Mengukir Kreativitas dengan Laptop ASUS

Mengukir Kreativitas dengan Laptop ASUS

#ASUSLaptopku

Kreatif.

Kata kunci yang selalu saya ingat jika mau terus maju dan eksis di antara perubahan zaman. Tidak peduli apapun profesi mu, memiliki jiwa yang kreatif itu wajib banget. Karena persaingan semakin hari semakin bertambah. Kalau tidak kreatif dan inovatif, siap-siap saja deh jika tergerus tuntutan zaman.

Pertanyaannya siap kah untuk menjadi pribadi yang kreatif? Ya mau tidak mau harus siap dong. Jangan khawatir, setiap orang pada dasarnya sudah dibekali benih kreativitas kok, hanya saja terkadang kita tidak menyadari sehingga kreativitas tersebut tidak berkembang. Tetapi kalau sudah kepepet karena suatu tekanan, kreativitas dapat terbentuk lho.

Kok tau?

Iya, soalnya saya kan mengalaminya sendiri.

evrinasp

Dulu, saya mana tau kalau ternyata saya bisa menulis sebuah artikel. Saya yang dulu bahkan tidak bisa membuat design grafis sederhana. Taunya hanya bagaimana membuat bahan presentasi yang menarik melalui power point. Tetapi karena sudah menjadi tuntutan profesi, saya harus berkembang lebih baik supaya orang lain yang membutuhkan bantuan, dapat saya bantu.

Saya menyadari kondisi tersebut di tahun 2014 atau setelah satu setengah tahun bekerja menjadi penyuluh pertanian sekaligus setelah dua tahun lebih menekuni hobi sebagai blogger.

Di pekerjaan, saya pikir tugas saya hanya cukup memberikan penyuluhan saja kepada para petani. Ternyata saya harus juga kreatif karena seorang penyuluh harus bisa membuat media penyuluhan seperti membuat poster, folder, leaflet, brosur, hingga video penyuluhan.

Di dunia blogging juga sama, saya melihat teman-teman blogger sangat kreatif membuat design grafis. Sementara konten blog yang saya miliki hanya berupa tulisan dengan menambahkan foto saja.

Label sederhana yang saya buat di tahun 2014
Label sederhana yang saya buat di tahun 2014

Tahun 2014

Saya masih menggunakan power point ketika membuat poster sederhana. Lalu secara perlahan belajar menggunakan software lainnya seperti CorelDraw untuk berkreasi.

Folder yang saya buat dengan menggunakan CorelDraw
Folder yang saya buat dengan menggunakan CorelDraw

Mulai Tahun 2016

Saya sudah mulai menggunakan CorelDraw untuk membuat folder, leaflet, poster pertanian sebagai media penyuluhan termasuk ketika membuat grafis untuk blog.

Dari situ saya mulai sadar kalau saya harus meningkatkan skill dalam dunia digital yang membantu urusan pekerjaan maupun urusan blogging. Kemudian sayapun mulai belajar menekuni salah satu software untuk membuat grafis yaitu CorelDraw. Kebetulan pak suami mahir mengoperasikan software tersebut sehingga saya bisa belajar langsung dengannya.

Pembelajaran ini saya mulai dengan membeli perangkat laptop yang menjadi laptop pertama saya. Dulu saya hanya menggunakan netbook karena saya pikir cukup menggunakan perangkat itu saja untuk bekerja. Tetapi karena saya ingin belajar mengolah grafis, maka saya harus memiliki laptop dengan spesifikasi yang mendukung.

ASUS A450C

Perkenalkan, ini adalah perangkat laptop ASUS pertama saya dan yang masih saya pakai hingga saat ini. Laptop kesayangan saya ini sudah menemani sejak tahun 2014 lalu. Dia adalah salah satu perangkat yang mengantarkan saya berkreasi.

Laptop ASUS A450 C, laptop pertama yang saya miliki dan dipakai hingga saat ini
Laptop ASUS A450 C, laptop pertama yang saya miliki dan dipakai hingga saat ini

Ciptakan Kreativitas dengan Laptop ASUS

Teman saya di kantor mengatakan kalau saya ini posesif sekali terhadap laptop ASUS A450 C yang saya miliki. Maklum, saya sangat menjaganya seperti halnya seorang bayi. Saya menyimpan laptop dengan benar, membungkusnya dengan rapih ketika hendak dibawa, dan menggunakannya dengan sangat hati-hati agar tidak trouble. Tetapi sebenarnya tidak perlu seperti itu karena laptop ASUS A450 C ini bagi saya cukup kuat performanya.

