Stay Connected with Motorola TLKR Radios




motorola-tlkr-radios

Jika dihitung, ternyata sudah setengah tahun lamanya saya belum mendaki lagi. Rasanya kangen sekali untuk menjejakkan kaki di antara ketinggian. Apa daya tahun ini ritme pendakian agak berkurang karena berbagai kesibukan. Tetapi tenang saja, insyaa Allah saya dan Tim Elang akan mulai melakukan perjalanan lagi jika tidak ada aral melintang.

Rencananya kami ingin melakukan pendakian lagi di tahun depan. Kami harus mempersiapkan semuanya agar lebih matang terutama mempersiapkan fisik. Sudah waktunya saya untuk olahraga lagi karena tidak mau menjadi tim penyisir yang selalu tertinggal di belakang. Sudah cukup pengalaman kemarin ketika mendaki Rinjani yang membuat saya tertinggal oleh tim dengan jarak yang cukup jauh. Saya juga kasian dengan teman kami yang bernama Kamil karena dia setia menunggu temannya yang selalu tertinggal di belakang. Terakhir waktu ke Merbabu kemarin, Kamil menunggu tim penyisir di sebuah pos pada waktu malam dan ternyata di belakang pos tersebut terdapat sebuah kuburan. Beruntung Kamil tidak sadar dengan adanya kuburan tersebut, kalau dia sadar pasti akan merasa ngeri menunggu sendirian di pos yang cukup gelap.

Maklum saat di gunung, kami agak sulit berkomunikasi apabila terpencar. Kami sering mengandalkan info dari pendaki yang lewat untuk bertanya keberadaan teman lainnya. Atau jika memungkinkan, kami mengandalkan bantuan gema untuk berteriak memanggil teman lainnya. Nah, untuk pendakian selanjutnya kami tidak boleh terpencar terlalu jauh lagi demi keselamatan bersama, apalagi saya sudah lama belum mendaki jadi harus siap sedia. Tim kami sangat membutuhkan alat komunikasi yang dapat terkoneksi tanpa harus terganggu ada tidaknya signal. Alat tersebut adalah walkie-talkie yang berupa two way radio untuk berkomunikasi.

motorola-tlkr-radios

Kebetulan pada awal bulan November lalu saya menghadiri pengenalan produk terbaru dari Motorola Solutions berupa Motorola TLKR Radios untuk mendukung daily activity hingga kegiatan outdoor yang membutuhkan konektivitas tinggi.

Motorola Solutions

Mungkin sebagian dari teman-teman ada yang bertanya tentang keberadaan Motorola. Ternyata Motorola sejak dulu sudah ada dan kini namanya berganti menjadi Motorola Solutions. Pada tahun 2007 Motorola melakukan spin of dengan produk mobility (handphone) dan selalu berinovasi untuk memobilisasi serta menghubungkan manusia disaat membutuhkan suatu konektivitas. Saat ini semua produk Motorola Solutions akan diarahkan kepada tujuan tersebut. Hal ini sejalan dengan prestasi yang ditorehkan dari masa ke masa bagaimana Motorola dapat menjadi penghubung manusia agar tetap terkoneksi di berbagai dimensi.

motorola-solutions

Nah, bertempat di XXI Lounge Plaza Indonesia pada tanggal 10 November 2016 lalu, Motorola Solutions mengenalkan line produknya yang dapat digunakan konsumen. Produk yang diperkenalkan kali ini adalah seri Motorola TLKR Radios, yang dapat digunakan pada aktivitas sehari-hari hingga kegiatan outdoor.

Motorola TLKR Radios: T60, T80 dan T80 Extreme

motorola-tlkr-radios

Motorola Solutions memperkenalkan tiga seri terbarunya dari Motorola TLKR Radios yaitu T60, T80 dan T80 Extreme. Ketiga seri tersebut memiliki keunggulan masing-masing serta persamaan dan perbedaan yang disesuaikan dengan kondisi medan.

Persamaan dari ketiga seri Motorola TLKR Radios tersebut diantaranya adalah semua tipe T series sudah mendapatkan Reddot Design Award sehingga designnya lebih keren dan cocok untuk dibawa kemana saja. Kemudian, semua seri TLKR tersebut memiliki license free karena dipasarkan untuk kelas konsumen. Pemerintah mewajibkan semua alat komunikasi untuk memiliki license, karena TLKR dari Motorola Solutions sudah memiliki license free maka konsumen tidak perlu melakukan register lagi. Berkat license free ini, maka TLKR tersebut dapat dibawa kemanapun termasuk ketika bepergian ke negara lain. Penggunaannya juga mudah, konsumen cukup menekan tombol PTT (push to talk) lalu sudah dapat terhubung tanpa harus memakan pulsa dan tidak terbatas oleh ada tidaknya signal.

