Di Balik Layar Blogpost Fruitaholic 2015

Kalau sedang kecanduan ngeblog biasanya saya suka lupa waktu. Saya pernah juga sampai begadang karena merasa tanggung untuk mengutak-ngatik gambar atau sekedar membuat video. Memang tidak semua blog post yang saya buat menggunakan gambar atau video yang membutuhkan perjuangan dalam membuatnya. Kalau sudah sampai begadang itu biasanya untuk keperluan lomba karena memang targetnya ingin memenangkan lomba. Walaupun kalah ya tidak apa-apa karena ada rasa puas tersendiri ketika kita bisa menyajikan yang terbaik.

Terkait dengan hal tersebut, saya ingin menceritakan perjuangan dalam menelurkan sebuah blog post berjudul My 7 Days Fruits Diary: Buah Lokal Pemberi Semangat yang kebetulan kemarin mendapatkan sebuah apresiasi dari para juri. Proses pembuatannya hampir sama dengan blog post lomba lainnya. Melalui tulisan ini saya ingin memberikan satu contoh proses pembuatan blog post untuk Lomba Fruit Summit 2015 yang kemarin diadakan oleh Sunpride. Berikut cuplikan singkat perjalanan pembuatan blogpostnya:

Sudah nonton videonya kan? Sekarang kita lihat versi tulisannya yuk:

Semuanya berawal dari suatu pagi di Taman Menteng. Saat itu saya dengan beberapa orang blogger menerima undangan sebagai 10 orang finalis Lomba Blog Sunpride Fruit for Love. Kami dikumpulkan oleh Mbak Uty dari Sunpride di Taman Menteng untuk menerima paket buah sebagai ungkapan terimakasih Sunpride kepada blogger. Dalam pertemuan tersebut Mbak Uty mengatakan bahwa Sunpride akan mengadakan acara yang lebih besar lagi bertajuk Fruit Summit 2015. Pada acara tersebut buah-buahan Sunpride akan keluar dari gudang yang artinya kita boleh membawa sebanyak-banyaknya.

Lalu bagaimana caranya supaya kita bisa ikut Fruit Summit 2015? Yaitu dengan mengikuti lomba yang akan diadakan sebelum pelaksanaan Fruit Summit 2015. Sejak itu saya sudah bertekad untuk ikut Fruit Summit. Saat di Taman Menteng, saya sudah mulai berpikir apa saja yang bisa saya bawa dari sini untuk bekal membuat blog post mengenai Fruit Summit. Lalu tercetuslah ide, dibanding mengumpulkan buah-buahan yang tersaji di meja, saya lebih tertarik meminta printilan tulisan tentang Sunpride. Sayangnya banner tidak bisa dibawa karena itu property kantor. Printilan tulisan tersebut kemudian saya bawa dan tersimpan dengan rapih dalam sebuah lemari khusus untuk dikeluarkan pada saatnya nanti.

Sunpride

Pada awal bulan Ramadhan pengumuman tentang Fruit Summit sudah keluar di websitenya Sunpride. Saya langsung membaca persyaratan teknis yang harus dilakukan. Bagi saya perintahnya cukup mudah karena hanya membuat satu buah blogpost yang menceritakan keseruan kita dalam mengkonsumsi buah-buahan local selama tujuh hari berturut-turut.

Baiklah saatnya ciptakan peluang mu. Buah-buahan Sunpride di kulkas masih cukup banyak, hanya Jeruk Baby dan Golden Melon saja yang belum ada. Saya bisa membelinya ketika nanti pulang kerja. Kebetulan suami saya sedang ada di rumah (maklum LDR after marriage hehe), langsung saja deh saya tembak untuk shooting video.