Melalui laptop ini, saya sudah menelurkan beberapa kreativitas yang membantu saya dalam memudahkan pekerjaan seperti menghasilkan folder pertanian, poster pertanian, hingga video penyuluhan. Berkat semua karya itu, kantor jadi tau bahwa ada seorang penyuluh muda yang kreatif sehingga mengantarkan saya dua kali menjadi penyuluh terbaik. Alhamdulillah.

Laptop ASUS milik saya menemani saat presentasi di kantor
Laptop ASUS milik saya menemani saat presentasi di kantor
Laptop ASUS A450 C dengan perangkat ASUS lainnya
Laptop ASUS A450 C dengan perangkat ASUS lainnya

Laptop ASUS A450 C yang saya miliki ini sangat membantu dalam membuat design grafis serta editing video dengan spesifikasi yang mumpuni seperti prosesor Intel Core i3 dengan kartu NVIDIA GEFORCE 720 M. Meski spesifikasinya cukup tertinggal jauh dengan laptop ASUS lainnya di tahun 2018 ini, tetapi laptop kesayangan saya tersebut masih sangat kencang berlari ketika melakukan proses editing dan olah grafis.

Tidak hanya membantu dalam urusan pekerjaan dan blogging saja, laptop ASUS A450 C juga telah menemani hari-hari saya untuk sesekali metime. Bentuk metime saya adalah dengan menonton drama Korea di laptop atau sekedar mendengarkan musik. Layarnya yang luas yaitu sebesar 14 inchi dengan SonicMaster membuat perpaduan yang pas ketika sedang metime di rumah baik menonton video atau mendengarkan musik.

evrina budiastuti
asus-laptop

Oh iya sedikit cerita, laptop ini juga sering saya bawa ke saung petani ketika mengadakan pertemuan kelompok. Salah satu manfaatnya adalah sebagai alat bantu penyuluhan ketika ingin menggunakan video sebagai media penyuluhan.

Suatu hari entah bagaimana ceritanya, tanpa sengaja laptop saya diduduki oleh salah seorang petani. Saat itu LCD laptop jadi pecah, saya pikir akan mengenai hardware lainnya. Syukur alhamdulillah hanya LCDnya saja yang terkena karena laptop masih dapat dioperasikan dengan menggunakan layar lainnya. Setelah itu, saya langsung cepat mengganti LCD di salah satu toko komputer dan laptop ASUS A450 C dapat digunakan secara maksimal kembali.

Laptop yang tidak sengaja diduduki

Laptop kesayangan sudah sehat kembali

Berdasarkan pengalaman tersebut, saya bercita-cita apabila ada rezeki, ingin menambah laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi lagi. Jika ada laptop baru, bukan berarti saya meninggalkan laptop ASUS A450 C. Rencananya, laptop ASUS A450 C saya gunakan untuk operasional di rumah, sementara laptop yang baru akan saya simpan di kantor untuk memudahkan pekerjaan dan kreativitas selama di kantor. Dengan begitu, saya tidak perlu membawanya bolak-balik dari rumah ke kantor atau sebaliknya.

Apabila ada rezeki untuk memiliki laptop baru, kriteria laptop seperti apakah yang dicari?

Saya membutuhkan laptop yang fleksible dan sangat membantu dalam urusan pekerjaan maupun hobi ngeblog seperti:

ASUS VivoBook Flip TP410

Alasannya saya jabarkan pada tulisan di bawah ini ya.

ASUS Vivobook Flip TP410

Ciptakan Kreativitas dengan ASUS VivoBook Flip TP410

Di dalam dunia penyuluhan ada yang namanya penyuluhan dengan menggunakan media peta singkap. Peta singkap adalah beberapa lembar materi yang dituangkan ke dalam beberapa kertas berukuran besar (kurang lebih seukuran poster) yang umumnya lebih banyak memuat gambar. Media ini digunakan dengan cara menyingkapnya dari satu materi ke materi lain.

