Menikmati Cita Rasa Restoran Sunda di Bumi Aki




evrinasp

Suatu hari saya dan Teh Ani, rekan kerja di lapangan sempat mengkhayal begini: andaikan sehabis lelah dan kepanasan di lapangan, kami bisa menikmati makan siang di saung yang ada di sawah. Suasananya pas banget lho, ada semilir angin dan juga suara aliran sungai. Sayangnya hingga saat ini, hal tersebut masih menjadi khayalan saja karena niatan tersebut masih berupa wacana. Maklum deh sesama ibu-ibu rempong, kami tidak terlalu sering membawa bekal makanan ketika di lapang. Biasanya kalau sudah lapar, kami langsung saja mencari warung makan terdekat.

Tetapi setelah kemarin kami berdua berkeliling di lapangan, akhirnya kami memutuskan untuk merealisasikan pengandaian yang selama ini menjadi wacana. Kami ingin memberikan apresiasi untuk tubuh yang selalu diajak untuk berpanas-panasan dengan berwisata kuliner sehabis bekerja. Dan niatan tersebut akhirnya terwujud dengan mengunjungi sebuah restoran sunda di Rumah Makan Bumi Aki.

Mengapa ke Restoran Sunda Bumi Aki?

Sebenarnya di sekitar kantor kami terdapat beberapa rumah makan. Namun untuk rumah makan yang bernuansa sunda jarang sekali. Karena kami ingin menikmati kuliner sunda di sebuah saung, maka kami memutuskan untuk pergi ke restoran sunda Bumi Aki yang salah satu cabangnya ada di Kota Bogor.

Sesuai dengan namanya: Bumi Aki, rasanya seperti kembali pulang ke rumah Aki (kakek) yang identik dengan suasana pedesaan, tenang dan damai. Saat saya memasuki restoran sunda Bumi Aki, nuansa tersebut dapet banget, apalagi untuk suasana Bumi Aki yang terletak di puncak. Pemandangan Gunung Gede-Pangrango menambah suasana semakin hangat untuk berkumpul bersama keluarga dan teman-teman sambil kulineran.

bumi-aki

bumi-ak

Kalau teman-teman sering main ke Cianjur atau ke puncak Bogor, di pinggir jalan pasti pernah melihat restoran sunda Bumi Aki. Rumah Makan Bumi Aki meskipun bernuansa sunda bukan berarti hanya menyediakan masakan sunda saja lho. Di Bumi Aki juga tersedia masakan khas daerah lain dan juga menyediakan masakan Chinese. Jadi kalau nanti kita gathering sambil kulineran bersama teman di Bumi Aki, bisa memilih aneka masakan sesuai dengan selera.

Bumi Aki juga Merupakan Restoran Keluarga

Menurut saya dan Teh Ani, selain bernuansa restoran sunda, Restoran Bumi Aki ini juga sangat cocok untuk menjadi sebuah restoran keluarga. Itu karena di Bumi Aki tersedia berbagai fasilitas yang mendukung untuk anak-anak hingga orang tua.

Beberapa fasilitas tersebut diantaranya adalah tersedianya pilihan tempat makan mulai dari area outdoor berupa lesehan dalam saung serta kursi santai untuk keluarga. Kemudian, di sana juga tersedia area indoor untuk pengunjung yang menginginkan tempat lebih tertutup lagi.

bumi-aki

bumi-aki

Kursi untuk balita juga tersedia lho, sehingga semua keluarga dapat menikmati acara berkumpul bersama dengan tenang dan nyaman. Fasilitas lain yang tersedia di Bumi Aki yaitu tersedianya area bermain untuk anak-anak yang berusia di bawah 10 tahun. Di sini anak-anak tidak hanya dapat menikmati kuliner lezat dari Bumi Aki, tetapi dapat bermain juga lho.

bumi-aki

bumi-aki

Selain sebagai restoran keluarga, Bumi Aki juga cocok untuk dijadikan tempat gathering bersama teman dan rekan kantor. Kemarin sewaktu ke Bumi Aki yang ada di jalan Pajajaran Bogor, saya sudah melihat beberapa fasilitas pendukung lainnya. Di sana tersedia lahan parkir yang cukup luas baik untuk kendaraan mobil maupun motor. Petugas security juga membantu sekali ketika kemarin saya dan teh Ani memarkirkan kendaraan di sana.

bumi-aki

Fasilitas lain seperti mushola, toilet, sarana hiburan musik berupa live music juga tersedia di Bumi Aki. Lengkap deh, kalau sudah di dalam Bumi Aki tinggal kulineran sambil menikmati suasana asri khas pedesaan saja.

