Silaturahim Sambil Dorong Industri Halal Indonesia di Hijab Celebration Day Bersama HIJUP

Minggu pagi saya bersama pak suami dan Melly, teman blogger, sengaja berangkat dari Bogor menuju Tangerang demi untuk bersilaturahim bersama saudara-saudari khususnya para muslimah. Rasanya sayang sekali jika melewatkan event yang digadang oleh HIJUP ini karena eventnya hanya setahun sekali. Apalagi temanya juga bagus dan sangat mendukung kehidupan para muslimah melalui Hijab Celebration Day.

Acara yang dikemas oleh HIJUP ini merupakan kali kedua dalam rangka memperingati movement world hijab day yang jatuh pada setiap tanggal 1 Februari. Untuk gelaran Hijab Celebration Day tahun 2019 ini, HIJUP berkolaborasi dengan Islamic Nexgen Fest milik Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Kegiatan ini bertujuan untuk menginspirasi para muslimah milenial agar dapat terus mengembangkan dirinya.

Berdasarkan informasi dari run down acara yang saya baca, ada berbagai aktivitas yang digelar di Hijab Celebration Day, di antaranya adalah kegiatan olahraga, interactive talkshow, hingga bazar curated halal industry.

Nah, bagusnya Hijab Celebration Day ini selain sebagai bentuk syiar untuk mengajak muslimah agar tetap produktif, kegiatan ini juga berperan dalam mendukung kemajuan industri halal Indonesia.

Seperti apa sih Hijab Celebration Day ini? Berikut saya ceritakan lebih lanjut selama saya mengikuti acara tersebut dari pagi hingga siang hari.

Sehat Bersama di Hijab Celebration Day

Hijab Celebration Day dilaksanakan pada tanggal 17 Februari 2019 di Bintaro X-Change Park, Tangerang mulai pukul 06.00-20.00 WIB. Hijab Celebration Day 2019 didukung penuh oleh Himpunan Bank Milik Negara Syariah yang meliputi BTN Syariah, BNI Syariah, Mandiri Syariah, dan BRI Syariah serta Wika, Pertamina, Telkom, dan Pegadaian.

Acara pagi itu dibuka oleh Diajeng Lestari selaku Chief Executive Officer HIJUP dan Ibu Airin Rachmi Diany selaku Walikota Tangerang Selatan yang dilanjutkan dengan kegiatan utama, yakni fun run 5k dan family run 3k. Sayangnya saya baru dapat bergabung saat sesi Epic Aerobic bersama Bella Loretta dan Richa Izkak digelar. Ramai sekali lho suasana saat itu. Meski hanya ikut sebentar, tetapi badan saya terasa segar ketika mengikuti gerakan aerobiknya.

Nikmatnya Kuliner Halal di Hijab Celebration Day

Lelah sehabis olahraga, para pengunjung dapat menikmati kuliner halal di booth kulineran yang ada di sisi kanan panggung. Saya dan pak suami yang memang belum sarapan pagi langsung menuju lokasi kulineran tersebut.

Menu yang ditawarkan sangat beraneka ragam lho, mulai dari aneka bakso, dimsum, seblak, pecel, dan aneka minuman nikmat. Saya dan pak suami membeli bakso serta dimsum karena kami membutuhkan yang hangat-hangat. Sementara beberapa teman terlihat mengantri di booth pecel yang terlihat enak juga.

Tempat kulineran ini penuh dengan pengunjung Hijab Celebration Day sehingga kami harus rela mengantri untuk mendapatkan makanan yang diinginkan. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan diimbangi dengan rasa yang enak. Saya sampai membeli tambahan cemilan berupa pentol yang pedas, lezat banget deh.    

Kunjungi Boothnya, Jangan Lupa Berfoto 

Perut kenyang, badan jadi segar, kami melanjutkan untuk berkeliling di booth yang ada di sekitar gelaran Hijab Celebration Day. Ada beberapa spot instagramable lho di sana yang asik untuk dijadikan konten instagram.

