Sistem Baru, Semangat Baru




evrinasp

Hola teman-teman, apa kabar nih di tahun baru? Postingan saya di awal tahun ini mau berisi curhat saja sebelum nanti serius mau garap konten sesuai niche lagi. Itu cita-cita sih, semoga terwujud ya, paling tidak jangan terlalu banyak oot-nya hehe.

Bagaimana dengan hari pertama di tahun barunya? Bagi yang bekerja pasti mulai sibuk beraktivitas lagi ya. Terus bagi para ibu juga pastinya sama, sibuk menyiapkan keperluan suaminya dan anak-anak, apalagi anak-anak sudah masuk sekolah.

Kalau aktivitas saya di minggu pertama tahun 2018 ini bisa dikatakan agak jetlag. Soalnya di kantor tempat saya bekerja mulai menerapkan sistem baru yang bermanfaat untuk mendisiplinkan para pegawai, tentunya dengan imbalan yang setimpal. Bagi saya itu sangat adil sih, jadi tidak ada kejealousan di sana-sini karena semua akan mendapatkan sesuai kinerjanya.

Terus apa yang membuat jetlag dong? Karena sistem baru ini di minggu pertama belum disosialisasikan. Saya masih meraba-raba harus seperti apa pelaksanaan kerja saya nanti dan itu cukup mengganggu bagi saya. Di dua hari pertama saya agak merasakan sedikit pusing karena harus adaptasi dan mencerna keadaan. Baru deh setelah hari ketiga dan seterusnya mulai agak bisa menerima sistem baru.

Bukan hanya sistem baru saja, di kantor saya terjadi rotasi yang dapat dibilang cukup besar efeknya bagi pelaksana teknis di bawah. Ini berlaku untuk para atasan saya, kalau saya dan teman-teman yang di lapangan tidak terlalu berpengaruh. Di situlah saya bersyukurnya tidak jadi pejabat, independent, tidak diutak-atik. Namun, saya harus adaptasi lagi nih kalau nanti terpaksa harus punya atasan baru.

Atasan saya yang sudah pensiun dulu pernah mengatakan kalau saya harus siap terhadap perubahan yang terjadi. Di lingkungan instansi pemerintah yang namanya rotasi itu cepat sekali terjadinya. Kalau karyawannya tidak bisa beradaptasi nanti malah jadi pusing sendiri. Saya jadi ingat apa kata pak suami, syukurnya saya ini seperti bunglon, mudah adaptasi dengan lingkungan, jadi ya tinggal ikuti saja.

evrinasp

Kemudian ada satu hal lagi yang agak membuat saya cukup pusing yaitu semua pelaporan yang serba online. Bukan masalah onlinenya sih, justru saya malah senang jika harus dilaporkan secara online. Impian untuk paperless akhirnya terwujud juga. Pepohonan akan lebih lestari pastinya.

Terus apa dong yang membuat kamu pusing Ev? Itu karena aplikasi pelaporan onlinenya tidak satu pintu. Kalau dihitung ada 4 halaman pelaporan online yang harus di isi. Belum lagi untuk aplikasi pelaporan online lainnya. Masing-masing sub instansi memiliki halaman tersendiri. Andai bisa satu portal ya, sepertinya akan lebih memudahkan.

Setelah mengalami beberapa hal di atas, apa yang akan dilakukan dong? Yang pasti saya harus lebih disiplin, mematuhi jam kerja yang berlaku sehingga pekerjaan yang ditarget sehari harus beres dalam hari itu juga. Jadi, saya tidak perlu membawa kerjaan lagi ke rumah, seperti tahun kemarin itu.

Selain disiplin, saya juga harus rapih dalam pencatatan. Saya memiliki buku diary kerja, semua hal harus tercatat di situ, jangan sampai hilang karena jenis setiap pekerjaan harus dipertanggung jawabkan.

Dan hal terakhir yang saya lakukan di awal tahun 2018 ini adalah merapihkan soft file serta hard file. Berkas yang masih saya simpan hanya berkisar dua tahun ke belakang. Sisanya dimusnahkan saja, hanya disisakan yang benar-benar penting.

Huffff…berasa banget deh tahun 2018 ini akan lebih hard lagi untuk pekerjaan saya. Itu masih terkait urusan sendiri lho, belum kalau nanti ada hubungannya sama petani.

Terus kalau soal blogging bagaimana? Menjadi blogger adalah profesi saya yang kedua, saya akan tetap mengutamakan profesi sebagai penyuluh dulu. Ngeblog akan saya isi di sela-sela waktu dengan tetap mengutamakan kesehatan tentunya.

Ada yang sudah saya lakukan menjelang tahun baru untuk urusan blogging ini, seperti merapihkan kategori pada blog agar tidak terlalu banyak dan lebih simple. Coba saja lihat kategori di blog ini, hanya ada beberapa saja tidak sebanyak dulu.

Saya akan lebih santai saja untuk urusan blogging, dinikmati. Ketika bisa update blog ya segera update blognya, jangan pantegin media sosail. Kalau sedang ingin ikutan lomba, ya ikutan jangan setengah-setengah sampai salah baca tema lomba hehe. Jadi pelajaran banget deh tuh.

Ya sudah segitu saja curhatan saya sebagai pembuka blog di tahun ini. Semoga masih tetap ada manfaatnya. Ganbate!.

*626 kata




25 Comments

  1. Reply

    Aku juga pernah ngerasain perubahan sistem manual ke online, ribet sih, tapi memang sesuatu yang online lebih memudahkan bagi yang suka komputer. Bagi yang anti technology baru biasanya ga suka hehehe

  2. Reply

    Setiap kali ada sistem baru, akupun ngalamin yg sama mba. Awalnya bingung, tp lama2 jadi biasa. Cm sebelnya, kalo di bank ku, SOP nya itu cepet bgt berubah.. Sbnrnya itu krn kita memang baru integrasi dengan bank lokal, yg mana semua aturan jd berubah.. Masih banyak yg blm fix, so staff lah yg jd mnderita krn hrs inget2, baca lagi semua aturan baru. Giliran udah inget, eh berubah lagi hahahahah.. Yo wis lah.. Nikmatin aja. Bersyukur msh bisa kerja ya mba..

    • Reply

      Iya paling ujung2nya aku bersyukur aja, ini udah dua kali penggantian hal yg baru, tahun kemarin adaptasi, tahun sekarang ya adaptasi juga

  3. Reply

    sampe sekarag masih geleng2 kepala dan amazing gimana cara mbak bagi waktu antara pekerjaan, urus rumahtangga dan ikut lomba blog. Karena kalo saya, wah mana sanggupppppp….hehehehe

  4. Pingback: Solusi Protein SO GOOD Membantu Memenuhi Kebutuhan Gizi - Agricultural Extension Officer, Blogger, and Dreamer

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.