Sekarang kita lihat perbedaan yang mencolok dari ketiganya. Pertama adalah dari segi design. Masing-masing seri memiliki design unik yang disesuaikan dengan kondisi pemakaian seperti T80 Extreme dengan warna kuning mencolok, cocok untuk digunakan pada olahraga outdoor di ketinggian. Warna mencolok pada saat di ketinggian memudahkan orang atau tim untuk melihat kawanannya. Kemudian perbedaan selanjutnya adalah pada T 80 sudah tahan terhadap percikan air (splash proof) dan memiliki integrated LED Torch, sedangkan T80 Extreme tahan terhadap cuaca ekstrim (weather proof) dan juga sudah terintegrasi dengan LED Torch. Khusus untuk T80 Extreme, seri ini sudah memiliki handy carry case, sehingga kalau mau dibawa kemana saja tidak memerlukan tas lagi.

Supaya teman-teman bisa mendapatkan informasi lebih lengkap lagi, berikut adalah fitur dari ketiga seri TLKR Radios dari Motorola Solutions:

TLKR T60 Go Explore

Seri T60 memiliki fitur canggih, tangguh dan penuh gaya. TLKR T60 adalah cara ideal untuk tetap terhubung selama petualangan outdoor, saat di perkemahan, taman bermain atau pendakian. TLKR T60 dikemas dengan banyak fungsi, beragam panggilan dan baterai isi ulang.

motorola-tlkr-radios

motorola-tlkr-radios

TLKR T80 Go Adventure

Seri ini memiliki spesifikasi lebih tinggi, kuat namun mudah digunakan. TLKR T80 menawarkan semua fitur yang dibutuhkan untuk lingkungan ekstrim. Memiliki banyak fungsi, built-in LED torch yang mudah digunakan dan tahan percikan air, TLKR T80 membuat kita akan selalu terkoneksi.

motorola-tlkr-radios

 

motorola-tlkr-radios

TLKR T80 Extreme, Go Beyond

Dengan fitur maksimal, kuat dan tahan terhadap semua kondisi cuaca, TLKR T80 Extreme siap menemani petualangan di lingkungan paling ekstrim. Berkat design tahan air dan aksesoris utama, TLKR T80 Extreme akan membuat kita tetap terhubung di area paling sulit dan pucak tertinggi.

motorola-tlkr-radios

motorola-tlkr-radios

Pengalaman Mencoba Motorola Solutions TLKR T80 Extreme

Saya senang sekali karena mendapatkan kesempatan untuk mencoba Motorola TLKR Radios seri T80 Extreme yang memang sudah mencuri perhatian saya sejak perkenalan kemarin. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, walkie-talkie ini cocok untuk pecinta petualang dan olahraga outdoor di lingkungan yang paling ekstrim sekalipun. Apalagi jarak jangkauannya mencapai hingga 10 km serta tahan terhadap cuaca ekstrim jadi cocok banget nih kalau nanti TLKR T80 Extreme bisa menemani petualangan saya bersama Tim Elang di tahun depan. Sekarang kita unboxing dulu yuk ada apa di TLKR T80 Extreme yang dilengkapi dengan handy carry case ini.

motorola-tlkr-t80-extreme-2

motorola-t80-extreme

Di dalam handy carry case ada aksesoris dan perlengkapan seperti charger, tali pengait, earphone, buku panduan dan TLKR Radios. Saya hanya memasang Belt Clip saja pada TLKR T80 Extreme agar mudah diselipkan pada kantong atau ikat pinggang. Kebetulan saya memang belum mendaki lagi dan hanya menggunakan TLKR T80 Extreme ini untuk daily activity, membantu pemantauan saat bekerja di lapangan dan ketika melakukan trekking kecil-kecilan pada saat weekend kemarin.

Untuk daily activity, walkie-talkie ini dipakai di rumah saat bersama dengan keluarga. Anak-anak di lingkungan rumah senang sekali bermain dengan menggunakan walkie-talkie ini. Katanya seperti sedang bermain misi penyelamatan, ada yang diam di luar dan menghubungi temannya yang diam di dalam. Warna kuning TLKR T80 Extreme ini juga menarik perhatian anak-anak karena warnanya cerah dan sangat eye catching.

