Majulah Serempak Wahai Perempuan dan Anak Indonesia

Sejak dulu saya selalu mengagumi para penggiat serta kegiatan yang dimotori oleh perempuan Indonesia. Bukan bermaksud membeda-bedakan gender ya, tetapi bagi saya perempuan itu multi talent, dia bisa berperan dan menghasilkan kegiatan apapun yang bermanfaat. Hanya saja kadang ada beberapa perempuan Indonesia yang tidak sadar akan kemampuan yang dimilikinya. Kadang juga sebagian dari mereka butuh penggerak untuk dapat memajukan diri melalui kegiatan yang dinamakan pemberdayaan. Untuk mendukung gerakan pemberdayaan ini, kita membutuhkan suatu wadah informasi dan juga penampung aspirasi yang kini sudah direalisasikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia (KP3A) melalui media yang dinamakan Serempak.

Sebanyak 30 orang blogger pada hari Senin kemarin tepatnya tanggal 29 Juni 2015 telah mengikuti sosialisasi portal Serempak di Kantor KP3A Jakarta. Hadir sebagai pemberi sambutan sekaligus pembuka acara yaitu Dr. Wahyu Hartono dari KP3A yang menjelaskan bahwa portal Serempak khusus membahas isu seputar perempuan dan perlindungan anak. Portal Serempak yang beralamat di www.serempak.or.id ini memuat informasi seputar perempuan dan perlindungan anak yang bersifat inspiratif serta memberikan manfaat bagi masyarakat. Portal ini juga bisa menjadi wadah aspirasi dengan hadirnya para blogger untuk menjadi kontributor dalam penyampaian informasi seputar perempuan dan anak yang ada di sekitar. Lebih lanjut, diharapkan kedepannya portal ini dapat dimanfaatkan sepenuhnya oleh masyarakat karena Serempak bukanlah miliki KP3A, namun merupakan wadah bersama yang dapat digunakan oleh masyarakat umum untuk mengakses informasi.

Selain sosialisasi, pada sesi pertama para blogger juga dibekali oleh materi menarik berjudul Digital Marketing yang dibawakan oleh Bpk Robert Abe, seorang pengajar Bisnis School dari Bina Nusantara. Beliau menyampaikan pentingnya membangun sebuah brand karena sebuah brand merupakan hal yang sangat serius untuk dikembangkan dan dipertahankan, salah satunya adalah melalui digital marketing. Digital marketing memberikan banyak keuntungan yaitu dengan modal yang kecil kita sudah bisa membangun brand image melalui pemanfaatan internet. Selain itu informasi pada digital marketing umumnya sangat lengkap dan jelas sehingga sangat disukai oleh para konsumen.

Pada sesi kedua, para blogger mendapatkan materi tentang Menjadi Kontributor Website yang disampaikan oleh Ani Berta. Menjadi kontributor website tentu memberikan banyak manfaat seperti yang dialami oleh Mbak Ani yang mendapakan peluang bekerja sama dengan AusAID lantaran menjadi kontributor Serempak. Beliau menyampaikan enam langkah mudah untuk menjadi kontributor website yaitu: menentukan tujuan apakah sebagai volunteer atau untuk penghasilan, kenali website, ajukan proposal, awali dengan mengisi konten gratisan sebagai Porto folio, manfaatkan kanal citizen journalism, dan promosikan pada media social.

Sesi terakhir diisi oleh Ibu Martha Simanjuntak yang menjelaskan lebih detail mengenai portal Serempak. Serempak merupakan kependekan dari Seputar Perempuan dan Anak yang merupakan wadah peningkatan akses teknologi informasi bagi perempuan sekaligus media komunikasi untuk membahas segala sesuatu yang terkait dengan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Serempak adalah satu-satunya portal interaktif yang memberikan fasilitas diskusi (media komunikasi) terkait pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak yang dipandu oleh pakar-pakar di bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Serempak

Pada website Serempak, kita bisa mengakses artikel bermanfaat seperti kesehatan dan kecantikan, hukum dan kebijakan, IPTEK, Wisata budaya dan kuliner, ibu dan anak, serta karir dan pengembangan usaha. Serempak juga menyediakan empat buah fitur yaitu E-Learning yang dapat digunakan bagi siapapun untuk belajar, download file informasi yang terdapat pada website, narasumber dan juga menu kirim artikel. Khusus untuk men kirim artikel ini terbuka bagi siapapun. Artikel yang dapat dikirimkan berupa isu pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak yang terjadi di sekitar penulis. Tema tulisan juga dapat disesuaikan dengan jenis artikel yang terdapat pada website Serempak.

Sesuai dengan visi dan misi yang diemban oleh Serempak, sudah selayaknya masyarakat terutama para perempuan turut serta memanfaatkan fasilitas yang sudah dibangun ini. Karena selain sebagai sarana untuk mengakses informasi, juga turut serta mengedukasi dan membangun masyarakat khususnya para perempuan dan anak Indonesia. Mari majulah bersama Serempak!

20 Comments

  1. Reply

    Saya juga selalu senang baca kisah para perempuan inspiratif begini, keren banget kiprah mbak Ani dan kawan-kawan ini.
    Info tentang mengisi artikel ini bebas ya mbak, maksudnya semua boleh ikut menjadi kontributor gitu? Makasih ya udah berbagi kabar 😀

    • Reply

      sama2 mbak hidayah, iya itu yang mau jadi kontributor bebas kok, nanti tulisan kita juga bakalan di screening dulu sama tim

  2. Reply

    Webnya sudah berapa lama ya? Saya baru dengar. Portal interaktif gini kalau rame komennya biasanya bisa bikin betah buat dibaca terus 🙂

    • Reply

      sepertinya belum lama mbak, soalnya ini juga baru sosialisasi ke blogger, ayuk mbak kita kirim artikel di serempak

  3. Reply

    Suka banget sama paragraf awalnya. Emang banyak wanita yang belum bisa memaksimalkan dirinya sendiri. Mbakku satu ini sudah multitalent juga kok hahaha, bisa apa aja.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.