Hidupkan Hidupmu dengan Kebermanfaatan

Hidupkan Hidupmu

dengan Kebermanfaatan

e v r i n a s p . c o m

Live to the max, hidup akan menjadi lebih hidup apabila kehadiran kita di bumi ini dapat memberikan kebermanfaatan. Karena sejatinya hidup hanya sekali maka saya tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang datang. Seperti halnya peribahasa Indonesia yang menyebutkan bahwa gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, dan manusia mati meninggalkan nama, maka sayapun ingin meninggalkan “bekas” yang baik di dunia ini. Bukan sebaliknya, dikenang oleh masyarakat akibat perbuatan buruk walaupun sudah tiada. Naudzubillah.

Pemahaman tersebut saya tanamkan di dalam diri setelah menyaksikan bagaimana seseorang begitu dikenang walaupun sudah tiada. Dia adalah sosok senior di kantor tempat saya bekerja yang tidak pernah saya temui karena sudah berpulang terlebih dulu sebelum saya bergabung di kantor tersebut. Kebetulan saya mendapatkan tugas untuk menggantikan tempatnya karena dianggap cocok untuk melanjutkan apa yang sudah Ia perjuangkan.

Tugas tersebut adalah membina dua desa yang sudah Ia pegang sebelumnya. Masyarakat baik petani maupun bukan petani yang pernah dibina oleh senior saya tersebut, hingga saat ini masih saja mengenang kebaikan yang sudah beliau torehkan. Beberapa orang bahkan sampai hapal dengan sikap serta kebiasaan yang dilakukan oleh senior saya tersebut jika sedang bersama masyarakat. Melalui cerita tersebut saya paham bahwa sesungguhnya masyarakat yang pernah dibina olehnya merasa rindu akan kehadiran senior saya tersebut.

Dari situ sayapun memiliki niatan yang sama, ingin menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain dan dapat meninggalkan hal yang berharga di dunia untuk dikenang. Itulah cara saya memaknai hidup agar hidup ini tidak mengalir begitu saja, tetapi turut andil menjadi nahkodanya di saat arus membawa kita untuk menjalani kehidupan.

pertanian

Memberikan Kebermanfaatan Sebagai Fasilitator

Kalau boleh jujur sebenarnya menggantikan peran senior sangat berat bagi saya. Ada rasa khawatir takut apa yang saya lakukan tidak sebaik yang dulu dilakukan oleh senior. Pernah saya hampir putus asa untuk mundur dari tugas tersebut kemudian berganti peran menjadi profesi lain. Namun atasan saya saat itu mengingatkan bahwa menjadi seorang fasilitator adalah sebuah tugas mulia yang tidak hanya dapat memberikan manfaat bagi orang lain namun juga untuk diri sendiri. Insyaa Allah apabila dijalankan dengan ikhlas maka semua tantangan dapat diatasi.

Akhirnya, sejak saat itu dengan mantap saya membulatkan tekad untuk melanjutkan apa yang sudah dikembangkan oleh senior saya. Awalnya memang agak berat, namun dengan beriringnya waktu alhamdulillah hasil pekerjaan saya sebagian sudah terlihat di desa meskipun belum semua terbina dengan baik.

Menyebarkan Kebermanfaatan Melalui Tulisan

Tidak hanya berhenti di satu titik saja, saya juga ingin menyebarkan kebermanfaatan dalam skala luas, salah satunya adalah menyebarkannya melalui tulisan. Mungkin sama seperti yang dilakukan oleh beberapa orang, saya memanfaatkan teknologi melalui web blog untuk menyebarkan informasi yang mungkin dibutuhkan oleh banyak orang. Kegiatan ini saya lakukan di sela-sela waktu senggang setelah bekerja.

Saya pernah membaca tulisan seseorang yang membuat saya sangat terinspirasi. Jika orang tersebut saja bisa membuat orang lain tergerak hanya melalui tulisan, lalu mengapa saya juga tidak mengambil langkah yang sama? Sayang sekali bukan.

