[Review Sahabat] Mengenal Ade Anita, Writer and Blogger

ade-anita

Sebelumnya saya pernah menulis tentang profil teman-teman blogger tanpa label. Untuk kali ini saya akan memberikan label pada judul agar tulisannya dapat terkumpul menjadi satu. Tulisan sebelumnya nanti juga akan saya berikan label yang sama supaya lebih rapih.

Oke untuk edisi review sahabat blogger kali ini, saya akan mengenal lebih dekat terhadap Mbak Ade Anita. Seingat saya, saya belum pernah bertemu dengan Mbak Ade. Semoga someday setelah mengenalnya melalui tulisan, saya dapat bertemu dengan orangnya langsung.

Sebelum mencoba mengubek-ubek blognya dan mewawancarai secara langsung, saya sudah memiliki penilaian tersendiri untuk Mbak Ade. Mbak Ade itu cantik, keibuan, islami, pandai menggambar, girly dan seorang penulis serta blogger. Itu menurut penilaian saya sebelum menyelami dirinya lebih jauh lagi. Sekarang kita mengenal Mbak Ade pemilik blog adeanita.com ini yuk.

Pertama, dari hasil wawancara yang saya lakukan terhadap Mbak Ade, diketahui bahwa Mbak Ade yang cantik ini tidak mau dipanggil namanya dengan sebutan Anita lho. Ternyata dulu sewaktu kecil, Mbak Ade diberitau oleh saudaranya mengenai berita tentang hubungan insect dengan korban bernama Anita. Hal ini membuat Mbak Ade tidak mau disebut namanya sebagai Anita. Saya mengerti sekali tentang pengalaman Mbak Ade ini. Kadang sewaktu kecil, orang dewasa salah dalam mengambil cara untuk memberitaukan hal yang dilarang kepada anak-anak. Tentunya ini akan membekas sekali dalam ingatan seorang anak. Tak hanya Mbak Ade saja, sayapun memiliki memory negative masa kecil yang tidak dilupakan dan baru bisa mendapatkan penjelasan ketika dewasa.

O iya, ternyata kita sama lagi lho Mbak, Bapak saya juga tentara tapi angkatan laut, terus dulu Bapak juga kepingin anak pertamanya laki-laki maka terseliplah nama Budi di tengah nama saya, dan saya juga paling dekat sama Bapak. Eh, kok malah curhat hehe. Baiklah mari kita lanjutkan.

ade-anita

Dari hasil wawancara, diketahui juga kalau Mbak Ade ini sudah ngeblog sejak tahun 2008 dengan menggunakan platform Blogger. Tahun 2008 saya masih merantau di daerah orang Mbak, tapi Mbak Ade sudah memulai karriernya sebagai blogger sejak dari penggunaan platform Blogger, Blogdrive hingga menetap di Blogspot seperti sekarang ini. Dari tiga yang disebutkan oleh Mbak Ade, yang saya kenal hanya Blogger dan Blogspot aja nih. Kalau Blogdrive malah belum tau.

O iya, Mbak Ade walaupun mulai ngeblog sejak tahun 2008, namun kegemaran akan menulis sudah terasah sejak tahun 2002 lalu lho (tahun 2002 saya masih kuliah Mbak hehe). Dalam waktu seminggu, Mbak Ade harus membuat 5-7 artikel untuk website kafemuslimah.com. Di sana, Mbak Ade mengasuh rubrik uneg-uneg, rubrik muslimah dan media, rubrik jurnal muslimah, dan rubrik oase islami. Setelah itu Mbak Ade resign dari kafemuslimah untuk memfokuskan diri dalam mengelola blog personal hingga kini. Berkat serius menekuni dunia blogging, Mbak Ade masuk dalam jajaran 50 Besar Srikandi Blogger versi Kumpulan Emak Blogger Tahun 2014. Tidak hanya itu, deretan prestasi juga telah ditorehkan oleh Mbak Ade selama ngeblog, diantaranya adalah:

  • 10 besar tulisan favorit dalam lomba blog Tempat makan yang diadakan oleh BPI Street Directory 2012 
    Pemenang Utama di lomba blog kisah-kisah Ramadhan yang diadakan oleh Pojok Pulsa tahun 2012
    Pemenang utama (juara 1)  Kontes Menulis “Blog Sebagai Media Informasi HIV dan AIDS”  2012
  • Juara 3 lomba 8 minggu nontstop ngeblog  bersama anging mamiri tahun 2013. 
  • First runner up lomba blog #antimiras 2013 yang diadakan oleh Gerakan Nasional Anti Miras 
    Juara Favorit lomba blog tentang Museum Nasional 2014
    Juara 2 lomba blog iB blog competition 2015 Periode 2, 2015, yang diadakan oleh Aku Cinta Keuangan Syariah

Dan masih banyak lainnya.

