Conservacation Sobat Air ADES

conservacation-sobat-air-ades

Salah satu hal yang menyenangkan bagi saya adalah hobi yang dibayar. Melakukan hobi tanpa dibayar saja sudah menyenangkan, namanya juga hobi, apalagi dibayar. Dua-duanya dapet deh, hobinya tetap berjalan, diiringi dengan rezekinya yang melimpah. Makanya saya sangat bahagia sekali ketika ADES Indonesia menjembatani hobi saya tersebut melalui pemilihan Sobat Air ADES. Sobat Air ADES ini nantinya akan menjalani program Conservacation yang menggabungkan program konservasi sumber daya air dan lingkungan sekaligus menikmati keindahan alam Indonesia. Asik banget kan? bukan hanya jalan-jalan, tetapi kami juga akan memberikan sumbangsih kepada masyarakat sekitar terhadap upaya pelestarian lingkungan khususnya sumber daya air.

Jika teman-teman melihat instagram ADES Indonesia, pasti mengetahui bahwa di sana ada dua sosok Pejuang Air ADES. Mereka adalah Sugeng Handoko dari Yogyakarta dan Romo Marselus Hasan dari Nusa Tenggara Timur yang telah dipilih oleh pemegang merek air minum dalam kemasan murni yang merupakan bagian dari PT Coca-Cola Indonesia ini. Pemilihan dua Pejuang Air ADES ini telah dilakukan pada bulan Mei 2018 lalu berkat kontribusi besar dalam menjaga kelestarian air sebagai sumber kehidupan dan memberikan dampak positif bagi pelestarian lingkungan. Hal tersebut memang sejalan dengan kampanye Cintai Air, Cintai Hidup, yang digaungkan oleh ADES Indonesia.

Pada konferensi pers yang dilaksanakan pada tanggal 30 September 2018 lalu, Mohamad Rezki Yunus, selaku Marketing Manager Hydration, Coca-Cola Indonesia mengatakan bahwa ADES konsisten dengan nilai utama yaitu memberikan air minum murni sekaligus memegang teguh komitmen pada bisnis yang berkelanjutan dengan inisiatif ADES yang berorientasi pada lingkungan. Di era kolaborasi ini, ADES memberikan wadah untuk mengajak dan mempertemukan generasi muda dari beragam daerah dan latar belakang namun memiliki visi yang sama, yaitu memiliki semangat mencintai alam Indonesia dan ingin berkontribusi pada konservasi dan pengelolaan air yang berkelanjutan untuk kelangsungan hidup masyarakat Indonesia dengan menjadi Sobat Air ADES dan mengikuti kegiatan Conservacation.

conservacation-sobat-air

Mohamad Rezki Yunus, Marketing Manager Hydration, Coca-Cola Indonesia

Melalui Conservacation, para Sobat Air ADES akan membantu mewujudkan mimpi para Pejuang Air ADES untuk mewujudkan mimpinya dalam melakukan konservasi sumber daya air dan lingkungan. Kegiatannya nanti memadukan kegiatan konservasi dan pengelolaan air yang berkelanjutan dan sekaligus menikmati alam Indonesia yang asri. Kegiatan ini akan dilakukan di area konservasi air Pejuang Air ADES yaitu Desa Bea Muring, Nusa Tenggara Timur dan Desa Nglanggeran, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pemilihan Sobat Air ADES

Pada awalnya, saya mengetahui pemilihan Sobat Air ADES dari informasi seorang teman, ditambah dengan banyaknya foto berseliweran di Instagram menggunakan hastag #SobatAirAdes. Sayapun penasaran dan segera meluncur ke Instagram ADES yang ternyata sedang berlangsung seleksi Sobat Air ADES.

Wah sayapun tidak mau ketinggalan dong, langsung saja saya meniatkan diri untuk ikutan program tersebut, secara program yang akan dilaksanakan oleh ADES Indonesia tidak jauh dengan hobi yang saya sukai yaitu konservasi.

Seleksi pertama adalah dengan menjaring 60 orang nominator berdasarkan foto yang diunggah di Instagram dengan syarat dan ketentuan tertentu. Setelah itu, ke-60 nominator ini wajib membuat video selama 1 menit yang kembali diunggah di akun Instagram masing-masing. Dari ke-60 video kemudian dipilih 20 nominator yang akan mengikuti Conservacation.

View this post on Instagram

Halo, Saya Evrina Budiastuti, seorang Penyuluh Pertanian. Tujuan dan motivasi saya mengikuti Sobat Air Ades @ades_indonesia adalah ingin terlibat secara langsung dalam aksi pelestarian lingkungan. Setiap minggunya saya membina para petani yang banyak memakai air untuk berbudidaya. Saya ingin belajar lebih jauh bagaimana cara melakukan konservasi air terutama untuk daerah yang jauh dari hutan. Saat ini saya bersama petani tergabung dalam Perkumpulan Petani Pemakai Air di mana kami sama-sama menjaga agar sumber daya air yang digunakan tetap terjaga. Saya memiliki kemampuan dalam hal budidaya tanaman dan penyuluhan. Apabila terpilih sebagai Sobat Air Ades maka saya akan menyampaikan pentingnya konservasi air kepada masyarakat baik secara langsung melalui penyuluhan maupun tidak secara langsung melalui penulisan di blog dan media sosial. Karena konservasi air itu penting, dengan mencintai air, maka kita juga mencintai kehidupan. #CintaiAirCintaiHidup #LoveWaterLoveLife #sobatairAdes #Conservacation #PejuangAirAdes