Saya sendiri sangat terbantu dengan adanya TLKR ini ketika melakukan pengamatan padi di sawah binaan. Biasanya kalau saya sedang pengamatan bersama dengan teman kantor, kami akan membagi wilayah untuk mempercepat pekerjaan. Hal ini karena sawah yang harus diamati dalam satu kelompok itu luasnya bisa mencapai minimal 3 hektar. Terkadang kami harus menggunakan messenger untuk saling berkomunikasi, tetapi ada kalanya jaringan internet kurang bersahabat di suatu wilayah sehingga kami sering menggunakan telepon untuk berkoordinasi. Nah, berkat adanya TLKR ini, saya merasa sangat terbantu sekali. Cukup menekan tombol PTT saja, saya sudah dapat terhubung dengan teman saya yang posisinya cukup jauh dari lokasi.

motorola-tlkr-radios

Weekend kemarin saya menyempatkan trekking kecil-kecilan bersama keluarga. Maklumlah namanya juga sedang kangen gunung, jadi kami bergaya ala pendaki walaupun saat itu hanya ke dataran yang agak tinggi saja. Kami menggunakan TLKR T80 Extreme untuk berkomunikasi. Saat itu saya sengaja memisahkan diri karena ingin lebih mengeksplore keadaan di sekitar sementara pak suami bersama anak menunggu di satu titik yang agak aman. Menggunakan Motorola TLKR Radios seri ini sangat membantu konektivitas tanpa harus membuang pulsa untuk menelpon. Saat itu jarak kami memang tidak terlalu jauh dan hanya terhalang rimbunan pepohonan, namun tetap dapat berkomunikasi dengan aman.

motorola-tlkr-radios

motorola-tlkr-radios

Nah, bagaimanakah rasanya setelah menggunakan TLKR T80 Extreme ini? Jujur saya mupeng ingin memilikinya. Apalagi anak-anak juga suka dengan alat komunikasi ini. Dari segi design dan kekuatan sudah sangat oke menurut saya, ditambah dengan daya tahan hidupnya. Selama hampir seminggu pemakaian, baterainya masih full saja. Memang sih saya tidak menghidupkannya secara terus-menerus , tetapi hampir setiap hari digunakan. Walkie-talkie ini memang cocok untuk dibawa berpetualang berkat design yang compact dan daya tahan baterainya. Apalagi ditambah dengan fitur bundling LED Torch sehingga saya tidak perlu repot lagi membawa senter ketika ingin melakukan perjalanan atau melakukan sesuatu di malam hari.

motorola-tlkr-radios

Oke, dari penjelasan yang saya dapatkan ketika mengikuti gathering Motorola Solutions ditambah dengan pengalaman menggunakannya selama seminggu, saya dapat menyimpulkan beberapa manfaat penggunaan Motorola Solutions TLKR Radios khususnya seri T80 Extreme, yaitu:

  1. Sebagai alat komunikasi yang dapat digunakan untuk daily activities serta kegiatan outdoor yang ekstrim sekalipun.
  2. Dapat digunakan pada saat emergency, contohnya ketika datang bencana alam yang bisa memutuskan jaringan komunikasi, maka walkie-talkie dapat terus digunakan untuk menghubungkan satu sama lain.
  3. Dibuat dengan design yang compact sehingga kuat untuk keadaan yang multitasking dan outdoor.
  4. Hemat daya karena penggunaan baterai untuk TLKR Radios ini dapat bertahan hingga 12-14 jam.
  5. Cost effective, menggunakan TLKR tidak perlu mengeluarkan uang kembali untuk membeli pulsa tiap bulannya atau harus mengatur minimum panggilan terlebih dahulu untuk mendapatkan bonus.
  6. Jika dibandingkan dengan smartphone, walkie-talkie dibuat untuk berkomunikasi dengan suara jernih dalam kondisi apapun. Suara yang dihasilkan lebih besar, jernih dan dapat mengurangi noise.
  7. Sangat mudah sekali untuk digunakan, hanya membutuhkan tiga langkah saja yaitu nyalakan power, atur posisi channel yang sama, lalu tekan PTT maka sudah dapat terkoneksi. Pada Motorola Solutions TLKR Radios sudah tersedia teknologi fox yang memungkinkan pengguna dapat melakukan panggilan tanpa perlu menekan PTT. Hanya dengan membunyikan suara tertentu saja, lalu channel akan terbuka dan terkoneksi.
  8. Menggunakan TLKR Radios merupakan cara termudah untuk broadcast communication atau koordinasi terhadap kegiatan atau pekerjaan. Contohnya ketika melakukan konvoi, leader dapat langsung berkoordinasi dengan anggotanya melalui channel grup.
  9. Di beberapa negara penggunaan radio portable itu dianggap sebagai senjata karena besarnya di atas 5 watt, tetapi produk Motorola Solutions itu aman karena hanya sebesar 0.5 watt saja dengan license free yang ditujukan bagi konsumen.
  10. Baterainya dapat dicharge ulang dan dapat menggunakan baterai yang dijual di pasaran (A3) apabila tidak memungkinkan untuk mencharge baterai dalam keadaan darurat.

