Fakta Menarik Tentang Korea Selatan




korea-selatanSewaktu ke Korea Selatan kemarin, saya berusaha memperhatikan dengan jelas bagaimana kehidupan nyata masyarakat orang Korea. Rasanya seru sekali melihat mereka berjalan, berbicara, bahkan ketika sedang makan. Saya memang ingin mempelajari budaya masyarakatnya sampai sebelum pergi ke negara gingseng tersebut, saya sudah mencari informasi bagaimana kehidupan asli mereka.

Sebenarnya di drama Korea sudah terlihat bagaimana kehidupan masyarakat Korea, namun sebagian di setting terlalu indah, fakta yang saya temukan ternyata lebih dari itu dan ada yang bertolak belakang lho. Nah, berikut adalah beberapa hal yang saya temukan di Korea Selatan berdasarkan apa yang saya lihat dan saya dengar.

Fakta Menarik Tentang Korea Selatan

1. Orang Korea Selatan pekerja keras

Guide kami waktu itu menunjukan beberapa gedung perkantoran yang masih menyala lampunya. Menurut dia, itu adalah orang yang masih bekerja dan memang jam kerjanya lebih panjang dibanding jam kerja di Indonesia. Saya sudah sering melihat hal tersebut di dalam drama Korea, kalau ada yang ingin pulang lebih dulu sementara yang lain masih bekerja rasanya kurang enak. Ternyata memang benar kalau mereka gemar bekerja.

2. Jangan bunuh diri

Entah bercanda atau tidak, saya diberi tau oleh guide ketika melewati gedung bursa efek dia berkata seperti ini: jika ada yang sahamnya turun, banyak orang yang pergi ke jembatan Sungai Han untuk bunuh diri dengan cara terjun langsung ke sungai tersebut. Makanya di pinggir jembatan tersebut ada banyak tulisan dengan kalimat β€œjangan bunuh diri”. Saya tidak asing juga dengan fakta tersebut karena sudah melihat adegan itu di drama Korea W Two World, saat sang tokoh bunuh diri di Sungai Han akibat depresi. Rupanya hal tersebut terjadi juga di dunia nyata.

korea-selatan

Adegan Kang Chul bunuh diri di jembatan Sungai Han, Source: http://www.dramabeans.com/

3. Mau masuk universitas S-K-Y di Korea Selatan? Harus terbiasa tidur 3 jam.

Ini apa yang saya dengar dari Mr Guide lagi ya, sampai saya tercengang. Tiga universitas terbaik yang ada di Korea Selatan adalah Seoul National University, Korea University dan Yonsei University. Ketiganya disingkat dengan nama SKY. Kalau mau menjadi mahasiswa di sana, harus terbiasa tidur tiga jam, sisanya ya belajar supaya pintar karena persaingannya cukup tinggi. Sepertinya saya belum tentu kuat untuk belajar di sana.

4. Porsi makan yang banyak

Ini entah apa kebetulan atau tidak, setiap kami makan baik siang maupun malam selalu diberikan porsi yang bisa dihabiskan untuk satu keluarga. Tetapi ketika saya tengok ke sebelah tempat duduk kami yang berisikan orang Korea, makanan tersebut dapat dihabiskan oleh dua orang saja. Seperti pada saat kami sedang makan malam di hari terakhir. Ada seporsi ayam dalam wadah besar yang harus dihabiskan oleh tiga sampai empat orang dalam satu meja. Segitu saja kami tidak mampu menghabiskan, tetapi orang Korea yang bahkan waktu itu saya lihat dua orang wanita dapat menghabiskan porsi tersebut lho, luar biasa!.

korea-selatan

Ini hanya dimakan oleh dua orang lho, kebetulan orangnya sedang keluar sata itu

5. Budaya antri

Kalau di Indonesia, orang sedang mengantri bis pasti berebutan untuk masuk ya atau kalaupun tidak berebutan, barisnya tidak rapih. Nah, berbeda dengan di Korea Selatan, mereka antri dengan rapih ketika menunggu bis, tidak saling menyela dan sadar diri untuk menghargai orang yang datang lebih dulu. Coba kita bisa begitu ya.