Evrinasp.com

Kendala dalam Mewujudkannya

Bekerja sebagai fasilitator, mengurus keluarga sekaligus menjalankan kegiatan menulis bukanlah perkara yang mudah. Tidak sedikit yang bertanya kepada saya bagaimana cara saya mengatur semuanya. Apakah tidak merasa lelah? Begitu seseorang pernah bertanya kepada saya. Jawabannya sudah pasti sangat lelah. Terkadang saya ingin sekali tidak melakukan apapun dikala jenuh melanda. Belum lagi saat kondisi fisik sedang ngedrop, jangankan untuk menulis, menjalankan profesi sebagai fasilitator saja sudah kepayahan.

Saya termasuk yang menurut sebagian orang kuat di beberapa medan. Sayapun memang merasakan hal tersebut berkat semangat yang membawa saya untuk terus bergerak. Namun ketika sedang kelelahan, walaupun semangat masih berkobar, tetap saja saya tidak bisa melakukan aktivitas.

Kesehatan memang menjadi kunci utama bagi semua orang untuk bergerak selain kemauan dan tekad yang tinggi. Itu sebabnya jika tubuh dilanda sakit akibat kelelahan, saya akan memilih untuk beristirahat sejenak guna memulihkan tenaga dari pada sakit berlanjut menjadi lebih parah.

evrinasp

Selama ini sakit yang saya derita apabila tubuh kurang fit alhamdulillah tidak terlalu berat. Saya lebih sering terkena demam serta flu akibat terpaan cuaca. Tetapi tidak boleh menganggap enteng juga karena dulu pernah membiarkan flu tersebut tanpa penanganan lebih lanjut yang akhirnya mengakibatkan saya terkena batuk pilek cukup berat dan berujung ke bronchitis. Belajar dari pengalaman, maka untuk menjaga agar tubuh tetap fit terutama dalam keadaan sakit, saya mengkonsumsi multivitamin setiap hari.  

Namun, seiring dengan berjalannya waktu saya kemudian sadar bahwa multivitamin saja ternyata tidak cukup untuk mengembalikan kondisi tubuh seperti semula saat sedang sakit. Pantas saja jika saya terkena batuk pilek, masa penyembuhannya agak lama. Itu karena saya memang hanya mengkonsumsi multivitamin saja.

Untuk mengembalikan kondisi kesehatan tubuh seperti semula ternyata juga dibutuhkan mineral yang membantu proses penyembuhan.

Multivitamin Saja Belum Cukup untuk Daya Tahan Tubuh

Kekurangan vitamin memang dapat menurunkan daya tahan tubuh, tetapi tidak hanya itu saja  yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Tercukupinya kebutuhan mineral juga menjadi salah satu faktor mengapa tubuh tetap fit meskipun kondisi lingkungan sedang tidak bersahabat. Ada dua mineral esensial yang wajib dipenuhi oleh tubuh agar tubuh tetap fit. Kedua mineral esensial tersebut adalah Magnesium dan Zinc.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat hubungan antara kekurangan Magnesium dan Zinc dalam tubuh terhadap manifestasi alergi, infeksi serta penyakit yang disebabkan oleh jamur, bakteri dan virus. Berikut adalah beberapa manfaat dari Magnesium dan Zinc bagi tubuh:

Magnesium

Magnesium merupakan unsur yang sangat vital dan harus dipenuhi oleh tubuh. Sumber dari alodokter.com [1] menyebutkan bahwa kadar kebutuhan tubuh atas magnesium yang ideal adalah sekitar 100 mg/hari, sementara tubuh manusia sendiri mengandung sekitar 20-28 mg magnesium.

Kebutuhan magnesium dapat dipenuhi dari makanan sehari-hari yang bersumber dari sayuran hijau terutama bayam, kacang-kacangan seperti kacang tanah dan almond, buncis, edamame, ikan, serta rempah-rempah. Magnesium bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan, mengobati sembelit, mengatasi tekanan darah tinggi selama hamil, baik untuk penderita diabetes, berperan dalam pembentukan tulang, mengurangi gejala premenstrual, dan berguna menjaga kesehatan jantung

Zinc

Zinc juga merupakan mineral yang esensial berkat perannya dalam menjaga imunitas tubuh. Zinc juga berperan sangat besar dalam mengaktifkan fungsi ratusan enzim di dalam tubuh. Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang dilangsir dari halosehat.com [2] diketahui bahwa kebutuhan zinc untuk wanita minimal 9 hingga 12 mg per hari, sedangkan untuk para pria sebesar minimal 12 hingga 17 mg per harinya.

