Ceriakan Hari Bersama New Langit Musik




langit-musik

Sejak dulu saya selalu mengagumi orang-orang yang bekerja di bidang seni. Bagi saya mereka sangat cerdas karena bisa menghasilkan karya indah yang dapat mempengaruhi seseorang. Salah satu karya tersebut adalah musik karena bagi saya untuk menciptakan karya tersebut tidaklah mudah. Bayangkan dari deretan not musik lalu dapat dirangkai menjadi sebuah alunan musik yang indah perpaduan dari satu instrument dengan instrument lainnya. Itu sebabnya saya sangat berterima kasih kepada para seniman musik yang sudah berperan dalam memberikan warna dalam hidup melalui musik.

Musik sangat mempengaruhi mood saya lho. Kalau sedang down lalu mendengarkan musik, maka dalam waktu cepat dapat terpompa kembali semangatnya. Hal ini terjadi karena musik mampu membuat tubuh menghasilkan dopamin di dalam otak. Dopamin adalah zat kimia di dalam otak yang membuat seseorang menjadi bergembira [1]. So kalau sedang down jangan sampai lari ke hal-hal yang buruk, lebih baik dengarkan musik dan tentunya banyak berdoa juga.

langit-musik

Tidak hanya mempengaruhi mood, ternyata musik juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh lho. Seperti yang dilangsir oleh doktersehat.com [2], dari hasil studi yang dilakukan di Brunel University, London Barat menunjukkan bahwa musik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sebesar 15 persen serta meningkatkan semangat dan efisiensi energi sebesar 1-2 persen. Sebuah angka yang cukup berperan dalam pembentukan daya tahan tubuh selain asupan gizi tentunya.

Jadi tidak salah dong ya kalau saya menjadikan musik sebagai soundtrack hidup. Saat mendengarkan musik saya jadi seperti sedang berada di dalam adegan drama atau film.

Musik Sebagai Soundtrack Hidup

Sewaktu masih sekolah hingga menjadi mahasiswa, musik yang mendominasi kehidupan saya sehari-hari adalah Pop dan Rock. Linkin Park adalah band yang telah membantu membentuk diri saya hingga saat ini. Entahlah, rasanya setelah mendengarkan lagu-lagu dari Linkin Park, saya jadi lebih happy, tidak ngantuk dan selalu terbakar semangatnya. Kalau sekarang bagaimana? Sekarang sih karena mungkin sudah lebih “dewasa” umurnya jadi aliran rock sudah jarang didengar dan berganti dengan musik remix serta pop yang tentunya masih memberikan efek seperti dulu.

Kebetulan saat ini saya sedang asik mendengarkan musik dari negeri gingseng, Korea Selatan. Lho kenapa gitu? Bukan berarti saya tidak suka dengan musik dalam negeri, itu karena saya percaya bahwa musik dapat melangitkan mimpi.

Masih ingat kan dengan kisah musik yang membantu saya melangitkan mimpi ke puncak-puncak impian? Lagu Di Atas Awan yang dibawakan oleh Nidji menjadi salah satu soundtrack hidup saya untuk menggapai impian dan sampai sekarang masih saya dengarkan lho karena dapat membakar semangat.

langit-musik

langit-musik

Terkadang saya mendengarkan musik melalui laptop sambil bekerja, atau melalui smartphone ketika sedang mobile ke sana-sini. Sama seperti dua tahun yang lalu, untuk mendengarkan musik kesukaan, saya tidak perlu terlalu repot. Cukup memutarnya melalui Aplikasi Langit Musik melalui smartphone.

Langit Musik dan New Langit Musik

Langit Musik adalah layanan musik dari Telkomsel yang bekerjasama dengan PT. MelOn Indonesia. Layanan ini dapat dinikmati oleh pelanggan Telkomsel dan pelanggan dalam jaringan Telkomsel. Asiknya menggunakan Langit Musik adalah layanan ini bebas kuota data untuk streaming dan mendengarkan lagu offline. Pelanggan dapat mendownload dan melakukan streaming lagu secara legal tanpa batas baik melalui PC maupun smartphone. Ada lebih dari 6.000.000 lagu lokal dan internasional di Langit Musik yang dapat dinikmati oleh pelanggan.

