[Review Sahabat] Hidayah Sulistyowati, Full Time Blogger dari Semarang




hidayah-susilowati

Sudah beberapa orang waktu itu memberikan saran agar saya jadi full time blogger saja. Sejujurnya memang agak melelahkan bekerja lalu ngeblog. Saya sampai pernah berpikir, hidup saya kok rasanya full terus sampai merasa waktu istirahatnya kurang karena harus back to laptop lagi. Tetapi kalau untuk resign rasanya saya masih belum bisa karena selain tanggung jawab, juga kasian belum ada regenerasi di sektor pertanian yang sebentar lagi untuk di Bogor sendiri SDMnya berkurang. So, hingga hari ini saya masih jadi part time blogger yang melakukan ngeblog di waktu-waktu tertentu: pagi hari sebelum berangkat kerja atau setelah pulang kerja sampai malam. Lelah gak? Banget! Sampai pernah ngedrop kok badannya, cuma saya tidak cerita saja.

Nah, ada satu teman blogger yang sudah satu tahun lebih mantap memutuskanresign dari pekerjaan untuk fokus menjadi full time blogger. Sebuah keputusan berani dan penuh tanggung jawab demi hobi dan profesi seorang blogger. Siapakah dia? Namanya adalah Mbak Hidayah Susilowati seorang ibu, istri, dan blogger dari Semarang (toss mbak, aku yo arek Semarang hehe).

Pergi kerja secara mobile dari Senin hingga Sabtu dulu dirasakan oleh mbak Wati, panggilan akrabnya Hidayah Susilowati. Tnetu hal tersebut sangat menguras energi, apalagi Mbak Wati sudah memasuki Usia Cantik (eaaaa) sambil bekerja, mengurus keluarga serta blognya tentu membuat dia berpikir untuk fokus pada satu saja jika mau berhasil. Akhirnya dengan tekad yang bulat, dia memutuskan resign dan menjadi blogger seutuhnya. Toh urusan rezeki pasti ada saja, asalkan kita mau berusaha. Menjadi blogger ada saja kok rezekinya ya mbak.

Hidayah Susilowati

Ini lho Mbak Wati

Terbukti dengan menjadi full time blogger, Mbak Wati masih saja mendapatkan rezeki dari hasil ikut lomba, hasil karya tulisannya hingga datangnya job review. Tidak hanya itu saja lho, menambah wawasan, teman dan juga relasi dengan brand-brand tertentu juga Ia dapatkan karena fokus ngeblog. Dan ada satu keinginan dari pemilik blog berniche Lifestyle yang segalanya ada ini, yaitu mengaktifkan blognya yang satu lagi. Iya, mbak Wati ternyata punya dua blog, tapi yang satu belum keurus. Sama kok mbak, aku juga begitu, jadi malu deh sama blog yang satu lagi hehe.

Mbak Wati memiliki keluarga yang sangat mendukung kegiatan ngeblog, terutama dari sang anak. Sang anak membantu dan mengajari Mbak Wati untuk lihai mengedit foto melalui Photoshop yang sudah diinstall di laptopnya. Wuih senang banget ya mbak ada anak yang membantu, karena biasanya anak muda itu up to date banget.

O iya, Mbak Wati ternyata pernah merasa down pada tahun 2015 karena masalah teknis di blognya. Jadi, setelah blognya memiliki domain sendiri, ternyata ketika ada pengunjung blog mau membaca salah satu artikelnya yang Ia bagikan di media sosial, maka akan menuju ke web hostinger terlebih dahulu, bukan langsung ke blognya. Mbak Wati mencoba untuk lapor ke penyedia domain, namun sepertinya tidak teratasi dengan baik dan itu membuat Mbak Wati cukup down karena kepikiran. Sama kok mbak, aku kalau blognya error sedikit langsung puyeng terus langsung kontak deh ke penyedia hosting untuk diatasi. Alhamdulillah sekarang Mbak Wati sudah di penyedia hosting yang berbeda dan sudah aman untuk lanjut ngeblog ya mbak.

