5 Tips Berwisata Murah ala evrinasp.com




wisata-murah

Beberapa hari ini saya selalu tersenyum ketika bangun di pagi hari karena bulan yang dinanti telah tiba. April, adalah bulan yang saya nantikan. Di bulan ini, saya sudah mencium aroma gunung yang bercampur dengan udara pagi nan sejuk. Umumnya ketika bulan April tiba, musim hujan sudah mulai berkurang intensitasnya. Itu berarti kita dapat berpetualang kembali ke beberapa daerah yang tertunda selama musim hujan kemarin. Ah, saya jadi tidak sabar ingin segera mengagendakan perjalanan saya kali ini. O iya ada yang lebih penting lagi nih, bulan April ini saya ulang tahun lho, itu sebabnya saya ingin merayakan hari jadi dengan berpetualang di luar.

Rencananya, saya memang akan bepergian pada akhir April nanti. Dapat dibilang persiapannya hampir 80% mengingat hilal cuti sudah keluar. Sekarang tinggal mempersiapkan apa saja yang harus saya penuhi agar pada saat traveling nantisemuanya dapat berjalan lancar tanpa hambatan. Apalagi destinasi yang saya tuju nanti akan mengarah ke Indonesia Timur yang cukup memakan biaya. Kalau tidak dipersiapkan sejak dini bisa bahaya nantinya. Jangan sampai selepas pulang traveling malah kebingungan karena tabungan terkuras habis sementara kebutuhan sehari-hari juga harus dipenuhi.

Tetapi jangan khawatir teman-teman, saya ada beberapa tips bagaimana kita dapat berwisata dengan budget yang memadai. Berikut adalah beberapa tips berwisata murah ala evrinasp:

  1. Persiapkan itinerary dan list perlengkapan sebelum berangkat

Saya termasuk yang cerewet mengenai itinerary terhadap teman-teman satu grup yang ingin traveling atau berwisata bersama. Itinerary itu penting sebagai acuan kita untuk mengunjungi lokasi satu ke lokasi lainnya dalam rentang waktu tertentu. Karena penentuan lokasi dan juga waktu menentukan pula budget yang harus kita siapkan. Jangan sampai yang tadinya hanya akan berwisata selama 3 hari 2 malam berubah menjadi 3 hari 3 malam karena salah perhitungan. Kalau sudah begitu nanti kita harus menambah budget lebih banyak lagi. Nah, itinerary juga penting untuk memetakan lokasi mana dulu yang terjangkau antara satu dengan lainnya sehingga semua destinasi dapat datangi dalam rentang waktu yang dimiliki.

wisata-murah

Contoh itinerary yang dibuat bersama teman-teman

Kemudian, menentukan perlengkapan. Nah ini kalau travelingnya bersama dengan teman-teman, kita bisa share cost dan juga melengkapi kebutuhan secara bersama-sama. Biasanya kami akan membagi tugas, misalnya si A membawa perlengkapan pertama, lalu si B membawa perlangkapan lainnya. Nanti kalau ada yang harus dibeli di tempat, kami cukup patungan saja. Jadi hemat biaya kan?.

Berwisata bersama keluarga lebih asik lagi karena akan lebih mudah memanagenya. Cukup tentukan saja itinerary serta membawa perlengkapan yang memang dibutuhkan selama perjalanan, lebih mudah mengatur dan membagi tugas.

  1. Hindari berwisata di hari libur

Demi menekan biaya perjalanan, maka ada baiknya berwisata jangan dihari libur atau bahkan dilibur panjang. Seperti yang kita tau, tiket perjalanan maupun tiket wisata umumnya akan naik beberapa kali lipat pada saat musim liburan. Selain itu, berwisata pada saat hari libur membuat kita kurang mengeksplore lokasi yang dituju lantaran terlalu banyak pengunjung. Jika kita pergi ke lokasi wisata yang sedikit pengunjungnya akan lebih puas kan?.

wisata-murah

Di Danau Tolire dengan sedikit pengunjung, jadi merasa milik sendiri

Untuk mensiasati kondisi ini, maka atur waktu sebaik mungkin untuk menentukan kapan akan berwisata atau traveling. Kalau saya akan memilih waktu traveling dihari kerja yang ada tanggal merah di dekatnya sehingga waktu cuti yang diambil tidak terlalu banyak.

  1. Hubungi teman untuk menjadi tour guide

Ini yang disebut dengan sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Selain bersilaturahim terhadap teman yang sudah lama tidak bertemu, tidak ada salahnya dong meminta dia untuk menjadi tour guide ketika berkunjung ke daerahnya. Jadi hemat, kita tidak perlu membayar jasa tour guide, tidak takut nyasar dan bisa bernostalgia bersama teman. Saya sudah beberapa kali melakukannya dan itu menyenangkan. Saya dan teman sama-sama senang.

wisata-murah

Waktu di Makassar, diantar teman sebagai tour guide

  1. Carilah tiket pesawat atau kereta yang paling murah

Nah ini saya banyak belajar dari teman yang memang sering traveling dengan budget murah meriah. Rupanya teman saya ini berhasil menekan budget perjalanan seminim mungkin dengan cara mencari tiket yang paling murah.

Contohnya saja untuk tiket pesawat. Teman saya akan mencari promo tiket pesawat yang murah berdasarkan lokasi yang dituju, kemudian pesan tiket tersebut dari jauh hari sebelum harga berubah lagi. Memesan pada waktu tertentu juga dapat menekan budget lho. Berdasarkan pengalaman, memesan tiket pesawat keberangkatan malam menjelang dini hari itu biayanya lebih murah, jadi tidak ada salahnya kita membeli tiket pesawat di jam malam sekali, yang penting sampai ke destinasi yang dituju.