Pelayanan di Bumi Aki

Senyum ramah dari akang teteh staf Bumi Aki menyambut kami ketika menginjakkan kaki di pintu masuk restoran. Kami langsung disambut untuk memilih tempat yang nyaman sesuai dengan selera. Saya dan Teh Ani sejak awal memang ingin bersantap siang sambil lesehan di sebuah saung. Kebetulan ada saung yang masih kosong sehingga kami dapat langsung duduk di sana.

bumi-aki

Teteh staf Bumi Aki kemudian datang membawakan dua buah buku menu untuk kami pesan. Kami dipersilahkan untuk melihat-lihat menu yang ada terlebih dahulu dan dapat memanggil kembali apabila sudah siap memesan. Saya dan Teh Ani termasuk yang cerewet juga lho soal makanan. Kami bertanya kepada si teteh yang melayani mengenai beberapa menu yang akan kami pesan tentang ingredientnya. Si teteh menjawab dengan jelas sehingga kami yakin terhadap menu yang akan dipesan. Saya sengaja mengukur waktu mulai dari pemesanan hingga menu pertama datang. Kurang lebih selama 16 menit, menu yang kami pesan sudah tersaji di meja.

Beberapa Menu yang Ditawarkan

Ada berbagai macam menu yang ditawarkan. Bagi pecinta menu berkuah, di Bumi Aki tersedia aneka sop mulai dari sop ayam, sop ayam kampung, hingga sop ikan. Kemudian aneka nasi goreng, nasi liwet dan nasi timbel juga tersedia di sini. Untuk lauknya sendiri tersedia aneka masakan sayuran, aneka ikan pilihan, dan sate khas Bumi Aki.

bumi-aki

Kalau mau memesan makanan ringan juga ada lho di Bumi Aki. Di sini tersedia aneka pilihan snack apabila pengunjung tidak ingin menikmati kuliner terlalu berat sambil dibarengi dengan memesan aneka pilihan minuman dan buah-buahan.

Nah, setelah melihat berbagai menu yang ditawarkan, saya dan Teh Ani langsung memesan makanan yang disukai.

Waktunya Kulineran di Bumi Aki

Teh Ani memesan nasi goreng spesial dan jus sirsak. Di dalam nasi goreng special terdapat ayam goreng, telur ceplok serta beberapa buah udang goreng sebagai pelengkap. Menurut Teh Ani, nasi gorengnya enak sehingga dia habis melahapnya. Tetapi menurut dia porsinya kurang banyak, maklum kami berdua memang tenaga lapang yang makannya cukup banyak di siang hari ngeles. bumi-aki

bumi-aki

Kalau Teh Ani memesan nasi goreng, saya memesan menu yang berbeda yaitu nasi putih, ayam penyet, karedok, sambal cobek dan bandrek. Banyak saja ya, maklum kalau jam makan siang saya juga terbiasa makan agak banyak.

Saya suka dengan sambal ayam penyetnya yang gurih, tidak terlalu asin dan tidak terlalu pedas. Daging ayamnya juga empuk tidak keras, saya sampai habis memakannya dan hanya tersisa tulang saja.

bumi-aki

Sambal cobek yang saya pesan terbuat dari campuran cabai, bawang dan terasi yang diulek. Rasanya lebih pedas dan gurih, tadinya mau saya bungkus karena tidak habis tapi tidak jadi, soalnya enak sih hehe.

bumi-aki

Untuk karedoknya nih yang agak kurang menurut kami karena lebih terasa manis daripada pedas. Mungkin bisa dikurangi kadar gulanya kemudian diberi tambahan kencur serta rasa pedas dari cabai agar lebih menantang lagi. Tetapi tergantung selera masing-masing juga sih ya.

bumi-aki

Kalau rasa bandrek dan jusnya sendiri sudah oke menurut kami. Saya memilih bandrek karena sudah lama tidak meminumnya dan saat itu pas sekali dengan kondisi saya yang sedang pilek. Setelah meminum bandrek hangat, tubuh saya menjadi terasa lebih rilex dan lega di pernapasan.

Setelah semua pesanan selesai disantap, kami berdua masih memesan makanan penutup yaitu Popertjes dan Banana Spit. Saya dan Teh Ani suka sekali lho dengan Popertjes hangat yang memiliki tekstur empuk seperti kue keju dengan rasa manis dan gurih. Ice cream yang ada di banana split saya masukkan ke dalam Popertjes sehingga membuat snack ini semakin enak untuk dinikmati.

bumi-aki

Discount Menarik

Tanpa diminta, terkadang saya suka memposting foto ketika sedang kulineran di suatu tempat. Maklum anak narsis, ada foto yang dirasa keren sedikit langsung upload deh di media sosial. Nah, Bumi Aki ini tau banget memberikan cara yang kekinian untuk menyenangkan para pengunjungnya.

