Peluncuran ASUS ROG GL702 dan GL553 Notebook Gaming dengan Performa Tinggi




asus rog

Pada hari Kamis tanggal 8 Desember 2016 lalu bertempat di Exodus Kuningan City Mall, saya berkesempatan untuk hadir pada acara peluncuran notebook gaming terbaru dari ASUS. Seperti yang kita ketahui bahwa ASUS memiliki seri notebook gaming dengan merk tersendiri yaitu ASUS ROG atau Republic of Gamers. Wow dari namanya saja sudah kelihatan sangar ya apalagi setelah melihat langsung bentuk notebooknya dan ternyata memang sangat gahar. Nah, pada hari itu ada dua seri ASUS ROG yang diluncurkan untuk para pecinta online games, youtuber serta penggiat dunia grafis karena notebook ROG terbaru dari ASUS ini didesign khusus untuk mendukung semua hobi tersebut. Mari kita kupas satu per satu yuk.

ASUS ROG GL702, Notebook Gaming dengan Tiga Pendingin Berperforma Tinggi

Perkenalkan seri ROG terbaru dari ASUS dengan mesin internal yang lebih memukau. Dengan nama ASUS ROG GL702, perangkat gaming berbasis Windows 10 ini memiliki tiga buah kipas untuk meredam suhu komponen di dalam perangkat gaming. Ini perlu diapresiasi lho karena umumnya perangkat lain hanya menanamkan dua buah kipas saja yang diletakan pada komponen GPU dan CPU. Ibu Juliana Cen, selaku Country Product Group Leader, ASUS Indonesia mengatakan bahwa selain menggunakan tiga buah kipas, notebook tersebut juga memiliki dua buah pipa tembaga (heatpipe) yang juga menjadi bagian dari solusi thermal untuk mengatasi suhu.

Diketahui dari presentasi yang dilakukan oleh Tim ASUS Indonesia kemarin, ASUS ROG GL702 merupakan varian terbaru yang menggunakan graphic card Nvidia GTX 1060 DDR5 dengan video memori 6GB.  Nah, untuk memberikan pengalaman gaming terbaik kepada para pengguna, ASUS juga bekerjasama dengan Microsoft menghadirkan perangkat-perangkat yang telah dibundling dengan Windows 10.

asus rog

asus rog

Sewaktu melihat modelnya saya takjub dengan keyboard berwarna merah berkat lampu backlit LED. Keyboard untuk ASUS ROG GL702 ini memang dirancang dengan fitur keyboard 30 roll over serta mampu menyala agar para gamer dapat menekan banyak tombol untuk menjalankan permainannya. Untuk RAMnya sendiri sudah besar lho yaitu 16GB DDR4 yang sangat mendukung pengoperasian notebook gaming. Kemudian dari segi layar, ukurannya juga cukup besar sehingga para gamer jadi puas menatap layar dengan ukuran 17,3 inchi yang disupport dengan G-Sync Technology.

Dulu waktu diberitau oleh mas-mas penjual notebook, saya dikasih tau kalau notebook saya sudah dilengkapi dengan chip grafis Nvidia. Itu gunanya untuk apa ya? ternyata itu perangkat yang diperlukan bagi notebook yang digunakan salah satunya untuk gaming dan keperluan grafis tinggi (CMIIW). Di ASUS ROG GL702 sudah dilengkapi dengan Nvidia Pascal GTX 1060 yang memiliki kecepatan tiga kali lipat lebih tinggi jika dikomparasi dengan generasi Nvidia sebelumnya. Kalau sudah ada chip tersebut, maka notebook mampu menangani tugas-tugas berat seperti pengolahan grafis yang harus ditangani secara simultan dengan semakin baik.

Saya agak pusing juga nih neranginnya karena memang belum paham banget, untuk lebih jelasnya lihat fitur lengkap dari ASUS ROG GL702 berikut ini ya:

Main Spec. ROG GL702 G-Sync
CPU Intel® Core™ i7-6700HQ Processor (6M Cache, up to 3.50 GHz)
OS Windows 10 Home
Memory DDR4 2133 MHz 16 GB
Storage 2,5” SATA 1TB 7200rpm + 256GB PCIEx4 SSD NVMe PCIe SSD
Display 17,3”  Non-glare IPS Full HD (1920 x 1080)
Graphics NVidia GeForce GTX1060 6GB DDR5 (G-Sync)
Input/Output 3x USB 3.0, 1x USB 3.1 Type-C Thunderbolt 3, 1x HDMI port, 1x Mini port, 3-in-1 cardreader (SD/SDXC),
Camera Built-in HD Camera and array mic
Connectivity 802.11AC+BT
Audio Dual Array Microphone, Bang & Olufsen ICEpower with SonicMaster
Weight 2.2Kg
Dimension 39.0 (W) x 26.6 (D) x 3.01 (H) cm
Keyboard Anti-ghosting Illuminated chiclet keyboard, 1,6mm of key travel distance, specially designed WASD cursor keys
Special Design Alumunium alloy body, Elegant and modern lines, New ROG Strix design
Battery 4 cells, 4120mAh
MSRP Rp26.299.000 (free ROG mouse)
Warranty 2 years full global warranty