Saya sering menggunakan media tersebut terutama di tempat yang tidak memungkinkan dalam penggunaan media elektronik seperti laptop dan proyektor karena tidak ada aliran listrik. Minusnya dari penggunaan media singkap adalah boros kertas, harga kertasnya juga cukup mahal, kemudian tangan juga menjadi pegal karena harus memegang lembaran kertas tersebut.

Saya menggunakan peta singkap dari bahan kalender bekas untuk menerangkan budidaya kedelai
Saya menggunakan peta singkap dari bahan kalender bekas untuk menerangkan budidaya kedelai

Nah, berdasarkan hal tersebut, saya ingin sekali memiliki laptop yang fungsinya lebih dari untuk olah data, olah grafis, atau membuat konten kreatif saja, tetapi juga mampu mendukung pekerjaan saya sehari-hari sebagai penyuluh.

Saya membutuhkan laptop yang dinamis seperti ASUS VivoBook Flip TP410 karena memiliki beberapa keunggulan, seperti:

Keunggulan pertama adalah karena laptop ini bisa tampil dengan 4 Mode

Dengan kemampuan empat mode ini, saya bisa menggunakan ASUS Vivobook Flip TP410 sebagai peta singkap elektronik yang membantu saya saat menyampaikan materi kepada petani. Tidak hanya itu, kedinamisan mode pada ASUS Vivobook Flip TP410 juga memudahkan saya ketika menjalani hobi sebagai blogger.

Kalau di tengah-tengah ada ASUS Vivobook Flip TP410, pasti lebih seru penyuluhannya
Kalau di tengah-tengah ada ASUS Vivobook Flip TP410, pasti lebih seru penyuluhannya

4 Mode ASUS Vivobook Flip TP410

ASUS Vivobook Flip TP410

Powerful Laptop.

Ini adalah mode yang umumnya bisa dilakukan oleh semua laptop. Mode ini dapat saya gunakan ketika bekerja di kantor, dapat digunakan bekerja di rumah sebagai blogger, dapat juga digunakan ketika menyampaikan materi penyuluhan dalam bentuk video menggunakan proyektor.

ASUS Vivobook Flip TP410

Shared Viewer.

Mode ini dapat digunakan untuk mengganti peta singkap manual. Dengan mode ini saya dapat lebih dinamis lagi menggunakan ASUS Vivobook Flip TP410. Laptop dapat diletakkan di suatu tempat, atau saya juga dapat memegangnya dengan satu tangan sementara tangan lain berfungsi untuk mengarahkan. Mode ini membantu untuk penyuluhan dengan jumlah petani yang lebih banyak sehingga saya bisa dengan mobile memindahkan ASUS Vivobook Flip TP410 saat memperlihatkan materi.

Mode ini juga sangat membantu saya ketika menyampaikan suatu gagasan di dalam rapat kantor. Bentuknya yang ringkas tentu membuat saya semakin percaya diri ketika mempresentasikan gagasan tertentu kepada atasan dan rekan kerja lainnya.

ASUS Vivobook Flip TP410 2

Media Stand.

Mode ini dapat juga saya gunakan untuk mengganti peta singkap manual. Saya dapat meletakkan ASUS Vivobook Flip TP410 di salah satu sisi tempat pertemuan kelompok. Petani dapat memperhatikan secara bersama akan materi yang saya berikan. Saya juga dapat menggunakannya dengan mudah, cukup menggeser slide materi untuk pergantian, dan tangan tidak perlu merasakan pegal karena laptop ASUS Vivobook Flip TP410 dapat diletakkan pada suatu tempat.

ASUS Vivobook Flip TP410 3

Responsive Tablet.

Ketika ide datang tiba-tiba dan ingin menuangkannya segera, saya dapat menggunakan mode ini terutama di saat kondisi sedang sangat mobile. Atau ketika membutuhkan informasi melalui laptop secara cepat sementara kondisi sedang mobile, mode ini sangat membantu sekali dalam memanfaatkan perangkat karena ringkas dan efisien.

syulist 2

Keunggulan kedua adalah ASUS VivoBook Flip TP410 ini sangat stylist, ramping, dan berbobot ringan.

ASUS Vivobook Flip TP410 dengan profil 19.2 mm ini memiliki bobot yang ringan karena berat keseluruhan hanya 1.6 kg saja. Laptop ini merupakan salah satu laptop convertible 14 inci yang paling portable, sangat mendukung aktivitas pekerjaan yang serba mobile.