6. Jarang ada motor di jalanan

Waktu itu kami iseng bertanya ke guide kenapa di Korea Selatan jarang ada motor? Katanya motor hanya dipakai untuk pengantar saja atau delivery service, selain itu jarang ada yang membawa motor. Soalnya motor sangat bahaya digunakan di jalan Korea terutama ketika musim dingin atau menjelang musim semi karena jalanan licin yang menyebabkan banyak terjadi kecelakaan. Sehingga jarang sekali masyarakat yang menggunakan motor kecuali petugas delivery. Nah, katanya nih kalau ada istri yang sudah tidak suka dengan suaminya maka sang istri akan membelikan motor untuk suaminya. Itu sebenarnya sambil berharap supaya suaminya kecelakaan. Entahlah itu bercanda atau tidak, yang pasti motor jarang sekali di sana, memangnya di Indonesia yang menjadi pasar motor serta mobil.

korea-selatan

Motor jarang terlihat

7. Punya kulkas tersendiri untuk menyimpan kimchi

Orang Korea suka sekali dengan kimchi, makanya di rumah-rumah seperti di rumah Mr Guide tersedia kulkas besar khusus untuk menyimpan kimchi. Katanya semakin lama kimchi disimpan maka semakin enak. Sedangkan menurut saya rasanya akan semakin asam deh karena proses fermentasi.

8. Harga sewa apartemen sangat mahal

Ini curhatan Mr guide, katanya harga sewa apartemen di Seoul itu sangat mahal, mulai dari ratusan ribu won. Itu agak di pinggir Seoul ya, kalau di tengah-tengah terutama di daerah Gangnam jangan ditanya deh seperti apa mahalnya. Di Seoul memang banyak dibangun apartemen untuk tempat tinggal masyarakat.

9. Kalau masuk jalan tol harus pakai sabuk pengaman

Ini sepertinya sudah peraturan, jadi waktu itu kami masuk ke jalan tol diwajibkan menggunakan sabuk pengaman. Di setiap bangku dalam bis sudah tersedia sabuk pengamannya. Wah tertib sekali ya.

10. Demo masyarakat dilakukan di depan Istana Gyeongbok dekat Blue House

Akhirnya saya melihat sendiri deh aktivitas politis di Korea Selatan. Waktu kami ke sana, presiden Korea Selatan ternyata sudah diturunkan oleh masyarakat karena katanya sih akibat tersandung kasus korupsi. Jadi waktu kami ke sana, Korea Selatan sedang tidak ada presidennya dan hanya dipimpin oleh perdana menteri saja. Nah, kalau saya tidak salah dengar, pada tanggal 9 Mei 2017 diadakan pemilu untuk memilih presiden baru Korea Selatan. Saat saya di sana ternyata ada demo tandingan yang mendukung mantan presiden. Mereka keberatan kalau sang presiden diturunkan. Tapi kalau dilihat para pendukung itu lebih banyak orang tua daripada anak muda dan presentasinya lebih sedikit dari pada pendemo yang menuntut presiden diturunkan.

korea-selatan

Tampak polisi berjaga dari kejauhan

11. Budidaya tanaman tidak mudah

Untuk menanam padi di Korea Selatan hanya bisa satu kali saja yaitu pada bulan Maret atau April saat musim semi berlangsung menuju musim panas. Nanti panen padi dilakukan pad abulan Oktober atau November. Hal ini terjadi akibat adanya empat musim dalam satu tahun. Sedangkan budidaya sayuran juga ternyata tidak mudah lho di sana, harus menggunakan semacam rumah plastik untuk menumbuhkan sayuran. Itu yang saya dengar dari Mr. Guide. Pantas saja di sepanjang jalan terlihat banyak rumah plastik yang ternyata berisi tanaman. Berbeda dengan Indonesia yang dapat menumbuhkan tanaman sepanjang tahun berkat melimpahnya cahaya matahari.

korea-selatan

Rumah plastik tempat menanam sayuran

12. Di Korea hanya ada satu suku bangsa

Suku bangsa di Korea hanya ada satu yaitu suku Han. Jadi Korea Selatan dan Korea Utara suku bangsanya sama yaitu Han. Nah, kata Hanok yang berarti rumah tradisional Korea dan Hanbok yang berarti baju tradisional Korea itu mengandung kata Han dari suku bangsa asli Korea.

13. Beruang Korea memiliki ciri warna putih di leher

Mr. guide menjelaskan kalau beruang asli Korea berbeda dengan lainnya yaitu memiliki warna putih seperti bulan sabit di lehernya. Sementara rambut lainnya berwarna hitam, itu yang membedakan dengan jenis beruang lainnya

14. Gunung di Korea

70 persen luas wilayah Korea Selatan itu gunung. Tapi berbeda dengan gunung di Indonesia karena puncaknya terdiri dari batu-batu.