A post shared by Evrina Budiastuti (@evrinasp) on

Mengenai konservasi ini, Andrew Hallatu, selaku Public Affairs and Community Manager, Coca-Cola Indonesia mengatakan bahwa konservasi air merupakan sesuatu yang tidak terpisahkan dari bisnis Coca-Cola Indonesia di manapun perusahaan beroperasi. Dalam satu dekade terakhir, berbagai program Water Replenishment yang dilakukan oleh perusahaan di Indonesia setidaknya telah mengembalikan lebih dari satu milyar liter air kembali ke alam dan masyarakat; mulai dari pembangunan sumur-sumur resapan untuk penyelamatan mata air, perbaikan akses air bersih dan sanitasi, hingga pembuatan Embung di lahan kering untuk fungsi konservasi air sekaligus pertanian dan perkebunan yang berkelanjutan. Pada kesempatan ini, ADES sebagai bagian produk dari The Coca – Cola Company di Indonesia juga membawa pesan yang sama kepada para konsumennya agar terus mencintai air untuk kehidupan. Melalui Sobat Air ADES, perusahaan berharap untuk bersama-sama menjadi agen-agen yang membawa perubahan bagi konservasi air di Indonesia untuk kehidupan yang lebih baik dan berkelanjutan.

conservacation-sobat-air-ades

Andrew Hallatu, Public Affairs and Community Manager, Coca-Cola Indonesia

Sebanyak 20 orang Sobat Air ADES yang telah terpilih diberikan tantangan oleh ADES Indonesia untuk menunjukan kepedulian dan kontribusi pada lingkungan. Pada tanggal 19-22 September nanti, 10 Sobat Air ADES akan menjalani Conservacation di Yogyakarta bersama Pejuang Air ADES Sugeng Handoko. Di sana mereka akan bersama-sama membangun sumur resapan  sebagai upaya konservasi air dan mengoptimalkan pemanfaatan sumber air. Hal tersebut dilakukan agar warga di Desa Nglanggeran bisa mendapatkan air secara berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan irigasi.

Kemudian 10 orang Sobat Air ADES lainnya akan akan menjalani Conservacation di Nusa Tenggara Timur bersama Pejuang Air ADES Romo Marselus Hasan pada tanggal 25 – 30 September. Di sana, secara bersama-sama melakukan pengoptimalan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) melalui pengerukan sungai yang mendangkal dan upaya pelestarian sumber daya air melalui penanaman pohon di sekitar daerah aliran sungai, serta perbaikan akses air bersih bagi warga sebagai bagian dari kegiatan konservasi dan pengelolaan air yang berkelanjutan. Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat mewujudkan pengembangan kehidupan dan perekonomian keluarga melalui program konservasi air berkelanjutan.

Serangkaian kegiatan konservasi dan pengelolaan air yang berkelanjutan yang akan dijalani Sobat Air ADES telah melalui proses survei dan workshop bersama Pejuang Air ADES, pihak ADES Indonesia, dan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) yang merupakan mitra lokal dari The Nature Conservancy Indonesia.

5 dari 20 Sobat Air ADES, sumber foto: Okezone.com

Jaka Setia, selaku Communication Manager Yayasan Konservasi Alam Nusantara mengatakan bahwa YKAN sebagai organisasi non-profit di bidang lingkungan sangat memahami pentingnya konservasi air bagi kehidupan. Dalam kolaborasi ini, telah membantu melakukan survei dan workshop, hingga melakukan pendampingan dalam perbaikan dan pembangunan fasilitas untuk terwujudnya upaya konservasi air berkelanjutan di daerah asal Pejuang Air ADES. Hadirnya Sobat Air ADES diharapkan dapat menjadi agent of change dalam hal konservasi air, dan membantu mengubah paradigma generasi muda tentang pemanfaatan air yang menitik beratkan pada upaya-upaya konservasi serta pemanfaatan air secara berkelanjutan

Setelah menjalani beberapa hari menjalani kegiatan konservasi air bersama Pejuang Air ADES dan masyarakat sekitar, Sobat Air ADES akan menikmati indahnya alam Indonesia yang alami. Antara lain menikmati wisata lain di sekitar wilayah Gunung Kidul – Yogyakarta dan Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur. Hal itu dilakukan oleh ADES karena ingin memperlihatkan pada Sobat Air ADES tentang indahnya alam Indonesia yang alami dan bagaimana menjaganya untuk kelangsungan hidup masyarakat Indonesia di masa depan.

Yogyakarta atau NTT?

Dua-duanya saya suka, karena masing-masing daerah memiliki keunikan sendiri. berdasarkan pertimbangan internal dewan juri, alhamdulillah saya mendapatkan kesempatan untuk berangkat ke NTT atau Nusa Tenggara Timur. Kebetulan saya memang ingin sekali suatu hari menjejakkan kaki ke NTT dan ternyata doa saya terjawab melalui ADES Indonesia.

Oh iya, Sobat Air ADES ini memiliki latar belakang dari berbagai lini lho. Ada yang berprofesi sebagai digital marketing, MC, tenaga kelistrikan, perawat, mahasiswa, ahli kimia, konsultan, pelajar, dan lain-lain yang semuanya tergabung dalam Sobat Air ADES.

Wah, saya tidak sabar deh ingin segera mengikuti Conservacation. Doakan kami ya teman-teman agar kami sehat selalu sehingga dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Conservacation Sobat Air ADES. Aamiin. Terima kasih.

 

9 Comments

  1. Pingback: Conservacation Day 1: Menabung Air di Embung Cinta Tesabela - Evrina Budiastuti

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.