi di toko online lainnya namun belum juga tersedia fasilitas yang saya inginkan. Kemudian saya mencari di toko online ketiga, nah ada tuh fasilitas yang saya cari yaitu pembayaran yang dilakukan dengan mendebit langsung saldo kita secara online melalui BNI Debit Online. Berkat fasilitas ini, saya tak perlu ke luar kantor untuk mencari ATM, tak perlu juga menggunakan BNI e-Secure untuk mendapatkan nomor token bagi pembayaran melalui internet banking karena saya sedang tidak membawa perangkat tersebut. Saya cukup mengandalkan SMS Banking untuk melakukan pembayaran melalui BNI Debit Online.

Transaksi langsung beres dalam waktu singkat karena diproses sangat cepat. Saya jadi pulang dengan tenang dan mengatakan kepada Arfad untuk menunggu kadonya di rumah. Maaf ya Arfad, tante mu ini lupa sama ulang tahunnya, maklum faktor U (usia) hehe.

Mengapa menggunakan BNI Debit Online?

Saya sudah dua kali menggunakan BNI Debit Online untuk melakukan pembayaran secara online. Pertama, ketika sebelumnya saya membeli jas hujan pada suatu toko online. Kedua, ketika kemarin membeli kado untuk Arfad.

Saya salut dengan BNI karena di usianya yang ke 69 tahun, BNI terus memberikan inovasi melalui produk perbankan maupun kemudahan bertransaksi. Salah satunya adalah dengan menghadirkan layanan BNI Debit Online ini yang memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi belanja secara online. Jadi apa sih BNI Debit Online itu?

“BNI Debit Online adalah suatu model inovasi/alternatif pembayaran yang mudah, cepat dan aman untuk transaksi belanja di Merchant/Toko Online dengan menggunakan Virtual Card Number (VCN) sebagai pengganti nomor asli BNI Kartu Debit berlogo MasterCard yang sumber dananya berasal dari rekening tabungan/giro perorangan (www.bni.co.id)”

Dengan semakin maraknya kehadiran toko online yang diiringi dengan minat para online shoppers maka BNI juga turut serta memberikan kemudahan bagi para nasabahnya. BNI Debit online merupakan salah satu bentuk inovasi dari BNI untuk memudahkan transaksi pembayaran melalui SMS Banking. BNI Debit Online ini dapat digunakan apabila kita sudah mengaktifkan layanan BNI SMS Banking.

Saya sendiri sudah mengaktifkan BNI SMS Banking bersamaan pada saat mengaktifkan Internet banking. Harapannya adalah jika salah satu fasilitas tidak dapat digunakan karena suatu kondisi, maka saya bisa menggunakan fasilitas lainnya. Seperti kejadian kemarin pada saat saya ingin mentransfer pembayaran tanpa harus keluar kantor untuk membeli kadonya Arfad. Saya dapat melakukan pembayaran dengan debit secara langsung melalui BNI Debit Online. Sebenarnya saya bisa menggunakan internet banking, tetapi karena saya tidak membawa BNI e-Secure maka BNI Debit Online adalah solusinya.

Mari kita coba bandingkan proses pembayaran BNI Debit Online dengan metode pembayaran lainnya.