Saya senang sekali dengan tampilan New Langit Musik yang ada saat ini. “Daebak!” begitu orang Korea mengatakan yang artinya keren!. Iya tampilan New Langit Musik berbeda sekali dengan yang saya gunakan dulu. Kalau dulu lebih terkesan standart tampilan aplikasi, sekarang lebih terlihat stylist, keren, dan lebih berwarna. Saya suka sekali dengan tampilan warna-warni dengan background hitam yang membuatnya nampak eye catching dan tidak melelahkan mata ketika melihatnya.

new-langit-musik

Untuk logonya sendiri juga mengalami perubahan. Kalau dulu logo Langit Musik berupa tulisan dengan background pola berwarna, sekarang lebih modern dengan huruf inisial dan icon headphone.

Sekarang mari kita kupas ada apa saja sih di New Langit Musik ini secara satu per satu.

Mengaktifkan New Langit Musik

Untuk mengantifkan aplikasi New Langit Musik cukup mudah. Masuk ke Play Store lalu ketik Langit Musik maka akan muncul nama aplikasi Langit Musik. Kemudian install aplikasi yang sizenya hanya 9.3 MB ini. Setelah terpasang lalu lakukan langkah berikut:

langit-musik

  1. Log in bagi pelanggan yang sudah pernah berlangganan, atau Sign Up bagi pelanggan baru. Saya memilih Sign Up karena nomor Telkomsel yang dulu pernah didaftarkan ke Langit Musik beserta Smartphonenya hilang, jadi harus mendaftar baru, hiks.
  2. Atur setting profile dengan mengatur data diri, memasukan foto dan pengaturan akun pribadi lainnya.
  3. Atur jenis Membershipnya apakah mau Freemium atau Premium. Saya memilih membership Premium 30 hari dengan hanya membayar Rp. 22.000,- yang dipotong langsung dari pulsa. Cara mengaktifkannya juga cukup mudah dengan memilih jenis membership pada menu Subscription di pengaturan akun dan ikuti langkah-langkahnya hingga berhasil. Atau melalui SMS dengan mengetik REG NEWLM dan kirim ke 96161. Nanti kalau mau berhenti berlangganan cukup mengetik UNREG NEWLM dan kirim ke 96161.

Layanan Premium juga tersedia untuk 7 hari hanya dengan membayar Rp. 6.600,- saja melalui pemotongan pulsa. Terjangkau sekali kan teman-teman. Nah apa sih perbedaan dari ketiga jenis membership, baik itu Freemium, Premium 7 hari dan Premium 30 hari. Berikut adalah perbedaanya:

langit musik

Oke setelah mengaktifkan Langit Musik di smartphone, sekarang waktunya berselancar pada fitur-fitur menarik Langit Musik, musiknya hidup kamu!.

Fitur Menarik di Langit Musik

Ada beberapa fitur menarik yang dapat digunakan untuk menikmati musik di Langit Musik, diantaranya adalah:

1. EXPLORE

Pada fitur Explore ada dua menu yang dapat digunakan untuk mendapatkan lagu yang kita inginkan yaitu For You dan Browse.

For You berisi beberapa playlist pilihan, rekomendasi lagu, popular track, playlist dengan genre pilihan pelanggan dan lain-lain. Contohnya nih karena saya sedang mencari lagu-lagu Korea, Langit Musik memberikan rekomendasi beberapa lagu Korea yang dapat saya pilih.

Browse berisi lagu-lagu New Release, TOP Hits, Trending Artis, atau pemilihan lagu berdasarkan Mood dan Genres.

langit-musik

2. #TAGSTATION

Fitur ini berisi playlist rekomendasi dengan berbagai pilihan warna musik, contohnya tag bahagia, surprise, sadness, classics, cinta Indonesia dan lain-lain.

langit-musik

3. TRENDING

Ini fitur yang keren menurut saya karena dapat melihat lagu yang sedang trending di beberapa daerah di Indonesia. Cukup dengan menekan salah satu tombol berwarna di salah satu daerah yang ada di peta Indonesia maka dapat melihat lagu yang sedang trending di daerah tersebut. Ini dapat menjadi masukan buat saya juga lho dalam memilih musik sekaligus upgrade lagu terkini.

langit-musik

4. MY MUSIC

Fitur ini membuat kita dapat melihat beberapa hal seperti lagu yang sudah didengarkan, banyaknya playlist yang sudah dibuat, lagu yang sering diputar, serta lagu yang masuk di dalam deretan Offline Music. Asik banget kan?.