Sebelumnya supaya wajah tidak kucel karena mau jadi artis di blog sendiri *LOL* maka saya harus dandan. Aslinya saya kurang ahli berdandan, tapi berkat bantuan adik saya Maya, berdandan saat itu jadi sukses. Saya siap untuk shooting demi Fruitaholic of the year.

behind the scene

Pengambilan pertama, saya belum siap padahal kamera sudah stand by dan akhirnya saya harus mengulang kembali. Pengambilan kedua juga masih belum memuaskan karena waktu pengambilan video terlalu mepet antara starting dengan endingnya. Saya jadi susah kalau nanti mau edit videonya. Akhirnya berhasil juga pada pengambilan ketiga meskipun suami saya salah karena langsung memencet tombol stop sehingga ending video terlalu mepet. Sebaiknya kalau kita membuat video jangan terlalu mepet antara starting dan ending untuk memudahkan pemotongan video ketika editing. Sisakan beberapa detik agar kita mendapatkan timing video yang pas.

Fruitaholic

Itu tadi pembuatan video untuk pembukaan. Sekarang pembuatan video kedua untuk menjelaskan manfaat buah-buahan Sunpride. Dalam video ini saya harus menjelaskan manfaat yang terkandung di dalam buah-buahan Sunpride tanpa terputus karena ingin dalam satu durasi. Untuk mengatasi masalah tersebut maka saya membuat satu buah script yang dapat dibaca tanpa terlihat oleh kamera. Sayangnya sewaktu saya sedang membaca script, si Mamah lewat dan membuka pintu. Waktu itu saya langsung diam, tetapi sepertinya tidak ketauan ya kalau ada noisy di dalam video? Hehe.

fruitaholic

Video sudah dapat, sekarang saya tinggal mmebuat foto-foto pendukung yaitu mengkonsumsi buah selama tujuh hari berturut-turut. Buah-buahan ini benar saya konsumsi selama tujuh hari berturut-turut lho supaya alami tulisannya. Kebetulan suami sudah kembali ke Cirebon jadi saya harus mandiri ketika mengambil gambar. Tapi ada kalanya saya dibantu oleh adik saya ketika saya hendak muncul dalam pengambilan gambar. Saya juga dibantu teman kantor bernama Tia ketika melakukan pengambilan gambar di toko buah untuk membeli Jeruk Baby dan Golden Melon. Eh si Mbak si took buah juga ikut membantu saya menata buah-buahannya lho. Terimakasih ya Maya, Tia dan Mbak Penjaga toko yang sudah mau saya rempongin.

fruitaholic

Fruitaholic

Dihari ketujuh kebetulan nih keponakan yang juga temannya Alfi bermain sedang ke rumah. Biasanya mereka lebih senang main di luar lho daripada di dalam. Mungkin karena sedang melihat saya dan adik yang mengotak-ngatik buah-buahan ya jadi sekalian saja saya ambil foto mereka padahal scenario awal saya membuatkan olahan buah-buahan ini untuk Alfi saja. Pas banget deh ada Dinda yang datang membuat foto semakin ceria. Terimakasih ya Alfi dan Dinda saying *cipok satu-satu*.

Nah setelah tujuh hari semua bahan mentah untuk menelurkan satu buah blogpost sudah tersedia lengkap. Saya memiliki mentahan video dan beberapa foto pendukung. Tulisan juga sudah selesai. Sekarang waktunya meramu agar tulisan menjadi menarik.

file

Bahan mentah

Hal pertama yang saya lakukan adalah membuat video. Sebenarnya saya masih otodidak nih karena belum latihan. Tapi setelah mencoba menu yang tersaji akhirnya bisa juga mengedit video. Saya menggunakan soft ware Ulead Video Studio 11 untuk mengedit video. Mudah kok hanya memasukkan mentahan videonya kemudian ditambahkan tulisan serta suara-suara. Namun cukup memakan waktu seharian sih sampai video ini benar-benar selesai dan bisa digunakan.

Ulead

Ini hasil videonya:

Langkah selanjutnya adalah mengedit foto. Ada beberapa software dan aplikasi yang saya gunakan dan yang menurut saya paling rumit itu ketika mengedit melalui Corel Draw.