Mbak Wati yang kalem ini memiliki cita-cita yang ingin dicapai di dunia blogging yaitu kalau ikut lomba blog dan menang (sama mbak kalau itu hehe) serta memiliki buku solo baik fiksi dan non fiksi. Ssst…. Karyanya masih dalam proses dan semoga tahun ini bisa selesai katanya. Aamiin mbak.

Berkat keseriusannya menggarap blog, Mbak Wati pernah beberapa kali memenangkan lomba lho. Diantaranya yang gress adalah menjadi pemenang pertama Lomba Menulis Kisah Inspirasi bertema Ayah yang diadakan oleh Penerbit Qultum Media. Nanti hasil karyanya akan diterbitkan dalam bentuk buku lho, kita tunggu saja ya. kalau Ingin melihat prestasi lain dari Mbak Wati, silahkan datang ke blognya lalu klik page Achievement ya saudara-saudara.

Hidayah-susilowati

Salah satu lomba yangd imenangkan Mbak wati

Selain mengasah kemampuan diri, Mbak Wati juga gemar berkomunitas karena menurutnya kalau ikut komunitas blogger dapat menambah teman, ilmu dan juga rezeki. Ada tiga komunitas yang Ia ikuti yaitu Gandjel Rel, Blogger Perempuan dan KEB. Sama mbak saya juga ikut beberapa komunitas, jadi merasa ada teman seperjuangan saja kalau berkomunitas itu.

Nah, Mbak Wati ini memiliki harapan untuk dunia blogging yaitu agar bisa membuat konten bermanfaat bagi negeri. Wuih mulia banget dirimu mbak. Katanya ngebloglah dari hati, jangan berdebat, lebih baik ciptakan konten positif yang bermanfaat bagi umat. Setuju mbak!.

Itu tadi sekilas pengenalan saya tentang mbak Wati yang memutuskan untuk menjadi full time blogger, mengubah hobi menjadi sebuah profesi. Kalau mau seperti Mbak Wati harus memiliki tekad yang kuat dan berani memutuskan agar fokus pada satu tujuan. Bagi teman-teman yang ingin mengenal Mbak wati lebih jauh, silahkan berkunjung ke alamat berikut ya:

Blog: www.hidayah-art.com

Facebook    : hidayah.sulistiyowati
Instagram   : @hidayah_art
Twitter        : @Hidayah_Art

Baiklah teman-teman, sekian dulu review sahabat dari saya kali ini. Sampai jumpa pada review sahabat blogger berikutnya yah, semoga bermanfaat dan salam persaudaraan.

 



Related Post

26 Comments

  1. Reply

    Ngeblog memang lebih baik dan terasa nyaman, menghindari berdebat.
    Akan terlalu menguras tenaga.
    Aku belum bisa menjadi full blogger maklum blogku masih sepi job. Review belum ahli ,cuma masih mengandalkan iklan mandiri saja. Atau tulisan tamu yang kadang memberiku honor. Sama-sama orang jawa tengah cuma beda kota.

  2. Reply

    Aku tersanjung banget baca penuturan mba Evrina. Terima kasih doanya mbak, aku aja terinspirasi pada mba Ev yang rajin ikut lomba dan sukses menorehkan prestasi. Semoga mba Ev diberikan pilihan yang terbaik, makin sukses juga.

  3. Reply

    Salut juga sih sama mbak wati….. apalagi dia udah bisa jadi full time blogger.
    Karena menurutkan gak gampang juga. Butuh komitmen dan konsistensi yang tinggi.
    Semoga tambah sukses ! Amin

  4. Reply

    dengan ngeblog kita juga bisa mendapat pahala lho dengan membuat artikel yang bermanfaat bagi orang lain… terus semangat kakak…

  5. Reply

    Menjadi blogger bagi saya tantangan tersendiri mbk, harus menghadap laptop dan tekun dalam menulis, selain itu yaa menulis itu ternyata tidak egois artinya bisa dibaca oleh orang lain, hehe

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.