Mari Tersenyum Bersama OPPO F1 Plus




Mendapatkan kesempatan untuk bepergian ke beberapa tempat membuat saya untuk tidak lupa mengabadikan setiap moment yang ada. Apapun perlu direkam melalui lensa kamera. Terutama kamera smartphone yang mudah digunakan dan ringan dibawa kemanapun. Melalui lensa smartphone saya bisa membuat foto yang menarik hingga merekam sebuah video perjalanan. Dan yang pasti melalui kamera smartphone, kita bisa melakukan hal yang membuat siapapun tersenyum ketika menatapnya yaitu dengan melakukan foto selfie.

Yup menghasilkan foto selfie dengan menggunakan kamera depan sering sekali dilakukan oleh kebanyakan orang termasuk saya sendiri. Itu memberikan semacam efek booster lho, yang tadinya lelah dapat ceria kembali karena selfie, dan ternyata selfie itu bermanfaat bagi kesehatan.

Jadi, berdasarkan info dari health.kompas.com edisi 4 November 2014, diketahui bahwa selfie dapat menjadi bagian dalam pelayanan kesehatan. Contohnya ketika membantu seseorang sembuh dari penyakit kulit eksim pada wajah di mana para pasien cukup mengirimkan foto selfie wajahnya kepada dokter kulit. Kemudian selfie juga bermanfaat untuk mendeteksi anemia pada mata seorang. Hal ini berdasarkan temuan dari dua mahasiswa kedokteran di Australia yang menemukan aplikasi selfie untuk mendeteksi penyakit tersebut [1].

Itu sebabnya saya suka melakukan selfie, karena tak selamanya selfie itu identik dengan narsis lho, yang terpenting bagaimana cara melakukannya dan dimana melakukannya. Kalau selfie di tengah jurang harus hati-hati, sebaiknya malah jangan deh. Nah, kali ini saya ingin menunjukkan hasil foto selfie yang saya lakukan ketika mengunjungi beberapa daerah di Indonesia. Foto selfie ini diambil sendiri dengan bantuan tongsis alias tongkat narsis yang bahasa kerennya sih monopod hehe.

1. Desa Wisata Sasak Ende, Lombok

OPPO F1 Plus

Lokasi: Desa Wisata Sasak Ende, Lombok, foto diambil tanggal: 6 Mei 2016

Abaikan wajah yang terbakar karena foto diambil setelah baru saja turun dari Gunung Rinjani. Saya melakukan selfie di depan rumah adat Suku Sasak Ende yang ada di Lombok. Sasak adalah nama suku, sedangkan Ende berarti dilindungi. Rumah adat ini terbuat dari dinding berupa tanah liat yang dicampur dengan kotoran kerbau. Biliknya berupa dinding dari bambu yang dianyam, sedangkan atapnya terbuat dari jerami dan daun kelapa.

2. Salam dari Pemuda Sembalun Lombok

OPPO F1 Plus

Lokasi: Sembalun menuju gerbang pendakian Rinjani tanggal 1 Mei 2016

Perkenalkan mereka adalah dua orang pemuda dari Sembalun Lombok yang membantu saya dalam pendakian menuju Rinjani. Di sebelah saya ada Mas Anin serta Mas Juhaini yang memiliki etos kerja tinggi. Luar biasa deh tenaganya, masa iya summit attack ke Puncak Rinjani hanya menggunakan sandal jepit saja.

3. Indahnya Padang Sabana Rinjani

OPPO F1 Plus

Lokasi: Sabana Gunung Rinjani, Tanggal: 1 Mei 2016

Walaupun lelah, namun semangat tetap menyala untuk menapaki setiap medan Gunung Rinjani. Apalagi ketika tiba di sabana yang luas dan memanjakan mata. Sayang sekali kalau tidak selfie di sini. Foto diambil ketika waktu menujukan sekitar pukul 11 siang lewat waktu setempat sehingga sinar matahari sangat terik menyinari. Hasilnya foto terlihat terlalu cerah.

4. Pantai Semeti, Pantai Tempat Lahirnya Superman

OPPO F1 Plus

Lokasi: Pantai Semeti, Lombok, tanggal: 6 Mei 2016

Habis dari gunung, sekarang kita ke pantainya Lombok yang terkenal indah itu. Foto ini diambil di Pantai Semeti yang menurut sebagian traveler mirip dengan tempat kelahiran tokoh superhero yaitu Superman. Dikatakan pantai krypton karena terdapat gugusan batu yang menyerupai kristal dari Planet Krypton. Sekali lagi, sayang kalau tidak selfie di sini, sudah datang jauh dari Bogor ke Lombok masa’ tidak selfie.

