Optimasi SEO On Page

optimasi-seo

Optimasi SEO adalah materi kedua yang kami bahas pada pertemuan di Tangerang Desember 2015. Materi pertama membahas seputar keyword untuk mengoptimalkan tulisan kita di mesin pencarian berdasarkan kata kunci. Nah, untuk materi kedua ini masih dari segi penangkapan kaca mata kuda saya ya. Bisa jadi interpretasi teman-teman lainnya akan berbeda dengan apa yang saya tangkap. Ini optimasi secara umum, nanti akan ada pengaturan khusus bagi platform WordPress saja (WP) karena pada saat itu pemakai wp lebih banyak dari platform lainnya. So kalau mau tanya optimasi SEO untuk platform selain wp jangan ke saya lho soale saya belum tau *hiks*. O iya untuk optimasi keyword bisa membaca tulisan saya sebelumnya.

Baca: Keyword untuk Optimasi SEO

Jadi kalau teman-teman sudah mendapatkan kata kunci yang pas untuk mengoptimasikan tulisannya, sekarang tinggal mengaplikasikan ke dalam tulisan. Bagaimana caranya? Ini saya berikan caranya, pahami pelan-pelan biar tidak pusing hehe.

Cara Optimasi SEO On Page

  1. Pastikan Judul dan URL mengandung Keyword

Mari kita coba lihat postingan blog saya yang dipakai untuk lomba Uteesme *promosi*. Kebetulan lomba ini mengharuskan adanya kata kunci dalam postingan. Nah kata kunci utama yang saya mainkan adalah Custom Tshirt, jadi kata kuci tersebut harus ada pada JUDUL dan URLnya.

Judul: Membuat Custom Tshirt Rinjani dengan Uteesme

URL: https://evrinasp.com/membuat-custom-tshirt-rinjani-dengan-uteesme/

optimasi-seo-judul-url

  1. Keyword harus ada di 100 kata pertama. Kalau bisa berada pada kalimat paling awal.

Contoh: “Deal ya kita ke Rinjani tanggal 30 April-7 Mei 2016, kita kumpul lagi nanti tanggal 24 Januari dengan membawa informasi yang lebih lengkap. Ev jangan lupa cari kontak yang bisa dihubungi sama Custom Tshirt yang cocok ya” begitu Om Wilson mengatakan sambil menutup rapat kami waktu itu.

Kata kunci di atas terletak pada 47 kata pertama.

optimasi-seo

  1. Buatlah sub heading (H2) dalam postingan dengan judul lain yang mengandung keyword

Contoh sub heading: Membuat Custom Tshirt dengan Uteesme

Cara menuliskan di kolom postingan dengan menambahkan tanda pagar ## lalu di enter satu kali seperti ini: ##Membuat Custom Tshirt dengan Uteesme lalu enter satu kali, nanti otomatis akan membesar sendiri.

optimasi-seo-on-page

  1. Masukkan keyword pada Alt Text gambar

Ini nih yang sering kelupaan buat saya, jadi keyword harus tetap dimasukkan ke dalam Alt Teks pada gambar yang akan kita masukkan ke dalam postingan. Peraturannya adalah di dalam Alt Text tidak boleh menggunakan Caps Lock, jadi harus huruf kecil semua dan harus menggunakan tanda Strip (-) untuk menyambungkan dua kata.

Contohnya: pada kolom Alt Text ditulis: custom-tshirt

optimasi-seo

  1. Letakkan keyword pada paragraph terakhir dengan senatural mungkin, tidak perlu diberi garis miring, underline or bold ya, bikin natural saja.
  2. Minimal harus ada satu link do follow ke eksternal dan internal link dengan kata yang relevan.

Untuk link do follow eksternal usahakan ke website atau blog yang terpercaya seperti Wikipedia misalnya, yang penting website atau blog tersebut tidak bermasalah (bermasalah karena tidak ditemukan URLnya).

