Review Smartphone Fotografi: ZenFone 3 ZE552KL




zenfone-3-ze552kl

ZenFone 3 ZE552KL adalah salah satu varian dari ZenFone 3 yang dikeluarkan oleh ASUS untuk para pecinta fotografi ponsel. Hanya dengan menggunakan smartphone, gambar yang dihasilkan memiliki kualitas yang tak kalah dengan gambar hasil kamera digital. Smartphone terbaru dari ASUS ini memiliki berbagai macam fitur pilihan yang membuat gambar layaknya hasil jepretan kamera digital. Teman saya saja sampai jarang menggunakan mirrorless setelah menggunakan ZenFone 3. Namanya juga build for photography jadi sangat mendukung para pecinta seni yang tidak ingin repot membawa kamera besar untuk menghasilkan gambar berkualitas.

Kebetulan sewaktu hadir di acara Zenvolution kemarin di Bali, ASUS memberikan ZenFone 3 ZE552KL secara cuma-cuma kepada seluruh tamu undangan. Saya pribadi mengucapkan banyak terimakasih kepada ASUS yang sudah berbaik hati memberikan smartphone terbarunya kepada kami semua. Dan sebagai bentuk terimakasih, saya mencoba untuk memberikan review singkat mengenai ZenFone 3 seri ZE552KL yang akan diuraikan lebih lanjut pada tulisan berikut ini.

Design ZenFone 3 ZE552KL

Design ZenFone 3 ZE552KL dan tentunya seri ZenFone 3 lainnya benar-benar berbeda dari seri ZenFone sebelumnya. Kok tau? Iya soalnya di rumah juga ada ZenFone lama yang saat ini sedang dipakai oleh bapak saya, coba lihat perbedaanya:

zenfone 3

Jauh sekali bukan? ZenFone 3 terlihat lebih elegant dengan kesan mewah baik dari sisi depan maupun belakang. Layar depan ZenFone 3 dilapisi oleh lapisan full kaca lengkap dengan design Zen circle pada tombol navigasi. Layarnya ini sudah berteknologi 2.5D Curve Glass dengan kaca pelindung corning Gorilla Glass 3 yang membuatnya terhindar dari goresan. Sampai sekarang, layar ZenFone 3 milik saya masih mulus meskipun sering dipakai untuk memotret di lapangan.

Nah sekarang kita lihat bagian belakang. Kesan pertama setelah melihat bagian belakang ZenFone 3 itu adalah silau memukau terlihat seperti sinar yang memancar berkat circle yang juga ada di belakang. Bagian belakang ZenFone 3 juga dilapisi oleh Gorilla Glass 3 2.5D Curve seperti layar depan untuk menghindari goresan. Di bagian belakang ini terdapat finger print yang dapat memudahkan kita untuk membuka smartphone secara cepat dengan menyentuhkan jari di atasnya. Hanya saja, buat saya bagian belakang yang memukau ini terasa agak licin di tangan, kalau sedang lengah bisa saja terjatuh, so harus diberikan pelindung yang sudah banyak dijual di toko-toko online.

zenfone-3-ze552kl

Tak hanya bagian depan dan belakang, sisi samping ZenFone 3 juga dibuat dengan kesan mewah berkat metal frame yang terbuat dari bahan aluminium alloy. Bahan ini merupakan bahan yang dipakai untuk pembuatan badan pesawat tempur sehingga membuatnya kuat meskipun jatuh atau terbentur sekalipun. Concentrate circle design juga bisa kita temukan di tombol power dan juga pengaturan volume, makin terkesan mewah saja deh ZenFone 3 ini.

zenfone-3-ze552kl

Kamera ZenFone 3 ZE552KL

ZenFone 3 benar-benar dibuat untuk fotografi. Dengan menggunakan smartphone saja, gambar yang dihasilkan sudah oke punya, bahkan pengambilan gambar dengan mode Auto (mode yang sering saya gunakan hehe) sudah menghasilkan gambar yang tajam dan clean.

Kamera Belakang

Kamera belakang ZenFone 3 ZE552KL berkekuatan 16 MP menggunakan sensor Sony Exmor RS™ IMX298. Kamera ZenFone 3 sudah menggunakan aperture 2.0 sehingga membuat cahaya yang dihasilkan cukup terang. Apalagi didukung dengan software ASUS PixelMaster 3.0 yang memiliki banyak fitur untuk menghasilkan fotografi ponsel sesuai selera. Fitur PixelMaster 3.0 yang terdapat pada ZenFone 3 diantaranya: Auto, Manual, HDR Pro, Beautification, Super Resolution, Children, Low Light, QR Code, Night, Depth of Field, Effect, Selfie, GIF Animation, Panorama, Miniature, Time Rewind, Smart Remove, All Smiles, Slow Motion, dan Time Lapse.

