Hari Jumat Berkah

jumat-berkah

Jumat Berkah, Sumber Foto: http://catatanislam.com/10-keutamaan-hari-jumat/

Suka menghitung hari? Sama, saya juga. Nanti tiba-tiba sudah weekend aja, sama seperti yang saya rasakan saat ini. Sabtu dan minggu adalah hari yang saya sukai karena dapat berkumpul bersama keluarga. Selama weekend, saya juga dapat melakukan hobi yang tertunda yaitu budidaya tanaman, naik-naik ke puncak gunung, ngeblog atau mantengin oppa ganteng di drama korea hehe. Tapi ada juga lho hari yang saya sukai pada saat weekday yaitu hari kamis dan dan hari jumat. Mengapa begitu? Ada dua alasan tersendiri kenapa saya menyukai kedua hari tersebut.

Pertama, pada hari kamis dan jumat saya tidak perlu menggunakan PDH alias pakaian dinas harian yang berwarna cokelat itu. Selain rasanya kurang nyaman karena lekat dengan label pemerintah (lha iyalah wong kamu pelayan masyarakat toh ev!), juga karena pakaian tersebut kurang nyaman ketika dipakai kelapangan. Gerah abis pemirsa, rasanya kalau ke lapangan menggunakan PDH berasa seperti sedang sauna. Apalagi jenis bahan yang saya gunakan itu polyester yang tidak menyerap keringat. Makin jadi deh kepanasannya. Nah kalau hari kamis, kami diwajibkan menggunakan batik dan hari jumat sebenarnya juga masih menggunakan batik. Tapi saya sering menggunakan kaos serta celana kargo wanita karena jumat pagi saya harus membina kelompok ibu-ibu untuk budidaya tanaman di KWT Anggrek. Sayang banget kalau menggunakan batik karena mesti kotor-kotoran. Dari kantor juga tidak masalah sih, soalnya hari jumat merupakan hari olahraga sehingga banyak yang menggunakan pakaian sport dan tidak menggantinya lagi selepas olahraga.

Kalau pakai kaos dan celana kargo begini kan jadi enak untuk berkebun

Kalau pakai kaos dan celana kargo begini kan jadi enak untuk berkebun

Kedua, hari kamis biasanya kegiatan tidak terlalu padat. Kalaupun padat paling hanya rapat saja,dan biasanya hari kami situ ada saja undangan seminar dari Pusat Penelitian Pengembangan Tanaman Pangan (Puslitbangtan) yang diadakan dua minggu sekali. Saya belum ikutan lagi nih, nanti kalau ada dan materinya cocok insyaa Allah mau ikut lagi. Nah kalau hari jumat juga adalah hari yang disukai karena tadi saya dapat beraktivitas dengan ibu-ibu di KWT Anggrek. Kegiatan tersebut menyehatkan jiwa dan raga saya karena bertemu dengan ibu-ibu produktif yang tidak pantang menyerah. Subhanaallah.

Ketiga, hari jumat waktunya beribadah shalat jumat. Entahlah saya merasakan berkahnya juga walaupun tidak ikutan shalat. Rasanya kalau shalat zhuhur sewaktu hari jumat berasa nyaman aja gitu soalnya kantor kosong lantaran para bapak pergi keluar semua untuk shalat jumat jadi mushola juga tidak terlalu ramai oleh para jamaah. Kemudian biasanya ibu-ibu juga melaksanakan pengajian setelah shalat jumat, pertanda hari jumat memang membawa keberkahan.

Tetapi ada yang mengatakan memang kalau hari jumat membawa keberkahan lho, makanya kalau ada yang meninggal di hari jumat selalu dikagumi kebanyakan orang. Masih ingat dengan hari dimana Ust Jeffry Al Buchory wafat? Beliau meninggal di hari jumat dan subhanallah banyak yang menyalatkan saat itu sambil shalat jumat. Banyak yang menyatakan kalau meninggal dihari jumat pertanda khusnul khotimah, namun beberapa hadis masih dianggap lemah juga. Wallahualam ya teman-teman, yang pasti hari jumat insyaa Allah membawa keberkahan karena seperti yang saya baca dari berbagai sumber, katanya hari jumat merupakan hari diciptakannya Nabi Adam As, kemudian hari jumat merupakan hari terjadinya kiamat serta hari yang paling mulia dan mustajab untuk dikabulkannya doa-doa. Itu sebabnya saya menyukai hari jumat.

Hari jumat juga sering menjadi pilihan bagi bapak-bapak petani untuk kumpul bersama, karena menurut mereka merupakan hari yang panjang. Biasanya kami kumpul setelah shalat jumat di mushola atau tempat pertemuan lainnya. Kalau sudah kumpul biasanya suka kelamaan ngobrol tiba-tiba saja sudah sore lagi. Tapi tidak mengapa sih karena dapat mempererat tali silaturahim.

Yuk mari kita sambut hari jumat berkah dengan penuh suka cita, dan jangan lupa untuk selalu beribadah ya teman, ini berlaku untuk saya sendiri yang ibadahnya masih mau mundur, jadi malu sama umur.

18 Comments

  1. Reply

    Klo jumat ketemu yg ijo ijo gini mah lsngsung seger kak

    Persis kaysk ibuku, dika ketemu klompok yani hihi
    Bedanya ka ev ma penyuluh yg masi kinyis -kinyis

  2. Reply

    sama mbak aku juga hari Jumat pakai kaus aja. PSN ssoalnya
    kalau gerah abis PSN. mandi dulu dan tukar baju batik
    Kamis malahan agak repot, pakai encim dan sarung atau rok

  3. Reply

    Betul, Jumat berkah.. Aku suka hari Jumat, udah masuk weekend soalnya hehehe.. Tapi aku baru tahu nih kalau berbuat kebaikan seperti menyingkan batu di jalan dll itu termasuk sedekah, ternyata gak harus uang ya bersedekah itu.

  4. Reply

    Entah mengapa ya mbak Ev, tulisan ini tiba-tiba mengingatan saya tentang sesuatu pada hari Jum’at bertahun-tahun yang lalu, hehe..bisa dijadikan postingan nih ๐Ÿ™‚

    Jum’at mubarok ๐Ÿ™‚

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.