Selain menjaga imunitas tubuh dan untuk mengaktifkan enzim, Zinc memilik manfaat untuk mengobati diare, menyembuhkan luka, mengatasi pilek, antioksidan, regenerasi sel hingga mencegah kepikunan. Kandungan Zinc dapat ditemukan pada sereal, daging merah, bayam, bawang putih, jamur, kepiting, biji-bijian dan susu.

Sebenarnya kita bisa memenuhi kebutuhan kedua mineral tersebut dari sumber pangan yang dikonsumsi sehari-hari. Hanya saja proses pemasakan yang kurang ideal menyebabkan kandungan keduanya menjadi rusak bahkan hilang. Nah, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka dibutuhkan sumber lainnya yang berasal dari suplemen.

Suplemen yang mampu memenuhi kebutuhan multivitamin sekaligus mineral bermanfaat bagi tubuh dapat diperoleh melalui Theragran-M.

theragran-M

Theragran-M, Vitamin yang Bagus untuk Mempercepat Masa Penyembuhan

Selain membantu menjaga daya tahan tubuh, Theragran-M merupakan vitamin yang bagus untuk masa pemulihan. Theragran-M telah diresepkan oleh para dokter sejak tahun 1976 (lebih dari 40 tahun) untuk membantu proses penyembuhan berbagai jenis penyakit yang membutuhkan daya tahan tubuh maksimal.

Tablet dengan salut gula ini merupakan kombinasi dari multivitamin (Vit A, Vit B, Vit C, Vit D, Vit E) dan Mineral esensial (seperti Magnesium dan Zinc). Selain Magnezium dan Zinc, di dalam tablet Theragran-M juga terdapat unsur mineral esensial lainnya yaitu zat Besi, Tembaga, Mangan, dan Iodium. Seperti yang tersaji pada tabel di bawah ini (diolah dari sumber informasi [3] dan [4]):

theragran-M

Kandungan Vitamin dan Mineral dalam Theragran-M

Magnesium

bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan, mengobati sembelit, mengatasi tekanan darah tinggi selama hamil, baik untuk penderita diabetes, berperan dalam pembentukan tulang, mengurangi gejala premenstrual, dan berguna menjaga kesehatan jantung

Zinc
Vit. A
Vit. B
Vit. C
Vit. D

Sebagai sumber kalsium dan fosfat, serta menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Vit. E
Mineral Essensial Lainnya

Apabila dirinci lebih jauh, Theragran-M tidak hanya memiliki keunggulan sebagai vitamin untuk mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit. Berikut adalah beberapa keunggulan lain yang dimiliki oleh Theragran-M:

1. Aman dikonsumsi karena sudah terdaftar di BPOM dengan nomor registrasi: DTL1224403416A1 yang artinya sudah lolos pengujian BPOM.

2. Halal dengan bukti sertifikat halal dari LPPOM MUI yang diperolehnya dengan nomor 00280032151004 sehingga siapapun dapat mengkonsumsinya tanpa khawatir akan kandungan zat di dalamnya.

3. Mudah diperoleh baik secara offline (apotik atau toko obat) maupun online (toko online atau e-commerce). Theragran-M termasuk ke dalam obat bebas terbatas dengan tanda khusus lingkaran berwarna biru dengan garis tepi hitam. Obat bebas terbatas dapat dibeli tanpa dengan resep dokter, tapi disertai dengan tanda peringatan berupa empat persegi panjang dengan huruf putih pada dasar hitam yang terdiri dari 6 macam. Tanda ini bermanfaat bagi konsumen agar mematuhi aturan pakainya.

4. Tersedia dalam dua kemasan yaitu isi 12 amplop @ 1 strip @ 4 tablet dan  isi 25 amplop @ 1 strip @ 4 tablet yang disesuaikan dengan kebutuhan.

