Cara Memecah Gambar di Instagram Melalui Microsoft Office

instagram

Beberapa waktu yang lalu saya sempat membuat postingan mengenai Cara Memecah Gambar di Instagram dengan Corel Draw. Ada beberapa teman yang mengatakan kalau agak pusing jika menggunakan software tersebut. Kalau menggunakan Corel agak pusing, sekarang kita gunakan software yang lebih bersahabat yaitu Microsoft Office Picture Manager (MOPM). Cara ini lebih mudah, hanya saja awalnya saya agak bingung mengatur ukuran pixelsnya. Kalau menggunakan Corels kita cukup memasukkan ukuran yang diinginkan maka gambar akan mengikuti. Sedangkan menggunakan MOPM kita harus mengaturnya hingga ukurannya pas.

Baiklah supaya tidak terlalu bertele-tele, ini lho cara memecah gambar di Instagram dengan menggunakan MOPM:

1. Pilih gambar yang akan kita pecah, lalu buka dengan menggunakan Microsoft Office Picture Manager

2. Pilih edit picture, lalu kita sesuaikan dengan banyaknya jumlah kotak pada instagram yang ingin kita gunakan. Misalnya jika ingin memecah foto menjadi tiga kotak, maka perbandingan foto untuk di resizenya dalah 3:1, sedangkan apabila ingin membuat menjadi 6 kotak maka perbandingannya adalah 3:2 begitu seterusnya. Untuk contoh kali ini kita akan membuat menjadi 3 kotak saja ya.

instagram

3. Sesuaikan ukuran foto dengan perbandingan 3:1 tadi. Ukuran foto awal saya adalah 3010 x 2003 pixels, lalu saya resize menjadi 3000 x 1000 pixels sesuai dengan perbandingan 3:1.

instagram

4. Untuk me-resizenya lakukan bertahap, pertama untuk ukuran lebarnya dulu yaitu 3000 pixels. Tuliskan 3000 pixels pada kolom custom width x height lalu klik ok

5. Lalu lihatlah pada tulisan New Size, jika belum sesuai maka atur ukurannya dengan mengklik tanda panah ke atas atau kebawah hingga mendapatkan lebar 3000 pixels pada New Size. Jika sudah maka klik OK lalu SAVE.

instagram

6. Sekarang kita sudah mendapatkan gambar dengan lebar 3000 pixel. Kemudian kita akan mengatur tingginya sebesar 1000 pixels dengan cara meng-crop gambar hingga mendapatkan tinggi 1000 pixels. Caranya dengan menggunakan menu Crop pada edit picture.

7. Klik menu Crop lalu arahkan garis ke atas hingga mendapatkan ukuran New Size 3000 x 1000 pixels.

instagram

8. Kemudian arahkan ke gambar yang hendak di CROP, lalu klik OK dan SAVE.

instagram

10. COPY gambar sebanyak 3 kali lalu mulai lakukan pemecahan yang dimulai dari sebelah kanan dengan ukuran 1000 x 1000 pixels. Ukuran disesuaikan ya nanti yang penting harus 3:1.

instagram

11. Klik EDIT PICTURE lalu pilih menu CROP, lalu arahkan garis ke sebelah kanan hingga mendapatkan ukuran NEW SIZE 1000 x 1000 pixels. Kemudian klik EDIT dan pilih RENAME dan diberi label 1 untuk menandakan urutan upload gambar, lalu klik SAVE untuk menyimpan.

Instagram

instagram

12. Untuk gambar kedua masih dengan menggunakan menu CROP lalu tuliskan ukuran cropping masing-masing 1000 pixels pada kolom LEFT dan RIGHT, klik OK. Beri label 2 dengan cara yang sama seperti di atas di save.

instagram

13. Untuk gambar ketiga juga sama, klik CROP lalu arahkan garis kearah kiri hingga ukuran pixels menjadi 1000 x 1000 pixels dan klik OK. Kemudian beri label 3 seperti cara sebelumnya dan disave.

instagram

instagram

14. Sekarang kita sudah memiliki 3 buah gambar yang bisa diupload berurutan dari nomor 1 hingga 3 ke instagram.

instagram

Jadi bagaimana, lebih mudah menggunakan Corel Draw apa Microsoft Office? Tergantung teman-teman ya nyamannya dimana, kalau saya lebih senang dengan Corel, tapi menggunakan MOPM juga tak mengapa jika ingin lebih cepat. Maklum untuk membuka Corel kadang menunggu loading juga sih.

Nah, sekarang sudah tau kan? Jangan lupa untuk dipraktekin di rumah ya karena kalau dilihatin aja nanti malah โ€˜gak mudeng lho. Selamat mencoba.

evrinasp

72 Comments

  1. muhammad mukhlis

    Reply

    sebuah karya yang baru bagi saya ini mb, izin di coba mb ๐Ÿ™‚
    suasana dari fotonya bagus banget tuh mb, rilax abis jadinya ๐Ÿ™‚

  2. Reply

    Untuk penggunaan corel rada susah (buat saya) mbak hehe…kalo ngecrop kayak gambar di atas siih belum nyoba di corel tapi kayaknya office lebih mudah ๐Ÿ˜€

  3. Reply

    Aku bisa corel tp buatku lbh mudah pake photoshop. Kalau picture manager jg srg pakai tp blm pernah mecah gambar. Tak cobane :))

  4. Aprie

    Reply

    Mbak, kalau aku pakai aplikasi yang instan aja: InstaGrid. Kebetulan sudah ada di App store. Hehehee.

  5. Reply

    wah asyik. makasih tutorialnya yaaa
    berhubung aku buta corel. kayaknya yg ini lebih gampang. bentar bentar bukmark dulu. buat dipelajari pelan2 kalo boyz udah aman sentosa ๐Ÿ˜€

  6. Reply

    nah, microsoft office picture manager ini salah satu yang sering saya gunain
    *tiap hari malah he he he

    soalnya mopm ini penting saat kompres foto atau cut gitu, tapi untuk insta saya belom coba
    kayaknya menarik nih mbak, jadi inget di insta rame yang kayak gini (satu gambar dibagi empat – vertikal/horizontal)

  7. fanny fristhika nila

    Reply

    jadi malu, krn 2-2nya pun aku ga ngerti mba e :D.. selama ini punya bnyk foto, tp ga prnh aku edit macem2 -__-..

  8. Anne Adzkia

    Reply

    Aduuuh Ev, ini apa sih? Baru ngebul gara2 SEO, baca ginian gak bisa masuk ke otak #informationobesity

  9. Evi

    Reply

    Oh begini caranya. Saya dulu heran banget lihat galeri IG orang lain, kok fotonya bisa nyatu dalam ukuran besar. Hikhikhik..norak memang saya. Tks Mbak Ev. Akumau belajar ๐Ÿ™‚

  10. hendri hendriyana

    Reply

    keren ya mba pas diaplod ke instagram, tapi sayang banget saya kurang suka main instagram soalnya teman2 saya jarang yang pake instagram.hihi

  11. Tia Yusnita

    Reply

    Aku lagi cari tutorial ini, suka liat temen2 posting foto jadi beberapa bagian gitu pingin tau caranya. Ternyata cuma pake picture manager ya Mbak, aku kira pake software khusus hehe

    • Reply

      waduhhh filenya entah kemana, sekarang gak usah pake itu, install aja pake Instagrid di playstore lebih mudah ๐Ÿ˜€

  12. febri

    Reply

    wah baru tahu juga ternyata microsoft office picture manager bisa buat crop foto, apalagi buat posting instagram…good tutorial

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.