5. Danau Ngade yang Memukau di Ternate

OPPO F1 Plus

Lokasi: Danau Ngade, Ternate, Tanggal: 8 Maret 2016

Sewaktu menginjakkan kaki di Danau Ngade yang terletak di Desa Ngade Ternate, saya sangat terpukau. Dulu sering melihat keindahan Danau Ngade, beserta Pulau Maitara dan Pulau Tidore yang ada di belakang saya ini hanya melalui televisi atau internet saja. Sekarang sudah melihat dengan mata kepala sendiri, so jangan sampai ketinggalan untuk selfie di sini karena indah banget lho.

6. Wefie di Perairan Ternate

OPPO F1 Plus

Lokasi: kapal Bakamla di Perairan Ternate, Tanggal: 9 Maret 2016

Jangan sia-siakan ketika memiliki kesempatan langka seperti ini yaitu berada di atas Kapal Bakamla (Badan Keamanan Laut Indonesia) di perairan Ternate. Waktu itu saya dengan beberapa orang lainnya sedang bertugas untuk meliput proses terjadinya gerhana matahari total di Ternate. Sambil menunggu, kita welfie dulu ya, tuh kan pada senyum semua.

7. Wefie di Danau Tolire Besar, Ternate

OPPO F1 Plus

Lokasi: Danau Tolire Besar, Ternate, Tanggal: 9 Maret 2016

Wefie di Danau Tolire Besar Ternate bersama sahabat. Danau Tolire letaknya di kaki Gunung Gamala. Danau ini sangat indah dan penuh misteri. Salah satunya adalah mitos batu yang dilempar tidak akan jatuh ke dasar danau. Saya sudah mencobanya lho dan benar batunya tidak sampai ke bawah, entah jatuh kemana. Daripada pusing memikirkannya, lebih baik kita wefie saja.

8. Wefie Bersama Anak-Anak Ternate

OPPO F1 Plus

Lokasi: Batu Angus, Ternate, Tanggal: 9 Maret 2016

Rasanya senang sekali bisa melakukan wefie bersama anak-anak Ternate ini. Mereka sangat hangat dan murah senyum yang membuat saya semakin bangga akan Indonesia. Walaupun masih kecil, mereka sudah bisa mencari nafkah untuk membantu orang tuanya dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari, dan sayapun terharu.

9. Wefie Bersama Penari Soya-Soya

OPPO F1 Plus

Lokasi: Fort Oranje, Ternate, Tanggal: 9 Maret 2016

Anak-anak ini adalah para penari Soya-Soya. Tarian Soya-Soya merupakan tarian khas dari Maluku Utara yang disajikan untuk menyambut tamu. Mereka dengan lincah menari ke kanan dan kekiri sambil memegang dedaunan kering yang mirip daun jagung. Sepintas, saya jadi ingat dengan kisah Laskar Pelangi.

10. Wefie dengan Para Wanita Tani Desa Cikarawang

OPPO F1 Plus

Lokasi: Kampung Carang Pulang, Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Tanggal: 5 Juni 2015

Paling asik kalau kumpul dengan para wanita tani seperti ini sampai Kepala Desa juga jadi ikutan ber-wefie ria. Ceritanya kami sedang menunggu tamu yang akan datang dari kabupetan lain, sambil menunggu kita berikan senyuman cerah ceria untuk Indonesia.

11. Selfie di Sekitar Gunung Bromo-Tengger-Semeru

OPPO F1 Plus

Lokasi: Gunung Bromo, Jawa Timur, Tanggal 1 Mei 2015

Ketika melihat hamparan pasir di lembah itu, saya langsung tidak tahan untuk melakukan selfie. Lihat saja saking semangatnya, ekspresinya jadi seperti itu. Indah banget deh alam Indonesia, tak terlukiskan dengan kata-kata.