BNI Debit Online

  1. COD atau cash on delivery. Metode ini sebenarnya memberikan jaminan kepada kita karena produk akan dibayar apabila sudah sampai sehingga meminimalisir penipuan. Tetapi saya agak kesulitan jika menggunakan metode ini, nanti kalau produk datang dan saya sedang tidak ada di rumah kasihan dong orang rumah harus membayar. Terus kalau nanti ada apa-apa mereka jadi bingung.
  2. Internet Banking. Untuk melakukan pembayaran dengan metode ini maka saya harus terhubung dengan internet dan harus menggunakan BNI e-Secure. Sementara saya jarang sekali membawa BNI e-Secure karena khawatir hilang atau rusak. Kemudian apabila saya menggunakan metode ini maka akan memakan waktu karena harus online dulu dan mengaktifkan token.
  3. Transfer Melalui ATM. Kalau metode yang ini juga kadang membuat saya malas karena harus keluar mencari ATM terdekat. Apalagi pada saat musim hujan begini, rasanya malas apabila keluar rumah hanya untuk ke ATM saja.
  4. Uang Elektronik. Rasanya belum semua orang mempunyai uang eletronik seperti saya ini hehe, karena transaksi sehari-hari lebih sering dilakukan secara cash, jadi saya belum memiliki uang elektronik ini untuk melakukan transaksi.
  5. Debit Online. Nah metode ini yang menurut saya membantu banget untuk mengatasi permasalahan di atas. Cukup dengan memasukkan nomor yang didapat dari SMS Banking maka pembayaran pun selesai.

Proses BNI Debit Online ini cepat sekali lho. Kemarin saya tidak harus menunggu lama ketika melakukan pembayaran untuk membeli kadonya Arfad di salah satu toko online. Tidak sampai satu menit, SMS Banking sudah mengirimkan kode yang harus dimasukkan. Kemudian toko online tersebut akan merespon dan memberitaukan bahwa transaksi sudah berhasil. Tidak sampai 15 menit urusan mencari kado Arfad selesai. Alhamdulillah.

Mengaktifkan BNI Debit Online

Untuk mengaktifkan BNI Debit Online, teman-teman dapat mendaftar dan mengaktifkannya ke Bank BNI terdekat. Sebenarnya bisa juga melalui ATM tapi hanya sebatas untuk transaksi layanan non finansial saja seperti cek saldo, mutasi rekening dan informasi tagihan (kartu kredit BNI, Telkom, Kartu Halo, Matrix, Star One, Xplor, Flexy dan Speedy), perubahan nomor PIN BNI SMS Banking dan fasilitas bantuan. Sedangkan untuk bertransaksi financial seperti transfer, pembayaran tagihan dan isi ulang pulsa, maka kita harus mendatangi Bank BNI terdekat.

Waktu itu saya cukup membawa buku tabungan, KTP, dan mengisi formulir saja sudah bisa langsung mengaktifkan BNI SMS Bangking. Nanti apabila SMS Banking sudah aktif akan ada SMS notifikasi dari BNI. Sejak itu kita sudah bisa melakukan transaksi dengan menggunakan BNI Debit Online pada toko online yang sudah menyediakan metode pembayaran tersebut.

Caranya mudah kok, hanya dengan mengirimkan request nomor CVN ke nomor 3346 lalu masukkan kode tersebut ke kolom yang tersedia pada toko online maka saldo kita sudah terdebit secara otomatis sebagai pembayaran transaksi belanja.

BNI Debit Online

Bertransaski Melalui BNI Debit Online

Cara bertransaksi melalui BNI Debit Online sangat mudah kok. Sebagai gambaran, saya contohkan saja proses transaksinya ketika mencari kado Arfad kemarin.

Langkah pertama adalah kita harus mencari online store yang sudah menyediakan penggunaan kartu debit untuk pembayaran. Kemudian pilih produk yang sesuai kebutuhan dan ikuti step by step pemesanan hingga menuju pada menu pembayaran.

BNI Debit Online

Sekarang tinggal memilih metode pembayarannya, ada menu COD alias cash on delivery (bayar di tempat), Internet Banking, Kartu Debit/Kredit, Transfer atau Uang Elektronik. Saya memilih pembayaran dengan metode Kartu Debit/Kredit saja untuk kemudian memilih layanan BNI Debit Online.

BNI Debit Online

Selanjutnya, saya harus melakukan proses Request VCN ke 3346 untuk mendapatkan nomor VCN, CVC2 dan Valid Thru yang nantinya harus di isi pada kolom yang tersedia seperti berikut ini:

BNI Debit Online

BNI Debit Online

Setelah selesai mengisi, lalu lanjutkan proses hingga mendapatkan notifikasi bahwa proses transaksi telah berhasil.

