ASUS Luncurkan Smarthphone yang GaAdaMatinya: ZenFone 3 Max




zenfone3-max

Setelah dari kemarin banyak berseliweran hastag #GaAdaMatinya dan #ZenFone3MaxID di media sosial, sekarang terjawab sudah rasa penasaran itu karena ASUS secara resmi telah meluncurkan smartphone unggulannya di awal tahun 2017 ini. Sudah pada tau dong ya apa itu? yup benar sekali ASUS meluncurkan smartphone yang GaAdaMatinya yaitu ZenFone 3 Max ZC553KL yang memiliki daya tahan tinggi sehingga user bisa eksis terus dalam jangka waktu cukup lama.

Bertempat di SKYE Bar and Restaurant Jakarta pada tanggal 7 Februari 2017 secara resmi ASUS merilis ZenFone 3 Max 5.5” ZC553KL. Smartphone ini melengkapi varian sebelumnya di pasaran yang juga memiliki kapasitas baterai cukup besar yaitu ZenFone 3 Max 5.2” ZC520TL.

Walaupun dikenal memiliki daya tahan cukup tinggi, ASUS ZenFone 3 Max juga memiliki fitur canggih lain yang tidak kalah keren seperti kamera. Kamera pada smartphone ini dilengkapi dengan PixelMaster Camera 3.0 dan TriTech Auto-Focus yang menawarkan kemampuan fotografi bagi para penggunanya terutama bagi orang yang sering mobile. Dengan kapasitas baterai yang cukup tinggi maka user tidak perlu khawatir kehabisan daya sehingga aktivitas dapat terus berjalan.

Sekarang kita lihat yuk penjelasan secara rinci tentang ZenFone 3 Max ZC553KL ini.

asus-zenfone3-max

Pertama, Daya Tahan Baterai yang “GaAdaMatinya” untuk Beraktivitas Seharian Penuh

ASUS ZenFone 3 Max 5.5” ZC553KL diperkuat oleh baterai jenis Lithium Polymer berkapasitas 4.100mAh yang didesain dengan densitas tinggi agar bisa dimasukkan ke dalam body yang tipis. Bayangkan ketebalannya hanya sebesar 8,3 milimeter saja lho dan dari pengujian internal, baterai tersebut mampu bertahan hingga 38 hari saat dalam kondisi standby di jaringan 4G. Terbayang kan ya kita bisa eksis seharian dan tentunya sangat mendukung aktivitas seharian penuh.

Ada hasil pengujian internal lagi nih, baterai Zenfone 3 Max mampu bertahan selama 17 jam apabila digunakan berkomunikasi suara lewat jaringan telekomunikasi berbasis 3G. Kalau bepergian sendirian jadi merasa aman kan ya karena smartphone tetap standby untuk berkomunikasi dengan keluarga atau teman dari jauh.

Terus nih, bagi penikmat multimedia, daya tahan ZenFone 3 Max sangat mendukung karena dapat memasok kebutuhan memutar musik selama 72 jam non stop. Bahkan dia mampu bertahan hingga 19 jam untuk menjelajah internet melalui smartphone lho.

zenfone-3-max

Nah, untuk meningkatkan kemampuan daya tahan baterai, ASUS ZenFone 3 Max ZC553KL telah menyediakan lima modus pilihan untuk mengatur konsumsi energi yaitu:

  1. Performance, yang mengatur prosesor pada performa tertinggi dan juga layar pada tingkat kecerahan maksimal, cocok untuk bermain game atau memutar video baik online ataupun offline.
  1. Normal, yang merupakan setting default dari Power Saver di ZenFone 3, termasuk ZenFone 3 Max ZC553KL. Modus ini mengatur performa CPU dan juga tingkat kecerahan layar untuk menghemat energi baterai.
  1. Power Saving, yang juga mampu mengatur performa CPU serta tingkat kecerahan layar sekaligus mampu mematikan jaringan (mobile data dan juga WiFi), saat smartphone dalam kondisi sleep untuk lebih menghemat energi. Meskipun begitu jaringan dapat terhubung kembali apabila layar dinyalakan.
  1. Super Saving, sama seperti Power Saving tetapi satu langkah lebih lanjut untuk menutup seluruh fungsi jaringan, kecuali telepon, SMS dan alarm. Modus ini dapat memperpanjang masa standby ZenFone 3 Max ZC553KL hingga mencapai 36 jam walaupun kapasitas baterai hanya tersisa 10 persen saja.
  1. Customized, user dapat mengatur seluruh setting, mulai dari performa CPU, tingkat kecerahan layar dan juga fungsi-fungsi jaringan sesuai keinginan.

Kedua, Fitur Smart Switch untuk Mengatur Settingan Daya

Melalui fitur ini, user bisa mengandalkan smartphone untuk beralih secara otomatis ke modus penghematan energi lebih lanjut tanpa bersusah payah memindahkan modus yang diinginkan secara manual. Iya dong sekarang kan zamannya serba digital, kalau ada teknologi kenapa harus memilih manual.

Nah, Smart switch ini terdiri dari dua bagian yaitu:

  1. Modus switch by battery level yang membuat smartphone akan secara otomatis bergeser ke opsi Power Saving, Super saving, ataupun Customized untuk masuk ke setting sesuai yang sudah diatur oleh user. Selain itu battery level bisa diset oleh pengguna untuk memilih opsi 10% sampai 30% sebelum smartphone masuk ke modus penghematan yang dipilih.
  2. Modus switch by schedule. Opsi ini membuat user dapat mengatur kapan smartphone berada di modus Performance, atau di modus Power saving, Super saving ataupun modus lainnya untuk menghemat energi.