5. Harganya terjangkau, untuk harga eceran tertinggi (HET) empat tablet Theragran-M adalah Rp. 21.780,-

6. Diproduksi oleh PT Taisho Pharmaceutical Indonesia yang sudah dikenal akan komitmen dan prestasinya sehingga produk yang dihasilkan tentu berkulitas. PT Taisho Pharmaceutical Indonesia menjalankan perusahaannya dengan kode etik serta komitmen tinggi dan memiliki misi yang mulia yaitu Dedikasi pada Kualitas Hidup Manusia yang lebih baik. Dan baru-baru ini PT Taisho Pharmaceutical Indonesia meraih penghargaan Investment Award 2017 untuk Special Mention for Stable Stock Performance in Industry, Mining. Beberapa kriteria penilaiannya di antaranya adalah: kinerja fundamental emiten, good corporate governance, serta transformasi perusahaan. Berkat dedikasi serta komitmen yang dijalankan maka produk yang dihasilkan tentu berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat.

Saya sudah mengkonsumsi vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan ini dan sangat membantu sekali dalam menjaga daya tahan tubuh terutama bagi saya yang sehari-harinya bekerja di luar ruangan. Saat traveling pun juga perlu membawa Theragran-M untuk tetap menjamin asupan vitamin mineral yang mungkin kurang dipenuhi dari asupan makanan selama berada jauh dari rumah.

Banyak orang juga sudah mengkonsumsi Theragran-M dan merasakan sendiri manfaatnya baik untuk menjaga daya tahan tubuh maupun penyembuhan dari sakit. Berikut adalah testimoninya:

Agar Hidupmu Lebih Hidup

Kesehatan memang menjadi barang yang mahal setelah kita merasakan sakit, untuk itu jagalah selalu kesehatan agar dapat melakukan banyak hal di muka bumi ini. Jika kesehatan sudah kita peroleh, jangan sampai terlewat untuk melakukan hal-hal yang membuat hidup menjadi lebih hidup.

Bagi teman-teman yang masih merasa menjalankan hidupnya biasa saja, coba deh ikuti cara saya berikut ini dalam memaknai hidup:

  1. Temukan tujuan dalam hidup, mau menjadi apa di dunia ini. Biasa saja kah atau menjadi orang yang turut ambil bagian. Passion hidup mu akan menentukan langkah-langkah yang diambil dalam bersikap atau menentukan pilihan.
  2. Jangan lewatkan kesempatan yang datang karena bisa jadi tidak ada kesempatan kedua.
  3. Ingatlah bahwa hidup hanya sekali maka lakukanlah dengan sebaik-baiknya.
  4. Pantang menyerah sebelum berusaha maksimal lalu serahkan hasilnya kepada Allah swt dengan berdoa dan bertawakal.
  5. Selalu berusaha memberikan manfaat di manapun berada, lakukan dari hal yang kecil namun memberikan dampak besar bagi orang lain.

Itulah cerita saya yang ingin sekali menjadi manusia bermanfaat bagi semua. Memang banyak rintangan saat mewujudkannya, namun senyuman dari orang-orang yang merasa terbantu berkat kehadiran kita akan mampu menguatkan semuanya. Itulah yang menjadikan hidup saya lebih hidup. Live to the max!.

theragran-m

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M.

Sumber Informasi:

[1] Alodokter. Jarang Disebut-sebut, Magnesium Punya Peranan Vital Bagi Tubuh Kita. http://www.alodokter.com/jarang-disebut-sebut-magnesium-punya-peranan-vital-bagi-tubuh-kita. [diakses tanggal 3 Juni 2017].

[2] Halosehat. 15 Fungsi Zinc Bagi Tubuh Manusia http://halosehat.com/gizi-nutrisi/panduan-gizi/fungsi-zinc [diakses tanggal 3 Juni 2017].

[3] Alodokter. Beragam Manfaat Vitamin B Bagi Kesehatan. http://www.alodokter.com/beragam-manfaat-vitamin-b-bagi-kesehatan [diakses tanggal 3 Juni 2017].

[4] Theragran.co.id. Products. https://theragran.co.id/product/ [diakses tanggal 3 Juni 2017].

Pusat Informasi Obat Nasional. Pedoman Umum. http://pionas.pom.go.id/ioni/pedoman-umum [diakses tanggal 3 Juni 2017].

Taisho.co.id http://www.taisho.co.id/index.php/id/ [diakses tanggal 3 Juni 2017].