Di sebelah kiri panggung utama ada booth Islamic Nexgen Festival yang dipenuhi oleh Entrepreneur muda millennial. Kemudian ada booth foto, booth Natural Honey, booth Bukalapak yang sedang ramai di Twitland kemarin itu, serta dua booth khusus muslimah yang juga ramai diserbu oleh pengunjung yaitu booth Noore dan Hijup. Banyak diskon menarik yang ditawarkan seperti di booth Hijup yang memberikan diskon 50+20%.

Di sebelah kanan panggung utama juga tak kalah ramai pengunjung. Ada booth Semua Semua Murid Semua Guru, Faber Castel, kids corner, Nussa Corner, booth khusus pakaian anak-anak, dan booth BUMN seperti PT Pegadaian, Bank Syariah Mandiri, BTN Syariah, PT Bank BNI Syariah, dan PT Bank BRI Syariah.

Menikmati Acara Hijab Celebration Day

Setelah puas berkeliling di area Hijab Celebration Day, saya dan pak suami langsung merapat ke panggung utama untuk menyaksikan gelaran acara. Menjelang siang, acara Hijab Celebration Day dibuka dengan suguhan musik islami dari Aleehya. Subhanallah saya senang sekali bisa mendengarkan secara langsung lagu islami yang dibawakan oleh Aleehya. Rasanya seperti diingatkan lagi. Ini adalah salah satu cara dakwah yang indah menurut saya. Menggunakan pendekatan yang dapat diterima oleh berbagai pihak.

Acara kemudian berlanjut dengan sesi talk show dengan menghadirkan dua pembicara yaitu Diajeng Lestari dan Chafredica. Keduanya sama-sama mengajak para kaum milenial untuk memajukan industri halal di Indonesia karena Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia.

Diajeng Lestari menyampaikan bahwa Hijab Celebration Day yang dilaksanakan oleh Hijup merupakan ungkapan rasa syukur atas berbagai kemudahan untuk mendapatkan produk-produk halal serta akses untuk beraktivitas dengan tetap mengenakan hijab sesuai syariat. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi para muslimah untuk terus berkarya dan produktif yang selaras pula dengan campaign HIJUP yaitu Empower Change. Hal utama yang harus dikembangkan adalah komitmen bersama untuk menciptakan ekosistem industri halal yang diawali dengan sektor fashion muslim. Beliau kemudian menambahkan bahwa target menjadikan Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia pada 2020 sudah ada di depan mata, sehingga sinergi dan kolaborasi dengan semua stakeholder adalah solusi untuk mewujudkan visi bersama tersebut.

Selepas acara talk show selesai, saya dan pak suami mengunjungi booth Nussa Corner yang saat itu sedang ramai oleh anak-anak dan para orang tua. Mereka ternyata sedang mengikuti lomba mewarnai yang merupakan bagian dari rangkaian acara Hijab Celebration Day di Nussa Corner. Terlihat sekali lho anak-anak sangat antusias ketika mengikuti lomba tersebut.

Tak lama dari sudut Nussa Corner, saya dan pak suami kembali lagi ke panggung utama karena di sana ternyata sudah ramai sekali dengan pengunjung karena ternyata RAN sudah tampil di panggung. Suasana menjelang siang itu kembali meriah berkat iringan lagu yang dibawakan oleh RAN. Beberapa pengunjung yang mayoritas terdiri dari para muslimah terlihat menikmati dan ikut bernyanyi bersama RAN.

Saya dan pak suami memang tidak terlalu lama berada di area Hijab Celebration Day karena masih ada keperluan lagi di Bogor. Kami langsung kembali menuju Bogor begitu RAN selesai tampil di panggung. Satu yang pasti, ajang Hijab Celebration Day ini berhasil menyatukan tali silaturahim para muslimah sekaligus sebagai ajang untuk sama-sama memberikan insight kepada masyarakat mengenai hijab dan peluang perkembangan industri halal di Indonesia.  

12 Comments

  1. Reply

    Enak yaa kalau pas wisata kulineran semuanya halal, jadi aman deh mau ambil apa aja yang dipengen tanpa harus takut halal atau ga hehe..
    walau rame tapi tetep semangat yak mba :))

  2. Reply

    Wah keren ya Acaranya… ternyta gak cuma untuk akhwat-akhwat aja..

    ada mas-mas yang lagi makan juga tuh… seru banget pasti nikmatin makanan halal…

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.