BNI Debit Online

Alhamdulillah proses sudah selesai, pembayaran sudah dilakukan melalui debit secara online dengan BNI Debit Online. Sangat cepat dan mudah bukan? Itulah salah satu keunggulan yang dimiliki oleh BNI Debit Online.

Keunggulan dan Kelemahan BNI Debit Online

Sebagai nasabah yang sudah menggunakan layanan BNI Debit Online, saya memiliki pengalaman tersendiri. Ada beberapa keunggulan dan kelemahan yang saya rasakan. Apabila diuraikan, berikut adalah keunggulan dan kelemahan metode BNI Debit Online:

Keunggulan

BNI Debit Online

  1. Aman melakukan pembayaran secara online. Pada transaksi dengan menggunakan BNI Debit Online, kita diharuskan mengirimkan request VCN ke nomor 3346. Nantinya kita akan mendapatkan balasan nomor virtual sebanyak 16 digit angka, kemudian CVC2 yang merupakan kode pengaman dan Valid Thru sebagai masa kadaluarsa. Kode tersebut harus dimasukkan pada kolom yang tersedia di toko online. Transaksi baru dinyatakan berhasil apabila kode tersebut sesuai dan terverifikasi. Hal ini menunjukkan bahwa BNI Debit Online sangat aman untuk melakukan transaksi pembayaran secara online.
  2. Kerahasiaan terjamin berkat VCN. VCN atau Virtual Card Number ini memungkinkan kita melakukan transaksi online dengan aman dan tanpa cemas akibat cyber fraud karena nomor kartu asli terjaga kerahasiaannya.
  3. Mengurangi resiko penipuan. Nomor VCN hanya berlaku dalam 1 jam saja dan hanya dapat digunakan 1 kali transaksi per request VCN sehingga mengurangi resiko penipuan.
  4. Dapat mengatur pengeluaran secara mandiri. Nomor VCN memungkinkan kita dapat mengatur besarnya pengeluaran karena semuanya adalah kita yang menentukan melalui request nomor VCN.
  5. Mudah untuk mengaktifkan. Hanya dengan menggunakan buku tabungan BNI saja ditambah dengan identitas, maka kita sudah bisa mengaktifkan BNI SMS Banking untuk selanjutnya dapat digunakan untuk BNI Debit Online.
  6. Cepatnya proses transaksi. Setelah mengirimkan request VCN, maka kita akan segera mendapatkan balasan nomor VCN kurang dari sekian detik. Setelah mendapatkan nomor tersebut, kita bisa langsung melanjutkan transaksi.
  7. Biaya cukup murah. Untuk mengirim satu SMS ke 3346 kita hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 550,- saja.

Kelemahan

  1. Untuk melakukan transaksi dengan BNI Debit Online kita harus memiliki pulsa, tanpa pulsa maka layanan ini tidak bisa kita akses.
  2. Aplikasi BNI Debit Banking sebenarnya sudah tersedia. Kita bisa melakukan request VCN melalui aplikasi ini, hanya saja tetap harus disambungkan dengan SMS Banking yang tentunya menambah biaya yaitu berkurangnya kuota internet dan berkurangnya pulsa telepon karena harus SMS lagi.
  3. Belum semua toko online menyediakan layanan BNI Debit Banking ini sehingga nasabah harus mengetahui lebih dulu toko online mana saja yang sudah menyediakan layanan tersebut.

BNI Debit Online

  1. Belum tersedia informasi yang jelas pada situs BNI Debit Online mengenai toko online yang sudah bekerja sama dengan BNI Debit Online ini sehingga nasabah harus mencari terlebih dahulu toko online mana yang sudah menyediakan.

Sebagai nasabah BNI sejak 13 tahun yang lalu, saya ingin BNI terus maju memberikan layanan yang prima bagi para nasabahnya. Saya percaya BNI dapat terus memberikan inovasi terkini yang dapat memudahkan para nasabahnya untuk melakukan transaksi financial. Nah, saya sudah memberikan gambaran keunggulan dan kelemahan BNI Debit Online, maka izinkan saya untuk memberikan sedikit saran mengenai BNI Debit Online ini agar kedepannya semakin baik lagi.