15. Patung Budha pemersatu

Patung Budha yang ada di Mount Seorak dibuat sebagai simbol untuk menyatukan Korea karena semenanjung Korea terbagi menjadi dua negara yaitu Korea Selatan dan Korea Utara. Seoraksan dekat sekali dengan Korea Utara sehingga dibuatlah patung Budha di daerah tersebut.

korea-selatan

16. Agama di Korea Selatan

Informasi dari Mr. guide menyebutkan bahwa 23% orang Korea beragama Budha, 14% Kristen, 10% Katolik dan 0.1% Islam. Nah, sisanya apa? saya lupa bertanya kemarin hehe.

17. Dilarang merokok di tempat umum

Peraturan di Korea Selatan melarang masyarakat merokok di tempat umum seperti tanman, rumah sakit, shopping mall dan lain-lain. Kalau nekat mau merokok, siap-siap saja akan didenda sebesar 100.000 won.

18. Wajib militer

Orang Korea Selatan harus wajib militer, kalau tidak mau melakukan wajib militer maka siap-siap saja untuk ditangkap dan dijebloskan dalam penjara selama tiga tahun. Selama mereka wajib militer, mereka digaji pemerintah lho. Untuk wanita mendapatkan gaji sebesar 1.800.000 won per bulan sedangkan pria 180.000 won per bulan, CMIIW. Mengapa wanita lebih besar? karena mereka sambil bekerja di camp ketika melakukan wajib militer.

19. Operasi plastik

Wanita Korea Selatan akan melakukan operasi plastik ketika dia sudah lulus SMA menjelang masuk kuliah sebagai hadiah kelulusan. Biasanya operasi plastik dilakukan saat musim dingin di daerah Gangnam. Di Gangnam banyak rumah sakit bagus untuk operasi plastik sekitar 1000 rumah sakit. Makanya di Gangnam kita bisa melihat banyak wanita yang cantik. Untuk operasi plastik daerah mata menghabiskan dana sebesar 2 juta won, operasi plastik daerah hidung menghabiskan dana sebesar 2 juta won dan untuk operasi payudara sebesar 4 juta won. Kalau ada orang luar yang melakukan operasi plastik di Korea Selatan maka akan mendapatkan surat keterangan dari rumah sakit agar bisa melewati imigrasi karena foto awal di passpor sebelum operasi berbeda dengan wajah baru setelah operasi plastik.

20. Masjid di Korea Selatan

di Korea Sleatan hanya ada tiga buah masjid, salah satunya adalah masjid Itaewon. Di sekitar Itaewon banyak orang asing dan makanan halal karena banyak orang arab dan afrika di situ.

korea-selatan

21. Jangan panggil ahjumma atau ahjussi

Wanita dan pria dewasa sekitar umur 40-50 tahun tidak suka dipanggil dengan sebutan ahjumma (untuk perempuan) atau ahjussi (untuk laki-laki). Mereka lebih suka dipanggil eonnie atau imoh untuk perempuan dewasa dan oppa untuk laki-laki dewasa. Ahjumma itu seperti ibu-ibu yang bicaranya keras dan memiliki rambur pendek keriting.

22. Korea berasal dari kata Goryeo

Korea berasal dari kata Goryeo. Dulu ada pedagang arab yang membeli gingseng Korea lalu menyebarlah berita tentang Goryeo sebagai penghasil gingseng namun banyak yang melafalkan Goryeo menjadi Korea sehingga disebutlan nama Korea seperti saat ini.

23. Usia lebih tua, aslinya lebih muda

Bayi yang baru lahir di Korea langsung dihitung umurnya sebanyak 1 tahun, berbeda dengan di Indonesia yang menghitung usia bayi dalam hitungan bulan terlebih dahulu hingga genap 12 bulan menjadi 1 tahun.

24. Zaman dulu mudah sekali kehilangan kepala

Dulu, jika ada rumah warga yang memasang ukiran seperti monyet dan naga di atap rumah maka dianggap makar sehingga pemilik rumah langsung dihukum mati. Begitupun ketika ada yang sengaja jalan di tempat raja di istana, siap-siap saja kehilangan kepala. Tetapi sekarang berbeda, waktu saya jalan di sana tidak apa-apa walaupun aslinya deg-degan.

korea-selatan

Zaman dulu dilarang keras berjalan di tengah-tengah, itu tempat raja!

