Cegah Sakit Tenggorokan dengan Mengenal Mitos dan Faktanya




sakit-tenggorokan

Belum lama ini saya merasakan sakit tenggorokan yang disertai dengan hidung tersumbat. Sepertinya saya akan terkena flu karena memang kondisi tubuh sedang tidak fit. Beberapa hari sebelumnya malah saya sudah terkena sariawan serta badan menggigil padahal kondisi cuaca saat itu sedang sejuk dan tidak terlalu dingin.

Orang tua saya mengatakan kalau sakit tenggorokan yang saya derita tersebut akibat terlalu banyak memakan gorengan tetapi sedikit mengkonsumsi air minum sehingga menyebabkan tenggorokan sakit saat menelan. Padahal menurut saya pribadi, gorengan yang saya konsumsi ini jumlahnya tidak banyak dan kalau soal minum air putih, saya ini termasuk peminum air putih yang cukup banyak jadi sepertinya tidak kekurangan juga.

Lalu mengapa kok tenggorokan bisa sakit? Mungkin ini karena sudah musimnya saja. Kebetulan beberapa orang di sekitar saya sedang ada yang terkena sakit tenggorokan disertai dengan batuk pilek, sehingga saya dapat dengan mudah terkena juga. Biasanya saya akan banyak mengkonsumsi air minum serta buah-buahan untuk meringankan sakit di tenggorokan tersebut. Baru nanti kalau sudah tidak kuat menahan sakitnya, saya akan pergi ke dokter untuk mengobatinya.

Tetapi ternyata pemahaman saya mengenai sakit tenggorokan tidak semuanya benar. Ada beberapa pemahaman tersebut yang masuk ke dalam mitos sehingga langkah penanganannya belum dapat meringankan gejala sakit tenggorokan. Oleh karena itu agar sakit tenggorokan tidak berlanjut, maka ada baiknya untuk mengenal mitos serta fakta di balik sakit tenggorokan sebagai langkah awal pencegahan.

sakit-tenggorokan

Source: Health.Liputan6.com

Mitos dan Fakta Sakit Tenggorokan   

Di masyarakat masih ada mitos yang beredar terkait penyembuhan penyakit, padahal kalau dilihat secara medis tidak ada hubungannya sama sekali. Contohnya saja kalau di tempat saya terdapat mitos sakit perut dapat dihilangkan jika memegang batu. Itu tidak ada hubungannya sama sekali dengan sistem pencernaan bukan?.

Nah terkait dengan sakit pada tenggorokan, juga ada beberapa mitos yang masih dipercaya oleh masyarakat meskipun faktanya bukan seperti itu. Berikut adalah beberapa mitos dan fakta sakit tenggorokan:

  1. Sakit tenggorokan itu tidak berbahaya sehingga tidak perlu minum obat, itu adalah mitos. Faktanya jika sakit tersebut tidak ditangani lebih lanjut, maka akan berkembang menjadi flu dan batuk karena sebagian besar sakit pada tenggorokan disebabkan oleh virus yang sama seperti virus penyebab flu dan batuk. sakit-tenggorokan
  2. Selama ini saya memahami kalau sakit di tenggorokan itu merupakan penyakit musiman, tapi ternyata pemahaman tersebut salah besar karena faktanya sakit tenggorokan dapat terjadi kapan saja dan tidak tergantung musim. Ada kalanya memang pada musim tertentu seperti saat musim hujan tubuh cenderung melemah yang membuat kuman penyakit mudah sekali menginfeksi tubuh. Begitu pula saat musim kemarau yang menyebabkan rongga mulut menjadi kering sehingga mudah sekali terinfeksi kuman penyebab sakit tenggorokan. Jadi, sakit tenggorokan itu bisa terjadi kapan saja, tidak tergantung oleh musim.
  3. Biasanya kalau terkena sakit tenggorokan dapat disembuhkan dengan penggunaan antibiotik. Ternyata itu adalah mitos karena faktanya sebanyak 85% penyebab sakit di tenggorokan adalah virus yang tidak dapat dibasmi oleh antibiotik. Penggunaan antibiotik lebih tepat apabila penyakit disebabkan oleh infeksi bakteri. Untuk mengurangi perkembangan virus penyebab sakit tenggorokan, dapat dilakukan dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh serta berkumur sampai ke tenggorokan (gargle). Berkumur dengan antiseptik Povidone-Iodine terbukti dapat mencegah perkembangan virus penyebab sakit di tenggorokan.
  4. Sakit tenggorokan dapat diobati dengan air garam adalah mitos. Pantas saja meskipun saya sudah berkumur dengan air garam, sakit tenggorokan masih belum hilang total. Karena faktanya berkumur dengan air garam itu hanya akan membantu membuat tenggorokan menjadi nyaman saja. Perlu diketahui jika kondisi tenggorokan yang memerah dan membengkak sebenarnya disebabkan oleh jaringan yang berisi air. Dengan berkumur menggunakan air garam, maka air yang terdapat di dalam jaringan dapat ditarik keluar sehingga pembengkakan menjadi berkurang. Hanya saja kuman penyakit masih tetap bersarang di dalam tenggorokan, tidak ikut terserap oleh air garam tersebut. sakit-tenggorokan
  5. Kalau sudah terkena radang tenggorokan maka dapat berkembang menjadi flu. Ini adalah sebuah fakta karena sakit di tenggorokan yang disebabkan oleh virus dapat disertai dengan keluhan seperti hidung mengeluarkan lendir atau ingusan. Drainase dari lendir tersebut dapat mengenai tenggorokan yang membuatnya teriritasi sehingga menyebabkan nyeri di tenggorokan saat terkena flu.
  6. Sakit tenggorokan dapat menular, ini juga sebuah fakta. Karena jika sakit tenggorokan disebabkan oleh virus, maka virus tersebut dapat dengan mudah menginfeksi melalui butiran halus air ludah (droplet) yang keluar melalui batuk atau bersin. Nah, jika di sekitar kita ada orang yang sedang sakit tenggorokan, ada baiknya segera lakukan gargle dengan menggunakan antiseptik Povidone Iodine agar tidak tertular.