Saran untuk BNI Debit Online

Saya bukan termasuk yang expert dalam dunia teknologi, tetapi sebagai nasabah, saya ingin memberikan masukan kepada BNI berdasarkan pengalaman yang saya rasakan. Berikut adalah saran untuk kemajuan BNI Debit Online:

  1. BNI Debit Online sudah tersedia aplikasinya, hanya saja untuk mendapatkan nomor VCN masih harus melalui SMS. Alangkah baiknya apabila kita bisa mendapatkan nomor VCN melalui aplikasi saja sehingga tidak mengeluarkan biaya lebih.BNI SMS Banking
  2. Pada suatu roadshow yang diadakan oleh salah satu toko online menyebutkan bahwa perusahaannya menggandeng beberapa bank untuk bekerja sama. Saya melihat toko online tersebut dan beberapa toko online lainnya belum menyediakan layanan BNI Debit Online ini, maka ada baiknya jika BNI bisa menjemput bola kepada toko online yang belum menyediakan layanan tersebut mengingat toko online memiliki konsumennya masing-masing.
  3. Menyediakan informasi yang lebih detail mengenai online store yang sudah menyediakan layanan BNI Debit Online. Saya kemarin berpindah hingga dua toko online sebelum akhirnya menemukan toko online yang menyediakan layanan BNI Debit Online.

Nah segitu saja sih saran dari saya, selebihnya menurut saya metode transaksi dengan BNI Debit Online ini sudah oke. Saya salut lho dengan BNI, di usianya yang ke-69 semakin bertambah maju dengan inovasi-inovasi yang diberikan. Makanya saya selalu bersama BNI sejak dulu hingga kini. Maju terus ya BNI, semoga semakin berprestasi dan menelurkan inovasi terkini.

40 Comments

  1. Anne Adzkia

    Reply

    mbak Ev nih kalo nulis selalu informatif, lengkap, enak dibaca dan keren grafisnya. Belajar dong..
    Semoga menang yaa, aamiin

  2. muhammad mukhlis

    Reply

    lengkap bengit mbak pembahasannya, saya belum pernah nyoba ini mbak, tapi akan saya coaba dan bisa saya amnkan dulu ini 🙂 hehehe

  3. rodame

    Reply

    komplit seperti biasanya. mantaap ya selalu ada kemudahan dari memanfaatkan teknologi perbankan 🙂 good luck ev

  4. Rohma Azha

    Reply

    kyyaa sukses untuk lombanya ya mbak…
    udah lengkap bin komplit nihh heee
    mbak, yang tulisan ikutan lomba bloggingnya kok ga di kasih link ke lombanya ya hheee

  5. Reply

    Ini saya suka banget penjelasannya lengkap dan tulisannya juga keren dan nyaman dibacanya ditambah dengan grafis.. saya mau buka rekening bni nih kayaknya.. untuk vcn ini kataya bisa untuk google play juga ya mbak?

  6. Reply

    Bertransaksi lewat debit online itu sama seperti klik pay bukan mba… lebih aman ya berbelanja atau transaksi lainnya menggunakan debit online. sayangnya belum semua Olshop ada fasilitas seperti ini yah

    • Reply

      mungkin sama yah, saya belum pernah nyobain soalnya, waktu saya telusur ke beberapa ol shop soalnya masih ada yang belum menyediakan

  7. Reply

    Mbak ku yang satu ini juara banget dah infografisnya 😉
    Sukses ya mbak. Sepertinya bakalan menang (lagi) nih. Hehehehe

    Saya kemarin telat euy. Udah bookmark info dari jaman kapan, tapi lupa catat deadline T_T
    Baru sadar pas udah lewat 1 jam dari deadline wkwkwkw

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.