Begitu juga untuk tiket kereta, kita bisa memesan jauh hari sebelum lonjakan harga terjadi. Dan perlu dicatat, pesannya jangan sewaktu liburan panjang ya, pasti mahal deh.

  1. Cari hotel atau penginapan yang murah

Kalau teman-teman berwisata, sukanya menginap dimana? Kalau saya di tenda oke, di homestay oke, apalagi kalau di hotel lebih oke lagi. Jadi tergantung destinasinya sih. Berwisata dengan tema petualangan lebih sering menggunakan tenda. Tapi adakalanya saya juga ingin memanjakan diri dengan berwisata dan menginap di hotel.

Bicara soal hotel, tentu kita menginginkan untuk menginap di hotel yang nyaman dengan biaya yang murah. Itu sebabnya sebelum berwisata, saya sudah booking hotel murah yang fasilitasnya oke (Link affiliate – baca: Disclosure) terlebih dahulu supaya tidak bingung lagi ketika sampai di lokasi. Untuk mendapatkan hotel yang memiliki fasilitas oke dengan harga yang murah, teman-teman traveler bisa menginap di Hotel AiryRooms.

wisata-murah

Di AiryRooms Hotel, kita bisa menginap di hotel yang mengutamakan kenyamanan dengan kamar budget berkualitas tanpa ada tambahan biaya transaksi lainnya. Selain itu, cara bookingnya mudah banget lho karena kita dapat memesan melalui website, telepon maupun whatsapp selama 24 jam sehari. Jarang bangetkan ya kita bisa memesan hotel melalui whatsapp, itu memudahkan banget buat saya yang ingin menghemat pulsa telepon hehe.

wisata-murah

Selain itu, jika teman-teman traveler ingin menginap di AiryRooms maka akan mendapatkan jaminan kenyamanan dari AiryRooms seperti WiFi gratis, TV layar datar, air hangat, pendingin ruangan, tempat tidur bersih, perlengkapan mandi, dan air minum gratis.

wisata-murah

O iya, AiryRooms itu merupakan Virtual Hotel Operator (VHO) yang bermitra dengan berbagai hotel budget terbaik di seluruh Indonesia. AiryRooms sudah tersebar luas di berbagai daerah lho seperti Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor, Bandung, Bali, Yogyakarta, Surabaya, Batam, Solo, Padang, Makassar, Medan dan akan segera hadir di kota-kota lainnya di Indonesia.

wisata-murah

Ngomong-ngomong, akhir April tahun ini saya mau berpetualang ke Lombok bersama teman-teman. Saya mau merekomendasikan untuk menginap di AiryRooms Lombok ke teman-teman ah, siapa tau oke. Selepas turun gunung kan asik banget tuh bersantai ria di AiryRooms.

Baiklah teman-teman, selamat menyambut bulan April ya. Segera siapkan budget yang memadai karena aroma hari libur telah tiba. Salam petualang!.




49 Comments

  1. fanny fristhika nila

    Reply

    sebelum liburan, yg paling seru itu buatku justru saat mempersiapkan semua budget dan itinerary ;).. kalo udh ada bayangan berapa yg hrs dipersiapkan, baru deh hitung2 brp lama wkt yg diperlukan utk mengumpulkan budget segitu.. biasanya sih aku selalu ngabisin 11 bulan utk nabung, krn di bulan k 12 aku start traveling.. keseringannya gitu :D.. nth kenapa slalu suka jalan2 pada saat cuaca lagi sejuk ato saat winter..

  2. Uci

    Reply

    Lagi mau berwisata nih mba, tapi thn depan :)) masi lamaa yaq..
    Asiknya yg mau ke Lombok hehe. Ini di noted, Airyrooms yaa, virtual.. Idenya yaa jenius euy

  3. Reply

    no 3 saya stujuuuuuu ๐Ÿ™‚

    biasanya kalo saya wisata (aslinya sih diselingi kerjaan dari kantor he he he) saya kerap ngubungi teman di dumai/sekolah dulu, yang tinggal di lokasi tersebut
    selain bisa jaga silaturahim, juga kita sering dapat petunjuk ke tempat baru itu

    *btw, tipsnya bermanfaat nih, kalo dicetak booklet/selebaran/buku, kayaknya oke mbak. apalagi, ilustrasinya mendukung banget…

  4. Reply

    idem yg nomor 2, cari liburan di hari libur tanggal merah alias long weekend mengubah dari yang suntuk semakin suntuk, yang ada liburannya makin bete ๐Ÿ˜€

  5. PutriKPM

    Reply

    Setahuku Airy ini sistemnya juga sewa kamar di hotel2 ya? Kemarin pas di Bali, di hotel yang aku tempatin juga ada Airy Roomsnya.

  6. Reply

    Aihhh, hilalnya udah kelihatan ya mbak, saatnya jalan-jalan nih. Aku sih kalo jalan-jalan tergantung suami karena semua ikut. Tapi bener sih kemarin akhir desember liburan itu bikin malas krn antri beli tiketnya, hiks

  7. Reply

    dari dulu kendalanya mau cari tiket murah tapi g bisa mastiin bisa berangkat tanggal segitu ato nggak,soalnya suami kerjanya beda. jadi biasanya cari tiket dadakan huhuhu

  8. Bloggerpedia

    Reply

    cari tiket murah di jam tengah malam, pasti harganya miring mbak ๐Ÿ™‚

  9. alvi

    Reply

    hoho, hindari berwisata di ahri libur, padahal kebanyakan kita berbondongbondong pas hari libur

  10. tempat honeymoon di Indonesia

    Reply

    wahhh… keren keren.. kebetulan lagi mau buat planning liburannn.. thankks bangeet yaam semoga jadi amal jariyah

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.