Mbak Ade di salah satu majalah nasional, sumber: Facebook Mbak Ade Anita

Mbak Ade yang memiliki tiga orang buah hati ini memiliki harapan dari kegiatannya selama ngeblog. Dia ingin mendapatkan teman banyak, rezeki yang barokah, serta melatih untuk tidak lupa. Wah benar banget ya, dengan menulis kita akan membuka memory yang tertanam. Sayapun merasakan hal itu Mbak, kadang saya menuliskan beberapa point terlebih dahulu supaya tidak lupa.

Selain menjadi blogger, Mbak Ade yang memang suka menulis ini juga memiliki profesi sebagai penulis. Dia sudah menerbitkan 2 buku solo (keren banget), 2 buku non fiksi duet, dan 20 lebih antologi. Sebagai penulis, Mbak Ade memiliki cita-cita yang ingin sekali terwujud suatu hari nanti yaitu diwawancarai oleh Kick Andy terkait dengan novel yang Ia terbitkan dan berharap semoga suatu hari nanti novel hasil karyanya dapat difilmkan. Aamiin ya Rabballamin.

Kalau teman-teman memperhatikan media sosialnya atau sering berkunjung ke blognya Mbak Ade, pasti tau kan kalau Mbak Ade ini pintar menggambar?. Terus saya iseng deh nanya ke Mbak Ade, kenapa Mbak Ade tidak membuat komik saja? Ternyata dia sudah ancang-ancang ke sana juga lho. Mbak Ade memang ingin membuat komik, ingin memiliki karya di webtoon dan membuat film animasi suatu hari nanti. Yuk kita sama-sama mengaminkan karena ini cita-cita yang mulia. Aamiin ya Rabballamin.

Hasil gambar Mbak Ade, Sumber: Facebook Mbak Ade Anita

Terakhir, walaupun mengaku gagap teknologi alias gaptek, ternyata Mbak Ade memiliki keinginan untuk terus belajar. Terbukti dengan keinginannya yang mau belajar lebih jauh tentang Photoshop dan After Effect. Wuihh keren, After Effect itu susah kayaknya Mbak, nanti kalau sudah mulai belajar, bago-bagi tutorialnya ya hehe.

Nah, itu tadi sekilas pengenalan saya mengenai Mbak Ade Anita. Jika teman-teman ingin mengenalnya lebih jauh, dapat berkunjung ke alamat berikut ini:

www.adeanita.com

Facebookku: facebook.com/ade.anita.5

Twitter: @adeanita4

Instagram: @adeanita4

Email: adeanit4@yahoo.co.id

Oke teman-teman, sampai jumpa lagi dengan review sahabat lainnya ya. Saya masih akan mereview teman-teman lain yang juga menginspirasi. Stay tune 😀

 

26 Comments

  1. Reply

    wihh… ternyata ngeblognya sudah lama banget ya.. 2008 #eh 2002 deng..
    Wao banget bisa ngeblog selama itu, selain itu awardnya juga banyak.. mirip kayak mbak evrina.. heheehe..

    uprek sosmednya ah… *plak!* ampe lupa belajar besok masih UAS!

  2. Ristin

    Reply

    Suka bikin komik y? Wah.. sehati sm anakku nih.. bs ga ya barengan kolaborasi bikin komik? Hehe..

  3. Reply

    Terima kasih evrina.. itu prestasiku jaman dulu.. kalo jaman sekarang banyak generasi baru yg lebih hebat2 euy

  4. Reply

    Hebat ya mbak Ade, sudah punya buku solo, duet dan puluhan antologi. Salut bua mbak Ade dan patut dicontoh semangat ngeblognya 🙂

  5. Reply

    wah dari 2002 mah saat intenet masih belum dikenal banyak dan masih belu 1G. salut buat mbak ade….

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.