Kalau teman-teman sedang bersantap ria di Bumi Aki, baik sendiri maupun bersama teman dan keluarga, jangan lupa ya untuk follow media sosialnya, lalu foto dan upload di Instagram dengan menggunakan hastag #bumiaki. Gunanya untuk apa? untuk mendapatkan discount sebesar 5%, lumayan kan. Saya sudah mencobanya kemarin dan benar mendapatkan discount sebesar 5%, Alhamdulillah.

bumi-aki

Siang ini habis dari lahan bareng @aprikull langsung makan siang ala sunda di @bumiaki, kalap deh sampai habis semua hidangannya. . Btw, kalau kita makan di Bumi Aki dan mengupload foto saat bersantap ria di sana ke instagram maka akan mendapatkan diskon 5% saat itu juga lho. Jangan lupa untuk follow akun IGnya dan gunakan hastag #bumiaki

A post shared by Evrina Budiastuti (@evrinasp) on

Rating untuk Bumi Aki

Karena kemarin saya sudah mencoba sendiri bagaimana kulineran sambil bersantai ria di Bumi Aki, saya ingin memberikan rating untuk Bumi Aki dari empat aspek, yaitu:

[wp-review id=”10331″]

Oke, itulah pengalaman saya dan Teh Ani ketika kulineran di restoran sunda dan restoran kelurga Bumi Aki. Kami berdua sepakat nih kalau restoran ini dapat direkomendasikan untuk acara gathering kantor atau untuk melakukan rapat kecil di sana. Berkumpul bersama keluarga dan teman juga oke banget lho di sini. Demikian ya sharing pengalaman kulineran kali ini, nanti kalau teman-teman sedang main ke daerah Bogor jangan lupa untuk mampir ke Bumi Aki.

Bumi Aki Puncak

Alamat : Jl. Raya Puncak – Ciloto No 259, Jawa Barat, Indonesia No. Telp : (0263) 517711

Bumi Aki Cianjur

Alamat :ย Jl. Raya Ciwalen โ€“ WarungKondang, Cianjur, Jawa Barat, Indonesia No. Telp : (0263) 2284259

Bumi Aki Bogor

Alamat : Jl. Raya Pajajaran Bogor No. 51, Bogor, Jawa Barat, Indonesia No. Telp : (0251) 8353819

Bumi Nini Puncak

Alamat : Jl. Raya Puncak – Ciloto No 259 Jawa Barat Indonesia No. Telp : (0263) 522202

Bumi Nini Cisarua

Alamat : Jl. Raya Cisarua KM 18 No. 18, Cisarua, Jawa Barat, Indonesia No. Telp : (0251) 8252888

Website: http://bumiaki.com/

Facebook: Bumi Aki Resto

Instagram: @bumiaki

Twitter: @bumiakiboga




50 Comments

  1. Gigi erguna

    Reply

    Mantap banget bu ev.. Aku juga suka makan d bumi aki itu delicious deh pokoke… Apalagi kalo acara ultah makan rame rame ma temen dengan sajian makanan khas sunda.. Top markotop.!!!

  2. Tia Shintiyani

    Reply

    Wah tempatnya seru nih buat ajak anak2, rekomendasi banget buat liburan minggu ini sama keluarga.

  3. Reply

    Wooow baca postingan ini lagi lapar jadi ngeces nih air liur. Hahaha

    yummy bangat kayanya makanannya, suasanya juga kelihatannya nyaman, kayanya untuk makan berdua sama si Dia boleh juga nih tempatnya *noted ๐Ÿ™‚

  4. apri ani

    Reply

    tempatnya enak, makanananya enak… ada wifi jg, jdi betah lamaa2, hehehe..

    tulisan dan fotonya bagus , semoga menang ya ev

  5. Mohyiyi Abas

    Reply

    Tiap pulang ke cianjur, pasti lewat RM Bumi Aki di ciloto/puncak.
    Tp blm pernah mampir, krn selalu penuh. Pasti krn selain tempatnya kozi, strategis, menyediakan saat orang2 kelaparan di tengah kemacetan, juga pastinya karena menu dan rasanya yang istimewa.

    Jadi sekarang ga penasaran lg, sdh ada d bogor.

  6. Reply

    sering liat Bumi Aki Bumi Nini, banyak cabangnya ya..
    tapi belum pernah mampir
    jadi pengen nyoba karedoknya, meuni menggiurkan

  7. fanny fristhika nila

    Reply

    waaah, ada aki, ada nini jugaa ya :D… ntr deh mba, kalo lg ke bogor ato puncak aku cobain makanannya.. itu anakku kalo udh liat mainannya, dijamin bakal susah narik dia utk makan dulu ๐Ÿ˜€

    • Reply

      iya mbak buat anak-anak kayanya suka deh, soalnya family resto jadi semua kebagian, kalo di puncak lebih adem lagi suasananya

  8. Reply

    Aku pengen coba nasi gorengnya, entah kenapa.
    Pernah lewat sih mba tp gk pernah mampir ke bumi aki nini, kalo ke Puncak harus coba nih.

  9. Reply

    Selalu penasaran deh dengan masakan orang Jawa Barat. Kemaren saya makan asinan dari Kuningan, rasanya uenak tenan, seger banget. Pengen nambah tapi malu di liat orang huhuhu

  10. inayah

    Reply

    wah belum pernah nyoba euy…masih aja saung kuring heuheu. boleh nih buat rekomen buka bersama angkatan

  11. Reply

    Makan karedok dgn pemandangan Gunung Gede, nikmat bangeeeet ngebacanya. Apalagi maemnya haha.
    Selamat Mbak ๐Ÿ˜‰

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.