Budidaya Sayuran di Pekarangan: Wadah Penanaman

Minggu lalu atau tepatnya dua minggu yang lalu kita sudah membahas bagaimana melakukan pembibitan tanaman. Sebagai informasi, benih selada dan tomat yang saya semai kemarin masih belum tumbuh. Sepertinya memang berasal dari faktor benih itu sendiri dimana kualitas benih sudah menurun. Kalau teman-teman menemukan hal ini, bisa menggunakan perlakuan untuk perkecambahan dengan meletakkannya pada kain…

Marhaban Ya Ramadhan 1436 H

Alhamdulillah dalam hitungan hari sebentar lagi bulan suci yang dinanti akan tiba. Semesta alam bahkan sudah mulai menyambutnya. Di lingkungan saya sendiri sudah ramai dalam menyambut bulan Ramadhan. Masjid maupun mushola sudah bersenandung dan memberikan ajakan untuk beribadah secara khusuk di bulan Ramadhan. Para santri yang ada di dekat rumah juga sudah mulai wara-wiri sambil…

Cermat Menabung Bersama Cermati

“Ditabung ya, jangan sampai kehabisan lagi”, begitu suami mengatakan sambil memberikan penghasilannya kepada saya. Meskipun saya memiliki gaji sendiri, suami selalu memberikan pendapatannya kepada saya untuk kemudian digunakan bersama. Saya lebih senang seperti itu karena jadi ada control apabila dipegang bersama. Saya memang belum cermat dalam mengatur keuangan terutama dalam dua bulan terakhir ini. Bisa dibilang dua…

Si Putih Kutu Kebul

Pekarangan rumah saya saat ini sudah lebih hijau, terlihat lebih asri ketimbang bulan-bulan sebelumnya karena sudah ditanami beberapa jenis tanaman. Beberapa tanaman yang ada di pekarangan seluas 6 m persegi ini diantaranya berupa sayuran seperti kaylan, oyong, cabai, tomat, caisin, dan kangkung serta tanaman obat keluarga seperti kumis kucing, binahong, jahe merah serta kunyit. Tanaman-tanaman…

Budidaya Sayuran di Pekarangan: Pembibitan

Minggu lalu saya sudah menulis mengenai cara pembuatan media tanam yang baik. Sekarang kita lanjut pada tahap selanjutnya yaitu penyemaian benih dan pembibitan. Tapi sebelumnya saya mau memberikan kabar duka dulu nih (kabar jelek kok dibagi hehe) karena oyong yang ditunggu-tunggu ternyata tidak bisa dipanen lantaran terkena ulat. Saya terlambat untuk mengantisipasinya karena baru sadar…

My Perfect Friday with WHO

Hari jumat ini adalah hari yang istimewa bagi saya. Kenapa gitu? Soalnya dari pagi sampai sore rasanya seneng banget meskipun kerjaan menumpuk. Alhamdulillah yah, begitu kata Tante Syahrini. Ini karena sejak bangun pagi saya sudah merasakan aura positif serta optimis yang terus terbawa hingga sore hari. Coba kalau setiap hari saya bisa begini pasti jarang…

Andai Aku Bisa Terbang Gratis, Aku akan Menemui Emak!

Pantai Seger di Lombok Timur –Foto kiriman dari Muzayyinatin (Mak Atin)– Andai a a a a a a aku bisa ke Lombok…… *sambil nyanyik* Bisa insyaa Allah bisa. Aamiin meyakinkan dalam hati. Sudah tau kan bagaimana indahnya pantai di Lombok? Siapa yang sudah pernah ke sana? Saya belum lho *pengumuman lagi*. Pasir putihnya, bukit-bukitnya, kulinernya…

Budidaya Sayuran di Pekarangan: Persiapan Media Tanam

Pagi ini saya sudah berniat untuk kembali membereskan pekarangan rumah yang sudah tidak terurus selama seminggu. Ada beberapa tanaman yang sebelumnya sudah saya panen yaitu caisin atau sawi hijau. Nah wadah bekas caisin ini saya gunakan kembali untuk menanam beberapa bibit yaitu seledri, cabai dan kangkung. Tetapi sebelumnya kita perlu menyiapkan dulu media tanamnya. Karena…

Jika Sudah Berjanji Harus Ditepati Lho!

Seminggu terakhir di bulan Mei 2015 ini saya akan kembali melaksanakan diklat (pendidikan dan latihan). Diklat kali ini terbilang aman untuk saya karena dekat dari rumah. Saya bisa membawa motor sendiri sehingga bebas untuk pulang pergi jika terjadi sesuatu di rumah. Sebenarnya saya senang sekali jika mendapatkan SP (surat perintah) untuk mengikuti diklat karena akan…

Abby Onety: Sahabat, Guru, Blogger yang Senang Travelling

Saya hanya berjumpa dua kali dengannya. Kak Abby begitu saya memanggilnya. Kakak baik yang memiliki nama lengkap Syairawati Magrib ini seorang guru plus blogger plus traveller juga lho. Lengkap deh pokoknya. Saya dikenalkan dengan Kak Abby ketika tahun lalu mengunjungi Makassar untuk menghadari suatu acara bertajuk Perdesaan Sehat. Nah, orang yang berperan dalam pertemuan kami adalah…