Ingin Diet Sehat Tapi Tetap Ngopi? Tenang, Ada Kopi Hijau!

Dalam beberapa minggu ini saya sedang senang sekali ketika memperhatikan angka berat badan pada timbangan. Itu karena saya berhasil menurunkan berat badan sebanyak 2 kg dari yang tadinya 60 kg menjadi 58 kg. Turunnya berat badan saya ini berkat menerapkan beberapa point diet sehat yang dilakukan secara disiplin dan kontinyu. Namun saya tidak boleh senang terlebih dahulu karena yang namanya mempertahankan itu jauh lebih sulit dari pada mendapatkan keberhasilan. Apalagi target menurunkan berat badan masih jauh dari harapan yaitu ke angka 55 kg.

Saya perlu menurunkan berat badan di angka tersebut untuk mendapatkan indeks massa tubuh (IMT) yang nomal. Sebenarnya berat badan saya di angka 58 kg masih termasuk IMT normal, hanya saja jika berat badan bertambah sedikit maka akan masuk ke zona kuning menuju kondisi gemuk. Bahaya kan kalau sudah masuk ke kondisi tersebut karena untuk mengembalikan ke kondisi semula saya harus melakukan perjuangan yang lebih berat lagi nantinya.

diet-sehat

Oh iya, saya perlu menjelaskan terlebih dahulu mengenai IMT. IMT adalah cara melihat status gizi tubuh apakah termasuk kurus, normal, atau gemuk berdasarkan pada pengukuran berat badan dengan tinggi badan. Kebetulan saya memiliki cakram IMT di rumah sehingga dapat melakukan pengukuran secara mudah. Informasi yang terdapat pada cakram menyebutkan bahwa apabila angka IMT lebih dari 25 maka termasuk ke dalam kondisi gemuk, sedangkan sebaliknya apabila angka IMT kurang dari 18 maka termasuk ke dalam kondisi kurus. Seseorang dikatakan memiliki kondisi normal apabila angka IMT berada pada angka 18-25.

diet-sehat

Berdasarkan informasi dari doktersehat.com, seseorang yang termasuk ke dalam kategori gemuk akan memiliki resiko yang lebih tinggi terhadap penyakit jantung, osteoarthritis, beberapa tipe kanker dan diabetes level 2. Sebaliknya apabila memiliki tubuh yang kurus maka akan beresiko tinggi terhadap osteoporosis atau pertanda kesehatan badan tidak baik.

Angka IMT hasil perhitungan terhadap berat dan tinggi badan tubuh saya berada di angka 23.53, sedikit lagi menuju angka 25. Saya tidak boleh lengah dalam menjaga berat sehingga diet sehat perlu dilakukan agar kondisi tubuh tetap berada di kisaran normal.

Cara Melakukan Diet Sehat

Dari beberapa literatur yang saya baca, melakukan diet sehat itu sebenarnya mudah asalkan disiplin dan konsisten. Diet sehat berbeda dengan diet cepat yang terlalu ekstrim menurunkan berat badan namun beresiko terhadap kesehatan. Melakukan diet sehat lebih kepada pengaturan pola makan sehingga semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dapat terpenuhi.

Nah, pada kesempatan ini saya ingin berbagi mengenai cara melakukan diet sehat yang sudah saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa cara yang saya lakukan untuk diet sehat:

  1. Menerapkan pedoman gizi seimbang dalam mengatur pola makanan sehari-hari. Gizi seimbang menghendaki kita mengkonsumsi makanan berdasarkan porsi kebutuhan yang disesuaikan dengan jenis kelamin, umur serta aktivitas sehari-hari agar gizi tetap terpenuhi. Jadi antara pria dengan wanita dan antara seorang anak dengan orang dewasa porsinya berbeda tidak bisa disamakan.

    tumpeng-gizi

    Sumber: gizi.depkes.go.id

  2. Olahraga teratur dengan menyempatkan diri membuat tubuh aktif bergerak setidaknya minimal 2-3 jam per minggu.
  3. Mengganti cemilan berat terutama sumber karbohidrat dan lemak dengan buah-buahan atau sayuran yang memiliki serat.
  4. Makan seperlunya, tidak menunggu lapar baru makan dan berhenti makan sebelum kenyang.
  5. Pola hidup sehat dengan mengkonsumsi air putih, menjaga kebersihan, tidak merokok, dan tidak begadang.

