Lezatnya Bika Bogor Talubi, Oleh-Oleh Khas dari Bogor




bika-bogor-talubi

β€œBogor kulinernya banyak ya, sekarang ada Bika Bogor juga buat oleh-oleh” begitu seorang teman mengatakan ketika mencoba Bika Bogor Talubi yang saya bawa sebagai oleh-oleh. Bogor memang tidak hanya kaya akan kuliner khas tetapi juga oleh-oleh yang dapat dibawa pulang setelah mengunjungi Bogor.

Sudah tau dong ya kalau Bogor terkenal dengan Talasnya. Nah, salah satu produk olahan Talas dari Bogor kini dapat ditemukan dalam bentuk bika yang lezat, enak dan bergizi dengan nama Bika Bogor Talubi. Sedikit cerita nih, awal mula mengenal Bika Bogor ini sebenarnya tidak sengaja. Ketika pulang dari kantor, saya melihat ada toko Bika Bogor di Jalan Sholeh Iskandar Kota Bogor. Padahal saya sudah sering bolak-balik di jalan tersebut tapi kok ya baru sadar ada makanan khas Bogor yang oke punya.

Bika Bogor Nangka adalah produk dari Bika Bogor Talubi yang menjadi pilihan pertama saya untuk mencoba oleh-oleh khas Bogor ini hingga akhirnya saya ketagihan untuk mencoba rasa lainnya. Sebenarnya apa sih Bika Bogor itu? saya akan mencoba mengulas lebih lengkap mengenai Bika Bogor berdasarkan pengalaman setelah mencobanya.

Bika Bogor Talubi, Oleh-Oleh Khas Bogor

Menjadi pertama yang melakukan inovasi pasti rasanya membanggakan sekali, seperti yang dilakukan oleh Bika Bogor Talubi ini. Dengan hadirnya Bika Bogor maka saya tidak perlu ke pulau sebrang jika sedang kangen dengan makanan khas daerah ini. Apalagi Bika Bogor Talubi ini berbeda dengan bika lainnya. Bika Bogor terbuat dari talas serta ubi jalar yang memiliki tekstur lembut tanpa menggunakan rempah-rempah yang belum tentu disukai oleh banyak orang. Talas yang digunakan sebagai bahan pembuatan bika merupakan talas asli Bogor yang memiliki bentuk besar serta rasa legit.

bika-bogor-talubi

Bahan umum yang digunakan untuk membuat Bika Bogor Talubi adalah santan, kuning telur, gula pasir, dan tepung sagu. Kemudian nanti dikombinasikan dengan talas, ubi jalar atau kombinasi keduanya sesuai dengan varian yang akan dibuat. O iya mengapa disebut dengan Talubi? Itu karena Bika Bogor menggunakan Talas dan Ubi Jalar sebagai bahan pembuatannya sehingga Bika Bogor memiliki tekstur yang lembut serta rasa manis yang khas.

Cara membuat Bika Bogor tergolong mudah dengan dua kali proses pemanggangan yaitu:

  1. Membuat adonan talas: Talas dikupas dan dipotong, lalu dicuci dengan menggunakan larutan air garam untuk menghilangkan lendir penyebab gatal, kemudian dikukus. Apabila sudah empuk lalu angkat dan dinginkan. Lanjutkan dengan memblender talas yang sudah dikukus bersama santan lalu saring untuk memisahkan ampas. Kemudian kocok adonan talas dengan kuning telur lalu saring kembali agar adonan menjadi super lembut. Dan siapkan ragi untuk menciptakan rongga khas kue bika.
  2. Membuat adonan bika: Aduk tepung sagu, adonan talas dan kuning telur dengan menggunakan mixer. Kemudian masukan gula pasir dan adonan talas yg sudah dikocok bersama kuning telur beserta ragi. Aduk hingga rata dan diamkan selama 2 jam supaya terfermentasi sempurna.
  3. Kemudian beri perasa sesuai dengan variannya, contohnya warna hijau untuk cocopandan dan ungu untuk talas.
  4. Panggang adonan bika sebanyak dua kali yaitu untuk memanggang bagian bawah dan atas. Untuk bika dengan loyang besar membutuh waktu kurang lebih 1 jam hingga matang, sedangkan untuk bika mini hanya sebentar saja. Jika bagian bawah bika sudah matang, maka dilanjutkan dengan memanggang bagian atas dalam waktu 2 menit saja.