zenfone 3

zenfone 3

Saya sudah mencoba beberapa fitur tersebut, dan ini adalah hasil gambarnya:

Auto dengan HDR Auto

zenfone 3

Night

zenfone 3

Depth of Field

Effect

zenfone 3

Panorama

zenfone 3

Slow Motion

Kamera Depan

Kamera depan ZenFone 3 juga tidak kalah kerennya lho. Dengan kekuatan 8 MP dan fitur yang juga cukup banyak, membuat kita mudah untuk berselfie ria dalam kondisi apapun. Fitur kamera depan yang ada pada ZenFone 3 diantaranya adalah Beautification, Selfie Panorama, Auto, Night, HDR Pro, Effect, Low Light, GIF Animation, Slow Motion dan Time Lapse. Untuk menghasilkan gambar selfie dan wefie yang cantik, fitur Beautification dapat dipilih lalu kita dapat mengatur tingkat skin brightening, check thining, blush, dan lain-lain yang membuat wajah makin cantik atau ganteng.

zenfone-3

Berikut adalah beberapa contoh hasil kamera depan:

zenfone 3

Maaf yah, kamera depannya kebanyakan dipakai untuk selfie, maklum blogger narsis. O iya bagaimana dengan video? ZenFone 3 adalah smartphone termurah di kelasnya yang mampu menghasilkan rekaman video berkualitas 4K. Video dengan kualitas 4K menghasilkan gambar yang jernih meskipun mengambil gambar di dalam ruangan dengan cahaya yang kurang optimal. Teman saya kalau mau shooting video bersama pasti bertanya, kamera digitalnya sudah 4K apa belum? Dan ternyata ZenFone 3 sudah mendukung kualitas 4K, jadi bisa dong ya menghasilkan video dengan smartphone ini.

zenfone 3

Performa

Bagi pecinta multitasking tak perlu khawatir, berkat kapasitas RAM 4 GB dan prosesor Qualcomm Snapdragon 625 yang memiliki kecepatan hingga 2 Ghz menghasilkan performa yang maksimal bahkan ketika teman-teman menggunakan ZenFone 3 ini untuk main game. Selama menggunakan ZenFone 3 ZE552KL, saya belum merasakan lag, lancar saja ketika membuka ini-itu dalam waktu bersamaan.

zenfone 3

Memori internal tersedia dalam 2 varian yaitu 32GB dan 64GB. Memori yang sebesar itu sudah cukup untuk menyimpan beberapa gambar serta video. Nah, kalau mau menambah memori eksternal juga bisa karena ZenFone3 menyediakan slot untuk memori eksternal, hanya saja kalau slot tersebut dipakai, maka tidak bisa dual sim. Untuk sistem operasi sendiri, ASUS sudah menggunakan Android Marshmallow versi 6.0.1. yang menyediakan berbagai fitur menarik seperti fitur penghemat baterai yang dikenal dengan istilah doze.

Ada fitur unik lainnya yang saya sukai, yaitu pengingat kondisi, suhu, kelembaban dan lain-lain. Sebagai ibu penyuluh yang suka blusukan di lapangan sampai siang hari, saya sangat terbantu dengan fitur ini. Kalau terlalu lama di tengah terik matahari, maka akan muncul pengingat untuk tidak terlalu lama terpapar matahari. Jika sudah muncul pengingat seperti ini maka saya akan menyegerakan diri untuk menepi.

zenfone 3

Spesifikasi Lengkap ZenFone 3 ZE552KL

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai ASUS ZenFone 3 ZE552KL, berikut adalah spesifikasi teknis smartphone terbaru dari ASUS:

Model ASUS ZenFone 3 ZE552KL / ZE520KL / ZE520KL
CPU Qualcomm Snapdragon 625 octa core 64-bit 2GHz
GPU Adreno 506 650MHz
RAM 4GB / 3GB RAM
Storage 64GB / 32GB + 5GB ASUS Webstorage gratis
Micro SD Yes (up to 64GB)
Connectivity WIFI 802.11ac, MiMO Wi-Fi, Bluetooth 4.2, USB Type-C, Fingerprint sensor
Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100, LTE band 1 (2100), 2 (1900), 3 (1800), 5 (850), 8 (900), 26 (850), 28 (700), 39 (1900), 40 (2300), Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat6 300/50 Mbps
SIM Card Micro SIM slot + Nano / MicroSD slot
Navigation GPS, AGPS, GLONASS, Beidou
Display 5.2” / 5.5” FHD 1920 x 1080, Super IPS+ display with 178’ wide view angle,  Corning Gorilla Glass 3 display
Video Video Recording MPEG-4 1080 @30fps, Playback MPEG-4 up to 1080p
Battery Lithium-Polimer 3.000 mAh non removable
Main Camera 16MP Sony Exmor RS™ IMX298, f/2.0, Laser/Phase Detection Autofocus, OIS (4-axis), dual-LED (dual tone) flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Front Camera 8MP, f/2.0, 1080p
Sensor Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass
Audio Dual Microphone dengan Noise Cancellation, ASUS SonicMaster untuk suara lebih jernih dan bass lebih dalam dengan 5 magnet sound chamber
OS Android M with next-gen ZenUI 3.0
Dimension 146.9 x 74 x 7.7mm / 152.6 x 77.4 x 7.7mm
Weight 144g / 155g
Warna Sapphire Black, Moonlight White, Shimmer Gold

