Siap Menghadapi MEA Bersama Indosat Ooredoo




pertanian

Sejak awal tahun lalu kami sebagai penyuluh pertanian diberikan informasi terus mengenai MEA atau Masyarakat Ekonomi ASEAN yang berlangsung pada tahun 2016. Kami diberikan semacam brainstorming mengenai MEA agar sebagai pendamping masyarakat khususnya masyarakat tani harus siap menghadapi MEA. Menurut beberapa orang yang memberikan brainstorming tersebut, jika pintu MEA sudah terbuka maka mau tidak mau kita harus siap menerima apapun yang masuk ke Indonesia. Salah satunya adalah persaingan produk unggulan serta sumber daya manusia. Lalu sudah siapkah kita?

Saya pribadi waktu itu menjawabnya belum siap, tetapi saya tidak diperbolehkan menjawab seperti itu, jadi apapun yang terjadi harus selalu siap. Kemudian apa yang bisa saya lakukan untuk mengarahkan mereka agar siap menghadapi MEA? Tercetuslah sebuah ide untuk menggunakan metode penyuluhan partisipatif melalui peran petani maju yang ada di beberapa kelompok dalam satu desa. Petani maju ini umumnya sudah ‘melek’ digital, sebagian dari mereka sudah mampu mengakses informasi pasar untuk mengetahui perkembangan harga melalui internet.Perlahan mereka saya ajarkan bagaimana mengakses teknologi yang sudah dihasilkan oleh para peneliti hanya dengan melalui internet. Kini mereka sudah dapat mengetahui dosis rekomendasi pupukcukup dengan membuka aplikasi Kalender Tanam yang terhubung dengan internet.

kalender tanam

Kami merasa bersyukur karena kebutuhan akan akses internet yang cepat dengan tariff murah dan mudah diakses kini sudah dalam genggaman berkat Indosat Ooredoo. Ketiga aspek tersebut sangat dibutuhkan para pengguna internet khususnya bagi para petani maju yang penghasilannya masih fluktuatif. Apalagi #IndonesiaDigitaNation menjadi bagian dari Indosat Ooredoo. Perlu diketahui bahwa Indosat Ooredoo menghadirkan dunia digital kelas dunia yang sejalan dengan visi Pemerintah Indonesia untuk membangun digital Indonesia dan mengajak seluruh masyarakat dalam roda ekonomi digital.

Indosat Ooredoo

Indosat Ooredoo sendiri sudah mencatatkan prestasi berkat strategi yang tepat dan implementasi yang kuat karena dalam satu tahun terakhir perusahaan berhasil mencatat pertumbuhan penggunaan data sebesar 155% dengan 19 juta pengguna aktif Facebook setiap bulannya. Pencapaian ini menjadikan Indosat Ooredoo sebagai pemimpin layanan data di Indonesia. Atas pencapaian tersebut, Indosat Ooredoo mulai beranjak ke tahap selanjutnya yaitu memimpin layanan digital menuju perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia.

Suatu misi yang sangat mulia bukan? Tentu saja karena para pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya terus bertambah. Berdasarkan laporan dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII, 2015) disebutkan bahwa pengguna internet di Indonesia jumlahnya mencapai 139 juta jiwa. Tentunya parapengguna internet ini menginginkan layanan yang berkualitas namun mudah diakses dengan harga terjangkau, apalagi dalam menghadapi persaingan bebas yang berlangsung pada tahun 2016.

Back to laptop nih, saya pernah lho waktu itu diminta petani mencarikan jawaban pertanyaan mengenai budidaya tebu. Petani tersebut sedang mengikuti lomba saat itu. Saya yang tidak terlalu banyak mengetahui budidaya tebu akhirnya mengandalkan internet untuk mencari jawaban. Sayangnya waktu itu proses loadingnya cukup lama dengan jaringan 3G sehingga belum menemukan jawaban yang jelas. Beruntung ada sedikit pengetahuan yang saya peroleh ketika dulu pernah tinggal diperkebunan tebu jadi aman deh waktu itu.