25. Dulu anak laki-laki bertugas untuk belajar

Dulu anak laki-laki tugasnya adalah belajar dan kalau orang tuanya meninggal maka harus berada di pelataran orang tuanya selama tiga tahun sambil meratap mengucapkan kata “aigo-aigo”. Sekarang tidak perlu tiga tahun, cukup tiga bulan saja, CMIIW.

korea-selatan

Anak laki-laki zaman dulu harus meratap selama 3 tahun jika orang tuanya meninggal

26. Suami istri harus bekerja

Menurut penuturan salah seorang yang saya temui di sana, kewajiban untuk mencari rezeki itu tidak hanya dibebankan oleh suami saja, sang istri harus bekerja juga untuk menopang kebutuhan keluarga. Hal ini disebabkan oleh biaya hidup yang cukup tinggi di Seoul Korea Selatan. Berbeda dengan di Indonesia ya, istri tidak diharuskan bekerja membantu sang suami kecuali memang diperlukan.

Itulah beberapa fakta tentang Korea Selatan yang saya lihat dan saya dengar ketika mengikuti tour kemarin. Saya cukup puas ketika melihat kondisi asli orang Korea Selatan beserta Seoul. Sekarang jadi tidak terlalu penasaran lagi.




40 Comments

  1. Reply

    xi.. xi.. dikasih surat keterangan sudah permak wajah supaya bisa lewat imigrasi
    apa sih yang bikin orang sana kecanduan oplas, kenapa mereka nggak pede dengan wajah natural?

  2. Reply

    hahaha duh di sini malah banyak amir mba Ev yg pake motor πŸ˜€ disini klo dah ga cinta suami bukan dibeliin motor mba Ev dibeliin racun serangga πŸ˜€
    Seru y mb Ev makin kepengen bisa kesana smg terwujud aamiin

  3. Reply

    orang korea nafsu makannya besar juga ternyata, tapi kok kayaknya masih ideal-ideal aja ya mbak berat badan mereka XD

    ngga ada motor, tapi kendaraan roda 4 sebanyak di Indonesia ngga mbak? trus macet-macetkah?

  4. Hastira

    Reply

    makasih sharingnya , yanga ku tahu tuh yang gadis korea suka operasi plastik, padahal mereka punya kulit bagus ya putih

  5. Reply

    Wih Korea Selatan tentunya negara yang sangat menarik untuk dikunjungi. semoga bisa kesampaian kesana, tapi kapan, semoga saja.

  6. Fanny f nila

    Reply

    Beberapa aku udh tau, tp bnyk jg yg masih baru buatku infonya.. πŸ™‚ serius itu anak laki hrs meratap selama itu? :O

    Kalo yg ttg oplas, ada 1 temenku yg bela2in k korea utk oplas mba.. Dan pas dia balik kantor, itu awal2 mukanya serem bgt kyk abis ditonjokin, memar di mana2. Tp setelah 2 minggu, haluuuus dan baguus. Yg bikin aku iri mba, temenku yg oplas itu cowo loh wkwkwjwkw… Dia memang punya obsesi mw jd transgender. Kebetulan kantor tempat aku kerja memang punya asing dan kita ga melarang transgender.. Hasilnya oplas di sana aku akuin keren bgt :p

    • Reply

      wuihhh benar-benar berkualitas ya mbak, soalnya kata mr guide memang jadi cantik-cantik mbak, cuma ya itu kok pada mirip ya hehe

  7. Reply

    Wih banyak hal yang saya baru ketahui.

    Saya membayangkan Mbak Ev mencatat setiap fakta yang ditemui. Nyatatnya di mana, Mbak? πŸ™‚

  8. Dekcrayon

    Reply

    duh berarti kalo baca bio artis2 korea pemain drakor tu usianya setahun lebih muda ya mbk. sebagai penikmat drakor banyak yang baru aku tahu. semoga bisa travelling kesana juga kayak mbk. ?

  9. Reply

    Korea memang selalu menarik ya. Beneran deh mupeng ke Korea neh teh.
    Nah soal operasi plastik aku sering baca tuh, ternyata orang tuanya juga banyak yang mengizinkan ya.

  10. Reply

    Wah beda banget ya sama di Indonesia. Pantesan negara Korea Selatan menjadi negara maju, ternyata masyarakatnya pekerja keras. Ngomong ngomong gimana mbak rasa masakan disana? Enak kah?

  11. Reply

    porsi makan banyak mirip-mirip orang menado. Keluarga suami kalau makan banyak, sepupu cewek cantik2 makan bisa 2 piring :p
    Salam kenal mbak Evrina

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.