Demikian review singkat dari saya mengenai ZenFone 3 ZE552KL. Setelah mencobanya selama sebulan lebih, saya meyakini bahwa smartphone ini cocok untuk digunakan bagi teman-teman yang menyukai fotografi ponsel sekaligus bereksperience bersama smartphonenya. Selain banyak pilihan fitur, smartphone ini sangat compatible, enak dalam genggaman dan memiliki harga yang terjangkau untuk fitur yang ditawarkan.




39 Comments

  1. Hastira

    Reply

    wah tambah lagi nih yang bikin bingung kalau beli ponsel , karena semakin banyak yang baru denga fitur yang kece habis

  2. Reply

    Spec nya premium banget dengan harga yang ngak melangit tapi harus nya baterai yang di tanam itu lebih tinggi lagi. Sekarang sudah saat nya pake baterai diatas 4000 biar awet ngak bolak balik nyolok
    Tapi salut ama asus

    • Arif Wahyu

      Reply

      4000 MaH mampu bertahan berapa lama? terus lama ngecharge-nya berapa lama? tentu menjadi pertimbangan dong meski masih dibawah 3000 MaH, zenfone 3 ini bisa bertahan seharian, untuk ngecharge pun cepet 2 jam dah penuh. Nggak sering colak colok, kalaupun colok juga cepet ngisinya. 🙂

    • Reply

      hai kakak cumi terimakasih sudah mampir ya, buat traveler memang yang namanya baterai harus mendukung, ada spek yang lebih keren, ZenFone 3 Deluxe hehe

  3. Reply

    Dulu padahal pas mau lebaran pengen beli asus.
    Malah SPGnya nawarin hp yg lain-lain., jadi bingung :-/
    Akhirnya nggak jadi beli,
    Hehe

  4. Reply

    wah bakal bersaing ketat sama xiaomi nih, btw udh ada info belum harganya mbak?

    kalo saya liat sih ini hp bagian belakangnya terkesan mewah hehe

  5. Reply

    Aaaaa, itu hasilnya kece-kece banget Mbak fotonya. Padahal ada yg di area gelap tapi teteup bagus yaaa *mupeng*

    • Reply

      iyah soalnya memang dirancang untuk fotografi ponsel, tinggal akunya yg mengasah diri biar bisa pake hp ini dengan benar :p

  6. Reply

    Specnya dukung bnget meski baterai non removable sama dayanya 3.000 mAh, Apalagi premium banget dari bentuk Zenfone 3 nya. Siapa juga yang ga mupeng kalo dijejali Zenfone 3 ini,. xixixixii… Meski belum punya kamdig, bisalah dukup buat nunjang infografis blogging kamera Zenfone 3 inih… hhee modenya buanyakk hhhee..
    Kapaann bisa punya hape ASUS..? hihii…

    • Reply

      ikutan lomba blognya rohma, siapa tau beruntung, nanti kalo ada tapi, iya pilihan fitur kameranya banyak, puas buat fotografi

  7. Rosiy Wibisono

    Reply

    Kewl parah! Gils gils gils…

    Jadi keinget hapeku dulu yang rusak masuk ke bak kamar mandi wkwkwk. Dulu aku ngerasa hape itu udah bagus banget buat motret, eh ternyata… Makin kesini makin banyak yang lebih keren. Bahkan gak kalah sama kamera konvensional.

    Eh btw, tahu kan apa maksud kewl sama gils? Wkwk

  8. Dee - @HEYDEERAHMA

    Reply

    Jernih ya hasil fotonya 🙂 Tapi yang paling penting di handphone sekarang selain fitur yang beragam, wajib punya memori dan ram yang gede biar nggak gampang lemot. Asus sepertinya memberikan all package in one smartphone ya 😉

  9. Indra Jayanegara

    Reply

    ka, itu OS nya bsa d upgrade ga? Itu hp udh keren bgt, tpi klo misalnya bsa upgrade d jaman sekrng pasti ga akan kerasa kya hp lama. Makasih

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.