Marhaban Ya Ramadhan 1436 H

Alhamdulillah dalam hitungan hari sebentar lagi bulan suci yang dinanti akan tiba. Semesta alam bahkan sudah mulai menyambutnya. Di lingkungan saya sendiri sudah ramai dalam menyambut bulan Ramadhan. Masjid maupun mushola sudah bersenandung dan memberikan ajakan untuk beribadah secara khusuk di bulan Ramadhan. Para santri yang ada di dekat rumah juga sudah mulai wara-wiri sambil bershalawat di sore hari menjelang magrib. Nanti mereka juga akan bersenandung di sekitar lingkungan kami pada saat waktu sahur guna membangunkan orang-orang yang hendak berpuasa.

Teman-teman sudah punya rencana dibulan Ramadhan nanti? Menurut saya perencanaan pada bulan Ramadhan itu penting lho. Karena seperti yang kita tau, bulan Ramdhan itu adalah bulan yang ditunggu lantaran pada bulan ini terdapat keberkahan serta pahala melimpah bagi siapapun yang melaksanakan ibadah di bulan ini. Makanya saya tidak mau sampai ketinggalan lagi untuk memperbanyak ibadah di bulan ini.

Terus terang saja tahun kemarin target saya tidak tercapai terutama dalam mengkhatamkan Al-Quran. Memang sih saya tidak terlalu memaksakan diri untuk mengkhatamkannya. Tapi kalau dipikr, nonton drama korea aja saya bisa sampai begadang, baca buku komik saja bisa seharian, bahkan hiking saja bisa punya tekad tinggi harus sampai puncak. Masa mengkhatamkan Al-Quran saja tidak bisa? Disitu kadang saya merasa sedih.

So, supaya Ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya maka saya harus membuat rencana apa saja yang ingin dilakukan pada saat Ramadhan nanti. Tulisan ini sebenarnya untuk mengingatkan diri sendiri supaya tidak lupa terhadap urusan akhirat. Nah berikut ini adalah beberapa hal yang ingin dilakukan pada saat bulan Ramadhan:

  1. Shalat Berjamaah

Tahun lalu saya agak susah untuk shalat berjamaah di mushola terutama pada waktu magrib dan shubuh lantaran Alfi belum bisa diajak ke mushola. Dia lebih sering bercanda ketimbang ikut shalat sehingga mengganggu jamaah lainnya. Sekarang Alfi sudah bisa diajak untuk shalat bersama dan mudah-mudahan tidak bercanda lagi dengan teman sebayanya.

Kemudian saya juga akan berusaha untuk ikut serta shalat berjamaah di kantor. Saya sering ketinggalan untuk berjamaah karena biasanya pada saat zhuhur atau ashar masih di lapangan atau dijalan. Semoga saya bisa ikut serta meramaikan mushola kantor.

  1. Membaca Al-Quran dan terjemahannya

Membaca Al-Quran diusahakan akan dilakukan setiap selesai shalat. Jika hal tersebut terus dilakukan in syaa Allah target dapat tercapai. Saya memang tidak terlalu “ngoyo” tapi kalau dulu bisa, sekarang masa enggak? Lagi pula membaca terjemahannya itu menyenangkan, jadi apa yang kita baca akan lebih bermakna jika membaca terjemahannya pula.

  1. Membaca Buku

Nonton drama koreanya di stop dulu, kemudian nonton TV nya juga dikurangi berganti dengan membaca buku. Membaca buku dapat dilakukan disela-sela waktu ketika tidak sedang membaca Al-Quran. Ada buku yang sudah lama saya beli tetapi belum saya baca bahkan masih terbungkus plastik. Buku itu adalah mengenai Tujuh Malam Pertama di Alam Kubur dan Bedah Lengkap Grafologi. Buku pertama agak seram ya, tapi saya penasaran dan siapa tau bisa membuat saya lebih intens lagi untuk beribadah.

  1. Bersedekah Ilmu

Bersedekah ini tidak hanya dalam bentuk uang lho, tapi juga ilmu. Saya sedang meluruskan niat untuk konsisten menuliskan informasi seputar pertanian. Mumpung sedang bulan Ramadhan dimana waktu di lapangan lebih sedikit saya berharap bisa menulis beberapa informasi seputar dunia pertanian. Tulisan ini juga akan bermanfaat bagi bahan penyuluhan nanti.

  1. Menyelesaikan Pekerjaan yang Tertunda

Pada bulan biasa, seorang penyuluh lebih banyak menghabiskan waktu kerjanya di lapangan sehingga ada beberapa pekerjaan kantor yang tertunda. Saya termasuk orang yang menunda lantaran belum cukup waktu menyelesaikannya. Sekarang saatnya saya mulai merapihkan administrasi karena memang kegiatan bersama petani untuk sementara diliburkan dulu.

Kelima hal di atas adalah beberapa rencana yang ingin saya lakukan selama bulan Ramadhan. Dari semua rencana tersebut, saya harus pintar memanage waktu agar semuanya dapat dilaksanakan secara seimbang. Mudah-mudahan nanti saya bisa konsisten terhadap rencana tersebut.

Nah, teman-teman bagaimana rencana mu di bulan Ramadhan ini? Yuk kita sambut bulan suci Ramadhan dengan penuh suka cita dan mengisinya dengan amalan yang sholeh agar mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Aamiin.

14 Comments

  1. Reply

    Ramadhan tahun ini harus lebih baik daripada tahun kemarin ya mbak….
    sukses menyongsong bulan suci Ramadhan…
    Marhaban ya Ramadhan Mbak Evrina 😀

  2. Reply

    Maafkan daku kalo selama bergaul di dunmay ada silap kata ya mak. Semoga kita semua semakin lebih baik dari hari ke hari. Aamiin.

  3. Reply

    Semangat, aku sudah nggak sabar pengin segera Ramadan. Kangen suasananya yg bikin ayem. Mohon maaf kalau ada salah kata2ku selama komen disini ya :))

    • Reply

      waaahh mbak Lusi saya juga minta maaf kalau banyak salah ya, semoga kita mendapatkan Ramadhan yang berkah. aamiin yra

  4. Reply

    Mohon maaf ya mak ev, kalau ada salah2 kata yg tertulis di sini…
    N makasih bnyak sdh mengingatkan…
    Marhaban ya ramadhan 🙂

    • Reply

      duh saya juga mohon maaf kalau banyak salah ya, semoga tali silaturahim kita tetap terjaga, selamat menyambut ramadhan ya neng

  5. sabda awal

    Reply

    tentunya udah bikin rencana kegiatan mbak. apalagi saya yang biasanya olahraga sampai 4 kali seminggu, diganti dengan kegiatan lain. Banyak ibadah dan baca buku

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.