Jika sudah tau apa itu Bika Bogor Talubi serta cara pembuatannya, sekarang kita lihat varian yang ditawarkan oleh Bika yang pertama di Bogor ini.

Lezatnya Ragam Bika Bogor Talubi

Bika Bogor Talubi memberikan sajian khas daerah yang lembut serta lezat karena terbuat dari bahan lokal daerah seperti talas dan ubi. Berikut adalah lima varian yang ditawarkan oleh Bika Bogor Talubi yang juga sudah saya coba.

Bika Bogor Talubi Talas

bika-bogor-talubi

bika-bogor-talubi

Saya tertarik dengan Bika Bogor Talubi Talas ini berkat warna ungunya yang menggoda. Apalagi rasanya juga manis ditambah dengan tekstur lembut khas talas. Bika Bogor Talubi Talas ini dibuat dengan menggunakan Talas Bogor, tepung sagu, kuning telur gula pasir dan santan. Berikut adalah kandungan gizi yang ada di dalam talas dan tentunya bergizi untuk dikonsumsi:

Bahan Pangan Kadar air Energi Protein Lemak Karbohidrat Serat Pangan Ca P Fe
(persen) (kal) (g) (g) (g) (g) (mg) (mg) (mg)
Talas
Segar 72 103 1,7 0,2 23,1 4,0 35 65 1,2

Bika Bogor Talubi Ubi Madu

bika-bogor-talubi

bika-bogor-talubi

Selain menggunakan talas, Bika Bogor Talubi juga menggunakan komoditas khas Bogor lainnya yaitu Ubi Madu. Sudah pernah mencoba ubi madu? Rasanya manis, sedangkan tekstur daging ubi madu ini termasuk lembut. Jadi, apabila diolah menjadi kue seperti bika tentu rasanya juga enak. Kandungan gizi yang ada di dalam ubi jalar diantaranya:

Bahan Pangan Kadar air Energi Protein Lemak Karbohidrat Serat Pangan Ca P Fe
(persen) (kal) (g) (g) (g) (g) (mg) (mg) (mg)
Ubijalar
Segar 70 111 1,5 0,3 26,1 3,9 32 39 0,7
Rebus 71 114 1,7 0,4 26,3 2,4 32 47 0,7
Bakar 64 141 2,1 0,5 32,5 40 58 0,9
Tepung 12 336 2,4 0,7 79,2 70 98 3,2

Bika Bogor Talubi Nangka

Nah ini salah satu varian dari Bika Bogor Talubi yang disukai oleh anak saya di rumah. Kebetulan anak saya suka sekali dengan buah nangka, jadi kalau dibawakan oleh-oleh yang mengandung buah nangka ataupun rasa buah nangka, maka dia akan senang sekali. Nah, untuk Bika Bogor Talubi Nangka ini dibuat dengan percampuran talas dan juga ubi, sehingga teksturnya benar-benar lembut.

bika-bogor-talubi

bika-bogor-talubi

Bika Bogor Talubi Coco Pandan

Varian Bika Bogor Talubi Coco Pandan adalah jenis varian Bika Bogor yang disukai oleh adik saya. Menurutnya selain rasa yang manis, varian ini juga memiliki aroma yang harum khas Coco Pandan. Sama seperti Bika Bogor Talubi varian Nangka, jenis varian ini juga menggunakan campuran komoditas talas serta ubi.

bika-bogor-talubi

bika-bogor-talubi

Keempat varian di atas dijual dengan harga Rp. 35.000,-/kotak. Kalau teman-teman suka dengan varian yang mana? apabila suka dengan semua jenis varian dan ingin membawanya dalam satu tempat maka jangan khawatir karena tersedia varian Bika Bogor Mini yang memuat keempat jenis varian di atas.

