Bakso Sony, Bikin Ketagihan

Bakso adalah salah satu makanan khas Indonesia yang paling banyak dicari dan terdapat hampir di seluruh wilayah Indonesia. Bakso sudah ada sejak dulu dan keberadaannya masih lestari hingga saat ini. Meskipun banyak aneka kuliner baru yang memiliki cita rasa unik, bakso tetap menjadi favorit kebanyakan orang. Saya termasuk penggemar bakso lho, tetapi sekarang saya agak mengurangi karena memang timbangan di rumah sudah mulai merengek. Tetapi ada satu kala dimana saya dan keluarga ingin menikmati bakso bersama-sama sambil berbincang hangat.

Seperti kejadian pada weekend kemarin. Saya sedang malas memasak dan kepingin mengandalkan makanan siap saji saja yang tersedia di kulkas. Makanan siap saji tersebut berupa bakso, nugget, kentang dan otak-otak. Tetapi si Ayah kepingin makan di luar saja ketimbang memasak makanan tersebut. Katanya sih penasaran dengan cerita saya tentang bakso enak yang ada di Kota Bogor. Maka untuk mengobati rasa penasarannya, kamipun pergi ke Kota Bogor demi semangkuk bakso dengan mengendari motor selama kurang lebih 45 menit (jarak tempuh kurang lebih 45 KM dari Bojonggede). Demi apa kami melakukan hal tersebut? Demi menikmati lezatnya bakso daging di Bakso Sony.

Bakso Sony

Bakso Sony dari Lampung yang Lezatos

Awalnya saya mengenal bakso sony itu dari kakak kelas saya, kak Abu namanya. Istri Kak Abu berasal dari Lampung, dan menurut Kak Abu Bakso Sony dari Lampung itu enak banget. Siapapun yang memakannya bakalan ketagihan. Kebetulan di Bogor ada cabang Bakso Sony jadi saya tidak perlu ke Lampung hehe. Saya dan teman-teman waktu itu mencoba Bakso Sony pertama kali selepas acara seminar. Sejak saat itu, Bakso Sony menjadi pilihan kami untuk wisata kuliner sambil gathering satu angkatan.

Nah, sekarang giliran si Ayah yang nyobain. Benar saja kan Bakso Sony itu enak. Kami memesan semangkuk Bakso Sayur dengan harga Rp. 14.000,-. Pasti ada yang berpikir kok dikit amat? Ini kelebihannya Bakso Sony. Bakso Sony itu full daging, rasanya lezat, baksonya padat, jadi bakalan membuat kita kenyang walaupun sama sayur saja. Kemudian kuahnya itu lho pas banget rasanya, segar dan gurih. Saya kalau makan Bakso Sony, pasti kuahnya habis karena saking enaknya.

Bakso Sony

di dalam Bakso Sony Bogor

Saya jadi ingat ada seorang teman yang mengerti tentang pangan. Dia mengatakan kalau yang namanya bakso itu adalah bakso dengan kandungan daging dan tepung yang ukurannya sama alias 1:1. Sedangkan jika ada terdapat bakso yang yang lebih dominan tepunnya dibanding dagingnya maka itu semacam cilok alias aci dicolok (tepung sagu dicolok). Kalau Bakso Sony sudah benar nih, kandungannya pas 1:1 makanya bakso-baksonya ini membuat kita kenyang setelah mengkonsumsinya.

O iya saya jadi ingat, ada teman kantor yang kemarin baru pulang dari Lampung dan memenag kebetulan asli sana. Dia bilang waktu dia ke Bakso Sony ngantrinya bukan main. Dia kepingin memesan baksonya saja untuk dibawa saat pulang ke Bogor sebagai oleh-oleh. Waktu itu dia tidak kebagian porsi karena habis, tetapi beruntung ada yang mengcancel pemesanan entah karena apa. Kemudian teman saya itu akhirnya bisa membawa pulang Bakso Sony. Saya kebagian lho waktu halal bihalal ke rumahnya. Josss gandos banget deh.

bakso sony

di Bakso Sony ada mie ayam dan empek-empek Palembang

Selain bakso, di Bakso Sony juga ada mie ayam dan Pempek Palembang. Saya sudah pernah mencoba pempeknya, manteb juga itu kuliner. Pedas dan gurih. Pokoknya kalau ke Bogor jangan lupa mampir yah ke Bakso Sony. O iya ini alamat Bakso Sony di Bogor:

Bakso Sony Bogor

Jl. Achmad Sobana, SH Nomor 38A Bantar Jati Bogor

Wah jadi kepingin Bakso Sony lagi, paling nanti kalau ada seminar saya mau ke sana lagi bareng teman-teman. Coba kalau Bakso Sony juga buka cabang di Cibinong, pasti rame juga deh. Sukses terus buat Bakso Sony, semoga nanti bisa bercabang ke tempat-tempat lain supaya saya tidak perlu jauh-jauh ke Bogor untuk menikmatinya.

Related Post

20 Comments

  1. Reply

    Wuihh.. 45 menit yaa… demiii..hihi..

    Jadi Sony tuh sebenernya nama yang punya resep apa gimana mbak?

  2. Reply

    Aku pernah makan bakso Sony di Lampung setelah menyetir dr Bakauheni ke Bandarlampung. Heheheee… hayo kesana

    • Reply

      wuihhhh mantab banget mbak Lusi bisa nyetir sendiri, apalagi di Bakauheni, itu kan jalanannya lumayan lho agak2 serem jalurnya buat saya sih

  3. Reply

    Emang enak banget nih mak baksonya.
    Aku pernah makan, dan saking enaknya sampe bungkus bawa pulang. Untungnya pesawat Lampung-Jakarta cuma sebentar hihi 😀

  4. Reply

    Sueer, Evrina, dulu sampe sebelum ada kabar-kabar tentang cara-cara pembuatan bakso, bakso itu merupakan makanan yang paling favorit lho buat bunda. Tapiii..sejak ada kabar itu, bunda sama sekali gak suka, begitu juga siomay,sosis, bunda jadi gak doyan. Tapi anak cucu pada gandrung banget sama yang namanya bakso dan siomay lho. Bunda cuman ngeliatin aja, tapi gak kemecer dikit juga. Kalo bikin sendiri tuh baru doyan. Wah, ini penyakit ya? Kudu dibrantas nih, hehe…

    • Reply

      hooo yang bakso campur ini itu ya bunda, saya juga agak risih melihat kabar-kabar itu, tapi saya belinya ditempat yang terpercaya aja kok bun, bakso sony ini lezatos kok

  5. Les Bechtol

    Reply

    Bagi teman-teman yang pernah bertandang ke kota bandar lampung, mungkin tidak asing lagi dengan kuliner olahan daging bulat ini yaitu Bakso Son Haji Sony atau sering disebut Bakso Sony. Walaupun ma..

  6. Reply

    Mantab banget emang bakso sony Mbak Evri… Legendaris lah di lampung
    Informasi, kalau diluar kota sekarang bisa pesan yang beku lho di www[dot]makananlampung[dot]com
    Via JNE Yes

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.