langit-musik

5. NOTIFICATION

Di dalam fitur ini ada tiga menu yaitu Updates yang memberikan informasi tentang update terbaru dari Artis dan lagunya; Shared With Me untuk melihat aktivitas yang dilakukan oleh teman-teman serta artist di Langit Musik; dan Promos untuk mendapatkan promo menarik, layanan berhadiah serta aneka playlist pilihan.

langit-musik

6. SETTING

Bermanfaat untuk mengatur akun pelanggan seperti mengganti password, mengatur notifikasi, mengatur bahasa, memanage storage dan lain-lain.

langit-musik

Oke setelah mengetahui fitur apa saja yang ada di New Langit Musik, sekarang kita putar salah satu lagu yang ada di sana.

Lebih Jauh dengan New Langit Musik

Benar deh, musik sudah menjadi bagian hidup saya. Mendengarkan musik membuat hati jadi senang bahkan hingga bermimpi indah. Contohnya nih ketika sedang mendengarkan lagu Korea di rumah, rasanya seperti sedang berada di Korea beneran lho.

langit-musik

Itu karena saya benar-benar menghayati ketika mendengarkan lagu di Langit Musik berkat bantuan lirik lagu yang ada ketika musik berputar. Kalau sudah begini saya jadi bisa ikut bernyanyi. Tau sendiri kan kalau bahasa Korea itu agak rumit diucapkan hehe.

langit-musik

Sambil mendengarkan lagu artis atau band kesayangan, kita juga bisa melihat informasi mengenai mereka lho. Caranya, klik saja pada pada nama sang artis atau band ketika lagu sedang diputar. Nanti akan muncul informasi mengenai mereka dan lagu-lagunya. Sekalian saja follow artist atau band idola supaya tidak ketinggalan update terbaru dari mereka.

langit-musik

Nah supaya tidak kehilangan lagu dan artist yang disukai baik secara offline maupun online, segera masukan lagu yang disukai ke dalam playlist dan aktifkan menu offline. Caranya dengan menekan tombol III di kanan atas ketika lagu di putar, lalu pilih menu Listen Offline dan Add To Playlist. Lagu yang kita sukai tersebut akan tersimpan pada playlist dan dapat diputar meskipun tidak ada koneksi internet. Untuk mendengarkan lagu apa saja yang sudah masuk ke dalam playlist dan lagu apa saja yang dapat didengarkan secara offline dapat melihat di fitur My Music.

langit-musik

Saya suka deh dengan display lagu yang menyerupai piringan hitam ketika lagu sedang diputar. Kita bisa lho mempercepat atau memutar mundur lagu dengan menekan piringan hitam digital tersebut ke waktu yang diinginkan. Nah, kalau ada bagian lagu yang disukai biasanya akan saya putar ulang supaya lebih mendalam hehe. Dengan menggunakan piringan hitam digital tersebut tentu sangat memudahkan pengaturannya.

langit-musik

Oke sudah kita kupas semua fitur yang ada di New Langit Musik. Sekarang saya mau memberikan beberapa catatan terkait keunggulan dan kekurangan yang ada di New Langit Musik. Ini demi meningkatkan pelayanan bagi para penggunanya berdasarkan pengalaman setelah menggunakan aplikasi ini.

Keunggulan New Langit Musik

  1. Biayanya tergolong murah untuk dapat mendengarkan dan mendownload lagu yang tersedia di Langit Musik tanpa batas. Coba kalau dihitung, sehari hanya dikenakan biaya sekitar 733 rupiah untuk mendapatkan layanan Premium selama 30 hari. Atau kalau tidak mau menggunakan layanan Premium, pelanggan masih bisa menikmati musik dengan layanan Freemium.
  2. Tidak memakan kuota data internet meskipun mendownload lagu untuk disimpan dalam playlist.
  3. Dapat mendengarkan musik meskipun dalam keadaan offline untuk pelanggan premium. Jadi ketika sedang tidak ada kuota internet, musik tetap jalan terus dong.
  4. Mudah untuk mengaksesnya. Cukup dengan mendaftarkan nomor Telkomsel dan mendaftarkan membership maka sudah bisa menggunakan aplikasi New Langit Musik.
  5. Design lebih attractive dan menarik seperti halnya musik.
  6. Data playlist tetap tersimpan meskipun sudah berpindah smartphone. Kebetulan smartphone saya yang dulu hilang. Saya pikir setelah mengaktifkan New Langit Musik di smartphone yang ada saat ini maka saya harus menata ulang playlistnya. Ternyata itu tidak perlu karena playlist yang dulu masih ada di Langit Musik yang ada saat ini.