sakit-tenggorokan

Oh iya, sedikit penjelasan tentang gargle ya agar lebih paham. Gargle adalah berkumur hingga ke tenggorokan dan ini berbeda dengan berkumur biasa yang menggunakan mouthwash di rongga mulut. Gargle dapat menjaga kesehatan apabila berkumur dengan menggunakan antiseptik seperti Povidone Iodine hingga ke tenggorokan karena sudah terbukti dapat mengatasi kuman penyebab sakit di tenggorokan.

Penggunaan Povidone Iodine lebih disarankan dibandingkan dengan antibiotik untuk membantu mengobati sakit tenggorokan. Itu karena antibiotik dapat menimbulkan resistensi kuman terhadap tubuh. Seperti yang diketahui jika mengkonsumsi antibiotik terlalu banyak itu tidak baik karena akan membuat kuman menjadi kebal. Maka sebisa mungkin hindari penggunaan antibiotik.

Nah sekarang saya sudah tau beberapa mitos dan fakta terkait dengan sakit tenggorokan. Jangan sampai deh terkena sakit di tenggorokan lagi karena rasanya sungguh tidak enak. Selain khawatir berkembang menjadi batuk pilek, kalau sudah terkena sakit tenggorokan makan juga jadi tidak enak walaupun menu yang disajikan sangat lezat.

Kemudian untuk menjaga daya tahan tubuh tetap fit maka ada baiknya untuk menerapkan gaya hidup sehat, rajin berolah raga, mengkonsumsi makanan bergizi serta beristirahat yang cukup.

Jangan lupa juga untuk selalu mengupgrade informasi mengenai pencegahan sakit di tenggorokan secara khusus dan informasi seputar kesehatan secara umum supaya pengetahuan kita dapat bertambah dalam mencegah datangnya penyakit. Teman-teman bisa mendapatkan informasi seputar kesehatan termasuk pencegahan sakit tenggorokan dari media sosial berikut ini:

Facebook: Keluarga Bebas Panik

Instagram: @bebaspanik

Baiklah teman-teman jagalah selalu kesehatannya ya. Seperti banyak pepatah yang mengatakan bahwa lebih baik mencegah dari pada mengobati karena jika tubuh sedang sakit, maka dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sekian dulu informasi yang dapat saya berikan pada kesempatan kali ini, semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat wal afiat. Aamiin.




52 Comments

  1. Reply

    Duh iya, repot kalo sakit tenggorokan menjalar ke batuk dan pilek. Apalagi kalau ada asma sepertiku 🙁
    Kumur2 pakai antiseptik itu efektif ya, Mbak? Selama ini aku cuma banyakin minum (termasuk jeniper anget), tambah konsumsi vitamin C dan diet ngomong 😀

  2. Reply

    Kalau tenggorokan sudah sakit, saya serasa dikasi aware bakalan sakit, jadi langsung deh saya minum vitamin biar gak langsung sakit

  3. Anggraini Arda Sitepu

    Reply

    Pernah juga sakit tenggorokan ga tau penyebabnya. Fix lakukan Gargle dengan antiseptik. Thanks for sharing 🙂

  4. Reply

    aku langganan mba ev sakit tenggorokan suara sampe ilang dan berubahndha kek bencong.
    aku baru tau istilah gargle dan papilon lodine dari betadine ? next klo kambuh mau cobain ini

  5. rodame

    Reply

    gak enak banget pasti itu, pernah pake betadine kumur yg itu juga ev, ampuh juga ya. Mmg agak keset sih ya jdinya.