Lalu keunggulan yang ketiga adalah hadirnya tampilan NanoEdge pada ASUS Vivobook Flip TP410. Dengan layar 14 inci namun memiliki tampilan ultra-tipis berfitur “Nanoedge”, laptop ini mampu memaksimalkan ukuran layar sekaligus meminimalkan ukuran body laptop. Layar Full HD 14 inci terbingkai dalam ukuran bingkai laptop berukuran 13 inci. Dengan desain NanoEdge, ASUS VivoBook Flip TP410 memiliki fitur 78,7% Screen-to-Body Ratio yang luar biasa. Tampilan Full HD juga menampilkan teknologi wide-view 178 technology yang memastikan kualitas warna dan kontras tetap hidup, bahkan ketika dilihat pada sudut yang tajam.

NanoEdge Display & Ultra Accurate Touch

NanoEdge Display

Ultra Accurate Touch

Selain tampilan NanoEdge, ASUS VivoBook Flip TP410 memiliki layar sentuh yang ultra akurat. Hal ini berkat sensor sentuh presisi tinggi berjarak pada 6mm dengan sensitivitas yang lebih besar dari display standar  sehingga sentuhan paling halus dapat terdeteksi. Seperti yang saya katakan sebelumnya, laptop ini sangat mendukung sekali akan aktivitas saya terutama saat mengajar petani atau ketika menyampaikan gagasan saat rapat. Cukup dengan menyentuh layar dan menggeser slide berisi materi presentasi, maka pekerjaan jadi sangat mudah. Oh iya, ASUS VivoBook Flip TP410 juga dapat bekerja sempurna dengan ASUS Pen.

Kemudian keunggulan yang keempat adalah laptop ini sudah dilengkapi dengan Fingerprint Sensor. Wah seru banget ya kalau sudah ada fingerprint sensornya karena laptop yang saya pakai saat ini masih manual ketika ingin sign-in ke dalam Windows. ASUS Vivobook Flip TP410 mendukung fitur Windows Hello yang umumnya hanya hadir di laptop kelas atas.

ASUS Vivobook Flip TP410 6

Dengan Windows Hello, pengguna dapat dengan mudah melakukan sign-in ke Windows 10 yang terinstalasi di dalam laptop hanya dengan sentuhan jari saja. Dengan adanya fingerprint  sensor maka faktor keamanan juga semakin meningkat. Asiknya lagi nih, ASUS VivoBook Flip TP410 juga sudah preinstall Windows 10 lho.

Wahhh….asik banget ya kalau bisa memiliki ASUS VivoBook Flip TP410 ini, menghabiskan waktu di depan laptop jadi betah, kalau bosen dengan satu mode bisa berpindah ke mode lain. Terus nih kalau menggunakan laptop tersebut, tentu sangat memudahkan pekerjaan saya, petani juga pasti senang deh kalau saya menyampaikan materi dengan menggunakan ASUS VivoBook Flip TP410 yang bisa diubah-ubah modenya.

Kemudian, apabila menggunakan ASUS VivoBook Flip TP410 ini, juga semakin membuat saya terlihat percaya diri ketika sedang presentasi di depan atasan dan juga rekan kerja lainnya. Saya perlu banget nih ASUS VivoBook Flip TP410, mengingat dua minggu sekali di setiap bulannya, saya pasti rapat di kantor.

Oh iya, ini juga yang tidak kalah penting, ASUS VivoBook Flip TP410 sangat mendukung sekali kegiatan metime saya di rumah yang suka menonton drama Korea hehe. Cukup dengan mengaturnya ke mode tablet atau media stand, maka saya bisa langsung menikmati drama korea melalui ASUS VivoBook Flip TP410 ketika dalam posisi duduk. Atau bisa juga mengatur ASUS VivoBook Flip TP410 ke mode Shared Viewer ketika ingin menonton dalam posisi tiduran. Duh….nikmatnya dunia.

Apabila ada rezeki untuk memiliki ASUS VivoBook Flip TP410, mau pilih yang seri apa? Kalau saya sih, seri yang mana saja juga mau kok, tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan.