Itulah tadi koleksi foto selfie dan wefie yang saya miliki. Sebenarnya masih banyak sih tapi jangan dikeluarin semua, kasihan yang baca kalau melihat foto narsis saya semua ya hehe. Daripada selfie, sebenarnya saya lebih menyukai wefie lho karena lebih terasa kebersamaannya. Menurut sebagian orang juga begitu, ternyata wefie lebih meninggakan kesan daripada selfie. Masalahnya untuk melakukan kedua hal tersebut, saya membutuhkan kamera smartphone yang mumpuni.

Kamera depan smartphone yang saya gunakan untuk menghasilkan foto di atas hanya berukuran 2 MP saja. Untuk menghasilkan foto yang cukup berkualitas, saya harus pintar mengatur kondisi lingkungan terutama sumber cahaya. Ada beberapa foto yang dihasilkan cukup bersih, ada yang terlalu terang bahkan redup.

Pertanyaannya: adakah kamera depan smartphone yang menghasilkan foto selfie dan wefie yang oke?

Jawabannya ternyata ADA. Bahkan lebih dari sekedar smartphone.

Ini adalah camera phone persembahan dari OPPO untuk senyum Indonesia yaitu:

OPPO F1 Plus

 

Ini dia keunggulan yang dimiliki OPPO F1 Plus sang #SelF1eXpert:

1. Puas berselfie ria dengan dukungan Kamera Depan 16 MP

Kamera depan OPPO F1 Plus sebesar 16 megapixel (catat 16 MP lho!) dilengkapi dengan sensor yang memiliki kemampuan menerima cahaya empat kali (4x) lebih banyak daripada smartphone lainnya. Gambar yang dihasilkan tentu lebih cerah karena sensor khusus ini dikombinasikan dengan lensa aperture yang memiliki lebar f/2.0.

Selain itu, kamera depan OPPO F1 Plus sudah dilengkapi dengan teknologi ISOCELL. Teknologi ini bermanfaat untuk mengurangi gangguan antar piksel sehingga gambar yang dihasilkan akan lebih tajam dengan tingkat noise yang rendah. Hasilnya, selfie atau wefie akan selalu cerah dan tajam. Saya sudah mencoba mengambil foto selfie dengan OPPO F1 Plus, cukup menggerakan tangan ke arah sensor maka selfie akan dihasilkan.

OPPO F1 Plus

Dan hasilnya adalah:

OPPO F1 Plus

Bagaimana? cantik gak? *eh baguskan hasil jepretan kamera depan OPPO F1 Plus yang so selfie expert banget ini. Gambar di atas sudah saya percantik dengan Beautify 4.0 yang dapat mempercantik wajah, mencerahkan dan memuluskan kulit tanpa celah. Lihat kan wajah saya lebih putih, aslinya manis seperti gulali *keselek.

2. Kamera Belakang 13 MP

Nah, kamera belakangnya juga tidak kalah keren lho, sensor kameranya dapat mendeteksi wajah langsung dan kita juga dapat mempercantik foto dengan Beauty 4.0 tadi. Ini hasil percobaan saya:

OPPO F1 Plus

Sensornya langsung mendeteksi wajah

Dan hasilnya adalah:

Clean dan tajam ya? Kamera depan dan belakang sama-sama oke punya nih.

3. Nyaman Digenggam, Terasa Pas di Tangan

OPPO mendesign F1 Plus menjadi perangkat yang ringan, tipis dan nyaman digenggam dengan permukaan berlapis metal yang anti-slip. Sehingga ketika kita menggenggamnya akan terasa kompak dan pas di tangan, tidak perlu khawatir licin dan meminimalisir smartphone lepas dari genggaman.

OPPO F1 Plus

OPPO F1 Plus memiliki ukuran display 5.5 inchi, 1.66 mm Super Narrow Dezel dan lapisan metal dengan rasio 98.02%. Bingkainya diperoleh melalui 68 langkah pemolesan hanya untuk menghasilkan kenyamanan yang sempurna pada smartphone. Selain itu camera phone ini memiliki dimensi dengan rincian sebagai berikut: tinggi 151.8 mm, lebar 74.3 mm, ketebalan 6.6 mm, dan berat 145 gram saja.

OPPO F1 Plus

4. Memberikan User Experience yang Terbaik

OPPO F1 Plus memiliki ColorOS 3.0 terbaru untuk memberikan user experience terbaik. Tampilan menjadi simple, lebih mudah digunakan, lebih cepat dan lebih mulus melalui berbagai macam optimasi sistem. Berkat ColorOS 3.O ini baterai OPPO F1 Plus menjadi tahan lama untuk digunakan. Camera phone ini memang cocok digunakan dikala hendak traveling, sudah hemat baterai, mudah digunakan, dan hasil fotonya juga bagus.