Baiklah teman-teman, demikian review singkat saya mengenai Motorola TLKR Radios. Serius deh saya suka dengan walkie-talkienya karena cocok sekali untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari maupun saat beraktivitas outdoor. Kalau sudah begini, apapun yang ingin dilakukan dan kemanapun kita pergi maka dapat selalu terkoneksi.

motorola-tlkr-radios




46 Comments

  1. Susindra

    Reply

    Keren banget lah, si Motorola ini. HP pertama saya ketika kuliah sambil kerja juga motorola (pinjaman kantor). Ia selalu bikin inovasi tetapi yang panen vendor lain. Semoga yang ini tidak, krn TLKR tak banyak dilirik kompetitor.

    Btw Mbak, foto terakhir agak mengingatkan pada jargon pabrik susu. Masih susah move on, ya? 😉

  2. Reply

    Blognya sekarang lebih friendly ya, habis dipermak ternyata.
    Jadi ingat waktu zaman ‘ngebreaak’. Roger, dicopy, gitu, ganti!
    Hahaha…
    Dulu HT Motorolla termasuk kasta tinggi, karena speknya yang mumpuni.

  3. Nurul Fitri Fatkhani

    Reply

    Nah ini..cocok untuk digunakan oleh suami saya kalau ke Gunung. Pakai motorola, komunikasinya bisa jalan terus ya.

  4. Reply

    keren ya perlengkapan mendaki yang bisa digunakan untuk berkomunikasi degan penyuluh juga sembari bekerja. TOP memang Motorola, aku masih punya loh hape jadulnya Motorola

  5. Levina Mandalagiri

    Reply

    Ini berguna banget nih kalau buat orang lapangan. Motorola terkenal juga yg terbaik buat produk ini.

  6. Rizqon

    Reply

    Hai.. thanks ya ulasannya yg sangat detail.. kebetulan sy hobby main radio dan sedang explore device yg baru.. mau bertanya nih, berat nya berapa ya WT tsb? Dan frek yg digunakan apa ya? VHF or UHF? Sy pakai juga HT dengan frek VHF, apakah bisa connect dengan WT tsb?

    Thanks feedbacknya..

    • Reply

      beratnya belum tau pasti, tapi ringan seperti smartphone ketika saya memegangnya. kemudian kalau frekuensi setelah bertanya ke sana-sini itu wlakie talkie menggunakan UHF, jadi kalau HT nya punya frekuensi yang sama bisa connect

  7. Reply

    Wah, asyik ya kalo jalan-jalan ke alam pake ini. Gak bakalan nyasar-nyasar. Dan membantu banget buat komunikasi. Gak perlu bolak-balik ke sana ke mari. Huhuhu… kangen kemping jadinya. 😀

  8. nugraha

    Reply

    hai.. assalamu’alaykum.. permisi.. ijin nimbrung.. apakah sesama TLKR (T60, T80, T80 Extreme) bisa saling terkoneksi?

  9. Fikri

    Reply

    waaah alat ini sangat bagus..sy sudah miliki yg T80..saya gunakan untuk komunikasi di arab saudi untuk membantu kelancaran ibadah umroh jamaah saya…kebetulan saya hobby nya traveling sambil ibadah..

  10. Irwan Budinurcahyo

    Reply

    Walkie Talkie ini bisa tidak dipakai lebih dari 1 pasang. Karna denger2 klo Walkie Talkie hanya bisa dipake 1 pasang tidak bisa lebih.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.