Ada tiga seri ASUS VivoBook Flip TP410, yaitu:

ASUS VivoBook Flip 14 TP410UA

dengan spesifikasi Intel Core i3/i5, Windows 10 Home, hingga 1TB HDD

ASUS VivoBook Flip 14 TP410UR

dengan spesifikasi Intel Core i3/i7, Windows 10 Home, up to 8GB, up to 1TB HDD+128G SSD

ASUS VivoBook Flip 14 TP410UF

dengan spesifikasi Intel Core hingga i7-8550U, Windows 10 Home, 8GB DDR4, hingga 1TB HDD + 128GB SSD

Demikianlah sedikit cerita tentang #ASUSLaptopku yang sudah menemani hari-hari saya dalam berkreasi sejak tahun 2014 lalu. Melalui laptop ASUS, saya sudah banyak menorehkan beberapa cerita indah di empat tahun belakang kemarin. Semoga di tahun-tahun berikutnya juga bisa menorehkan beberapa catatan indah lainnya.

Itu sebabnya mungkin akan lebih baik jika tahun #2018GantiLaptopASUS A450 C ke ASUS VivoBook Flip 14 TP410 supaya saya dapat semakin kreatif dan produktif baik di pekerjaan maupun saat menekuni hobi ngeblog.

64 Comments

  1. Reply

    Wah kayaknya ASUS Flip ini memang rekomended banget buat presentasi ke klien deh apalagi buat penyuluhan ke para petani ya mbak..

    Kece banget pastinya!

  2. Reply

    Wah aku selalu salut sama cewek atau cowok yang mengabdi untuk pertanian atau kemajuan masyarakat dalam hal apa pun. Ekonomi pertanian ini pilar kemakmuran. Sering terlupakan. Semoga bisa dapet Asus Flip jadi presentasi ke petani lebih hidup dan mudah dipahami. Salut dan sukses!

  3. Reply

    Aku juga salah seorang BLUS, Blogger yang pakai ASUS, hihihi…
    Sejak Juli 2013 aku pakai ASUS X201E, notebook ultra tipis dan ultra ringan di zamannya.
    Alhamdullillah, masih berfungsi sampai kini, langsung elus-elus notebook :).

    Bersamanya aku juga banyak menorehkan berbagai cerita, baik suka maupun duka, tumbuh dan berkembang sebagai blogger sekaligus netizen.

    Aku juga mau dong #2018GantiLaptopASUS X201E ke ASUS VivoBook Flip 14 TP410

  4. Reply

    Ini laptop emang bikin para blogger kepengen sih ya mbak. ASUS emang juarak deh!
    #2018UpgradeLaptopASUS #2018TetapPakaiLaptopASUS #2018SusahMoveOnDariLaptopASUS 😀

  5. Reply

    Hi mba Evrina, artikelnya mantap seperti biasa.

    Memang dalam profesi apapun kita dituntut untuk lebih kreatif agar karya kita bisa menonjol, termasuk blogger. Apalagi skrng persaingan blogger cukup ketat, padahal blogger2 yang sudah master aja dah banyak.

    Saya sendiri mengagumi blog mba Evrina. Ide tulisan, narasi, sampai tampilan artikelnya saya kira salah satu bentuk kreatifitas terbaik. Belum lagi pengalaman pribadi yang disampaikan bisa menyatu baik dengan tema blognya 🙂

    Btw keren mba ASUS VivoBooknya, saya kepincut sama touch screennya yang bisa dipake kombo bareng ASUS pen. Seru bgt kyknya klo nulis di tablet bisa semudah nulis di atas kertas.

    • Reply

      Terima kasih mas Salman, saya berharap semoga tulisanya bermanfaat, saya juga naksir laptop seri flip ini karena kefleksibleannya, mau dipakai dengan posisi bagaimanapun bisa, udah gitu tipis, cocok banget deh

  6. dananwahyu

    Reply

    laptop kece kaya gini yang saya impikan , enak dibawa jalan dan bisa jadi tablet… duh kapan ya sampa di rumah laptopnya

  7. Reply

    SELAMAT YA EVVVVV…..terus mengukir prestasi, so proud of you. Jadi pengen ngeblog lagi….kangen cerita-cerita lewat blog.

  8. Reply

    Selamat ya, Mbak. Emang kece badai artikelnya. Hebat banget 2x jd penyuluh terbaik. Semoga selalu menginspirasi lewat tulisan dan membuat para petani makin sejahtera *ortuku petani di klaten

  9. Pingback: ASUS ZenBook 13/14/15, Laptop Premium Paling Ringkas dari ASUS - evrithink.co

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.