Warta Ekonomi. 2017. Inilah Perusahaan Peraih Investment Award 2017. http://wartaekonomi.co.id/read136003/inilah-perusahaan-peraih-investment-award-2017.html [diakses tanggal 3 Juni 2017].

78 Comments

  1. Reply

    Ternyata Theragran dapat membantu pertahankan imun tubuh ya Mba. Aku pilek nih, kalau minum Theragran gak apa-apa ya?

  2. Achy

    Reply

    Jika kita sehat insya Allah bisa lakukan banyak kegiatan ..apalagi itu kegiatan yang positif Dan bermanfaat bagi semua…Jadi diingatkan penting nya jaga kondisi badan apalagi di tambah minum multivitamin…agar imun tubuh tetap oke…Baru Tau theragran ..insya Allah nyoba..thanks ya

  3. Reply

    Kirain theragran m tuh sejenis instagram, hehe… ternyata vitamin toh. Wah tulisannya bgus, bisa sbg motivasi. Very good!

  4. Reply

    Belum pernah coba ini Mbak.
    Ehyaa itu bisa untuk Ibu hamil ya??wohooo kereeenn klo gitu ya Mbak.

    Cita2 Mbak Ev mulia banget, semoga slalu diberi kesehatan dlm menjalankan semua aktivitas ya Mbak Ev ?

    • Reply

      Aamiin aamiin, di keterangan tablet Theragran-m yg aku beli tidak ada larangan untuk bumil dan busui, tapi tetap konsul dulu ke dosg ya kalau mau mencoba konsumsi

  5. Reply

    Subhanallah..Kalau mba ev yang review selalu lengkap dan komplit..Sukses ya mba, semoga terus sehat dan bugar r

  6. Inge

    Reply

    Mantapp.. Org lapang memang hrs ekstra menjaga stamina. Nice info, tks

  7. Melinda

    Reply

    Kalau untuk ibu menyusui gimana ya mbak? Lagi cari suplemen yang aman buat busui nih mbak. Dan saya salut banget sama Evi yang sudah berjuang memajukan desa. Sembiyan desa adalah kekuatan memang harus diwujudkan.

    • Reply

      Di kemasan yg saya beli tidak ada larangan untuk bumil dan busui, mungkin karena ini multivitamin dan mineral ya, tapi tetap konsultasikan dulu ke dokternya

  8. Reply

    Ah keren banget mba Ev, memang modal utama adalah sehat ketika nikmat sehat didapat niscaya apapun kegiatannya bisa kita lakukan dengan lancar 🙂

  9. Reply

    Ada kalanya aku juga butuh multivitamin Ev, kayak kemarin abis dari zenfinity langsung diuber tugas dan ujian. Beuhh…. meski pola makan udah bagus, dihajar begadang tiap malam, bisa rontok juga. Wkwkwkw

  10. Reply

    Wah banyak sekali manfaatnya ya, Mbak.
    Kayaknya ini cocok juga buat saya. Secara harus bekerja hampir setiap hari dengan jarak tempuh 80km PP.

    Terimakasih, sharing nya mb..
    Salam bahagia dari Bondowoso.

  11. Reply

    Kalo kata ustadz yang saya lupa namanya… katanya “sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain”… Semoga terus menebarkan manfaat bagi sekitarnya mba Ev… ^^

  12. momtraveler

    Reply

    lama ga main ke rumahnya mak Ev makin kece ajah tulisannya. oya aku juga siapin Theragran ini buat si abang yang aktivitas di luarnya padat banget, biar tetep vit setiap saat 🙂

  13. Reply

    Aku juga punya keinginan yang sama, menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama lewat passionku yaitu menulis.

  14. Reply

    Kalau abis sakit, emnag rasanya kudu cepet2 pulih.
    Untung deh ada theragran m ini, mmbntu bgd
    Tengkiu sharenya mbk ev, 😀

  15. rodame

    Reply

    kesehatan memang segalanya untuk bisa live to the max ya ev, semangat terus ev.

  16. Reply

    Aku penasaran ngobrol sama mbak Ev langsung sih, terutama pengalaman jadi fasiliator itu mbak, pasti seru ya 🙂 Dan, resiko orang lapangan, memang hrs selalu aware sama kesehatan 🙂

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.