Mengkonsumsi air putih memang saya lakukan, akan tetapi saya juga masih senang mengkonsumsi minuman lainnya seperti minum kopi. Saya masih minum kopi pada waktu tertentu baik dalam keadaan dingin maupun panas padahal menurut beberapa orang teman sebaiknya jika ingin diet maka kurangi konsumsi kopinya. Tetapi ada lho teman saya yang tetap terlihat bugar serta memiliki tubuh ideal walaupun sering meminum kopi.

Setelah bertanya lebih dalam, ternyata dia mengkonsumsi kopi hijau yang bukan hanya sekedar kopi karena ternyata kopi hijau ini memiliki manfaat juga untuk diet sehat.

Manfaat dalam Kopi Hijau

Dari hasil pencarian informasi yang sudah saya lakukan, diketahui bahwa kopi hijau itu dihasilkan dari biji kopi yang belum dipanggang. Dan berkat tidak dilakukannya proses pemanggangan tersebut, maka asam klorogenik di dalam biji kopi hijau jauh lebih tinggi dibandingkan dengan biji kopi yang dipanggang. Proses pemanggangan kopi yang biasanya dilakukan pada suhu 464-482 derajat Fahrenheit dapat merusak asam klorogenik. Nah, asam klorogenik ini ternyata diketahui memiliki berbagai macam manfaat yang salah satunya adalah mampu menurunkan berat badan secara substansial dalam waktu yang relatif singkat.

kopi-hijau

Sumber: http://wartaagro.com/

Dalam sebuah studi yang dipresentasikan pada the 243rd National Meeting & Exposition of the American Chemical Society (ACS) menyebutkan bagaimana sekelompok orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas mengkonsumsi sebagian kecil dari satu ons biji kopi hijau dan diperoleh hasil kehilangan sekitar 10 persen dari berat tubuhnya setiap hari. Pada pertemuan tersebut juga disebutkan bahwa selain mengkonsumsi beberapa kapsul ekstrak kopi hijau, mengkonsumsi makanan sehat dan rendah lemak, serta berolahraga secara teratur menjadi cara yang aman, efektif dan murah untuk menurunkan berat badan.

Selain dapat menurunkan berat badan, kopi hijau juga bermanfaat membantu diet sehat karena mampu menurunkan nafsu makan serta menciptakan mood positif setiap harinya.

Saya jadi penasaran dengan kopi hijau ini, soalnya mengkonsumsi kopi hijau membuat kita tetap dapat minum kopi tanpa mengesampingkan diet sehat. Akhirnya setelah mencari di sana-sini ketemu deh dengan Nescafe Green Blend yang merupakan perpaduan dari biji kopi panggang gelap-medium dengan ekstrak kopi hijau. Saya sudah mencoba minum Nescafe Green Blend yang ternyata memiliki rasa manis berkat krim lembutnya.

diet-sehat

diet-sehat

Nescafe Green Blend dibuat dari biji kopi Robusta berkualitas tinggi dan dibungkus dalam kemasan sachet praktis, Racikan kopi yang khas dengan jumlah krimer dan gula yang pas, menjadikan Nescafe Green Blend kopi putih yang nikmat dengan banyak manfaat. Mau disajikan hangat atau dingin bisa banget.

diet-sehat

Nah teman-teman jadi jangan khawatir ya jika ingin tetap minum kopi saat melakukan diet sehat karena ada kopi hijau dalam Nescafe Green Blend yang mampu mewujudkannya. Minum kopinya dapet, diet sehatnya pun tetap jalan.

So, lanjutkan terus diet sehatnya ya dan jagalah selalu kesehatan tubuh agar aktivitas dapat berjalan lancar, semoga bermanfaat.