Lain dulu dengan sekarang, kecanggihan ilmu pengetahuan memungkinkan kita untuk menikmati layanan akses internet yang lebih cepat melalui jaringan 4G yang hadir saat ini, salah satunya adalah layanan 4Gplus dari Indosat Ooredoo. 4Gplus adalah jawaban dari kebutuhan digital Bangsa Indonesia dan Indosat Ooredoo menghadirkannya untuk mendapatkan layanan digital yang lebih baik bagi semua termasuk para petani saya dalam #4Gplus4all.

4Gplus

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, bangsa Indonesia saat ini sedang menuju ke arah bangsa digital yang membutuhkan kualitas internet lebih cepat. Nah untuk ituIndosat Ooredoo menghadirkan dunia digital yang lebih baik dengan menghadirkan 4Gplus. 4Gplus hadir di Indonesia untuk pengalaman internetan lebih cepat yang dapat menjangkau kita semua. Kalau sudah begini walaupun saya sedang tidak berada di tempat, saya masih bisa berkomunikasi lancar dengan para petani binaan. Akan tetapi kelebihan layanan 4Gplus Indosat Ooredoo ini tidak hanya pada kecepatan tinggi dan bandwidth yang besar saja lho, tetapi 4Gplus juga hadir dengan layanan-layanan yang mudah diakses, terjangkau dan simpel sehingga siapapun dapat memanfaatkannya untuk membantu dalam kehidupan sehari-hari.

Kalau teknologi sudah maju, jaringan internet semakin berkualitas dan mudah diakses oleh siapapun termasuk petani, maka kita sudah siap menghadapi tantangan globalisasi yang akan datang sebentar lagi. Sekarang tugas saya adalah melatih para petani maju ini untuk dapat mengakses dan menyerap teknologi informasi yang ada dan menyebarkannya kepada petani lainnya.

evrina

Untuk mencari informasi, hingga saat ini saya masih sering lho memanfaatkan tethering guna menyambungkan internet ke laptop. Terbayang dong ya bagaimana kuota internet cepat habis saat itu. Oleh sebab itu saya paling senang jika ada yang memberikan bonus tambahan kuota internet. Nah #4Gplus4all (4Gplus untuk semua) memang cocok untuk saya yang 24 jam terhubung dengan internet karena 4Gplus selain memberikan akses internet yang lebih cepat dan menjangkau 40 juta lebih pelanggan, juga memberikan keuntungan lainnya lho seperti jaringan 4G namun harganya di jaringan 3G tanpa biaya tambahan dan tambahan bonus lainnya speerti bonus kuota internet hingga 10GB internetan serta 10.000 menit telepon. Jika ingin mengaksesnya cukup dengan menekan *123*46# maka kita akan mendapatkan layanan 4Gplus dari Indosat Ooredoo yang memiliki visi memperkaya kehidupan orang Indonesia di dunia digital dan membantu untuk memenuhi impian serta aspirasi masyarakat.





indosat ooredoo

Untuk memenuhinya, Indosat Ooredoo 4Gplus memberikan beberapa keuntungan bagi kita semua apabila menggunakannya, diantaranya adalah

  1. Kita tidak perlu membayar lebih untuk dapatmendownload, upload dan streaming lebih cepat dengan 4Gplus.
  2. 4Gplus hadir dengan harga yang sama dengan layanan 3G yang telah hadir sebelumnya.
  3. Internetan lebih cepat di jaringan data kuat 4Gplus untuk semua yang disukai.
  4. Melalui layanan 4Gplus Indosat Ooredo, kitabisa menikmati kuota data gratis sampai dengan 10GB yang dapat digunakan di jaringan 4Gplus.
  5. Selain itu kita bisa mendapatkan bonus-bonus menarik dari layanan Indosat Ooredoo 4Gplus.

Penasaran tidak sama 4Gplus Indosat Ooredoo?. Kalau saya penasaran, makanya langsung menju ke tekape di http://indosatooredoo.com/4Gplus untuk mengetahui info lebih lengkap dan merasakan pengalaman sendiri menggunakan internetan lebih cepat di jaringan data kuat dengan 4Gplus.