Contoh eskternal link: Uteesme merupakan startup yang memungkinkan kita untuk Print Kaos sesuai dengan selera yang diinginkan. (lihat gambar).

optimasi-seo-on-page

Contoh internal link: Baca: Keyword untuk Optimasi SEO (lihat gambar)

optimasi-seo

  1. Sharing tulisan kita pada media social dengan kata pengantar yang mengandung keyword. Salah satunya adalah sharing di Google+, nah cara sharingnya juga ada tekniknya lho *halah belepotan*

Judul harus mengandung keyword dan diberi tanda bintang, kemudian enter satu kali lalu tuliskan deskripsi yang diakhiri dengan hastag berisi keyword.

Contoh lihat gambar ya:

optimasi-seo

Nah sekarang khusus untuk platform wordpressnya, masih ada yang perlu dilakukan lho.

Optimasi SEO On Page untuk Platform WordPress (WP)

Sebentar saya elap keringet dulu, soalnya menerangkan kembali lebih rumit ternyata hehe. Nah bagi teman-teman yang memakai platform WP usahakan untuk menginstal plugin untuk SEO. Kemarin Ryan dan Dani menyarankan pakai YOAST saja, jadi kita bisa setting SEO perpostingan. Lalu yang perlu dilakukan adalah mengoptimalkan tulisan kita berdasarkan petunjuk yang ada hingga mendapatkan lampu hijau yang artinya settingan SEO kita sudah cukup tercapai. Kalau teman-teman sudah mengaktifkan plugin YOAST-nya, akan ada penampakan seperti ini dalam lembar penulisannya:

optimasi-seo

Kemudian tambahkan kolom Excerpt untuk menuliskan deskripsi yang berisi keyword kita. Cara memunculkan Excerpt adalah dengan mengklik Screen Options di kanan atas lalu ceklis Excerpt. Nanti tuliskan deskripsi yang mengandung keyword pada kolom Excerpt.

optimasi-seo

optimasi-seo

optimasi-seo

Jadi bagaimana, ngebul gak belajar Optimasi SEO? Ini masih on page lho, belum off page. Masih banyak factor yang mempengaruhi peringkat tulisan kita dalam mesin pencarian, jadi tak hanya optimasi tulisan. Sharing dan blog walking dengan meninggalkan URL adalah salah satu cara mengoptimasi tulisan kita, selain itu juga kecepatan untuk mem-view-kan blog kita juga berpengaruh lho. Itu pe er lagi buat saya karena kecepatan viewing blog saya masih rendah. Untuk masalah kecepatan dibahas nanti saja ya soalnya saya juga masih ngulik dari yang ahli hehe. So semoga postingan Optimasi SEO On Page ini bisa bermanfaat untuk teman-teman. Jangan ngebul dulu, yang penting dicoba dan praktekan, insyaa Allah nanti jadi terbiasa. Semangat!

78 Comments

  1. Reply

    aaaak baru tahu mba soal ## untuk bikin H2 biasanya aku manual gitu gedein font nya.
    trus soal *di google plus dan hashtag..makasih yaa ilmunya…langsung praktek

  2. Reply

    Lengkappp banget. Aku udah mulai praktekin juga nih, Mbak.

    Seperti kata Mas Ryan gak bisa dilihat hasilnya dalam sekejap. Tapi percaya bakalan bantu banyak 😀

  3. Reply

    Saya sudah ngebul-ngebul bacanya sampai diulang lagi tetap masih bingung ni mbak Ev, ya sudahlah mungkin belum saatnya saya memahami yang beginian… 🙂

    *tapi bagi yang udah paham pasti artikel inj sangat bermanfaat mbak… 🙂

  4. Reply

    Ini bener2 bagus banget materinya. Ga bisa ikut kopdarnya, Alhamdulillah dikasih ilmunya. Bakal aku praktekin nih, makasih teh ev 😉

  5. Reply

    Sub heading itu berpengaruh toh? Wah, banyak bahan pembelajaran baru nih mengenai optimasi seo on page, langsung dipraktekin ah. Makasih buat ilmunya, mba. Salam kenal juga, ya. 🙂