Sumber Informasi:

Alodokter.com. Diet Cepat atau Diet Sehat http://www.alodokter.com/diet-cepat-atau-diet-sehat [diakses tanggal 26 Juni 2017].

Acs.org.2012. New evidence on effects of green coffee beans in weight loss. https://www.acs.org/content/acs/en/pressroom/newsreleases/2012/march/new-evidence-on-effects-of-green-coffee-beans-in-weight-loss.html [diakses tanggal 26 Juni 2017].

Doktersehat.com Menghitung Berat Ideal (Kalkulator BMI). http://doktersehat.com/menghitung-berat-ideal-kalkulator-bmi/ [diakses tanggal 26 Juni 2017].

 

46 Comments

  1. Ngopi Santai

    Reply

    wahhh.. jadi pengen nyoba nihh.. saya sebagai coffee addict selalma ini hanya minum kopi item.. nice info mbak evrina.. πŸ™‚

  2. Reply

    saya udah coba diet tapi belum turun-turun juga nih. Kalau soal kopi saya gak begitu paham tapi kalau disuguhin mau banget apalagi bisa nyobain nescafe green blend, mantep bener.

  3. Hastira

    Reply

    wah aku bukan penggemar kopi, pengalaamn pertama minum kopi saat kuliah krn amu begadang belajar, malah bukannya bisa belajar maalh sakit perutnya, makanya jarang minum kopi

  4. Reply

    Saya sudah lama konsumsi nescafe kopi hijau. Rasanya enak dan bikin ketagihan. Tapi sayangnya berat badan saya kok gak turun-turun ya, hehehe.

  5. Reply

    wih… beneran biji kopinya ternyata berwarna hijau… saya ngopi tiap hari kok gak gendut-gendut ya, mohon tipsnya biar bisa naik gitu berat badannya…

  6. Reply

    wah makmur ini mbak ev, sampai 58 kg hehe
    saya cuma 50 plus sedikit.

    kopi hitam ada, white coffee ada, sekarang ada green coffee?
    penasaran sama rasanya, mana aman juga ini untuk menu diet.

  7. Reply

    baru tahu kopi hijau dan ternyata produk nescafe toh mba sayangnya aku bukan pecinta kopi tapi biasanya suami siy suka seduh nescafe biasa yg item ?
    semangat mba Ev 58 masih cucok kok ?

  8. Rustam

    Reply

    Nikmat keknya ni Mbak, kopi hijau selain itu sehat juga bagi yang suka Ngopi.

  9. Reply

    Betul banget, orang gemuk itu lebih berpotensi terkena penyakit. Aku kadang sebel sama orang-orang gemuk yang “mencari pembenaran”. Bilang bahwa gemuk itu tanda makmur lah, disukai cewek-cewek lah. Itu bener, tapi “tubuh ideal” still better daripada “tubuh gemuk” toh πŸ™‚

    Udah sering baca manfaat teh hijau buat diet, tapi kalo kopi hijau baru denger. Tetep punya efek menambah semangat juga kak? πŸ˜€

  10. Rustam

    Reply

    mntep infonya mbak, saya suka dengan kopi hitam, kapan2 bisa coba ni kopi hijau, biar kurusan dikit hehe…salam kenal mbak.

  11. Reply

    mbak green coffee nescafe ini aman buat lambung kayak white coffee gak? Soalnya aku kuatnya ya sebatas white coffee, kalo udah di luar itu lambung langsung bermasalah. Kalo misalnya green coffee ini aman buat lambung, wah pengen nyoba juga deh.

    • Reply

      green coffee setau aku kan buat kesehatan juga, aku belum tau sih efeknya bagaimana ke lambung, aku juga ada maag dan pas kemarin nyoba green coffee tidak berasa apa-apa, asal makannya dijaga juga sih mbak hehe

  12. Reply

    Ada orang yang pengen diet, ada pula yang pengen gemuk. Saya bukannya pengen diet tapi pengen gemuk. Ah yang penting sehat deh.

    Kalau ke Jogja, boleh dong mampir ke warung teman saya yang menu utamanya adalah Kopi Ijo. *malah endorse* hahaha…

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.