Cara Membuat Empek-Empek Palembang (Belajar dari Mba Dewi)

Hari Minggu tanggal 2 November 2015 kemarin, saya dan teman-teman Asinan Blogger bertandang ke rumah Mbak Juliana Dewi Kartika untuk belajar membuat Empek-Empek Palembang. Mbak Iwed, panggilan akrab dari mbak Dewi ini dengan senang hati menerima kami belajar membuat empek-empek dari A hingga Z.

Saya sungguh takjub karena ketika saya sampai di rumahnya, sudah tersedia empek-empek matang beserta tekwan hasil olahan tangan Mbak Iwed. Mbak Iwed kemudian menawarkan untuk mencicipi empek-empeknya dulu sambil menunggu teman-teman lainnya. Tanpa basa-basi, saya dan keluarga beserta Melly yang sudah lebih dulu sampai langsung mencoba empek-empek yang ditawarkan. Hmmmm… rasanya nikmat pake banget, te o pe be get e lah pokoknya. Empek-empek Mbak Iwed sungguh juara.

Mbak Iwed kemudian bercerita, dulu dia sempat menerima pesanan empek-empek dari teman-temannya. Hanya saja karena peminatnya semakin banyak, Mbak Iwed memilih untuk berhenti membuat empek-empek lantaran sudah kewalahan. Sekarang, Mbak Iwed masih membuat empek-empek, tapi hanya untuk kondisi tertentu saja, seperti pada waktu Tim Asinan yang ingin belajar membuat empek-empek saat itu.

empek-empek

Suasana Belajar Membuat Empek-Empek

Setelah Tim Asinan berkumpul, kamipun siap mempraktekan cara membuat Empek-Empek Palembang. Berikut adalah bahan dan alat beserta cara membuatnya:

Cara Membuat Empek-Empek

Bahan

Ingat kata kuncinya: 1:7:35 yaitu:

  • 1 Kg Daging Ikan Tegiri, Gabus atau lainya yang sudah digiling halus (kalau mau menghasilkan 1 Kg daging ikan giling maka kita harus menyediakan 1,5-2 kg ikan)
  • 700 gram satu (sagunya harus Sagu Tani ya)
  • 350 cc air (kalau ikannya bari digiling maka gunakan air dingin dari kulkas, kalau daging gilingnya baru dikeluarkan dari kulkas maka bisa menggunakan air biasa)
  • 3 sdm makan garam
  • 3 sdm gula putih
  • ½ bonggol bawang putih, dihaluskan
  • Lada putih secukupnya
  • Bumbu instant secukupnya (kalau tidak mau menggunakan juga tidak apa-apa)
  • 1 butir telur

Alat

  • Baskom
  • Sendok
  • Mixer
  • Gelar ukur
  • Nampan
  • Panci

Cara Membuat Adonan Empek-Empek

  1. Masukkan daging ikan ke dalam baskom
  2. Buatlah adonan bumbu yang terdiri dari bawang putih yang sudah dihaluskan, lada, garam, gula, bumbu dan telur yang diaduk hingga rata
  3. Masukkan adonan bumbu ke dalam baskom berisi ikan
  4. Tambahkan air lalu aduk dengan menggunakan mixer
  5. Masukkan sagu dan aduk hingga kalis
  6. Bentuklah adonan menjadi beberapa bentuk empek-empek
Empek-Empek

Adonan Empek-Empek

Cara Membentuk Empek-Empek

Ambil nampan lalu taburi sagu agar adonan tidak lengket pada nampan

Membuat Empek-empek Kapal Selam Kecil

  • Ambil satu sendok adonan empek-empek untuk dibuat kapal selam
  • Giling adonan tersebut hingga berbentuk silinder
  • Tusuk bagian bawah empek-empek untuk membuat lubang
  • Masukkan telur yang sudah dikocok hingga setengah tinggi lubang. Jangan sampai penuh mengisinya karena telur bisa pecah dan keluar dari empek-empek ketika sedang direbus
  • Lalu tutup dengan cara menyatukan bagian atasnya

Empek-empek

Membuat Empek-Empek Kapal Selam Besar

  • Ambil adonan empek-empek sebanyak 150 gram
  • Giling adonan tersebut hingga berbentuk silinder
  • Tusuk bagian bawah empek-empek untuk membuat lubang
  • Ambil kuning telur dan sedikit putih telurnya lalu masukkan telur tersebut ke dalam lubang yang sudah dibuat
  • Kemudian dengan cara menyatukan bagian atasnya