Editing Foto Melalui Corel Draw

Corel saya gunakan untuk menggabungkan beberapa gambar beserta tulisan. Saya senang menggunakan corel karena di laptop saya sudah terinstal beberapa font unik yang bisa dibuat sebagai gambar. Berikut ini contohnya:

Corel Draw

Mengambil Objek Melalui Photoshop

Terkadang ada satu buah objek kecil yang saya ingin ambil dengan cara menghilangkan backgroundnya. Untuk menghilangkan background biasanya saya menggunakan Photoshop kemudian menggabungkannya dalam file yang sudah dibuka pada Corel Draw. Berikut ini contohnya:

Fruitaholic

Fruitaholic

Membuat Gif

Saya ingin membuat satu frame yang menjelaskan urutan suatu gambar. Kalau menggunakan blog wordpress gratisan ada menu slide show. Nah di blog saya ini tidak ada menu slide shownya, jadi saya mengakalinya dengan membuat gambar bergerak. Saya tidak menggunakan soft ware khusus, cukup dengan mengupload beberapa gambar melalui website online seperti Picasion.

Menambahkan Infografis

Kadang kalau saya sedang malas membuat design atau memadu padankan gambar dengan tulisan, biasanya saya menggunakan website infographis online seperti Piktochart. Nah ini adalah satu buah foto yang saya buat dengan Piktochart:

fruitaholic

Nah itu tadi adalah beberapa software atau aplikasi yang digunakan untuk membuat blogpost keperluan lomba. Terkadang saya menggunakan aplikasi yang ada di smartphone juga lho. Beberapa aplikasi yang digunakan seperti Picsart, Viva Video, serta beberapa aplikasi camera editor.

Untuk peralatan sepertinya sama ya, kamera DSLR itu wajib ada untuk mengambil gambar yang berkualitas. Kemarin saya sampai meminjam DSLRnya adik dan membandingkan hasil gambar dengan DSLR milik sendiri. Ternyata lebih jernih hasil jepretan kamera adik saya, jadi deh foto tersebut yang digunakan.

Waduh kalau mau diceritain sepertinya bakalan panjang nih. Intinya sih penuh perjuangan memang kalau kita ingin menghasilkan seuah blog post yang berkualitas apalagi untuk lomba ya. Tetapi ketika kita berhasil menyelesaikan semuanya, ada perasaan puas tersendiri kan? Kalau saya bakalan penasaran jika hasilnya masih di luar target hehe.

Nah itu tadi cerita di balik layar pembuatan blog post fruitaholic, hampir sama sih proses untuk blogpost lainnya. Saya berharap semoga celotehan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Salam hangat dari Fruitaholic yang tinggal di Bogor hehe.

Tulisan ini diikut sertakan pada Giveaway Cerita di Balik Blog

76 Comments

  1. Reply

    Mbak Ev emang selalu total kalo ikutan lomba blog dan alhamdulillah banyak yang di apresiasi baik.

    Btw, aku juga kalo buat blogpost paling ribet nyiapin fotonya. Apalagi secara aku gapunya kamera jadi kudu pinjem sana sini. Kudu ngedit gacukup satu aplikasi hahahaha. Lah kok malah curhat sik.

  2. Reply

    Kalau photoshop corel draw gitu aku angkat kaki deh mba, eh, tangan.. Tapi kalau pictochart sama ulead video studio 11 aku ingin download segera. Pengen bisa bikin photographis gitu sama ngasih tulisan ke video. Thanks for sharing mba

  3. Reply

    Keren dan total! Gak heran bisa mencuri perhatian juri. Di kotaku gak ada jeruk baby, Mbak. Pas lomba kemarin pas lagi nggak begitu lengkap. Mencar-mencar pula. Capek jadinya. Tapi aku puas sama hasilnya walau akhirnya blm beruntung. Semoga tahun depan bisa ikutan lagi. Kemarin, aku hampir minta tolong ibuku yang lagi di Bogor belikan buahnya. Karna takut repotin, batal. Padahal ibuku makan malam di Botani Square. Yah, tahu gitu ya. Hahaha. Selamat ya. Kasih pinjam iphonenya dong. Pegang 5 menit aja buat selfie hahahah…

    • Reply

      bahaha iPhonenya sudah di museumkan, sebenarnya kemarin tidak harus lengkap kok buahnya, yang penting buah-buahan lokal sunpride terus dipadu padankan saja mbak, next event ikutan ya

  4. Reply

    Semua gambar di atas di desain di coreldraw ya Mbak. Jadi pengen juga buat gambar seperti yang Mbak buat. Perlu belajar Corel Draw nih, masa kalah sama Mbak Evrina.