ASUS ROG GL553, Untuk Memanjakan Para Gamers

Produk terbaru dari ASUS ini merupakan pembaruan dari ROG Strix dengan nama ROG GL502. Ini juga membuat saya mupeng karena sudah dilengkapi dengan komponen canggih yaitu prosesor Intel Core i7-6700HQ, Nvidia GTX 960M serta Windows 10. Berbeda dengan seri ASUS ROG GL702, notebook ASUS GL553 ini diciptakan untuk para gamer yang menginginkan notebook gaming berspesifikasi tinggi dengan harga yang terjangkau. Komponen internal yang ada di ROG GL702 memiliki kapasitas media penyimpanan berbasis HDD sebesar 1 TB 7200 rpm, RAM 16 GB dan menggunakan DDR4 berkecepatan 2133 MHz yang mampu ditambah hinga 32 GB. Wow amazing banget ya, itu bisa buat menyimpan banyak memory.

ASUS ROG

Pada ASUS ROG GL553 terdapat sebuah software khusus bernama Game First III, yang dapat membantu pengguna untuk menyesuaikan bandwidth jaringan internet sehingga terfokus pada game yang sedang dimainkan untuk mencegah lag. Selain itu pada notebook ini juga terdapat aplikasi ASUS Gaming Center yang membantu pengguna mengonfigurasi beberapa aspek seperti kecepatan kipas atau mengontrol beberapa mode gaming sesuai keinginan.

Untuk design keyboardnya sendiri, ASUS ROG GL553 juga sudah memiliki desain keyboard berfitur LED backlit yang memancarkan warna merah menyala. Keyboard pada notebook ini memiliki tingkat kedalaman sentuhan atau travel distance cukup dalam yakni 2,5 mm sehingga memberikan rasa nyaman ketika menyentuh tombol keyboard. Selain itu ada juga fitur anti-ghosting 30 key rollover yang diberikan pada ASUS ROG GL553 sehingga dapat membuat tombol-tombol pada keyboard mampu ditekan secara bersaman apabila dibutuhkan.

Supaya lebih jelasnya lagi, berikut adalah fitur lengkap dari ASUS ROG GL553:

Main Spec. ROG GL553VW
CPU Intel Core i7-6700HQ Processor (6M Cache, up to 3.50 GHz)
Memory DDR4 2133MHz SDRAM, 2 x SO-DIMM socket , up to 32 GB SDRAM
Storage 1TB 7200RPM SATA HDD
Display 15.6″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080)
Graphics NVIDIA GeForce GTX 960M
Optical Disk Drive Super-Multi DVD

Blue-ray Writer

Blue-ray reader

Input/Output 1 x USB 3.1 TYPE C port(s), 2 x USB 3.0 port(s), 1 x USB 2.0 port(s), 1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert, 1 x HDMI
Camera HD Web Camera
Connectivity 802.11AC+BT
Card Reader Multi-format card reader
Audio Dual Array Microphone

Bang & Olufsen ICEpower with SonicMaster

Weight 2.5 Kg
Dimension 383 x 255 x 30 mm (WxDxH)
Keyboard Illuminated chiclet keyboard, 2,5mm of key travel distance, specially designed WASD cursor keys
Special Design Alumunium alloy body, Elegant and modern lines, New ROG Strix design
Battery 4 cells, 0mAh
OS Microsoft Windows 10 Home
MSRP Rp17.799.000
Warranty 2 years full global warranty

Yak, sekian informasi dari peluncuran seri terbaru ASUS ROG yang semakin membuat mupeng banyak orang termasuk saya. Ada teman yang mengatakan kalau lambang ASUS ROG itu adalah lambang notebook yang dia impikan. Semoga tercapai ya teman, atau kalau mau nabung dari sekarang supaya notebook impiannya segera sampai di tangan.  




22 Comments

  1. Dian Eato

    Reply

    duhh speknya bikin gigit jari. temen kuliah ku juga baru beli asus ROG mba, ileran liat laptopnya… 🙁 tapi mahal 15 jutaan. huhuhu… belinya pake daun. Hahah

  2. Zetsu013

    Reply

    Kalau boleh tanya untuk ROG store daerah mana saja mbak yg sudah ada stock type GL702 nya itu, saya sendiri tinggal di daerah Surabaya, yang baru – baru ini ada ROG store yg dibuka, namun belum sempat mengecek apa sudah ada type GL702 ini, budget sih terbilang ada tapi untuk info tempat / lokasinya masih sangat minim
    Kiranya bisa share info sangat membantu dan sangat berterima kasih saya

    • Reply

      menurut teman saya biasanya di setiap store ada stoknya antara 1-2 barang, coba deh dilihat ke sana, mungkin saja ada

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.