  6. Dzulfikar

    Reply

    wah lengkap banget infonya, klo tanda bintang di google plus fungsinya buat apa ya? #ask

  7. Reply

    Aku klo siang byk godaan dan gangguan, nah ini bacaan yg penting dan penuh penghayatan, jadi kudu bookmark dulu baru nanti malam dibaca dgn seruput kopi dan tentu lbh bs menghayati… #maubacaajabanyakgaya 😀

  8. Reply

    Hihihiiii kudu telaten ya. Mumet lihatnya. Klo di blogger/blogspot sdh ada main sub heading, tinggal pemilihan keywordnya ngikuti petunjuk diatas. Search description jg udah otomatis keluar, tinggal kata2 ngikuti petunjuk diatas. Berarti tinggal aku ubah redaksinya ya biar seo bagus.

  9. sabda awal

    Reply

    makasih tipsnya, walaupun ini diperuntukkan WP, tpai bisa diterpakn di blogger, saya nerapkan ini juga soalnya.

  10. Reply

    Weleh22 baru tau aku ini mbk..
    Soalnya tiap posting langsungan aja mbk hhhheee
    Perlu dicoba lah inii 😀
    Trimakasih utk shraringnya ya mbak hhhee

  11. Budi Mulyono

    Reply

    Ada yang baru buat saya, yaitu tanda bintang pada judul saat share di sosmed. thanks ya mbak. Boleh di praktekin nie sekarang.

  12. hendri hendriyana

    Reply

    saya masih kurang memperhatikan seo nih mbak, saya lebih fokus untuk bikin tulisan aja udah share sama yang membutuhkan.
    mungkin kedepannya coba diterapkan ya mba.tq

  13. Reply

    Makasih Mbak Evrina, ulasannya mudah dicerna
    Gak bikin pusing belajar SEOnya
    tapi masih belum punya Plugin YOAST. jadi belum bisa nyoba Optimasi SEO khusus WP

  14. Reply

    Baru tahu fungsi Alt Text dan cara optimasi SEO di G+. Tararengkyu, Ev. Ditunggu tutorial optimasi SEO selanjutnya 🙂

  15. Reply

    Looh..baru tahu alt tidak boleh spasi dan capslock hehe *kudu edit*
    btw, apa pengaruh spasi dan capslock yaa mbak?
    saya keseringan alt disamain dengan caption 😀

  16. Kursus Bahasa Arab Online

    Reply

    Assalamu’alaikum wr wb
    Syukron Teh, untuk tulisan-tulisannya
    Bermanfaat…

    Salam… Saya dari Cianjur pernah di Cibadak Juga

  17. Reply

    Beda guru, maka beda juga yang diajarkan…beberapa point yang diatas mungkin tidak diajarkan guru saya, tetapi jika saya perhatikan memang faktor2 diatas memang cukup mempengaruhi dalam optimasi seo…makasih ilmunya 😀

  18. Pingback: Belajar Mendalami WordPress Yuk! - Evrina Budiastuti

  19. Reply

    Terimakasih ilmunya mbak..
    Aku biasanya teko ngetik, tekan publish..eh ada teorinya ternyata..?

    Yang bisa tak pahami..jajal, tak praktekin karo mlaku ya mbak…

  20. Reply

    kalau saya lebih sering Optimasi Blog dengan Blogwalking , selain mendapatkan backlink juga bisa mempererat pertemanan sesama blogger

  21. Pingback: Membuat Konten Kreatif Secara Mudah di Blog - Evrina Budiastuti

  22. Reply

    Awalnya bingung bikin tanda hijau di plugin Yoast, dari 100 artikel tanda hijaunya cuma hitungan jari. Setelah baca postingan ini nyoba otak atik lagi dan hasilnya memuaskan. Tanda oranye banyak yg berubah jadi hijau. Tapi tetep aja ada yg gk berubah. Masih perlu belajar lagi

  23. Pingback: Optimasi Seo On Page Pada Url | Seo Class

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.