  5. Liza

    Reply

    wuihhh… salut mbak atas perjuangannya. memang lah ya, ada usaha ada hasil, semakin keras usaha kita, semakin maksimal pula hasilnya. soal kalah menang itu urusan ke sebelas, yang penting kita puas. aku selama ini kalo ikutan lomba sering mepet DL, ga pernah lagi semaksimal dulu, hasilnya ya sebesar usaha. tapi tetap harus disyukuri. daaan, aku terinspirasi nih sama mbak ev utk ngontes 🙂

    • Reply

      ayukkk kita jadi banci kontes hehe, seruuu soalnya energi tercurahkan melalui kontes, menang kalah belakangan yang penting eksis dulu

  6. Reply

    Kereeen aunpah total banget, mak rajin deh, saya aja liatnya udah males duluan hihi, padahal syarat menang ya harus total kaya gini…sippp suksesss deh ^_^

  7. Irwin Andriyanto

    Reply

    perjuangan banget bikin nya hahahahaha tapi yang penting kan dapet hadiah nya 😀

  8. Tia Yusnita

    Reply

    Aaaaakk kece banget Mbak! Gak heran hasilnya berbanding lurus dengan prosesnya. Sukses terus Mbakku 🙂

  9. Anjar Sundari

    Reply

    sangat lengkap, keren dan kerja keras yang luar biasa…
    semoga bisa saya tiru semangat dan totalitasnya… 🙂

  10. Reply

    TOTALITAS !!!!

    ga heran mbak evrina sering banget dapet hadiah lomba.

    tiap prosesnya butuh banget perjuangan.

    salutt mbak

    semoga saya bisa mencontoh. 🙂

  11. Hidayah Sulistyowati

    Reply

    Keren, kreatif, ah ngumpul deh jadi juara 1.

    Bikin videonya jadi ingat waktu saya ikut competisi nulis novel dan mesti bikin trailler. Udah take berulang kali, di taman dekat rumah daaan… kalah, hihiii TApi perjuangan untuk lomba itu emang bikin semangat meski kalah juga gpp, berjuang lagi.

  12. fanny fristhika nila

    Reply

    saluuut, niat bgt loe mba ;).. moga menang yaaa ^o^..akupun suka ama buah2an sunpride..kyknya semua org memang suka ama nenas madunya itu yaa… nagihin bgt sih

  13. izzawa

    Reply

    Keren bingo deh mba….totalitas itu memang perlu y mba…bahkan ketika kita tdk menang tp tetap ada kepuasan tersendiri..sukses terus y mba..

  14. Reply

    Selamat ya Mak Ev, menang lagi. Emang sih tulisan n videonya keren. Suaminya mensupport yaa, slalu membantu ngambil gambar n shooting, Salut buat kerjasamanya.

  15. Reply

    Pantaslah dirimu blogger favoritku. No pain no gain. Kreativitas yg nggak ada habisnya & selalu tampil beda.

  16. Reply

    Ikhtiarmu memang luar biasa mba, layak diapreasiasi sebanding. Aku nih yang sering ga punya tenaga buat ngelomba krn ga tekun belajar teknik2 olah foto dan video gitu hehehee….
    Makasih juga ya mba sudah ikutan giveawayku, sukses selalu ngeblognya.

  17. Pikiran Random

    Reply

    Wah… total sekali mbak. Keren.
    Totalitas hanya untuk satu lomba seperti itu. Hmmm harus banyak belajar lagi nih saya mbak

  18. muhammad mukhlis

    Reply

    Selamta ya mbak, terlambat saya ucapinnya,

    terlmbat lebih baik daripada tidak sama sekali 🙂 hehehe

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.