Serunya Belanja Online

Siapa yang senang belanja? sayaaaa….. siapa juga yang senang belanja online? saya juga suka…. Lah kok kamu semua tho ev? iya namanya juga perempuan pasti senang belanja. Tapi tenang dulu, saya sekarang belanjanya juga terarah kok, hanya untuk barang-barang yang dibutuhkan saja. Tapi masih sih terpengaruh barang diskonan yang kalau dihitung-hitung kok ya malah bengkak pengeluaran. Kadang di situ saya merasa sedih. Akhirnya sejak keteledoran itu terjadi membuat saya benar-benar mencatat barang apa yang dibutuhkan ketika berbelanja supaya tidak kalap, kecuali kalau dibayarin suami kalap dikit ‘gak apa-apa hehe *eh.

Ceritanya tadi malam saya habis belanja online di salah satu marketplace online yaitu Tokopedia. Kebetulan saya ada voucher yang dapat dibelanjakan di sana. Vouchernya dapat dari mana? itu dari lomba blog yang diadakan oleh Fun Blogging setelah mengikuti kelas Fun Blogging 5. Nah, yang mau tau tentang Fun Blogging sila kepoin postingan saya di kategori Community berjudul Serunya Fun Blogging di Communicasting Academy.

Balik lagi ke belanja online. Kebetulan saya punya dua voucher nih, satu untuk saya gunakan dan satu lagi saya berikan kepada suami. Istri solehah banget tho, kurang baik apa coba *dilempar coklat*. Saya sudah meniatkan diri untuk membelanjakan voucher bagi keperluan outdoor. Kemudian saya tertarik pada salah satu item yaitu celana gunung, maklum celana gunung saya sudah lama tidak di update jadi lumayan deh pas ada voucher juga dan akhirnya bisa berbelanja lagi.

Sebelumnya saya sudah mendaftar terlebih dahulu di Tokopedia untuk menjadi member dengan mengklik tombol daftar. Lalu saya surfing selama hampir 30 menit untuk menemukan celana yang saya butuhkan berdasarkan kategori yang ada di Tokopedia. Akhirnya pilihan saya jatuh pada celana panjang outdoor hitam yang banyak kantongnya. Celana hitam dengan jumlah kantong yang cukup banyak penting buat saya yang senang ngantongin printilan outdoor. Ini supaya kita mudah mengambilnya dan tak perlu membongkar tas pinggang. Terus warna hitam saya pilih karena kalau lagi trekking di jalur menurun, terkadang saya mengambil posisi ngesot lantaran takut sama jalur yang menurun *hehe ketauan deh*. Makanya kadang celana outdoor saya jadi korban, kotor terkena tanah atau pasir. Ya demi keselamatan sendiri tidak apa-apa tho.

Tokopedia

Setelah mendapat celana outdoor yang diinginkan, saya cukup menekan tombol beli dan mengisi beberapa data yang dibutuhkan untuk pengiriman seperti nama, alamat, dan nomor telepon. Kemudian pilih jenis pembayarannya lalu masukkan kode voucher yang saya miliki. Lumayan dapet potongan harga jadi menghematlah kita. Saya memilih pembayaran dengan transfer via ATM. Tokopedia memberikan waktu hingga tiga hari untuk melakukan pembayaran via ATM. Kalau nanti sudah ditransfer, saya tinggal konfirmasi saja pada menu komfirmasi pembayaran yang ada di ruang member kita.

Nah, selesai deh kegiatan berbelanja malam itu. Ini yang saya suka dari serunya belanja online. Hanya dengan duduk saja sambil online di laptop atau smartphone, kita sudah bisa mendapat barang yang diinginkan. Tak perlu pergi ke mall yang menghabiskan waktu dan biaya tentunya.

Tapi beda lagi nih dengan suami saya, dia agak lama memilih celana outdoor yang diinginkan. Dia awalnya tidak kepingin membeli celana outdoor, tapi karena kebingungan melihat begitu banyaknya produk yang diperjual belikan akhirnya suami saya malah ikut beli celana outdoor.

Makanya nih supaya belanja online jadi seru dan tidak pusing plus kalap mending ikuti kiat-kiat saya berikut ini:

  1. Sebelum mulai berselancar di toko online manapun tentukan produk apa yang akan dibeli agar tidak keluar dari jalur
  2. Tentukan budget yang memang kita miliki agar tidak kalap
  3. Langsung menuju pada kategori produk yang dibutuhkan bukan diinginkan
  4. Sebisa mungkin eksplore semua produk sejenis yang ditawarkan dalam satu kategori supaya mendapatkan produk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan
  5. Jika sudah mendapatkan produk yang dibutuhkan langsung deh lakukan transaksi
  6. Kalau sudah selesai berbelanja mending ganti channel supaya tidak kepincut produk lain yang sebenarnya tidak dibutuhkan kecuali bisa menahan hawa nafsu lihat-lihat dikit bolehlah

Begitu sih kalau saya belanja online, jarang banget sampai membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan. Kalau belanja offline di mall gitu saya malah sulit mengontrol, kadang tertarik gitu saja sama benda-benda termasuk pakaian dan aksesorisnya yang cantik-cantik. Belanja online malah membuat saya ketat dalam berbelanja.

Setelah proses bertransaksi selesai, suami saya senyum-senyum sendiri. Katanya seru juga ya belanja online. Baru tau ya, maklumlah dia jarang berbelanja online. Tapi itu tadi ikuti kiat-kiat di atas supaya berbelanja online jadi seru. Selamat berbelanja ya.

10 Comments

  1. Nurudin

    Reply

    kemajuan teknologi telah memudahkan kita dalam bertransaksi, belanja cukup dengan ujung jari…

  2. sabda awal

    Reply

    enak dong dapat voucher, kalau dapatnya sebelum lebaran , bisa bangaet tuh untuk beli baju lebaran, haha

  3. Reply

    Belum terbiasa dengan belanja online meskipun sudah beberapa kali melakukakannya. Tipsnya aku sedot ya buat dijadikan pegangan biar gak kalap kalau belanja lagi.

  4. Tia Yusnita

    Reply

    Dua minggu yg lalu aku juga baru belanja di tokopedia, belanjanya gampang dan sampenya cepet hihi. Bener banget Mbak kalau belanja online lebih bisa ngontrol dibanding belanja langsung 😀

  5. Reply

    Wah..jadi ingat belanjaan semalam, sebelum belanja udah saya tulisin apa aja yang ingin dibeli, tapi pulang dengan banyak item tambahan..hihi..

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.