Bika Bogor Talubi Mini

Bagi teman-teman yang ingin membawakan oleh-oleh khas Bogor yang unik namun lezat dan bergizi, Bika Bogor Talubi Mini ini bisa menjadi pilihan lho. Selain memiliki kemasan yang cerah dan cantik, semua varian dari Bika Bogor Talubi bisa kita dapatkan dalam kemasan ini. Dalam satu kotak Bika Bogor Talubi Mini terdapat 10 buah Bika Bogor berbentuk mini dengan varian rasa talas, ubi madu, nangka dan juga coco pandan. Jadi nanti tinggal pilih saja, varian mana yang disukai. Untuk membeli satu kotak Bika Bogor Talubi Mini kita cukup membayar sebesar Rp. 29.000,- saja lho.

bika-bogor-talubi

bika-bogor-talubi

Bika Bogor Cocok untuk Menjadi Oleh-Oleh Khas Bogor

Setelah beberapa kali membeli dan mencoba Bika Bogor Talubi ini, saya pribadi menyimpulkan kalau Bika Bogor cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh Bogor baik bagi orang Bogor sendiri maupun para wisatawan yang datang ke Bogor.

Ada beberapa alasan yang membuatnya cocok menjadi sebuah oleh-oleh khas Bogor yaitu:

  1. Bahan yang digunakan menggunakan komoditas khas Bogor berupa talas Bogor dan juga ubi yang banyak dihasilkan oleh Bogor.
  2. Kemasannya memiliki design yang unik dan menarik sehingga cocok sekali apabila diberikan sebagai oleh-oleh ataupun bingkisan dari Bogor.
  3. Bersertifikat halal dan PIRT yang menjamin keamanan pangan bika-bogor-talubi
  4. Rasanya pas serta tersedia dalam berbagai macam varian yang dapat dipilih sesuai selera.
  5. Daya tahan produknya cukup untuk dibawa sebagai oleh-oleh karena tahan selama 4 hari dalam kondisi di dalam ruangan meskipun tidak memakai pengawet. Apabila disimpan di dalam lemari es maka dapat bertahan hingga seminggu lho.
  6. Dapat dinikmati oleh siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa

    bika-bogor-talubi

    Ssst….ada yang tertangkap basah sedang menikmati Bika Bogor Mini sendirian

  7. Sehat dan bergizi, Bika Bogor Talubi dibuat dengan menggunakan bahan alami tanpa pengawet serta memiliki kandungan gizi tinggi dari talas dan ubi.
  8. Harganya terjangkau sama seperti oleh-oleh Bogor pada umumnya.
  9. Terdapat info menarik seputar Bogor di dalam kemasan sehingga turut membantu mempromosikan pariwisata Bogor bika-bogor-talubi
  10. Mudah di peroleh karena toko Bika Bogor Talubi terletak di jalan strategis yang mudah dilalui oleh para wisatawan.

    bika-bogor-talubi

    Salah satu cabang Bika Bogor Talubi yang terletak di Jalan Raya Sholeh Iskandar. Letaknya strategis dekat dengan flyover menuju Tol

  11. Dan yang paling terpenting, Bika Bogor Talubi mendukung gerakan diversifikasi pangan non terigu yang telah dicanangkan oleh pemerintah sejak lama karena terbuat dari tepung sagu, talas serta ubi.

Jadi tidak salah dong ya kalau saya membawakan oleh-oleh Bika Bogor untuk salah satu client yang berada di Jakarta. Beliau adalah seorang praktisi Bisnis Wisata Halal yang sudah beberapa kali mengajak kerja sama untuk mengerjakan beberapa project. Alhamdulillah sampai sekarang rezeki mengalir terus dari Beliau dan berikut adalah testimony dari Beliau setelah mencoba Bika Bogor.

bika-bogor-talubi

Bika Bogor Talubi, oleh-oleh khas Bogor untuk Bapak Cheriatna dan staff PT Cheria Halal Wisata

bika-bogor-talubi

Testimony dari Bapak Cheriatna, CEO PTCheria Halal Wisata

bika-bogor-talubi

Respon dari teman-teman di media sosial

Sebelum ditutup, saya juga sudah membuat sebuah video ketika mengunjungi Bika Bogor Talubi yang ada di jalan raya Sholeh Iskandar Kota Bogor, berikut cuplikannya:

Nah, bagi teman-teman yang ingin berlibur dan mengunjungi Bogor jangan lupa ya untuk membeli Bika Bogor Talubi sebagai oleh-oleh. Bika Bogor ini dapat diperoleh pada alamat berikut ini:

Bika Bogor Talubi

  1. Jalan Raya Gadog Sebelah vimala Hills (Puncak-Bogor)
  2. Jalan Padjajaran 20 M Bogor
  3. Jalan Soleh Iskandar No 18 B Bogor