Misalnya begini, saya terbiasa tidur pukul 21.00 setiap malam dan akan beraktivitas kembali pukul 04.00 pagi, maka saya bisa mengatur agar di jam di mana saya tidak beraktivitas, smartphone masuk ke modus Power Saving. Nanti ketika saya mulai beraktivitas, secara otomatis ZenFone 3 Max masuk ke modus Performance tertentu yang membuat smartphone ON kembali.

Ketiga, Mampu Berbagi Daya dengan Reverse Charging

Melalui fitur reverse charging capability, ZenFone 3 Max dapat berubah fungsi menjadi sebuah power bank dengan menggunakan kabel USB on the go (OTG) untuk menghubungkan ke smartphone atau gadget lain yang akan diisi ulang.

Meskipun mampu membagi dayanya, user tidak perlu khawatir karena berkat software yang dimiliki ASUS ZenUI, maka akan mencegah ZenFone 3 Max mentransfer daya ke perangkat lain jika daya baterai yang ia miliki hanya tersisa tinggal 30 persen saja. Save ya jadinya.

asus-zenfone3-max

Keempat, Fotografi yang GaAdaMatinya

ASUS ZenFone 3 Max ZC553KL memiliki kamera utama dengan resolusi 16 MP dilengkapi dengan software ASUS PixelMaster Camera 3.0. dan Tri-Tech Autofocus. Autofocus ini dapat membantu user mendapatkan fokus dengan lebih cepat dalam berbagai kondisi. Tri-Tech Autofocus sendiri terdiri dari:

  1. Laser Auto-Focus yang membantu mendapatkan fokus secepat 0.03 detik sehingga momen sesingkat apapun tidak terlewatkan. Pada versi terbaru ini, jarak obyek yang bisa didapat dengan cepat hingga 3x lebih jauh dibanding teknologi Laser Auto-Focus sebelumnya.
  1. Phase Detection Auto-focus, kamera menggunakan sensor untuk mendeteksi kontras dari cahaya yang masuk ke lensa dengan cara membelokkan cahaya dari lensa menggunakan cermin menuju dua buah sensor Auto-Fokus.
  1. Continuous Auto-Focus menggunakan Laser Auto-Focus untuk tetap secara realtime melakukan fokus terhadap objek yang ada di depan terutama untuk obyek yang sedang bergerak.

Nah, ASUS Zenfone 3 Max ini dilengkapi dengan ASUS PixelMaster Camera yang dapat membuat user bisa memilih hingga 20 modus pemotretan untuk kamera belakang, dan 10 modus pemotretan untuk kamera depan. Menarik bukan?

zenfone-3-max

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut adalah spesifikasi teknis ASUS ZenFone 3 Max 5,5” ZC553KL:

Model ASUS ZenFone 3 Max ZC553KL
CPU Qualcomm Snapdragon 430 64-bit octa-core processor (1,4GHz)
GPU Adreno 505 450MHz
RAM 3GB RAM
Penyimpanan 32GB + 5GB ASUS Webstorage +  Google Drive 100GB free (2 years)
MicroSD Yes (up to 128GB)
Konektivitas 802.11b/g/n, Bluetooth V 4.0 +EDR, Wi-Fi direct
Jaringan FDD-LTE (Bands 1, 2, 3, 5, 7, 8, 20), WCDMA (Bands 1, 2, 5, 8), GSM/EDGE (850, 900, 1800, 1900 MHz) DC-HSPA+: UL 42 / DL 5.76 Mbps, LTE Cat4:UL 150 / DL 50 Mbps
SIM Card Micro SIM slot + Nano / MicroSD slot
Navigasi GPS, AGPS, GLONASS, BDS
Display 5.5” Full HD (1920 x 1080) IPS display, 77,5% screen-to-body ratio, 450nits
Video Full HD Video recording 1080p @30 FPS, Take still photo while recording
Baterai Lithium-Polimer 4.130 mAh
Kamera Belakang 16MP PixelMaster 3.0 camera with 1/3″ sensor size, f/2.0 aperture, Ultra-fast 0.03s TriTech AF system instant focus and subject tracking, Dual-LED real tone flash
Kamera Depan 8MP, f/2.2 aperture, 84˚ field of view
Sensor Proximity, Ambient light sensor, Gyro sensor, Ecompass, Fingerprint Scanner, Accelerator, Laser Sensor
OS Android™ 6.0 with brand-new ASUS ZenUI 3.0
Dimensi 151.4mm x 76.24mm x 8.3mm
Bobot 175g
Warna Titanium Gray, Glacier Silver, Rose Pink, Sand Gold
Harga Rp3.099.000

Jadi bagaimana? Sudah lebih jelaskan ya tentang ZenFone 3 Max yang GaAdaMatinya ini. Ada empat pilihan warna menarik sesuai dengan kesukaan masing-masing lho. Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat ya, kalau masih kurang jelas teman-teman bisa langsung meluncur ke website resmi ASUS in Search of Incredible.




20 Comments

  1. Ahmad Chels

    Reply

    Asus Memang Perusahaan yang up to date.
    Bagi penggila smartphone asus menjadi produk pilihan

  2. Oleh oleh Jepang

    Reply

    bagus sih, tapi saya tetep setia sebagai pengguna i phone. sudah jatuh hati sama fitur2nya, hehe.
    makasih infonya ya kak!

  3. monda

    Reply

    daya tahan baterai itu deh bikin mupeng
    sering kan lagi jalan2 pengen langsung unggah ke medsos tapi ditahan2 karena hemat baterai buat moto he.. he..

  4. Reply

    Hp saya yang sekarang udah gak kuat nih memorinya. Udah melambat kinerjanya. Hiks. Dan kebetulan si asus zenfone 3 max ini nongol, semoga ada rejeki untuk ganti si hp dengan hp yang ga ada matinya ini 🙂 Amiiin…

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.