Nah, apabila dukungan teknologi dan jaringan internet sudah sangat mumpuni maka saya sebagai pendamping masyarakat tani tentu percaya diri untuk menghadapi MEA. Sekarang tinggal membiasakan para petani maju ini agar dapat mengases internet sebagai salah satu cara problem solving mengingat dengan kualitas yang tinggi namun harga terjangkau tentunya cocok untuk digunakan oleh mereka. So, karena tahun 2016 sudah ada di depan mata, maka kita tidak boleh berkeluh kesah lagi atau memiliki rasa tidak percaya diri, kini saatnya mengatakan kami siap menghadapi datangnya era globalisasi.

32 Comments

  1. Linasasmita.com

    Reply

    Kalau udah ada jaringan 4gplus bisa videoan sama petani memantau kondisi hasil panen dan lain-lain ya. Nggak sabar memang menyambut era 4g yg sebenarnya kalau di negara lain mah udah dari dulu. Kita aja yang serba ketinggalan apa-apa telat.

    • Reply

      iyah mbak, kita harus siap banget untuk menghadapi tantangan masa depan, semoga 4Gplus segera datang dan merata di selurih wilayah Indonesia

  2. Reply

    Petani di wilayah tersebut sangat beruntung punya penyuluh seperti mbak evrina. Bayangkan tiap daerah punya penyuluh pertanian seperti mbak evrina, wuh pasti dunia pertanian semakin maju dan siap menghadapi MEA !!! Pintu itu sudah terbuka, saatnya menghadapi dan jangan lupa akses informasi lewat internet dengan memanfaatkan #4Gplus nya Indosat Ooredoo #mantappppppBangetssss

    • Reply

      haduhhh aku mah belum seberapa, ada senior yang lebih keren lagi, ini juga belum merata kok yg paham, masih tradisional rata2

  3. muhammad mukhlis

    Reply

    Selamat y mb atas keterpilihan dalam MEA. Menjadikan sebuah kebanggaan bagi maauarakat.

  4. Reply

    Mba Ev memang keren

    Semuanya memang harus bisa akses internet ya. Apalagi dengan kehadiran 4G saat ini ya. #IndonesiaDigitalNation

  5. Reply

    Beruntung sekali para petani itu Mbak. Sukses terus Mbak menyongsong MEA. Dunia kesehatan juga butuh jaringan kuat seperti ini.

  6. eda

    Reply

    waaah.. petani pun sudah kenal dengan internet ya mba.. dan bisa bermanfaat buat mereka.. keren ih ibu penyuluhnyaa.. top mba ev 😀

  7. Reply

    Saya sudah cukup lama jadi pelanggan indosat untuk pemakaian telepon/sms biasa, tapi kalau layanan internetnya ganti2 operator #gaksetia hehe

    Wuaaahh…10gb itu besar mbak untuk penggunaan internet henpon, bisa jadi nanti buat disambungkan ke laptop juga tuh 😀

  8. Reply

    Wooow keren, para petaninya sudah di kenalkan dan mulai menyentuh dunia digital, bismillah salam sukses selalu untuk Kak Ev, yang selalu memberikan inspirasi untuk Indonesia, dan tentu ditangan kak Ev dan bantuan jaringan sinyal kuat Indosat Ooredoo serta dukungan layanan 4GPlus yag super keren akan siap untuk menghadapi MEA yang sudah ada didepan mata. Salam sukses kak Ev…

    • Reply

      sama2 Ipan, tapi ini berlebihan, aku belum merata pula ngenalinnya soalnya belum semua paham dengan perangkat internet

  9. Reply

    Tapi jaringan ooredo di desaku masih sering ilang2en mbk. Jadi bnyak yang ngeluh gara2 lemot ato nggak ada jaringn gitu :3
    Hhhheee

    Semangat buat MEA nya mbk Evrina 😀

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.