Empek-empek

empek-empek

empek-empek

Membuat Empek-Empek Lenjer

  • Ambil adonan empek-empek sebanyak 250 gram
  • Giling adonan tersebut hingga berbentuk silinder
  • Biarkan bentuknya seperti ini saja pada saat merebusnya, sebelum digoreng empek-empek bisa dipotong menjadi ukuran yang lebih kecil

Empek-empek

Kemudian setelah empek-empek selesai dibuat, kita tinggal merebusnya hingga matang. Empek-empek yang tadinya tenggelam akan mengambang sebagai pertanda bahwa empek-empek tersebut sudah matang. Langkah selanjutnya adalah menggoreng empek-empek atau mengkonsumsinya secara langsung setelah direbus.

Cara Membuat Cuko

Bahan

  • 1 Kg Gula Aren
  • 1 Liter air
  • ¾ Asam Jawa (dari satu batang asam jawa yang panjang)
  • 100 gram cabe rawit, haluskan
  • 6 Bonggol bawang putih, haluskan
  • Garam secukupnya

Cara Membuat

  • Rebus air, gula aren dan asam jawa hingga tercampur dan mendidih
  • Masukkan bawang putih dan cabe
  • Masak hingga mendidih dan matang
  • Dinginkan dan saring sebelum dipindahkan ke dalam wadah

Selesai dan empek-empek siap untuk disajikan. Selamat makaaannnnn….

Saya puas banget karena kemarin bisa belajar dan mencicipi empek-empek gratis di rumah Mbak Iwed. Seinget saya, saya berhasil menghabiskan empat mangkok empek-empek dan 1 mangkok tekwan. Asli kenyang banget, saya sampai ‘gak makan malam lagi.

Selepas membuat empek-empek, acara berlanjut ke sesi selanjutnya yaitu foto-foto. Lingkungan di sekitar rumah Mbak Iwed sangat cucok untuk kita berfoto ria. Sayangnya saya tidak bisa lama-lama di sana karena langit mulai mendung sementara saya membawa Alfi dan suami untuk ikut serta. Akhirnya, saya langsung meminta izin untuk pulang lebih dulu kepada teman-teman Asinan.

Benar saja kan, begitu kami keluar dari gerbang perumahan, hujan langsung turun deras membasahi bumi. Saya langsung turun menggunakan Payung Lipat untuk naik angkot (angkutan kota) bersama Alfi, sementara motor dibawa oleh suami. Saya dan Alfi melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot. Di belakang kami, suami masih setia mengikuti angkot yang kami tumpangi hingga pulang ke rumah.

Acara hari itu berlangsung sukses, saya senang karena bertemu teman-teman Asinan, mendapatkan ilmu baru dan juga kenyang karena jamuan dari Mbak Iwed. Nah, buat teman-teman yang mau tau Mbak Iwed, ini lho blognya:

Juliana Dewi

Sampai jumpa lagi ya pada kelas selanjutnya. Salam hangat dari Bogor.

37 Comments

  1. ara

    Reply

    asinan saya pikir arisan mbak

    wah, enak dong pada bisa buat sendiri di rumah.

    liat soal pempek, saya jadi seneng baca postingnnya karena emang kesukaanku

  2. Reply

    Waaah sayang yo, banyak pesanan kok malah berhenti, bukannya nambah asisten. Naksir timbangannya itu eh, heheee… Salam untuk mbak Iwed, mau nyoba resepnya. Selama ini males bikin empek2 krn kalo digoreng meledak-ledak. Moga2 ini enggak.

  3. Reply

    Jiah! Pas mampir ke tempat mbak Evrina isinya makanan. Bikin ngiler aja haha. Itu juga salah satu makanan kesukaanku lho. Nanti mau minta tolong adek ah pangbuatin pempek kapan-kapan. Makasih ya mbak ulasannya ^^

    Makan pempek tuh uenaaak banget, mbak. Apalagi kalau tinggal makan hihihi

  4. Pingback: Kangen Empek-Empek Palembang | Evrina Budiastuti

  5. Reply

    aku punya tante kalo buat empek-empek rasanya enak banget dan nendang deh…
    apa resepnya sama juga yah kayak yang diatas ??

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.