OPPO F1 Plus

Terus ada lagi kah keunggulan lainnya?

Masih banyak, supaya tidak pusing, saya sajikan pada gambar berikut ini ya:

  • Processor yang dimiliki OPPO F1 Plus: MediaTek MT6755 Octa-core
  • Tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Gold dan Rose Gold
  • Tampilan layar yang memukau dan memanjakan mata dengan display tipe Amoled yang memiliki Full HD (1920 by 1080 pixels) dengan 16 juta warna. Layar sentuhnya sudah multi touch yang dilapisi oleh Gorilla Glass 4.
  • Efisien dalam komunikasi karena memiliki tipe simcard Dual Nano-SIM Cards atau Nano-SIM Card dan microSD Card

Untuk informasi lebih lanjut mengenai detail spesifikasinya, teman-teman dapat berkunjung ke halaman OPPO F1 Plus langsung ya.

Ah senangnya kalau bisa berselfie dan berwefie ria, perasaan jadi senang dan langkah pun menjadi ringan. Saya tidak nolak kok kalau dikasih OPPO F1 Plus ini, cocok banget dipakai untuk mengeksplore seluruh wilayah Indonesia untuk menemukan senyum ramah masyarakat Indonesia. Yuk, mari kita tersenyum bersama OPPO F1 Plus untuk senyum Indonesia yang menawan, kalau bukan sekarang nanti nyesel lho.

Sumber Informasi:

[1] Health. Kompas.com. 2014. Ternyata Selfie Bisa Bantu deteksi Penyakit. http://health.kompas.com/read/2014/11/04/111000523/Ternyata.Selfie.Bisa.Bantu.Deteksi.Penyakit [diakses tanggal 20 Juni 2016].

OPPO F1 Plus. http://www.oppo.com/id/smartphone-f1-plus/ [diakses tanggal 20 Juni 2016].



72 Comments

  1. Reply

    Manteeep kameranya. Bener-bener buat yang doyan selfie ya, Ev. Seru foto-foto selfie dan welfie-mu. Udah melanglang buana ke aman-mana. 😀

  2. Evi

    Reply

    Aku pernah menggunakan Oppo F1 untuk selfie. Hasilnya memang keren karena dua muka lensa cameranya memang dirancang untuk keperluan ini 🙂

  3. hbr online

    Reply

    Sudah banyak selfie mbak Ev, sudah terdeteksi belom penyakit apa,,, hahahha…

  4. Reply

    Pas nyari2 hape kemarin juga sempat ngerasain gimana mantepnya kamera depan oppo. Ga tanggung2 yaa 16 mp.

  5. Reply

    hehe narsis tapi informatif mbak. Gak nahan ya emang pas banget buat yg doyan selfi dan wefi, kamera depannya gak nahan 16mpx, beniiing pula

  6. Reply

    Seru foto-foto dan informasi tiap fotonya.. 16 Mpx itu bakal jernih banget.. kualitas dibawahnya aja udah berasa bening.. apalagi jauh diatasnya.. daebak!

  7. Reply

    Kalo pas jalan2 itu kurang afdol ya Mba kalo gak selfie2.. hehe.. Apalagi kalo ditunjang dgn handpnone berkamera yang bagus, makin narsis selfie-nya..hihi..

  8. DoNurdians

    Reply

    Wih keren banget mbak yang satu ini,,,sudah kemana2..pake Oppo lagi

    salut mbak

  9. Reyhan Ivandi

    Reply

    Wih memang rekomended nih kayaknya kalau soal foto – foto dengan OPPO F1 PLUS ya kak.
    Aku lihat hasilnya lebih jernih dan natural.

    Moga menang juga ya kak lomba photo contestnya (y)

  10. Son Agia

    Reply

    Ini bakal tetep bagus kan, walaupun objek yang difoto cenderung abstrak, kaya muka saya?

  11. Reply

    Cakep memang nih kamera depannya. Teman saya sudah pakai karena dia memang hobi selfie ya. Mungkin saya harus beli juga, biar pede untuk selfie… 🙂

  12. arief

    Reply

    Ass. Mbsk, klo utk browsing / baca / download internet bagus / cepst gak ya….

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.