Line: @bikabogor

BBM: TALUBI

Instagram: @bikabogor

Facebook: Bika Bogor

Whatsapp: 0888-482-9626

Yuk, ditunggu kedatangannya di Bogor dan jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Bogor: Bika Bogor Talubi (Talas dan Ubi).

bika-bogor



55 Comments

  1. Reply

    Duuh…Makin bangga sama Bogor. Kreatif inovatif. Btw jadi inget pepatah.. Ada ubi, ada talas. Ada budi ada balas πŸ™‚

  2. Reply

    eh evrina jadi seksih gitu euy hihi…bisa an.
    aku blom pernah nyoba nih… bika bogor. tahunya yg talas itu ev… kapan2 nyoba deh

  3. Reply

    Duuuh jadi makin mupeng lagi dengan bika bogor ini setelah membaca postingan ini Mba Evrina. Tanggung jawab Mba Evrina saya penasaran sama rasanya bhahaha

  4. Reply

    Belum pernah nyobain mb Ev, kreatif y terus2an inovasi biar menghasilkan rasa dan kreasi makanan khas πŸ™‚
    Gudluck y mba as always tulisannya bagus, desainnya lucuk ajarin mba hahaha

  5. Rosiy Wibisono

    Reply

    Itu aku sekotak kurang! Enak banget itu keliatannya, di Surabaya ada gak yaa? Haha. Eh, Mbak Ev kalo main2 ke Surabaya mungkin bisa nyicipin Lakusa, Lapis Kukus Surabaya. Lagi booming disinih.

  6. Dhanang Sukmana Adi

    Reply

    kak evrina tuh kalau ngeblog memang paling yess full fitur dan animasi πŸ™‚

  7. monda

    Reply

    wah salut … inovasi baru lagi.. di kota Bogor
    kudu nyoba nih, hi..hi.. penggemar bika garis keras

  8. Hastira

    Reply

    wah, kapan ya bisa ke sana belinya, sudah serung dengar. paling2 aku nyuruha dik iparku secara ortunya ada di bogor. Atau mbak main ke crb lalu bawa bika ini deh buatku, hee

  9. Reply

    Kalau yang di luar Bogor…nunggu buka cabang..atau bisa beli on line mbak? Enak ya koyone…ditempatku, bika yang menguasai pasaran Lar**o. Belum pernah nyicip talubi…

  10. Reply

    Lucuk amat talubi hihihi kemaren ke Bogor blm tau ada ginian, jadi ngga sempet nyari2.. Next time ke Bogor pengen nyobain beli ah πŸ˜€

  11. Reply

    belum pernah nyobain tapi nampaknya menggiurkan ya mbak bika talubi ini. Btw ciamik tulisannya, semoga kamu menang lagi ya mbak. Amiiin….

    • Reply

      aamiin ya Rabb, terimakasih atas doanya, sukses untuk kita semua. Enak lho Bika Bogor Talubi, aku paling suka sama Bika Bogor Talasnya

    • Reply

      Bika Ambon Zulaikha vs Bika Bogor menang yang mana, ya? Kalau dari segi menarik-tidaknya, lebih menarik Bika Bogor memang. Bika Ambonnya warna-warni dan kemasannya lebih bagus dari kemasan Bika Ambon Zulaikha. Tapi kalau dari segi rasa, belum tahu. Harus cobain Bika Bogor dulu nih biar tahu rasanya πŸ™‚

  12. Reply

    Sekilas kayak bika ambon yaa…
    Dari rupanya, sudah terbayang kelezatannya.

    Kalau mau ke Gor jangan lupa sikat gigi
    Kalau pas ke Bogor, mampir atuh ya di Bika Bogor Talubi. :).

  13. Dee - @HEYDEERAHMA

    Reply

    Bikanya enak nih dimakan sore-sore sambil nyeruput teh. Btw, animasinya lucuuuk banget, Kak~

  14. Anne Adzkia

    Reply

    Aku suka banget tuh makanan-makanan Bogor. Mulai dari bika bogor, bolu talas, makaroni. Semua enaaak. Skrg ada Talubi yang sekali hap langsung masuk mulut. Enak, manisnya pas. Belum lama ini aku beli, pgn lagi tp blm sempat ke Bogor lagi. Hmmmm, ada yang mau kirimin gak ya? Hihihi

  15. Pingback: Pillsbury Banana Cake, Oleh-Oleh Lezat Buat Kamu yang Main Ke Bogor! – evventure

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.