Kekurangan New Langit Musik

  1. Pada kolom search tidak ada history pencarian data sebelumnya. Mungkin kedepannya bisa menampilkan tambahan tersebut untuk memudahkan pelanggan agar tidak mengetik ulang terutama untuk judul lagu yang panjang. Jadi seperti pencairan di website yang mengetikan satu huruf saja sudah muncul link URLnya berkat ada history di pencarian.
  2. Masih ada beberapa lagu yang tidak ditemukan di dalam pencarian. Kebetulan saya senang mendengarkan beberapa lagu Korea. Ada beberapa lagu yang saya coba cari namun tidak ditemukan di dalam Langit Musik. Pada Menu Explore-Genres-Global memang ada beberapa lagu Korea namun jumlahnya masih belum banyak. Jadi, banyakin lagi dong hehe.

Berapa Rating untuk New Langit Musik?

[wp-review id=”10228″]

Oke terlepas dari itu semua, saya suka dengan aplikasi New Langit Musik. Soalnya membantu banget nih buat saya yang senang mendengarkan lagu. Dengan menggunakan Langit Musik, kita bebas mendengarkan lagu secara legal dan tentunya halal. Semoga kedepannya Langit Musik semakin sukses ya, saya mau menambahkan lagu ke play list dulu supaya makin ceria menyambut hari. Kamsahamnida!.

”Postingan blog ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Review Aplikasi Langit Musik kerjasama Langit Musik dan Warung Blogger”

Sumber Informasi:

[1] Hellosehat.com https://hellosehat.com/ini-dia-efek-genre-musik-terhadap-mood-kita/ [diakses tanggal 24 Februari 2017].

[2] Doktersehat.com http://doktersehat.com/4-manfaat-musik-bagi-kesehatan-pikiran-dan-tubuh/ [diakses tanggal 24 Februari 2017].

Sumber gambar yang diedit:

Gambar smartphone: http://pngimg.com/download/8505 [diakses tanggal 25 Februari 2017].

Gambar istana: http://content.time.com/time/travel/cityguide/article/0,31489,1848378_1848364_1847897,00.html [diakses tanggal 25 Februari 2017].




 

42 Comments

  1. Reply

    Aseliiiiiii… tulisannya keren banged Kak… Suka bacanya, animasinya buat mata bergerak-gerak kesana kemari mengikuti ayunan nada. Semoga menang Kak… Salam selalu dari Borneo… 🙂

  2. Reply

    Mbaa.. Aku belum berlangganan ih.. Pengen jadi pelanggan premium, tapi nunggu awal bulan..hehe..
    Tapi sebagai pengguna freemium aja, aku udah cukup puas koq. Meski ngga bisa dengerin musik kesayangan kalo pas offline sih.. 🙂

  3. Reply

    Aku bacanya detil kata per kata, trus suka bangeeet sama animasinya yang gerak-gerak itu! Cakep, mba Ev. Semoga menang, ya?.

  4. Reply

    Aku baru tahu kalo musik bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Hmm, kayanya emang sejak pindah ke Pemalang aku kurang mendengarkan musik nih. Paling cuma pas ngedit video anak-anak aja denger musik. Iya musik latar yang disediain YouTube gitu, hehehe. Btw, good luck ya, Mbak Ev. Ulasannya keren as always 🙂

  5. Silvie Amelia

    Reply

    Tak lekang oleh waktu..bagus banget dijadikan gambaran..itulho tulisannya..makasih kak sharingnya..hhh

  6. Reply

    terimakasih lho mbak sudah mengagumi orang yg bekerja dibidang seni *tersanjung*
    sayangnya saya bukan di bidang musik yak? hehe

    sepertinya sebentar lagi mau terbang ke korea ni mbak ev? postingannya berbau-bau korea terus. sukses mbak

    • Reply

      aamiin hehe doakan ya, iya orang2 yang bekerja di bidang seni itu cerdas menurut ku, perlu imajinasi yang tinggi untuk menghasilkan karya

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.