  6. Khoirur Rohmah

    Reply

    Iya, ga makan ato miinum jadi terganggu gegara tenggorokan rasanya kayak ada yang ngeganjal gitu. ga enak rasanya

    Amin semoga diberi sehat walafiat selalu,
    hehee

  7. zata ligouw

    Reply

    eh anakku yang bungsu kadang sakit tenggorokan nih Ev, boleh ya dipake untuk anak2 seumur dia?

    • Reply

      di kemasannya tidak tertera untuk penggunaan anak-anak atau dewasa, baiknya anak-anak jangan dulu mbak, atau konsultasikan dulu ke pihak medis

  8. Reply

    Aku juga sekarang selalu sedia obat kumur. Entah kenapa pas bulan puasa ini koq rasanya sering sakit tenggorokan, sariawan dan bibir pecah-pecah. Pakai obat kumur rasanya jadi lebih baik.

    • Reply

      mungkin kurang minum mbak, terus sama makan yang mengandung minyak bisa bikin iritasi juga ya, yang pasti sakit tenggorokan penyebabnya karena emang virus dan bakteri

  9. Reply

    Saya jaga sering bangat sakit tenggorokan dan berujung flu, dan saya diamin aja selama ini, nyetok betadine akh klo begitu, semoga saja cocok.

  10. Reply

    Dl pas kecil namanya pancingan trus dikasih air hangat dikasi garam. Ternyata cm mitos ya. Udah tau sekarang harus ngapain kalo sakit tenggorokan harus di treatment apa. Karena kl dibiarin lama2 beneran bs jadi flu

  11. Reply

    Alhamdulillah sudah terbebas dari sakit tenggorokan sejak tiap pagi minum air hangat sama jeruk lemon, terus sarapan buah. Dulu sariawan, sakit tenggorokan sampai sakit perut jadi langganan

  12. Reply

    Selama ini kalau sakit tenggorokan gitu saya minum air hangat dicampur lemon dan sedikit garam. Baru tahu nih ada yang namanya betadine obat kumur 🙂

  13. Inna Riana

    Reply

    aku suka pake betadine kumur kalo tenggorokan udah greget2 ga enak. besoknya langsung legaa

  14. Reply

    Sakit tenggorokan memang nggak enak banget. Biasanya kalau udah mulai nggak enak, banyakin vitamin C dan protein.
    Baru tau Betadine obat kumur bisa mencegah sakit berkembang. Selama ini, kirain kayak mouthwash biasa.

  15. Reply

    aku waktu kecelakaan ngga bisa makan karena pakai kawat akbar, sempet bingung, gimana ya sikat giginya? gimana ya buang sisa makanan yang nempel di gigi? Untungnya dokternya nyaranin kumur – kumurnya pakai betadine ini mba, jadi ngga worries lagi ^^

  16. Reply

    Aku kalau sakit tenggerokan, suka binggung mau diobatinya. Jadi aku cuma minum air jeruk same air hangat doang. Baru tau kalau betadine kumur bisa ngobati sakit tenggerokan.

  17. Dzulkhulaifah

    Reply

    Ooo… jadi air garam rupanya nggak mengobati ya. Selama ini salah dong. hehe.
    thanks for sharing ya mba…

  18. Reply

    Tenggorokan sakit atau kena radang tenggorokan itu ngga enak sekali rasanya, kalo aku buat mencegah terjadinya radang tenggorokan itu biasanya mengurangi makan-makanan yang berminyak seperti gorengan dan lain sebagainya, dan sering mengkonsumsi buah-buahan agar kandungan vitaminnya melindungi kesehatan tubuh, tapi pernah tuh waktu itu aku agak sedikit kerasa ngga enak di daerah tenggorokan, mungkin mau kena radang kali yah? Yaudah waktu itu aku langsung aja minum jeruk nipis pake kecap dan mengurangi makanan-makanan yang memiliki kadar minyak yang cukup banyak, alhasilnya alhamdulillah rasa sakit di tenggorokan pun sedikit demi sedikit ilang sendirinya, tetapi betadin kumur-kumur ini juga sangat baik sekali untuk pengobatan dan pencegahan terjadinya radang tenggorokan. terimakasih mba sudah mau sharing dan berbagi terus 🙂

    • Reply

      Semoga bermanfaat ya, jangan sampai kena radang tenggorokan, gak enak rasanya, makan susah badan juga jadi kurang nyaman kan

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.